Tool yang membantu setiap pemillik website dalam mengidentifikasi setiap situs yang mereka buat salah satunya yaitu google search console.Dalam artikel ini kita akan berkenalan lebih dekat dengan google search console, mulai dari kegunaan, fungsi, cara pasang google search console, dan hal lain yang berkaitan dengannya.

Google Search Console Itu Sebenarnya Apa Sih?

Jadi google search console itu adalah sebuah tool yang sama sekali tidak berbayar alias gratis yang dengan mudah sekali untuk kita dapatkan dalam membantu kita dalam menganalisis performa website kita. Selain itu dengan menggunakan google search console, kita juga dapat dengan mudahnya menganalisis performa website yang telah dibuat, serta kita juga bisa mengetahui halaman website mana saja yang memiliki trafik paling tinggi.

Apa Saja Sih Manfaatnya?

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, dengan menggunakan google search console kita dapat dengan mudah melakukan analisis performa website yang telah dibuat. Sehingga dengan adanya  bantuan analisis tersebut, maka google search akan memberitahu apa saja kekurangan yang terdapat dalam website yang telah dianalisis. Berikut manfaat yang akan didapatkan apabila menggunakan google search console.

  1. Membantu menemukan kata kunci yang paling populer
    Seperti yang anda tahu, bahwasannya ketika orang mencari suatu topik pastinya mereka akan mengetikkan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Pastinya semua orang memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang lain dalam hal pencarian suatu website. Oleh karena itu dengan memberikan kata kunci yang pas di website, maka orang lain yang melakukan pencarian pun akan dengan mudah menemukan website yang telah dibuat berkaitan dengan kata kunci tersebut. Google search console yang hadir di tengah-tengah karya dari google itu sendiri memberikan suatu kemudahan untuk para penggunanya, yaitu dapat membantu seseorang dalam menemukan kata kunci terkait dengan suatu topik yang telah dibuatnya. Tentunya google search console sendiri tidak asal-asalan dalam memberikan referensi kata kunci untuk suatu website, karena ia akan mencari kata kunci yang sering kali berlalu-lalang di mesin pencarian dan mencari kata kunci yang paling efektif untuk website yang telah dibuat. Oleh karena itu dengan menggunakan saran kata kunci dari google search console website yang telah dipublikasikan akan lebih mudah ditemukan oleh para pengunjung suatu website.
  2. Membantu dalam mengidentifikasi halaman mana saja yang paling sering dikunjungi
    Untuk para pemilik website pastinya akan penasaran dan ingin tahu halaman mana yang paling sering dikunjungi bukan?. Dengan bantuan google search console, pekerjaan seorang pembuat ataupun pengembang seorang penganalisis website dalam mengidentifikasi trafic akan semakin mudah. Mengapa sih kegiatan tersebut menjadi hal yang sangat penting?, karena semakin banyaknya pengunjung, maka suatu website akan semakin mengundang pengunjung lainnya untuk melihat karya website yang telah dibuat. Tak hanya itu saja lho, google adsense pun juga akan melirik suatu website yang memiliki angka trafic yang tinggi. Jadi dengan begitu, si pemilik ataupun pembuat website tidak akan sembarangan dalam memberikan adsense di halaman website yang telah dibuat.
  3. Membantu untuk mengetahui asal pengunjung suatu website
    sebagai pemilik website perlu mengetahui dari mana datangnya pengunjung website yang dimilikinya, karena hal tersebut juga menjadi kegiatan penting yang harus dilakukan oleh seorang pembuat website. Dengan begitu, pemilik website bisa menyesuaikannya sesuai dengan asal pengunjung website itu sendiri.

Berikut Cara-cara Instalasi Google Search Console yang Dapat Diterapkan di Website Anda

Semua pemilik website pastinya akan tergiur jika website yang telah dibuatnya itu ramai dikunjungi bukan?. Dengan menggunakan google search console maka impian tersebut bisa menjadi sebuah kenyataan, karena website yang telah dibuat akan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Instalasi google search console bisa diterapkan dengan menggunakan sebuah plugin ataupun secara manual. Yuk simak artikel ini hingga selesai agar anda bisa memahami dan menentukan cara mana yang paling efektif untuk diterapkan ke website yang telah anda buat.

Instalasi dengan Menggunakan Plugin

Cara pasang google search console itu sangat mudah, cara yang pertama yaitu dengan menggunakan plugin

1. Login ke akun admin wordpress

Cara Pasang Google Search Console - login wordpress ardataCara pasang google search console yang pertama yaitu anda harus login ke akun admin wordpress anda. URL yang mengarah ke halaman login akun admin wordpress anda biasanya memiliki rumus link seperti berikut.namadomain/wp-adminAnda cukup memasukkan username atau email yang telah anda buat sebelumnya. Pastikan password yang anda masukkan juga sesuai dengan username ataupun dengan email tersebut. Apabila anda tidak mengingat sandi untuk masuk ke halaman admin wordpress anda, anda bisa memanfaatkan fitur lupa sandi yang telah disediakan.

