Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website adalah salah satu hal paling penting untuk usaha online yang ingin menginklankan produknya di Facebook. Terlebih, Aplikasi ini merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Menurut data pada tahun 2017 saja, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta pengguna aktif.

Artinya, setengah dari penduduk Indonesia adalah pengguna Facebook. Dengan banyaknya pengguna aplikasi tersebut, Facebook tentu menjadi salah satu sarana untuk mengiklankan produk maupun jasa yang Anda jual. 

Anda dapat menggunakan fitur Facebook Ads untuk dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta melakukan iklan dengan mudah di Facebook. Untuk dapat mengiklankan produk atau jasa Anda, perlu mengetahui beberapa hal sebagai berikut. 

Pengertian Facebook Ads

Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website, Anda perlu mengetahui apa itu Facebook Ads? Facebook Ads merupakan media untuk mengiklankan suatu produk maupun jasa dan audiensi dari iklan tersebut adalah pengguna Facebook. 

Iklan Facebook Ads, biasanya muncul pada beranda atau terletak pada sidebar. Ada beberapa jenis iklan yang ditayangkan oleh Facebook Ads. Apabila dilihat dari bentuk iklannya, Facebook Ads menampilkan iklan dengan bentuk video serta gambar. Sedangkan jika dilihat dari tujuannya Facebook Ads menampilkan iklan dengan tujuan impression, traffic, lead dan lainnya. 

Kelebihan Dari Facebook Ads

Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website

Setelah Anda mengetahui apa itu Facebook Ads, selanjutnya Anda perlu mengetahui kelebihan-kelebihan apa saja yang akan Anda dapatkan apabila Anda menggunakan fitur Facebook Ads sebagai media beriklan Anda. 

1. Memiliki pengguna aktif

Facebook memiliki banyak pengguna yang aktif melakukan aktivitas di Facebook. Oleh karena itu poin satu ini merupakan kelebihan, apabila Anda ingin menggunakan fitur beriklan dari Facebook. Rata-rata pengguna Facebook dari Indonesia menghabiskan waktunya selama 3 jam 23 menit sehari. Hal tersebut dapat membuat iklan Anda memiliki kemungkinan lebih besar dilihat oleh orang. 

2. Memiliki demografi yang beragam

Facebook memiliki pengguna yang beragam. Sekitar 56% pengguna Facebook adalah pria sedangkan sisanya yaitu 44% adalah perempuan. Apabila dilihat dari kelompok usianya, Facebook memiliki audiens yang beragam mulai dari usia 13 tahun hingga 64 tahun. 

Dengan demografi yang beragam tersebut, Anda dapat menargetkan iklan produk maupun jasa Anda sesuai dengan target market Anda. Perempuan atau laki-laki dengan range usia tertentu. 

3. Memiliki target spesifik

Dari dua poin kelebihan sebelumnya, yaitu pengguna aktif serta demografi yang beragam Anda dapat menentukan target iklan Anda dengan spesifik. Beragamnya demografi serta jumlah pengguna aktif yang banyak dapat mempermudah Anda untuk menetapkan target spesifik untuk iklan Anda. Contohnya, Anda menjual produk atau jasa yang cocok untuk perempuan berusia 20-30 tahun dengan hobi membaca atau jalan-jalan dan berada di kota yang sama. Buatlah target iklan Anda sespesifik mungkin agar penjualan Anda mengalami peningkatan yang baik. 

4. Menjangkau lebih banyak pengguna Facebook

Algoritma Facebook selalu berubah-ubah, saat ini postingan Facebook Anda mungkin tidak menjangkau pengikut atau teman Facebook Anda atau terlambat melihat unggahan Anda. Oleh karena itu apabila Anda ingin memaksimalkan iklan produk, Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak pengguna serta pengikut Facebook Anda. Dengan Facebook Ads keterlambatan atau sistem non linear pada timeline Facebook akan teratasi. 

5. Dapat melakukan remarketing

Facebook Ads menawarkan fitur untuk dapat melakukan remarketing seperti Google Ads. Melalui  fitur remarketing di Facebook Ads, iklan yang akan Anda pasang akan dilihat oleh audiens Anda serta terhubung dengan website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Dengan fitur tersebut Anda dapat mempertahankan pembeli Anda melalui internet target. 

6. Facebook Ads efektif digunakan untuk berbagai macam tujuan marketing

Seperti yang telah penulis jelaskan sebelumnya, Facebook Ads menyediakan beberapa pilihan untuk tujuan pengiklanan Anda mulai dari traffic, leads, download aplikasi hingga melakukan pembelian. Anda dapat memilih salah satu dari tujuan tersebut yang paling sesuai dengan Anda. 

7. Biaya Facebook Ads yang terjangkau

Menggunakan fitur Facebook Ads untuk mengiklankan bisnis Anda terbilang murah. Hanya dengan Rp. 10,000 saja Anda sudah dapat menggunakan fitur Facebook Ads dengan menggunakan fitur untuk mengoptimalkan anggaran iklan. Apabila Anda telah mahir memilih audiens Anda, Facebook dapat memberikan harga yang murah atau terjangkau. 

