Jikalau Anda mempunyai website dan ingin menaikkan traffic, Salah satu jawabannya adalah dengan mengoptimasi SEO pada page/halaman yang akan dinaikkan trafficnya. Tentunya cara ini membutuhkan skill dan keahlian yang harus dipelajari dan tidak asal dalam menggunakannya. Cara mengoptimasi SEO juga bermacam-macam, dari yang sederhana hingga paling rumit. Pada kesempatan kali ini, di artikel ini akan disajikan tutorial mengoptimasi SEO yang mudah dan praktis tetapi hasilnya maksimal. Berikut ini adalah Cara Setting Yoast SEO

Simak terus penjelasan di bawah ini yang akan mengupas mulai dari pengertian, cara install, cara menyettingnya, hingga mengoptimasi dengan baik dan benar.
Yuk simak terus penjelasannya sampai selesai ya!

Apasih Yoast SEO itu?

Yoast SEO sendiri merupakan plugin yang ada di wordpress yang sudah banyak digunakan orang untuk meningkatkan atau mengoptimasi SEO website mereka. Sejak dilirisnya plugin Yoast SEO ini pada tahun 2007, Plugin ini telah berjasa untuk banyak sekali orang karena kegunaannya untuk meningkatkan traffic dan mengoptimasi SEO website mereka dalam mesin pencarian browser.

Pada plugin Yoast SEO ini, Anda dapat membuat konten yang menarik sesuai penggunaan keyword yang tepat. Yoast sendiri memudahkan seorang yang akan menyusun konten webnya dengan membantu mengatur title dan juga meta deskripsi dari web tersebut. Pada Yoast SEO terdapat fitur yang bernama Readability Analysis yaitu analisis keterbacaan yang bisa menjadi parameter kita untuk menilai isi kontennya apakah mudah dibaca dan dipahami atau sulit untuk dipahami. Akan ada sebuah informasi yang menyatakan aturan penggunaan kalimat, maupun tanda baca, hingga kalimat yang terlalu pasif dan monoton.

Sebelum menggunakan plugin ini, pastikan Anda sudah mengetahui jika yoast sendiri memiliki dua versi, yaitu yang gratis dan berbayar. Untuk anda yang ingin mencoba bisa memakai yang gratis dahulu karena itu dasar dan mudah digunakan. Selain itu fitur-fiturnya juga terbilang kompleks dan berguna.

Cara instalasi plugin Yoast SEO

Pada bagian instalasi pastikan Anda mengikuti prosesnya dengan benar dan urut, karena jika pada urutan pemasangan plugin ada yang tidak runtut, maka kemungkinan plugin tidak terinstall dengan baik. Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah Anda harus login ke akun wordpress Anda dengan memasukkan ussername dan password yang sudah ditentukan.
  2. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah masuk ke dasbor dari wordpress Anda, setelah itu cari kolom yang bertuliskan plugin. Setelah menemukan kolomnya lalu arahkan kursor ke kolom tersebut tetapi tidak usah diklik agar keluar menu yang di kolom tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

    Setelah itu klik menu yang bertuliskan “Tambah Baru” pada kolom plugin tersebut. Setelah mengklik menu tadi, Anda akan dialihkan ke halaman baru yaitu halaman tambah plugin baru.
  3. Kemudian cari pada kolom pencarian tersebut nama plugin yang akan dipasang. Ketikkan nama “yoast” di kolom tersebut.

    Jika sudah muncul plugin yang Anda maksud tadi, kemudian klik tombol install now. Tunggu hingga proses selesai, proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit tergantung berat atau tidaknya plugin yang akan diinstall.
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian klik tombol activate seperti pada gambar berikut ini

    Tunggu hingga proses aktivasi selesai sebelum lanjut ke urutan pemasangan plugin yoast seo berikutnya.
  5. Setelah berhasil menginstall plugin yoast seo, Anda akan melihat menu yoas seo pada kolom dasbor Anda seperti pada gambar di bawah ini

    Selanjutnya adalah Anda harus mengklik tombol general untuk menyetting general system pada yoast lalu anda akan diarahkan ke menu general setting seperti gambar di atas.