2. Masuk ke menu plugin

Cara Pasang Google Search Console - menu plugin ardata
pilih menu plugin dari sekian banyak menu yang disediakan jika anda sudah masuk ke tampilan dashboard wordpress, tampilannya seperti gambar di atas. pilih opsi tambah baru pada tampilan menu plugin. Kemudian masukkan kata kunci “google site kit” pada kolom pencarian, setelah itu klik install dan kemudian aktifkan plugin tersebut. Plugin tersebut artinya siap untuk digunakan apabila sudah tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Pasang Google Search Console - cari plugin ardata

3. Konfigurasi plugin google site kit

Cara Pasang Google Search Console - Konfigurasi plugin google site kit ardataSetelah instalasi plugin google site kit selesai, lanjut ke bagian konfigurasi plugin. Pada tampilan ini anda cukup menekan tombol “start setup” seperti yang dijelaskan pada gambar di atas.

4. Klik sign in with google

Cara Pasang Google Search Console - Klik sign in with google ardata

Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana didalamnya anda akan disambut dengan halaman yang bermakna ucapan “selamat datang”. Pastikan sebelum anda lanjut ke langkah berikutnya, anda memiliki akun google yang masih aktif.

5. Login menggunakan akun google anda

Cara Pasang Google Search Console - Login menggunakan akun google anda ardata

Pada tampilan berikut ini, anda diwajibkan untuk memasukkan data akun google anda untuk login.

6. Klik izinkan

Cara Pasang Google Search Console - klik izinkan ardata

anda cukup memilih opsi “izinkan” setelah berhasil menampilkan notice seperti gambar tersebut.

7. Verifikasi domain ke google
Ikuti panduan berikut untuk menambahkan domain anda ke google search console

    1. login ke akun google anda dan masuk ke https://search.google.com/search-console/welcome
    2. klik tambahkan situs
    3. pilih opsi url prefix, dan masukkan alamat url website anda yang wajib diawali dengan https://pilih opsi url prefix ardata
    4. klik continue
    5. setelah muncul tampilan verifikasi html seperti iniCara Pasang Google Search Console - tampilan verifikasi html ardata
      anda diwajibkan untuk mengunduh dan mengpload file .html tersebut ke dalam cpanel dengan cara berikut

      • Login ke website cPanel melalui https://namadomain/cpanel
      • Klik menu File manager kemudian pilih nama file yang digunakan sebagai wadah data website yang akan anda tambahkan domainnya ke google search console
      • klik menu Upload dan unggah file html yang sebelumnya telah anda download.Cara Pasang Google Search Console - upload ke cpanel ardata
    6. klik verify apabila anda telah menyelesaikan langkah sebelumnyaCara Pasang Google Search Console - verify ardata

8. Klik proceed

Cara Pasang Google Search Console - proceed ardata

silahkan klik “proceed” pada halaman ini, yaitu setelah anda berhasil memverifikasi domain website anda pada langkah sebelumnya.

 

9. Klik allow

Cara Pasang Google Search Console - allow ardata

Pada halaman ini anda hanya tinggal mengklik “allow” saja.

10. Klik add site

Cara Pasang Google Search Console - add site ardata
Setelah masuk ke halaman ini, anda hanya perlu menekan tombol “add site”.

11. Klik go to my dashboard

go to my dashboard ardata

Tampilan ini menandakan bahwa proses verifikasi telah selesai, anda hanya perlu menekan tombol “go to my dashboard”.

12. Selesai

selesai ardata

Anda sudah menyelesaikan semua tahapan instalasi google search console menggunakan plugin.

Instalasi tanpa menggunakan plugin

Cara pasang google search console yang ke dua yaitu tanpa menggunakan plugin

1. Verifikasi domain ke google
Ikuti panduan berikut untuk menambahkan domain anda ke google search console

    1. login ke akun google anda dan masuk ke https://search.google.com/search-console/welcome
    2. klik tambahkan situs
    3. pilih opsi url prefix, dan masukkan alamat url website anda yang wajib diawali dengan https://pilih opsi url prefix ardata
    4. klik continue
    5. setelah muncul tampilan verifikasi html seperti initampilan verifikasi html ardata
      anda diwajibkan untuk mengunduh dan mengpload file .html tersebut ke dalam cpanel dengan cara berikut

      • Login ke website cPanel melalui https://namadomain/cpanel
      • Klik menu File manager kemudian pilih nama file yang digunakan sebagai wadah data website yang akan anda tambahkan domainnya ke google search console
      • klik menu Upload dan unggah file html yang sebelumnya telah anda download.upload ke cpanel ardata
    6. klik verify apabila anda telah menyelesaikan langkah sebelumnyaverify ardata

2. Pilih menu sitemap

sitemap ardata

setelah memverifikasi domain ke google, anda akan masuk ke halaman ini. Pilih menu sitemap, kemudian ketikkan “sitemap.xml” seperti gambar di atas. Apabila statusnya sukses setelah menekan tombol submit, tandanya proses instalasi telah berhasil. Cara pasang google search console yang telah kita infokan ini bisa anda terapkan untuk website anda. Anda bisa menggunakan plugin seo agar website anda semakin teratas

Continue Reading