Kearsipan di Indonesia di mulai sejak ditemukannya berbagai prasasti berbentuk batu yang ditulis menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa, ini sebagai tanda dimulainya merekam informasi. Merujuk pada pengertian arsip yang disebut sebagai suatu catatan yang diketik, ditulis, atau dicetak dalam bentuk angka, huruf, maupun gambar sebagai bahan informasi dan komunikasi
Jadi, Sistem Arsip adalah sistem yang digunakan pada penyimpanan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dan pencarian dokumen yang disimpan dapat dicari dengan cepat jika sedang dibutuhkan.
Seiring dengan perkembangan era modern, sistem arsip yang awalnya hanya ditulis secara manual, kini bisa dipermudah dengan suatu sistem. Namun sayangnya masih banyak yang belum menerapkan sistem arsip surat ini. Padahal Anda dapat dengan mudah membuat sistem arsip hanya dengan Jasa Pembuatan Aplikasi Arsip Surat Masuk dan Keluar. Lalu apa sih yang dimaksud dengan Jasa Pembuatan Sistem Arsip Surat Masuk dan Keluar?
Table of Contents
ToggleApa itu Jasa Pembuatan Aplikasi Arsip Surat Menyurat?
Jasa Pembuatan Aplikasi Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar adalah salah satu layanan Ardata untuk membantu Anda mengatur penyimpanan arsip surat masuk dan keluar secara terstruktur dan sistematis dengan menggunakan huruf atau nomor serta kombinasi keduanya, yang digunakan sebagai identitas arsip.
Mengapa Sistem Arsip Surat Menyurat Penting di Era Digital?
1. Mempermudah pencarian data
Salah satu manfaat dari sistem arsip surat masuk dan keluar adalah sebagai sarana yang mempermudah pencarian pada saat arsip kita perlukan. Karena dokumen sudah terstruktur dengan baik.
2. Mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
Dengan menggunakan sistem arsip, surat masuk dan keluar sudah tersimpan secara sistematis kedalam sistem arsip. Sehingga hal-hal seperti kerusakan dan kehilangan surat tidak terjadi.
3. Meningkatkan keamanan
Jika mempunyai sistem arsip yang baik, keamanan informasi ada pada Anda. Karena sekarang banyak serangan digital dan pelanggaran data semakin marak. Maka Anda wajib memastikan memiliki sistem arsip surat masuk dan keluar yang baik, agar dapat melacak dan meningkatkan perlindungan dari pihak lain yang tidak berwenang.
4. Menghemat tempat penyimpanan
Dengan adanya sistem arsip akan mampu menyimpan dokumen anda dan dapat mengurangi tempat penyimpanan dengan cara menyimpan dokumen atau surat penting di dalam arsip.
Fitur – Fitur yang ada di Aplikasi Arsip & Surat Menyurat Digital
Sama halnya seperti jasa pembuatan e-learning, Aplikasi Arsip ini juga memiliki fitur yang banyak dan bermanfaat untuk instansi atau perubahan, berikut fitur-fiturnya :
Fitur Surat Masuk
Surat masuk adalah surat yang diterima dari instansi lain atau perorangan.
Fitur Disposisi
Disposisi adalah pendapat seorang pejabat tentang urusan dalam suatu surat dinas dan langsung dituliskan pada surat.
Fitur Tembusan
Tembusan merupakan surat yang dikirimkan juga ke pihak lain selain penerima surat asli.Tujuannya untuk menginformasikan adanya pihak-pihak selain penerima surat yang juga mendapatkan salinan surat.
Fitur Pengingat Surat
Yang dimaksud sebagai pengingat surat adalah alat pengingat yang dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika dibutuhkan.
Fitur Pengingat Masuk
Pengingat masuk merupakan alat sebagai pengingat kita saat masuk atau tidak masuk.
Fitur Arsip Surat Masuk
Arsip surat adalah proses kegiatan membuat, mencatat, dan mengarsipkan semua jenis surat Anda yang dapat dibuka kembali ketika diperlukan lagi.
Fitur Arsip Surat Keluar
Surat keluar adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh Anda untuk pihak lain saat dibutuhkan kembali.
Fitur Memo
Memo adalah surat atau pesan singkat yang padat dan jelas yang diberikan perorangan atau kepada pihak lain.
Fitur Arsip Digital
Arsip digital adalah arsip yang dibuat dalam bentuk elektronik.Arsip digital berasal dari arsip tercetak yang diubah menjadi bentuk digital.
Fitur Pengaturan
Pengaturan adalah kebijakan atau perbuatan mengatur yang ditetapkan oleh suatu lembaga.
Fitur Laporan
Laporan adalah tulisan yang berisi untuk menyampaikan hasil pengolahan data dan informasi dari fakta atau keadaan yang sebenarnya kepada seseorang.
Sekian informasi seputar Jasa Pembuatan Aplikasi Arsip Surat Masuk dan Keluar yang kami sediakan, fitur-fitur yang disebutkan di atas bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.
Jika Anda ingin dibuatkan Sistem Arsip Surat Masuk dan Keluar, silahkan konsultasi dengan tim kami.