Bisnis online tak lepas dari promosi agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor, banyak cara yang bisa dilakukan selain meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan yang lainnya. Namun hal penting ini tidak boleh anda lupakan, yaitu beriklan. Banyak bisnis-bisnis yang menawarkan produk/layanan yang baik tetapi belum meraih penjualan yang baik dikarenakan iklan yang membosankan. Perlu diketahui bahwa dalam iklan terdapat teknik persuasif yang berfungsi untuk mengajak pelanggan membeli produk anda. Istilah Ini disebut dengan Copywriting. Lalu apa itu Copywriting dan bagaimana Cara Mengubah Iklan Menarik Dengan Copywriting? Simak penjelasannya di bawah. Baca juga : 30+ Contoh Copywriting Berbagai Jenis Niche Bisnis

 

Cara Mengubah Iklan Menarik Dengan Copywriting

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah sebuah teknik penulisan materi iklan yang bertujuan untuk kegiatan pemasaran. Copywriting sangat penting karena kata-kata yang dibuat haruslah bersifat persuasif agar calon pelanggan mau membeli produk/layanan yang anda jual.

 

Jenis-Jenis Copywriting

  1. Brand Copywriting

Bertugas agar mampu menyampaikan pesan kepada pembaca dengan mengenalkan sebuah brand atau merek perusahaan. Contohnya pada pembuatan halaman “tentang kami” dan pada logo atau poster.

 

  1. SEO Copywriting

Bentuk penulisan materi iklan yang harus menarik bagi pembaca dan juga mesin pencari (Google) dan biasanya memiliki dua tujuan, yaitu :

  • Membujuk pembaca untuk melakukan tindakan tertentu
  • Memosisikan konten untuk tampil di mesin pencari

Penggunaan Copywriting SEO ini biasanya pada deskripsi produk, kategori produk, dan landing page. 

 

  1. Technical Copywriting, Biasanya berisi sisipan informasi yang berguna untuk memberi pemahaman kepada pembaca secara mendalam terhadap suatu produk atau layanan. Penggunaan Technical Copywriting biasanya pada sektor fashion dan kecantikan, bidang kesehatan , dan turis.

 

  1. Marketing Copywriting, Teknik penulisan yang berisi penawaran solusi kepada masalah konsumen dan mempersuasi tentang penawaran solusi yang anda lakukan. Jenis Copywriting ini biasanya digunakan pada landing page, dan email marketing.

 

  1. Direct Response Copywriting, Adalah sebuah teknik penulisan materi iklan yang bertujuan untuk mendapatkan feedback secara langsung dari pembaca. Biasanya pembaca diarahkan untuk mengklik tombol untuk membagikan konten, berlangganan newsletter, dan CTA ( Call to Action). Jenis Copywriting ini digunakan pada halaman kontak, iklan media sosial, homepage. 

 

Tips Copywriting Promosi

  1. Persiapan

Dalam membuat Copywriting yang baik pasti dimulai dengan persiapan yang matang, Jangan pernah anda sesekali membuat Copy tanpa melakukan riset, karena itu tidak akan mampu melakukan promosi dan meningkatkan penjualan anda. Anda bisa mempelajari produk anda dengan beberapa pertanyaan di bawah ini :

  • Produk apa yang anda jual?
  • Kira-kira apa yang masalah yang bisa diselesaikan produk anda itu apa?
  • Apa saja fitur dan keuntungan jika menggunakan produk anda?
  • Siapa pelanggan ideal anda?
  • Apa masalah yang mereka miliki?
  • Apa penawaran anda?
  • Dan bagaimana cara membeli produk anda?

 

  1. Mulai Mengatur

Jika anda sudah memperoleh jawaban dari semua pertanyaan di atas, mulailah mengaturnya dari pertanyaan pertama hingga terakhir secara terstruktur agar anda dapat memahaminya dengan mudah.

