Saat ini marketplace sedang digandrungi oleh banyak orang untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Jadi tak heran jika aplikasi marketplace banyak mengembangkan fitur-fitur terbaru untuk lebih mempermudah penggunanya. Kehadiran marketplace ini tentu sangat memudahkan penjualan produk. Salah satu marketplace tersebut adalah Facebook Marketplace.

Selain sukses menjadi media sosial yang banyak digunakan orang, sekarang Anda sudah bisa menjual  online di Facebook. Mungkin Anda lebih akrab dengan Facebook sebagai media sosial dan mungkin sesekali menemukan iklan atau orang yang menawarkan produk jualan.  Lalu, apa itu Facebook Marketplace? Apa bedanya dengan Facebook biasa?

Facebook Marketplace merupakan platform untuk orang menemukan, membeli, dan menjual barang-barang. Anda akan lebih mudah menjangkau target audience jika mendaftar di marketplace ini. Facebook Marketplace adalah salah satu fitur Facebook yang dapat Anda manfaatkan untuk berjualan secara online dengan mudah. Anda bisa mengakses Facebook MP melalui aplikasi Facebook dan situs web Facebook.com.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi marketplace lainnya seperti Shopee, Tokopedia, dll, Anda gratis mendaftar di  Facebook MP. Anda bebas bisa menjual produk apa saja melalui marketplace ini. Gimana, tertarik untuk membuka toko di Facebook MP? Kira-kira, produk apa saja yang bisa dijual  di marketplace ini?

Produk yang Bisa Dijual

facebook marketplace

Anda dapat bebas menjual produk apa saja di Facebook MP, selama ketentuan produk yang Anda jual tidak melanggar kebijakan Facebook MP. Berikut ini ada beberapa contoh hal-hal yang tidak bisa Anda jual di Facebook MP:

  1. Bukan Barang Nyata. Barang yang tidak bersifat fisik tidak bisa Anda jual di Facebook MP. Facebook tidak memperbolehkan penjualan yang tidak bersifat fisik. 
  2. Layanan atau Tiket Acara. Facebook tidak memperbolehkan penjualan layanan atau tiket Acara. Jadi Anda baru dapat menjual layanan atau tiket acara dengan izin tertulis dari Facebook.  
  3. Deskripsi dan Foto Tidak Cocok. Foto produk harus sesuai dengan deskripsi dan keterangan judul jika Anda ingin berjualan di Facebook MP. 
  4. Hewan untuk Dijual. Facebook MP tidak mengizinkan Anda untuk menjual hewan atau kelompok, termasuk postingan untuk mengadopsi hewan. 
  5. Kesehatan. Anda tidak diperbolehkan menjual barang-barang yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya termometer, kotak p3k, dan sebagainya). 
  6. Gambar Sebelum dan Sesudah. Facebook MP tidak dapat menampilkan gambar sebelum dan sesudah. Contohnya foto yang menunjukan perubahan berat badan. 

Ada beberapa Kategori di Facebook Mp yang dapat membantu Anda untuk mempermudah pencarian. Kategori tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Iklan Baris
  • Pakaian & Aksesori
  • Penawaran
  • Elektronik
  • Hiburan
  • Keluarga
  • Hobi
  • Rumah dan Taman
  • Perumahan
  • Kendaran

Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan

Sebelum Anda mulai berjualan di Facebook MP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dapat memaksimalkan penjualan Anda di Facebook MP. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai berjualan di Facebook MP:

  1. Pengiriman. Facebook MP memiliki ketentuan tentang pengiriman barang yaitu pesanan harus dikirim dalam waktu 3 hari dan sudah dapat diterima dalam 7 hari. Anda perlu mempersiapkan bagaimana caranya agar barang pesanan sampai tepat waktu. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah memodifikasi jumlah produk yang dimiliki untuk mengontrol penawaran dan permintaan. 
  2. Siapkan Messenger Chatbot untuk Menanggapi Pesan Dari Pembeli. Anda akan mendapat banyak respon dari calon pembeli, misalnya bertanya seputar produk atau melakukan pembelian. Itulah sebabnya Anda perlu menggunakan fitur Messenger Chatbot untuk memudahkan Anda berkomunikasi dalam melayani pelanggan. 
  3. Integrasi Facebook Marketplace. Saat ini, Facebook Mp hanya terintegrasi di beberapa platform ecommerce, seperti Shopify, Zentail, BigCommerce, Channeladvisor, Quipt, CommerceHub. 

