Tokopedia merupakan salah satu marketplace besar dari Indonesia. Bahkan baru-baru ini Tokopedia telah bergabung dan bekerja sama dengan Gojek untuk mempermudah seller maupun buyer melakukan transaksi jual beli. Dengan bergabungnya Tokopedia dan Gojek tentu Tokopedia menjadi salah satu tempat incaran Anda para seller untuk mengiklankan maupun menjual produk Anda melalui marketplace tersebut. Namun, bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui Tokopedia? Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai Cara Setting Topads Tokopedia yang Benar Supaya Banyak Penjualan.

Strategi Menggunakan Iklan TopAds

Cara Iklan Topads

Topads adalah fitur untuk seller atau penjual di Tokopedia untuk mempromosikan produk serta toko seller. Caranya adalah dengan mendaftarkan toko Anda di topads, dengan mendaftarkan took Anda, Tokopedia memberikan berbagai macam keuntungan serta produk yang Anda iklankan akan muncul pada halaman-halaman strategis di Tokopedia, seperti : 

  1. Halaman beranda pada Tokopedia, merupakan halaman utama yang akan sering dilihat oleh pengunjung. Oleh karena itu apabila iklan Anda muncul pada halaman ini, maka akan dapat dilihat oleh banyak orang. 
  2. Halaman favorit menjadi salah satu halaman yang akan merekomendasikan pengunjung situs barang atau produk pilihan. Halaman kedua ini sama strategisnya dengan halaman beranda. 
  3. Halaman kategori produk, pada halaman ini pengunjung dapat melihat produk Anda sesuai dengan kategori produk yang dicari. 

Untuk menggunakan strategi iklan dengan Top ads, Anda perlu mengetahui dua hal ini.

Mengatur biaya per klik

biaya per klik tokopedia topads

Anda perlu menentukan atau memasang biaya per klik agar produk Anda dapat tampil pada halaman paling depan. Pastikan biaya yang Anda pasang bersaing dengan toko-toko lain. Tipsnya, Anda dapat memperhatikan rekomendasi biaya per klik agar mengetahui rata-rata biaya per klik yang digunakan oleh toko lain. 

Menganalisa tingkat relevansi iklan topads

Tingkat relevansi ini dilihat melalui banyaknya klik pada iklan Anda. Tingkat relevansi menentukan urutan tampil dari suatu iklan, maka semakin tinggi tingkat relevansi iklan Anda, semakin tinggi pula iklan Anda tampil. 

Penamaan Produk sesuai SEO & Keyword

Penamaan produk perlu Anda lakukan dengan baik. Penamaan produk menjadi salah faktor yang dapat mempengaruhi performa Top Ads dan penjualan pada produk Anda. Agar dapat menarik minat pembeli melalui penamaan produk yang Anda jual, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan. 

Nama Produk sesuai SEO

  1. Berilah penamaan yang jelas pada produk Anda. Contohnya apabila Anda menjual smartphone, maka Anda dapat menamakan produk Anda sesuai dengan brand, tipe, warna dan lainnya. Berikan pula deskripsi yang jelas pada produk Anda. 
  2. Usahakan untuk tidak memberikan nama dengan kode yang asing atau kata yang asing oleh calon pembeli maupun target market Anda. Apabila target market Anda adalah orang Indonesia, maka gunakanlah Bahasa dengan Bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dimengerti. 

Memasang Biaya Per Klik Sesuai Dengan Rekomendasi Biaya

rekomendasi biaya per klik tokopedia

Dari strategi memasang iklan dengan Topads Anda tentu telah mengerti bahwa Tokopedia merekomendasikan Anda untuk menentukan biaya per klik. Rekomendasi biaya adalah rata-rata biaya iklan yang dipasang oleh penjual lain dengan kategori sama. Apabila Anda ingin produk Anda dapat tampil di halaman depan, maka Anda perlu memasang biaya per klik. 

Menentukan Kategori Produk yang Tepat

Kategori produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa iklan Topads Anda. Tentukanlah kategori produk yang tepat dan sesuai dengan produk yang Anda iklankan. Apabila Anda salah menentukan kategori produk, maka calon pembeli akan kesulitan menemukan produk Anda. 

Menggunakan Foto Produk Menarik

Gambar maupun foto merupakan faktor utama yang menentukan penjualan Anda. Foto atau gambar dengan warna atau kualitas foto yang baik dapat menarik perhatian calon pembeli pada produk Anda. Oleh karena itu gunakanlah foto atau gambar yang jelas menentukan produk Anda. 

Tulis Deskripsi Produk Dengan Detail dan Jelas

Seperti halnya dengan penamaan produk, tulislah deskripsi produk dengan detail dan jelas. Tulislah tipe, warna, manfaat, kegunaan, brand, motif serta informasi lain mengenai produk Anda. 

Cara menggunakan Iklan Per Klik

Setelah mengetahui mengenai Top Ads serta bagaimana cara meningkatkan performa iklan Anda dengan menggunakan iklan per klik, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan iklan per klik tersebut. Simak tahapan berikut ini. 

  1. Pilihlah menu ‘ tambah promo’. 
  2. Pilihlah bagian ‘produk’ .

menggunakan iklan per klik tokopedia

  1. Pilihlah produk yang akan Anda iklankan.
  2. Aktifkan tombol ‘iklan per klik’ kemudian buatlah grup dan atur penempatan serta biaya iklan per klik Anda. Apabila Anda telah memiliki grup Anda hanya perlu memilih grup yang telah diset sebelumnya. 

 

Keempat step tersebut merupakan tahapan untuk menggunakan iklan per klik. Mudah bukan? Selanjutnya apabila Anda ingin mengedit iklan per klik Anda, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda ikuti. 

  1. Bukalah tab produk pada halaman Top Ads.
  2. Klik ikon ‘edit’ pada produk yang ingin Anda edit.
  3. Anda dapat mengatur produk yang ingin Anda edit ke grup lain. 
  4. Anda dapat membuat pula grup baru.  

Cara Mengetahui Performa Iklan

Anda perlu mengetahui performa iklan Anda agar Anda dapat meningkatkan kualitas iklan, mengevaluasi iklan serta produk Anda agar mendapatkan hasil penjualan yang meningkat. Anda dapat mengklik ‘persentase klik’ pada iklan Topads Anda, Tokopedia akan menampilkan banyaknya jumlah klik pada iklan Anda oleh pengguna Tokopedia. 

Baca juga Mengenal TopAds Tokopedia

Nah, itulah beberapa cara serta tips untuk melakukan setting iklan Topads Anda yang akan membuat penjualan produk Anda meningkat. Cek serta lakukan tips-tips untuk meningkatkan performa Anda. Selamat mencoba ! 

Continue Reading