Salah satu kunci utama seorang pelaku SEO atau Search Engine Optimization adalah traffic. Cara tersebut merupakan strategi yang kini sudah banyak digunakan para digital marketer. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan peringkat website di situs pencari Google. Dengan begitu, website akan memperoleh traffic yang tinggi dan berdampak pada tingkat penjualan suatu bisnis. Contohnya saja sebuah website harus bersaing untuk menempati halaman pertama Google. Hal tersebut sudah pasti akan berpengaruh pada brand awareness suatu bisnis. Apabila bisnis Anda tidak memanfaatkan strategi SEO. Maka website Anda juga tidak akan mendapatkan banyak pengunjung. Bahkan tools SEO yang tersedia sekarang ini bisa memaksimalkan traffic pengunjung di dalam sebuah website. Salah satu tool SEO yang bisa Anda coba adalah Semrush. Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai tool Semrush.

Apa Itu SEMrush?

SEMrush merupakan salah satu perangkat lunak berbasis online yang memiliki fitur lengkap untuk membantu para pelaku SEO dalam merancang dan melaksanakan upaya dalam memaksimalkan SEO, SEM, dan riset media sosial, serta digital marketing. Tool ini bekerja dengan cara membuat konten yang Anda rancang menggunakan SEO yang tepat. Kemudian SEMrush juga akan memberikan sebuah wawasan mengenai topik yang bisa Anda gunakan dan banyak dicari di mesin pencari seperti Google.

Fitur-Fitur SEMrush

Di dalam tool SEMrush, ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja SEO. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah konten serta topik yang telah dirancang layak untuk digunakan atau tidak. Berikut ini adalah beberapa fitur SEMrush yang bisa Anda coba.

1. Cara Menggunakan Fitur “Keyword Research” Semrush

Apabila Anda seorang blogger, maka sangat penting untuk melakukan riset kata kunci sebelum menulis sebuah artikel. Meskipun ada banyak sekali tools SEO diluar sana yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Tapi Anda bisa membandingkannya dengan indikator kinerja website utama. Tool SEMrush bisa mengatur volume pencarian, traffic, kompetisi, perkiraan BPK, jumlah hasil pencarian, dan lain sebagainya. Semua matrik tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh kata kunci yang tepat. Sehingga bisa meningkatkan traffic pada website Anda.

Berikut adalah tutorial menggunakan SEMrush untuk riset kata kunci.

Pertama adalah tekan “keyword overview”, kemudian cari kata kunci yang ingin Anda gunakan dan atur negara di bagian bawah.

Setelah itu, klik “analyze” untuk melihat matrik dari kata kunci yang Anda cari.

Anda akan memiliki akses ke data seperti volume kata kunci, kesulitan, hasil SERP, dan tren. Dan jika Anda mempromosikan brand Anda dengan iklan berbayar, Anda juga akan dapat melihat biaya rata-rata per klik kata kunci tersebut.

Jika scroll ke bawah, Anda juga akan melihat data seperti:

a. Variasi keyword yang bisa Anda gunakan di dalam konten Anda
b. Long Tail Keyword atau keyword turunan yang lebih panjang
c. Kata kunci terkait yang dapat membantu konten Anda muncul di hasil pencarian yang lebih relevan

Terakhir, Anda akan melihat domain langsung yang muncul di hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda analisis. Ini adalah cara lainnya untuk memasuki kompetisi yang secara aktif berperingkat baik dan mengumpulkan beberapa inspirasi.

2. Cara Menggunakan Fitur “Analisis Kompetitor”

Fitur ini adalah bagian terbaik dari tool SEMrush. Dimana Anda bisa melakukan analisis kompetitor dengan cara yang lebih mudah. Disini, Anda juga bisa menemukan traffic pencarian, keyword yang memiliki kinerja baik, sumber backlink, dan masih banyak informasi lainnya.

Riset Domain Organik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisis domain dari situs web Anda sendiri. Untuk melakukannya, buka Analisis Domain > Riset Organik. Kemudian, masukkan domain situs Anda.

Setelah itu, SEMrush akan memberi Anda informasi paling penting yang perlu Anda ketahui tentang domain situs Anda di hasil pencarian:

Saat Anda scroll ke bawah, Anda juga akan memperoleh akses ke data-data seperti:

a. Kata kunci organik teratas domain Anda
b. Perubahan posisi
c. Informasi cuplikan unggulan
d. Halaman teratas dan subdomain domain Anda
e. Kompetisi utama

Riset Kompetitor

Sekarang saatnya untuk melihat pesaing Anda. Ketika Anda melakukan ini, Anda dapat meniru apa yang mereka lakukan dan menyalin strategi mereka, membuat konten Anda jauh lebih baik, dan akhirnya mengungguli mereka.
Untuk menemukan data yang Anda butuhkan, buka Analisis Domain > Riset Organik dan klik tab kompetitor. Di sini, SEMrush menghilangkan semua dugaan tentang siapa pesaing terbesar Anda dalam hasil pencarian.

Peta Posisi Kompetitif menunjukkan seberapa kompetitif Anda di tengah-tengah yang terbaik di antara para pesaing Anda. Misalnya, Poilnusajaya.id cukup kompetitif melawan hakkekayaanintelektual.com. Namun, jawarakonten.com adalah situs web terkuat di sini.

