Bagi para praktisi SEO ketika mengoptimasi website pasti sudah tidak asing lagi dengan backlink. Secara sederhana, backlink adalah kegiatan ‘menanamkan’ tautan di website target yang menuju website kita.

Namun, dalam memilih website yang dijadikan sebagai target, harus dengan penuh perhitungan. Selain harus memperhatikan jumlah backlink untuk menghindari spam, Sebaiknya juga harus mempertimbangkan Domain Authority/ Domain Rating sebuah website yang dijadikan target agar kualitas backlink juga tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan ranking website kita di mesin pencari. Di sini akan dijelaskan apa itu Domain Authority terhadap kualitas backlink. Baca Juga : Cara Mudah Mendapat Backlink dari Microsoft (Dofollow, DA Tinggi)

 

Mengenal Domain Authority

Domain Authority atau DA adalah peringkat suatu website yang diberikan oleh mesin pencari. Semakin tinggi DA yang dimiliki sebuah website, maka semakin mudah ditemukan situsnya. Bisa dibilang, Domain Authority atau DA adalah salah satu faktor yang menjadi tolok ukur kepercayaan suatu website oleh mesin pencari.

 

Cara Mengecek Domain Authority

Pemeringkatan nilai DA menggunakan skala angka 0-100. Untuk melihat skor DA, biasanya harus menggunakan tools dan memasukkan nama domain yang ingin dilihat nilainya. Ada beberapa tools yang bisa digunakan secara gratis, tetapi sudah bisa menampilkan nilai DA dengan baik.

  1. Ahrefs, tool ini memang cukup populer di kalangan pakar SEO karena memiliki beberapa layanan lain seperti keyword explorer, content explorer, dan sebagainya. Namun, ahrefs memberikan layanan Domain Rating (DR) checker ini secara gratis. Selain itu, penggunaanya pun juga sangat mudah, Anda tinggal memasukkan alamat domain dan akan muncul hasilnya. Berikut adalah hasilnya, di mana wikipedia Indonesia memiliki nilai yang sangat tinggi.

domain authority terhadap backlink

 

domain authority terhadap backlink

 

  1. MozBar, tool yang satu ini berbentuk extension di Chrome yang juga sangat mudah digunakan, dan tentunya gratis. Cara pemasangannya pun mudah. Silakan pasang plugin terlebih dahulu, setelah login dan Anda pun bisa menggunakan tool Berikut adalah tampilan dari MozBar ketika menampilkan nilai DA. Pada contoh berikut, kami mencoba untuk melihat nilai DA dari domain YouTube, dan nilainya pun sempurna, yakni 100.

domain authority terhadap backlink

 

Sebenarnya masih ada banyak lagi tools yang dapat digunakan secara gratis, tetapi kami memberikan dua contoh tool yang menurut kami sangat bagus. Biasanya tools gratis akan ada batasan mengakses. Namun, kedua tool di atas dapat digunakan berulang kali tanpa ada batasan. Dan untuk penggunaannya, Anda bisa memilih di antara keduanya karena pada dasarnya sama saja, sama-sama berfungsi untuk mengecek Domain Authority.

 

Apa Saja yang Memengaruhi Skor Domain Authority?

Biasanya, mesin pencari (google) memberikan peringkat domain berdasarkan tiga indikator, yaitu :

  • Usia domain, semakin lama domain berada dan semakin banyak aktivitas yang terjadi di dalam domain tersebut, maka biasanya DA pada domain tersebut memiliki angka yang tinggi. Mesin pencari akan menganggap domain tersebut layak diberikan nilai yang tinggi dan akan berpengaruh dalam mesin pencari nanti. Apabila domain yang berusia lama tetapi jarang ‘beraktivitas’ misalnya mengunggah konten secara konsisten, maka DA tidak akan dapat meningkat dan kredibilitasnya rendah.
  • Popularitas domain, hal ini dipengaruhi oleh jumlah tautan yang masuk di website-website berkualitas. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan blogwalking (berkunjung ke website lain dan berkomentar). Selain itu, mempromosikan website di forum-forum juga bisa mendongkrak popularitas domain Anda, tetapi perhatikan relevansi forum dengan domain Anda.

Intinya, semakin banyak konten (positif) yang dimiliki, maka semakin besar pula ukuran domain Anda. Wajar sekali jika para blogger sering mengupload konten setiap hari, karena akan berpengaruh terhadap ukuran domain terhdadap naiknya kredibilitas domain.

 

Cara Mendapat Backlink dari Web Domain Authority Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan backlink dari website yang memiliki DA tinggi. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Membuat konten di Sharing Platform, untuk mendapatkan backlink berkualitas dari website yang memiliki DA tinggi, Anda bisa membuat konten-konten seperti di quora, kompasiana, hipwee, medium, dan sebagainya. Sharing Platform tersebut sudah dipastikan memiliki DA yang tinggi karena memang sangat populer. Untuk membuktinkannya, Anda bisa mengeceknya dengan tools di atas. Dengan membuat konten, Anda bisa menyisipkan tautan yang menuju situs Anda, dengan begitu, Anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas,tetapi perlu diingat bahwa relevansi konten harus diperhatikan agar mesin pencari tidak mengira bahwa itu adalah
  2. Melihat nilai DA dari website kompetitor Anda, misalnya kompetitor Anda adalah hipwee.com. Maka Anda bisa mengecek backlink yang telah dibuat oleh mereka di mana saja dengan tool ahrefs backlink checker. Tool ini bisa mendeteksi backlink yang telah dibuat oleh pemilik website, dengan demikian, Anda bisa memasang backlink di website target yang sama dengan apa yang dilakukan hipwee. Jika Anda kebingungan, perhatikan gambar berikut.

domain authority terhadap backlink

 

Bisa dilihat bahwa hipwee memasang backlink pada domain yang memiliki skor 79, 93, dan 11. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Pasang tautan yang menuju website Anda pada link di atas (draft.blogger.com/ pokerman88.page.tl). jika terdapat peringatan NOFOLLOW, maka hindari memasang backlink dari situs tersebut. Karena NOFOLLOW berarti mesin pencari tidak akan bisa mengindeks tautan Anda.

  1. Melakukan Guest Blogging, yaitu dengan membuat artikel, tetapi diunggah di website orang lain dengan manyantumkan tautan yang menuju website Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mengajaknya bekerja sama untuk saling memberikan sumber backlink.

Setelah Anda mengetahui caranya, Apakah Anda sudah siap untuk mengoptimasi website Anda dengan memasang backlink di website lain? Perlu diketahui bahwa penerapan backlink adalah bentuk dari SEO Off-page, di mana dapat membantu meningkatkan kredibibilitas website Anda di mata mesin pencari. Dengan memadukan SEO On-page dengan SEO Off-page dalam optimasi website, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Continue Reading