Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Faktanya, sekitar 1 miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan itu sekitar 13 persen dari populasi dunia. Selain itu, 80 persen pengguna Instagram mengikuti satu atau lebih bisnis, dan 72 persen pengguna telah membeli produk yang pertama kali mereka lihat di Instagram. Semua statistik ini menyoroti satu wawasan utama: Instagram adalah tambang emas bagi pemasar, bisnis, dan pengusaha. Tetapi bagaimana Anda bisa mengukur seberapa sukses Anda di Instagram? Pertama Anda mungkin terobsesi dengan jumlah pengikut Anda, tetapi keterlibatan Instagram Anda adalah metrik yang jauh lebih sehat untuk diukur.  Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara meningkatkan engagament instagram.

 

Seberapa Penting Engangement Rate?

Sederhananya, tingkat keterlibatan Instagram Anda adalah jumlah suka dan komentar yang Anda terima per posting, dibagi dengan jumlah pengikut yang Anda miliki.

Tingkat keterlibatan adalah metrik yang sehat untuk dipantau karena menggarisbawahi seberapa sering pengikut Anda berinteraksi dengan konten, dan memaksa Anda untuk fokus pada data penting, daripada metrik kesombongan (seperti jumlah pengikut yang Anda miliki).

Tingkat keterlibatan yang tinggi adalah sinyal kepercayaan, kesetiaan, dan kedekatan. Kualitas-kualitas ini sangat berharga, bermakna, dan sulit untuk dikembangkan.

Hubungan antara influencer dan pengikut mereka penting untuk dipertimbangkan baik untuk konversi dan kampanye yang didorong kesadaran.

Untuk kampanye konversi, influencer dengan tingkat keterlibatan yang tinggi mungkin memiliki peluang sukses yang lebih tinggi untuk melampaui target pendapatan.

Untuk kampanye kesadaran, tingkat keterlibatan sangat penting karena memengaruhi jangkauan posting Instagram. Algoritme saat ini mendukung dan memberi penghargaan pada postingan dengan keterlibatan tinggi dengan mendistribusikannya secara lebih luas dan menjadi yang teratas di lebih banyak umpan di seluruh platform. Semakin tinggi keterlibatan, semakin luas jangkauannya.

 

Bagaimana Cara Menghitug Engangement Rate?

Tingkat keterlibatan di Instagram adalah jumlah total suka dan komentar dibagi dengan jumlah total pengikut kemudian dikalikan 100 untuk mendapatkan persentasenya.

Ingat, rumus untuk mengukur keterlibatan Instagram adalah dengan menambahkan suka dan komentar yang Anda dapatkan per posting , membaginya dengan jumlah pengikut yang Anda miliki, dan mengalikannya dengan 100.

Ditulis sebagai persamaan, terlihat seperti ini:

Engangement Rate Instagram = (Jumlah Like + komentar / jumlah posting) x 100 Jumlah total pengikut.

 

Cara Meningkatkan Engagement Rate

Sekarang setelah kami membahas apa itu tingkat keterlibatan Instagram, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menghitungnya sendiri, inilah saatnya untuk membahas hal-hal menarik.

Kami akan memberikan cara meningkatkan engagament instagram Anda dan memberikan beberapa contoh kehidupan nyata yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi untuk konten Anda.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan keterlibatan, Instagram menawarkan banyak opsi, dan ada banyak strategi hebat yang dapat Anda gunakan.

 

a. Gunakan Instagram Reel

cara meningkatkan engagament instagram

Cara meningkatkan engagament instagram yang pertama adalah dengan Instagram Reels, ini adalah cara baru untuk membuat konten video yang menyenangkan dan menarik. Fitur video tersedia di Amerika Serikat dan 50 negara lainnya.

Instagram Reels bergabung dengan Insta fam pada musim panas 2020, seolah-olah menawarkan alternatif untuk TikTok. Dengan Reels, pengguna dapat membuat dan mengedit video multi-klip pendek dengan audio dan efek.

Mirip dengan TikTok , pengguna Instagram dapat merekam dan mengedit bersama klip video berdurasi 15 hingga 30 detik yang disetel ke musik dan membagikannya ke Stories, Explore Feed, dan tab Reel di profil pengguna.

 

b. Perbanyak Konten Video

cara meningkatkan engagament instagram

Video menarik dan menarik. Faktanya, sangat menarik sehingga postingan dengan video menerima sekitar 38% lebih banyak interaksi daripada gambar.

Jangan terlalu dipikirkan: konten video tidak harus terlalu dipoles atau diedit dengan sempurna. (Ingat tip “keaslian” dari sebelumnya?) Tembak sekarang, berikan pengeditan cepat, dan sebarkan ke dunia.

Ada jutaan alat untuk membantu Anda menggabungkan adegan, menambahkan musik atau teks, mengunduh aplikasi pengeditan video gratis atau berbayar.

 

c. Posting Shareable dan Saveable Konten

Semakin bermanfaat konten Anda, semakin besar kemungkinan pengikut Anda menyimpan posting itu dan kembali lagi nanti. Jadi, meskipun foto komputer dan secangkir kopi sesekali baik-baik saja, itu bukan konten yang ingin Anda posting untuk memajukan merek atau bisnis Anda.

Beberapa konten Instagram yang paling dapat dibagikan termasuk infografis, tip dan retasan, dan kutipan atau video motivasi. Pastikan untuk memercikkan ini ke seluruh rencana konten.