Tertarik untuk melihat apa yang dilakukan pesaing Anda kepada pengunjung situs? scroll ke bawah sedikit dan Anda akan melihat daftar kompetisi yang ekstensif, lengkap dengan data seperti:

a. Tingkat kompetisi
b. Jumlah kata kunci umum
c. Kata kunci mengarahkan lalu lintas ke domain
d. Lalu lintas yang dihasilkan dari kata kunci tertentu
e. Biaya lalu lintas berdasarkan kata kunci tertentu
f. Kata kunci berbayar sedang digunakan

Inti dari menyempurnakan strategi SEO Anda adalah agar Anda dapat memperoleh traffic yang tepat ke situs Anda. Itulah mengapa penting untuk melihat tingkat persaingan juga. Metrik ini akan menunjukkan kepada Anda situs web mana yang mengambil traffic dari situs Anda.

Riset Kompetisi Individu

Salah satu alasan SEMrush berkuasa sebagai alat SEO terkemuka adalah karena ia tidak hanya memberi Anda dasar-dasarnya saja. Tentu, jika itu yang Anda cari, itu akan memberikan pandangan sekilas tentang sebagian besar metrik SEO. Namun, ini juga memberi pemilik situs untuk melakukan hal-hal seperti menargetkan satu pesaing tertentu dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentangnya.

Jika Anda menginginkan informasi tentang satu pesaing tertentu, buka Analisis Domain > Riset Organik dan klik tab Pesaing. Kemudian, seperti yang kami sebutkan di atas, gulir ke bawah ke bagian Pesaing Organik dan klik domain yang ingin Anda cari.

Berdasarkan tingkat kompetisi, kami melihat bahwa jawarakonten.com adalah pesaing dekat ardata.co.id, jadi kami akan mengklik domain itu. Ketika kita melakukannya, kita melihat ini:

Hasil di atas cocok untuk perbandingan yang mudah antara Anda dan kompetitor Anda dalam hal traffic, pencarian berbayar, backlink, dan bahkan kata kunci.

3. Cara Menggunakan Fitur “Full Site Audit”

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, SEMrush juga memiliki fitur full site audit. Dimana fitur tersebut akan membantu Anda dalam memperbaiki dan menemukan semua masalah yang berkaitan dengan SEO pada website Anda. Fitur ini bisa meningkatkan hasil pencarian dengan cara memperbaiki setiap masalah yang ada di website.

Sebelum Anda melakukan perbaikan apa pun pada situs web Anda, baik itu kecepatan dan kinerja situs, keamanan, atau bahkan SEO, Anda harus memahami kondisi situs Anda. Lagi pula, tidak ada cara untuk secara efektif mengukur keberhasilan peningkatan Anda jika Anda tidak memiliki dasar untuk dibandingkan.

SEMrush membantu Anda melakukan audit SEO. Ini akan memberikan gambaran lengkap tentang bagaimana kinerja situs Anda dalam hal SEO, sehingga Anda dapat dengan cepat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Untuk mengaudit situs Anda, buka Proyek lalu klik tombol hijau Buat proyek pertama saya.

Isi domain proyek (situs web Anda) dan beri nama untuk referensi Anda di masa mendatang. Kemudian klik Buat proyek.

Untuk contoh kami, kami akan menggunakan situs web digital agency yang sangat bereputasi, ardata.co.id. Setelah proyek Anda dibuat, klik Set up di kotak Site Audit.

Anda akan melihat popup seperti di atas, yang akan meminta Anda untuk mengisi pengaturan audit.

Setelah ini selesai, cukup klik Mulai Audit Situs dan tunggu. Ketika audit situs selesai, Anda dapat mengklik kotak Audit Situs dan melihat hasilnya.

Harga Berlangganan SEMrush

Setelah mengetahui semua fitur yang disediakan oleh SEMrush. Kini saatnya Anda harus mengetahui harga layanan yang tersedia. Harga layanan SEMrush didasarkan pada tingkatan yang berbeda-beda serta ditargetkan untuk orang yang berbeda juga.

1. SEMrush Pro: $99,35 per bulan/$999 per tahun

Layanan ini biasanya ditujukan untuk bisnis yang masih berskala kecil dan influencer. Dengan layanan ini, Anda akan memperoleh 5 laporan PDF yang dapat dijadwalkan, Anda juga bisa melacak lebih dari 500 kata, 5 project, 3000 laporan harian, dan masih banyak lagi.

2. SEMrush Guru: $199,95 per bulan/$1999,40 per tahun

Apabila Anda berasal dari SMB atau agensi pemasaran, maka Anda bisa menggunakan paket layanan yang satu ini. Dengan layanan ini, Anda akan memperoleh banyak keuntungan dibandingkan dengan paket SEMrush Pro.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Tools SEMrush, anda dapat menggunakannya untuk keperluan optimasi website. Jika anda ingin membeli lisensi SEMrush dengan harga murah, bisa klik link ini.

 

Ingin SEO Website Anda Optimal dan berada di halaman 1 Google?  kunjungi Jasa SEO Berpengalaman & Bergaransi

Continue Reading