3 Hal tersebut perlu kamu perhatikan untuk mempertimbangkan bagaimana Anda saat memulai berjualan di Facebook MP. Jika sudah dipersiapkan dengan baik, Anda dapat memulai penjualan di Facebook MP dengan maksimal. 

Keuntungan Berjualan di Facebook Marketplace

facebook marketplace

Facebook MP ini memiliki banyak kelebihan yang mampu memberi Anda keuntungan saat berjualan online di Marketplace ini. Anda dapat meningkatkan penemuan brand dan produk dengan mudah di Facebook MP. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berjualan di Facebook MP:

  1. Jangkauan yang Luas. Facebook adalah salah satu media sosial dengan banyak pengguna. Itulah sebabnya Anda bisa memiliki jangkauan yang lebih luas untuk menggaet audience Anda di Facebook lebih banyak. 
  2. Proses Penjualan yang Mudah. Facebook MP memiliki banyak fitur untuk mempermudah Anda berjualan di marketplace ini dan memperoleh pelanggan. Yang penting Anda sudah memiliki akun Facebook, maka Anda dapat berbisnis di marketplace ini dengan mudah.  
  3. Mudah Dapat Pelanggan. Ini menjadi keunggulan Facebook Marketplace yang bisa Anda rasakan karena marketplace ini dapat memunculkan produk yang relevan dengan target konsumen Anda. Hal tersebut tentu akan menjadi keuntungan bagi Anda karena akan memudahkan untuk memperoleh pelanggan yang sesuai target. Jika produk Anda dilihat oleh audience yang tepat maka akan memberikan peluang yang besar untuk sampai pada pembelian. 

Setelah Anda mengetahui kelebihan Facebook Marketplace, apakah Anda ingin mulai berjualan di Facebook MP? Sangat menggiurkan bukan, platform ini untuk bisnis Anda? Berikut ini akan saya berikan ulasan bagaimana Anda bisa memulai berjualan di Facebook Marketplace.

Cara Mulai Berjualan di Facebook Marketplace

Untuk mulai berjualan di Facebook MP, Anda hanya perlu memiliki akun Facebook saja. Berikut ini cara dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai berjualan di Facebook MP:

  1. Login ke Facebook dengan Akun Anda.
  2. Setelah berhasil masuk, klik Marketplace.
  3. Klik Jualan Sesuatu, Kemudian klik Item untuk Dijual 
  4. Pilih kategori (sesuai dengan apa yang akan Anda jual: contohnya Elektronik). Masukan judul untuk daftar Anda, Harga, dan lokasi Anda. Buat deskripsi produk. Masukan nominal harga, jika Anda menghendaki item gratis, maka beri 0 untuk nominal harga. 
  5. Klik +10 Foto untuk mengunggah foto produk Anda dari gadget.
  6. Klik Selanjutnya. Jika tampilan yang muncul abu-abu, maka pastikan lagi Anda telah memasukan kategori, judul, harga, lokasi, dan foto. 
  7. Jika sudah berhasil, pilih tempat untuk memposting listing Anda. Klik Bersihkan  jika Anda hanya ingin memposting di Marketplace. 
  8. Jika sudah berhasil, klik Terbitkan untuk memposting listing Marketplace Anda.  

Cara untuk Meningkatkan Penjualan di Facebook

Nah, setelah Anda sudah berhasil melakukan langkah berjualan di Facebook MP, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana strategi untuk memaksimalkan penjualan di marketplace ini.  Anda tidak perlu khawatir, cara meningkatkan penjualan di Facebook MP tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan penjualan Anda di Facebook Marketplace:

  1. Mengedit daftar Marketplace Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pastikan tidak ada yang terlewat.
  2. Lakukan beberapa hal untuk mengoptimalkan listing Anda dengan cara memasukan lebih banyak kata kunci atau keywords dalam judul dan deskripsi produk yang dijual. Buatkan deskripsi yang panjang dan lengkap tentang detail-detail produk yang Anda jual.
  3. Sewa fotografer untuk membuat foto produk Anda lebih berkualitas dan menarik banyak pelanggan melalui visual produk. 

Nah, itu lah beberapa penjelasan tentang Facebook Marketplace yang berpotensi baik untuk Anda berbisnis. Dengan eksisten yang Facebook punya, Anda dapat dengan mudah memaksimalkan penjualan Anda di Facebook Marketplace ini. Berjualan online di Marketplace ini patut untuk Anda coba. 

Continue Reading