Itulah keenam kelebihan dari menggunakan Facebook Ads, apakah Anda tertarik untuk mencoba? Sebelumnya Anda perlu mengetahui jenis-jenis Facebook Ads yang dapat Anda pilih sesuai dengan target market bisnis Anda.

Jenis Facebook Ads

Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website

Terdapat beberapa jenis Facebook Ads yang dapat Anda gunakan. Mengetahui jenis-jenis Facebook Ads dapat mempermudah Anda untuk menentukan tipe atau jenis mana yang cocok untuk mengiklankan bisnis Anda. Berikut beberapa jenis Facebook Ads yang telah penulis rangkum. 

1. Facebook Photo Ad

Facebook Phot Ad merupakan model Facebook Ads yang paling termudah untuk Anda gunakan, sebab Anda hanya perlu memberikan foto, CTA serta link. 

Sesuai dengan Namanya, Facebook Photo Ad menampilkan iklan Anda dalam bentuk gambar atau photo. Oleh karena itu jenis ini cocok untuk Anda yang ingin mengiklankan suatu produk, karena perhatian audiens akan langsung tertuju pada tampilan produk Anda. 

Anda dapat menggunakan foto atau gambar yang memiliki resolusi bagus dan dapat menyampaikan pesan produk Anda dengan tepat kepada audiens, pastikan pula ukuran gambar atau foto untuk iklan Anda tepat, seperti apabila iklan Anda akan diunggah di beranda maka pastikan ukuran gambar Anda 1080 x 1350 px dan lain sebagainya. 

2. Facebook Video Ad

Sama halnya dengan Facebook Photo Ad, Facebook Video Ad akan menampilkan iklan Anda dalam bentuk video. Iklan dengan video akan membuat audiens Anda merasa tidak bosan. Namun untuk dapat menarik perhatian audiens Anda dengan Facebook Video Ad, Anda perlu memperhatikan format video. Facebook Video Ad menawarkan beberapa format video untuk mengiklankan produk Anda. Berikut ketiga formatnya. 

  • Feed = durasi maksimal 240 menit
  • Marketplace = durasi maksimal 240 menit
  • Beranda messenger = durasi maksimal 240 menit

3. Slideshow 

Jenis Facebook Ads yang ketiga sangat cocok untuk Anda yang ingin mengiklankan beberapa produk Anda dalam satu postingan. Dengan menggunakan slideshow, Anda dapat mengunggah iklan secara bersamaan baik dalam bentuk foto, video, maupun teks sekalipun. 

Facebook Ads Slideshow memberikan Anda kesempatan untuk dapat mengunggah iklan secara bersamaan dengan jumlah 3 hingga 10 postingan atau iklan, selain itu Anda dapat 

memberikan efek pada gambar untuk iklan Anda. Menarik bukan?

 4. Carousel 

Jenis berikutnya merupakan Carousel, dengan Carousel Anda dapat mengunggah iklan Anda secara bersamaan dalam satu tampilan. Carousel memang terlihat sedikit sama dengan Slideshow, bedanya Carousel menampilkan iklan Anda dalam satu tampilan walaupun ada banyak gambar. Anda dapat menyematkan CTA tombol pada setiap gambar Carousel, hal ini akan membuat iklan Anda mendapatkan kesempatan konversi dari bermacam-macam produk yang semakin melebar.

 5. Instant Experience 

Instant Experience merupakan jenis Facebook Ads yang digunakan untuk mengoptimalkan iklan pada audiens yang menggunakan atau membuka Facebook melalui seluler atau HP. Instant Experience memungkinkan audience dari iklan bisnis Anda mendapatkan iklan yang lebih interaktif. 

6. Koleksi

Jenis Facebook Ads yang keenam masih berhubungan dengan Instant Experience. Jenis iklan satu ini biasa muncul bersamaan dengan iklan Instant Experience. Koleksi dapat ditampilkan full screen di seluler audiens dan akan menemukan katalog produk berupa foto, video atau tampilan lain yang Anda pilih. 

Baca juga Cara Berjualan Di Facebook Marketplace + Optimasi Supaya Laris Tanpa Iklan

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website

Setelah mengetahui pengertian serta jenis-jenis Facebook Ads langkah berikutnya adalah membuat iklan di Facebook Ads. Penulis telah merangkum beberapa cara untuk membuat iklan di Facebook Ads yang dapat Anda coba. 

+ Bukalah Facebook Ads

Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah membuka halaman Facebook Ads manager. Sebelum membuka halaman Facebook Ads, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah masuk atau login ke akun Facebook Anda. 

+ Pilihlah pembuatan iklan terpandu

Step selanjutnya adalah membuka menu ‘Kampanye’ dan klik ‘Buat iklan’. Kemudian Facebook memberikan Anda dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu pembuatan iklan terpandu serta pembuatan iklan cepat. Sebaiknya Anda memilih pembuatan iklan terpandu, agar iklan Anda tayang serta menyasar audiens secara spesifik. 

