Dalam mengoptimasi website, menggunkan teknik SEO off-page akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kredibilitas suatu website, sehingga nantinya peringkat website yang telah dioptimasi dapat mudah muncul di mesin pencari. Salah satu cara menerapkan SEO off-page adalah dengan backlink, yaitu memasang tautan website kita di website yang memiliki kredibilitas tinggi. Kredibilitas website ini diukur dengan skala 0-100 atau sering dinamakan Domain Authority (DA). Sebaiknya ketika membuat backlink juga harus menentukan website target mana yang memiliki DA yang tinggi, karena semakin tinggi popularitas sebuah domain, maka semakin tinggi nilai DA yang dimiliki. Bisa dibilang, jika Anda bisa mendapatkan backlink dari website yang memiliki DA tinggi, maka Anda akan memiliki backlink yang berkualitas. Lalu sebenarnya seberapa penting backlink yang berkualitas untuk meningkatkan rangking website di mesin pencari? Kami akan memberikan penjelasannya di bawah ini.

 

Pentingnya Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Ranking

Perlu diketahui bahwa salah satu cara meningkatkan ranking website di mesin pencarian adalah dengan backlink, selain konten yang berkualitas. Namun, yang dimaksud backlink berkualitas di sini bukanlah banyaknya backlink yang dimiliki tetapi dalam pembuatannya tanpa menggunakan perhitungan yang tepat. Dalam artian tidak memperhatikan relevansi website target, DA yang rendah, nofollow, dan sebagainya. Backlink berkualitas adalah ketika semua backlink yang dimiliki sudah sesuai dalam penempatannya, sehingga mesin pencari tidak menganggap itu sebagai sebuah spam. Karena spam akan mengakibatkan website terkena penalti, yang justru membuat menurunnya peringkat website di mesin pencarian. Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas dari website yang memiliki DA tinggi? Kami akan memberikan tips mendapatkan backlink berkualitas dari Microsoft, di mana nilai DA nya nyaris sempurna, yakni 99 dan statusnya dofollow. Dofollow memungkinkan mesin pencari untuk bisa mengindeks tautan Anda. Dan nofollow adalah kebalikan dari dofollow. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

 

Cara Mendapat Backlink dari Microsoft (Dofollow DA Tinggi)

  1. Buka tautan berikut ini, jika Anda belum memiliki akun Microsoft, Anda bisa membuatnya dengan membuka tautan ini.
  2. Setelah berhasil membuat akun dan sign in di Social TechNet. Di bagian sudut kanan atas, tepatnya di bawah tombol sign out akan ada pilihan edit profile. Setelah itu pilih edit profile untuk melanjutkan.

cara backlink dari microsoft

Isilah dengan nama, usahakan menggunakan keyword yang sudah Anda siapkan. Setelah itu centang di bagian Agree to Legal Terms, kemudian klik Continue.

 

  1. Langkah selanjutnya, Anda akan disuruh mengisi data-data, di sinilah peran backlink.

cara backlink dari microsoft

 

Isi semua kolom yang sesuai dengan tujuan Anda. Pada bagian website, isikan dengan nama website yang ingin Anda optimasi. Pada contoh di atas, kami akan menautkan link SMK N H Moenadi di Social TechNet. Jika semua telah terisi, klik Save Changes.

 

  1. Ini adalah tampilan profil Social TechNet ketika sudah selesai mengeditnya. Dan backlink berkualitas pun bisa didapatkan.

 

cara backlink dari microsoft

 

  1. Jika dicek menggunakan MozBar, terbutki bahwa nilai DA yang dimiliki Social TechNet Microsoft ini sangat tinggi, yaitu 99. Dan tautkan pun terdeteksi sebagai dofollow.

 

Itu adalah salah satu backlink berkualitas yang bisa didapatkan dengan mudah. Dalam membangun website dengan backlink yang berkualitas, Anda juga harus menyiapkan aspek penting lain yang berkaitan, yaitu konten. Konten pun harus unik, dan lengkap. Tak peduli sebanyak apa backlink yang Anda miliki, tetapi konten Anda tidak diperhatikan, maka akan sangat sia-sia.

Continue Reading