Konten yang dapat dibagikan adalah konten yang membangkitkan emosi penonton. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda ingin berbagi gambar atau video dengan teman dan keluarga Anda di DM, atau komunitas Anda yang lebih luas melalui Instagram Stories.

Konten yang dapat disimpan adalah konten yang bermanfaat dan informatif yang mendorong orang untuk menyimpan untuk referensi kembali nanti. Tutorial, cara melakukan, tips dan trik, dan penghilang mitos adalah contoh ide konten yang dapat disimpan.

Jika Anda mencari cara untuk menghidupkan kembali tingkat keterlibatan Anda di Instagram, konten yang dapat disimpan dan dibagikan bisa menjadi jenis konten yang bagus untuk bereksperimen.

 

d. Tulis Caption yang Menarik

Sebuah gambar mungkin bernilai ribuan kata, tetapi kata-kata Anda yang sebenarnya sama pentingnya dengan konten Instagram Anda. Gunakan teks Anda untuk terlibat dengan audiens Anda pada tingkat pribadi.

Beberapa cara cepat untuk melakukannya adalah melalui bercerita atau mengajukan pertanyaan kepada audiens yang relevan dengan postingan. Banyak merek dan influencer juga mulai menggunakan Instagram untuk microblogging.

Di sinilah Anda mengembangkan ajaran, berbagi panduan atau tutorial, atau menyampaikan pesan langsung melalui teks. Dan jangan lupa untuk menggunakan hashtag dan emoji!

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa posting Instagram dengan emoji menunjukkan interaksi rata-rata 47,7% lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki emoji .

Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk memanusiakan merekmu, dan Anda kemungkinan besar akan melihat pertumbuhan di akun Instagram Anda.

 

e. Gunakan Strategi hastag efektif

Tagar Instagram adalah fitur fantastis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tingkat keterlibatan Instagram Anda.

Tagar dapat membantu Anda untuk:

  • Dapatkan lebih banyak suka
  • Dapatkan lebih banyak pengikut Instagram
  • Jangkau audiens yang lebih luas

Lihatlah apa yang diposkan oleh audiens, pesaing, dan bahkan influencer Instagram, dan temukan tagar mana yang paling populer di ceruk pasarmu.

Anda kemudian dapat melihat-lihat postingan teratas terbaru, dan memeriksa hashtag mana yang digunakan untuk menghasilkan postingan dengan keterlibatan tinggi.

Dan ingat, meskipun Anda dapat menggunakan hingga 30 hashtag per kiriman Instagram , Anda tidak selalu perlu mengisi keterangan Instagram Anda sampai penuh dengan hashtag.

Pilih tagar Anda dengan hati-hati, dan mereka dapat membawa gelombang pengguna baru ke konten Instagram.

 

f. Gunakan Sticker Story

cara meningkatkan engagament instagram

Bentuk koneksi yang bermakna dengan pengikut Anda dengan meningkatkan keterlibatan dengan pertanyaan, jajak pendapat, penggeser emoji, dan stiker kuis di Story Instagram.

Alasan terbesar untuk memasukkan stiker Pertanyaan ke dalam strategi pemasaran Anda adalah untuk meningkatkan keterlibatanmu. Ini adalah cara yang mudah dan cepat untuk mengajukan pertanyaan yang sering diajukan, mengumpulkan umpan balik, atau sekadar mengadakan sesi Tanya Jawab.

Pendukung Anda menghargai kesederhanaan prosesnya, itulah sebabnya stiker Question menjadi sangat populer.

 

g. Gunakan Polling Story

cara meningkatkan engagament instagram

Polling Instagram juga menciptakan kesempatan untuk mendengar langsung dari pelanggan dan pengikut Anda. Selain itu, jajak pendapat juga membantu Anda mengetahui preferensi dan kesukaan pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membuat konten yang sesuai dengan audiens.

Setiap kali Anda meminta pendapat mereka, Anda mendapatkan data yang berguna, dan mereka merasa lebih terhubung dan dihargai dengan merek Anda.

Polling Instagram adalah peluang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda dan menjadikannya bagian dari proses pengambilan keputusan Anda.

 

h. Ketahui Lebih Dalam tentang Audiens Anda

Sulit untuk membuat konten yang bagus jika Anda tidak tahu untuk siapa Anda membuatnya. Demografi audiens target Anda akan membantu menentukan jenis konten yang Anda posting, suara merek, dan bahkan hari dan waktu apa untuk menerbitkan.

Misalnya, label pakaian indie yang tidak biasa, Fashion Brand Company, menargetkan orang-orang dengan selera humor yang tinggi – penawaran produk dan corak postingannya mencerminkan hal itu.

 

Baca Juga : Keuntungan Mengikuti Trend Carousel Instagram

 

Kesimpulan

Ada skala terkenal di antara pengguna Instagram yang berkisar dari 1 hingga 10 dan menunjukkan betapa menariknya sebuah profil berdasarkan berbagai faktor. Misalnya, mereka menyebut Anda “Jelek” di sekolah atau industri Anda jika Anda memiliki tarif 3. Semakin tinggi tarifnya, semakin menarik Anda.

Sekarang Anda tahu apa itu keterlibatan Instagram, bagaimana mengukurnya, dan bagaimana memperbaikinya. Anda sekarang sudah siap untuk sukses di Instagram, jadi ingatlah untuk bersenang-senang dengannya.

Jadilah kreatif, dan cobalah yang terbaik untuk membedakan konten Anda dari orang lain. Apakah Anda memiliki tip dan trik yang akan membantu orang lain meningkatkan keterlibatan Instagram mereka?

Continue Reading