+ Menentukan tujuan iklan 

Step ketiga adalah menentukan tujuan iklan Anda. Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori yang berbeda, yaitu pertimbangan, konversi serta kesadaran. Setelah menentukan tujuan iklan, klik atau pilih tujuan iklan yang sesuai dengan Anda. 

+ Memilih jenis iklan di Facebook 

Setelah memilih tujuan iklan, Anda perlu memilih jenis iklan di Facebook Ads. Facebook menyediakan dua jenis iklan yang dapat Anda pilih. Kedua jenis iklan tersebut adalah uji split serta pengoptimalan anggaran. Pilihlah salah satu dari jenis iklan tersebut yang sesuai dengan Anda. 

+ Menulis nama iklan serta memilih tujuan traffic

Cantumkan nama iklan Anda, kemudian pilihlah tujuan traffic Anda, iklan Anda dapat mengarah sesuai dengan platform yang Anda pilih. Contohnya seperti website, aplikasi, messenger maupun whatsapp. 

+ Menampilkan promo 

Anda dapat mengaktifkan pilihan promo sesuai dengan bisnis Anda. Dengan mengaktifkan pilihan tersebut, iklan Anda akan secara otomatis menampilkan promo produk Anda. 

+ Menentukan target audiens

Penulis telah menyebutkan mengenai audiens sepanjang artikel ini. Untuk mendapat feedback baik dari Facebook Ads Anda perlu menentukan target audiens yang sesuai dengan target market Anda. Contohnya seperti jenis kelamin, umur, lokasi, hobi serta bahasa.

+ Menentukan penempatan iklan

Anda dapat menentukan penempatan iklan secara otomatis maupun mengedit atau memilih penempatan iklan Anda sendiri. Apabila Anda memilih penempatan iklan otomatis, maka Facebook akan merekomendasikan tempat yang cocok serta memiliki kinerja baik untuk iklan Anda. Namun, apabila Anda memilih sendiri, Anda perlu menyesuaikan iklan Anda dengan penempatan yang Anda pilih seperti yang telah penulis jelaskan sebelumnya. 

+ Memilih jadwal tayang 

Pilihlah durasi tayang iklan Anda di Facebook serta tanggal memulai dan mengakhiri iklan Anda sesuai dengan anggaran Anda. 

+ Memilih format iklan atau jenis Facebook Ads

Sebelumnya, penulis telah menjelaskan mengenai berbagai jenis Facebook Ads. Pilihlah jenis atau format iklan yang sesuai dengan bisnis Anda. 

+ Membuat teks 

Tahap kesebelas adalah menulis teks atau deskripsi untuk iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik serta singkat agar lebih mudah dipahami oleh audiens Anda. 

+ Memilih gambar, menulis judul serta memasukan tautan

Tahap kedua belas adalah memilih gambar yang sesuai dengan format iklan Anda serta menulis judul untuk iklan Anda dan memasukan tautan yang dapat mengarahkan audiens pada page bisnis Anda. 

+ Melakukan pembayaran 

Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran untuk iklan Anda. Anda dapat membayar dengan menggunakan kartu kredit serta debit mastercard dan visa. Setelah melakukan pembayaran, iklan Anda akan ditayangkan sesuai dengan syarat serta ketentuan Facebook Ads yang berlaku. 

Cara Membuat Iklan Pengunjung Situs Web

Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website

Setelah membuat iklan untuk Facebook Ads, Anda tentu ingin mendapatkan feedback yang maksimal. Untuk itu Anda perlu membuat iklan untuk pengunjung situs website bisnis Anda. Berikut adalah Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website. 

  • Membuka halaman Facebook.
  • Pilih tombol ‘Promosikan’ agar Anda dapat melihat tab pada bagian atas halaman.
  • Mengisi detail iklan Anda, seperti berikut ini. 
  • Materi iklan : mencantumkan URL, teks serta memilih gambar maupun video. 
  • Pemirsa atau audiens : memilih rekomendasi pemirsa atau menentukan audiens berdasarkan karakteristik tertentu. 
  • Anggaran dana per hari : memilih rekomendasi anggaran atau menganggarkan dana Anda secara khusus. 
  • Durasi : memilih durasi atau jangka waktu iklan Anda.
  • Metode pembayaran : meninjau metode pembayaran Anda. 
  • Setelah selesai klik promosikan.

Klik disini untuk info lebih lengkap

Itulah keempat Cara Setting Facebook Ads Mengarah ke Halaman Website. Anda perlu memperhatikan bahwa, setiap step tersebut harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta target market iklan Anda agar mendapatkan feedback yang maksimal. 

Apabila Anda merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa Ardata untuk menyetel atau membuat iklan Facebook Ads. Selamat mencoba ! 

 

Subscribe

Beritau saya jika ada artikel terbaru

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Continue Reading