 

  1. Mulai Menulis

Fokus pada judul dahulu, dengan melihat daftar pertanyaan yang sudah anda susun. Buatlah headline, anda bisa menggunakan pertanyaan tentang “masalah yang dapat diselesaikan produk anda?” sebagai ide headline. Setelah itu anda bisa menuliskan pesan dengan menggunakan pertanyaan anda “apa masalah yang mereka miliki?”. Contoh penulisan pesannya adalah “Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka dapat menghasilkan 1000$ sehari tanpa melakukan apapun, dan anda adalah salah satu dari mereka, Namun setahun yang lalu saya menemukan aplikasi ***** (dan seterusnya)”.

 

  1. Mengedit dan Mengulas

Saat mengedit, pastikan anda memikirkan apakah headline anda sudah jelas? apakah sudah menarik perhatian? apakah sudah dapat memecahkan masalah pembaca? apakah mereka sudah tau akan ke mana jika membeli produk anda? Setelah itu ulaslah semuanya dan meminta pendapat orang lain adalah cara terbaik agar apakah mereka juga sudah tertarik membeli produk anda setelah membacanya.

 

Cara Mengubah Iklan Menarik Dengan Copywriting

Penulisan Copywriting pada sebuah iklan identik dengan singkat, dan jelas, dan penggunaan kata-katanya pun harus menarik. Tetapi masih ada juga yang membuat Copy yang membosankan dan pembaca pun tidak tertarik membaca bahkan melihat produk anda. Anda bisa menerapkan tips-tips Cara Mengubah Iklan Menarik Dengan Copywriting berikut.

 

  1. Perhatikan Penggunaan Diksi Dalam Menulis Copy

Pakailah kata yang jarang digunakan oleh kompetitor, misalnya :

Contoh kalimat yang membosankan : Handphone Paling Murah di Indonesia Ini Pasti Bisa Jadi Idaman Anda”

Coba Gunakan contoh ini : “Handphone idaman dengan harga impian”

 

  1. Hentikan Kalimat Yang Terlalu Sopan

Anda tidak perlu kasar, Tetapi ajakan yang terlalu sopan dan halus dalam melakukan suatu tindakan justru membuat orang tidak melakukan apa yang anda minta.

Contoh kalimat terlalu sopan : Jika Anda ingin berlangganan ebook tentang bisnis online silakan masukkan alamat surel anda dan ketuk tombol “Berlangganan”

Sederhana dan langsung : Masukkan alamat email dan klik tombol “Berlangganan”

 

  1. Gunakan Kata Yang Membangun Kepercayaan

Jika calon pelanggan percaya dengan anda, maka mereka tak ragu lagi untuk membeli produk anda. Cobalah kata-kata seperti : Berkualitas, Terjamin, Terbukti, Best Seller, Resmi. Gunakanlah kata-kata tersebut dengan baik, jangan anda memakainya sebagai manipulasi terhadap calon pelanggan anda.

 

Mengapa Copywriting Penting Untuk Bisnis Online?

Peran copywriting dalam bisnis online adalah untuk menarik minat pelanggan untuk membaca dan memengaruhi mereka untuk membeli produk anda. Bahkan pembeli yang tidak membutuhkan produk anda bisa saja membeli karena membaca Copywriting anda yang menarik. Pada dasarnya, gambar dan kata-kata dapat memicu otak manusia. Jadi bisa dibilang, bahwa angka penjualan meningkat berbanding lurus dengan Copywriting yang sukses walaupun masih ada faktor penentu lain yang membuat angka penjualan anda meningkat selain Copywriting. Tetapi Copywriting memang sangat penting untuk bisnis online anda karena intinya dengan Copywriting anda bisa mengajak orang dengan kata-kata untuk membeli produk anda. Dengan membaca artikel tentang Cara Mengubah Iklan Menarik Dengan Copywriting. Semoga anda bisa menerapkannya dan dapat membantu meningkatkan penjualan anda.

Continue Reading