 

Itulah tadi penjelasan singkat tentang cara atau tutorial pemasangan plugin yoast seo semoga pemasangan kalian semua juga lancar tanpa adanya kendala berarti. Selanjutnya kita ke tahap setting yoast seo-nya.

Cara setting Yoast SEO melalui plugin

  • Cara mengatur Yoast SEO pada menu general

Pada tab menu general sendiri tersedia ada empat pilihan menu yaitu dashboard, features, integrations, dan yang terakhir web master tools. Kita skip untuk setting pada bagian ini karena bersifat opsional. Juga bagi pemula kita lakukan yang basic terlebih dahulu.

  •  Cara mengatur Yoast SEO pada menu search appearance

Pada menu search appearance terdapat banyak tab kolom yang tersedia. Diantaranya yaitu General, Content Types, Media, Taxonomies, Archives, Breadcrumbs dan yang terakhir adalah RSS.

  1. Setting Menu General

    Pada menu ini disediakan menu separator, biasanya separator pada judul konten dan nama website Anda ketika muncul pada halaman mesin pencarian.
    Selanjutnya menuju menu homepage.

    Pada menu ini Anda bisa isikan identitas web Anda seperti web Anda temasuk web organisasi atau perorangan, lalu nama website, dan yang terakhir logo web Anda.
  2. Setting Menu Content Types
    Di menu ini anda bisa setting SEO title dan juga meta deskripsi yang bisa Anda gunakan sebagai template pada setiap halaman website Anda. Pada menu kali ini kami menyarankan untuk hanya mengaktifkan bagian post dan pages saja.

    Gambar di atas merupakan contoh settingan yang dapat Anda tiru dan contoh di atas merupakan settingan yang ramah untuk para pemula yang masih belajar mengoptimasikan SEO website.

Kurang lebih yang harus disetting cukup di atas dan sisanya dibiarkan saja sesuai dengan settingan seperti pada awalnya.

Baca juga : Step by step optimasi SEO pada website

Pengaturan pada postingan

Setelah menyetting pada plugin menu yoast telah selesai, kini kita lanjut setting di postingan yang akan kita tambahkan SEO website nya. Langkah pertama yaitu masuk ke post/page yang akan dioptimasi SEO nya lalu scroll ke bawah pada panel Yoast SEO.

  • Memasukkan Keyword.
    Cara yang pertama yaitu menambahkan keyword yang terkait atau berkaitan dengan website Anda. Contohnya jika Anda mempunyai usaha cuci mobil di daerah jakarta, masukkan saja keywordnya cuci mobil jakarta. Semakin Anda sesuai saat menambahkan keyword maka peringkat seo nya juga semakin tinggi.
    Cara setting keyword yaitu memasukkan pada kolom focus keyphrase seperti pada gambar di bawah ini.
  • Setting Google Preview
    Pada langkah ini Anda bisa menyetting mau seperti apa preview web anda pada saat di mesin pencarian browser. Ada tiga poin yang bisa anda atur :
  1.  SEO title : Berikan judul website yang menarik dan jelas, tidak boleh terlalu panjang maupun pendek.
  2. Slug : Slug merupakan permalink, Anda bisa mengaturnya untuk mendapat nilai seo yang tinggi.
  3. Meta description : Meta deskripsi akan muncul di bawah judul. Buatlah meta deskripsi yang tepat dan sesuai dengan kriteri yang ditentukan.
  • Memeriksa Indikator SEO
    Indikator inilah yang biasanya menjadi acuan jika warna seo nya belum berwarna hijau (good). Dengan melihat indikator ini kita bisa tahu bagian mana saja yang kurang lalu bisa kita perbaiki yang kurang tadi. Berikut adalah contoh indikator SEO yang baik karena sudah hijau semua

 

Demikian lah panduan singkat untuk mengoptimasi kan website SEO beserta cara setting yoast seo. Semoga tutorial tadi membantu dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang belajar mengoptimasikan website SEO. Langkah optimasi website sudah selesai.

Continue Reading