Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang begitu cepat, sistem pendidikan tak lagi menggunakan alat manual seperti buku dan alat tulis melainkan menggunakan sistem e-learning yang berupa kegiatan pembelajaran secara online. Menggunakan sistem ini dianggap lebih aman, efektif, dan efisien sehingga mampu mengembangkan pendidikan pelajar sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. 

Apa Itu Jasa Pembuatan Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS?

Jasa Pembuatan Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS merupakan layanan Ardata untuk memudahkan kegiatan pembelajaran peserta didik. E-learning merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan bantuan teknologi. E-Modul merupakan bahan belajar berupa buku atau modul yang dapat diakses secara online. Sedangkan Learning Management System (LMS) merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan E-Learning, E-Modul, dan LMS, kegiatan belajar dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. 

 

Mengapa Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS Diperlukan Oleh Pihak Instansi?

Saat ini pembelajaran menggunakan Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS dianggap lebih mudah, efektif, dan efisien sehingga penting digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah atau instansi. Lantas alasan mendasar apa yang membuat sistem ini sangat penting? Berikut alasan mengapa sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS diperlukan oleh pihak instansi.

1. Efisiensi Biaya

Dengan adanya E-Learning, peserta didik tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, biaya alat tulis, biaya makan, dan biaya lainnya. Hanya dengan gadget dan internet, informasi dengan mudah didapatkan walau hanya dirumah.

2. Bisa Atur Waktu Sendiri

Ketika ingin belajar, terkadang sering sekali terbentur dengan aktivitas lainnya. Dengan E-Learning, kini peserta didik dipermudah dengan dapat mengatur waktunya sendiri dimanapun dan kapanpun.

3. Bisa Networking

Jangan mengira E-Learning ini akan menghambat aktivitas sosial peserta didik. Bahkan dengan E-Learning peserta didik akan semakin melebarkan networking pertemanannya melalui E-Learning tersebut atau juga bisa melalui komunitas E-Learning yang diakses melalui platform lainnya.

4. Dapat Diakses dengan Mudah

Dengan E-Learning, peserta didik semakin mengembangkan penggunaan teknologi yang ada. E-Learning dapat dengan mudah diakses menggunakan gadget maupun komputer yang telah terhubung dengan internet. . 

 

Fitur yang Wajib Ada dalam Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS

Berikut fitur-fitur yang wajib ada dalam Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS, diantaranya: 

Fitur Kelas

Fitur Kelas adalah sebuah ruang kelas dalam bentuk online yang berisi anggota kelas. Semua aktivitas pembelajaran akan dikelola di dalam kelas ini.

Fitur Rekap Nilai

Fitur Rekap Nilai ini adalah fitur yang digunakan sebagai pencatatan data nilai peserta didik. Dengan adanya data rekap nilai ini, pengajar dapat memantau perkembangan peserta didik melalui data nilai tersebut.

Fitur Pengumpulan Tugas

Fitur ini digunakan sebagai tempat pengumpulan tugas bagi peserta didik. Seluruh tugas akan dikumpulkan di dalam satu tempat dan meminimalisir terjadinya hilang data karena terdapat riwayat pengumpulan. Selain itu fitur ini juga dapat memantau bagi siapa saja yang sudah mengumpulkan ataupun belum mengumpulkan tugas.

Fitur E-Modul

Fitur ini digunakan sebagai bahan bacaan atau sumber belajar dalam bentuk modul yang dapat diakses secara online sehingga dapat dibaca kapan saja dan dimana saja. 

Fitur Video Pembelajaran

Fitur ini digunakan sebagai sumber atau bahan belajar dalam bentuk video. Peserta didik dapat menggunakan fitur ini jika lebih suka belajar melalui visualisasi. 

Fitur Video Conference 

Fitur ini memungkinkan peserta didik yang berada di lokasi yang berbeda untuk dapat mengadakan pertemuan tatap muka tanpa harus berada di lokasi yang sama. Video conference memungkinkan banyak orang untuk melakukan siaran langsung dan melakukan kegiatan belajar mengajar.

Sekian informasi seputar Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS yang kami sediakan, fitur-fitur yang disebutkan di atas bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin dibuatkan Sistem E-Learning, E-Modul, dan LMS, silahkan konsultasi dengan tim kami. 

Continue Reading