Instagram adalah platform media sosial yang populer hampir di semua kalangan. Dengan berbagai kemudahan fiturnya saat digunakan, Instagram menjadi alat untuk personal branding hingga bisnis online yang sukses. Setelah diakuisisi oleh Facebook, terdapat fitur baru yang muncul, yaitu dengan menautkan akun di kedua platform ini menjadi satu. Dengan bergabungnya dua platform media sosial ini membuat satu akun bisa terintegrasi dalam dua platform sekaligus. Dulu sebelum Instagram diakuisisi oleh facebook, calon pengguna saat ingin mendaftar akun Instagram diminta menggunakan alamat e-mail untuk memiliki akun Instagram. Namun sekarang calon user bisa mendaftar Instagram hanya dengan menggunakan akun Facebook yang sudah terdaftar. Lalu apa sih keuntungan dari integrasi dua platform ini? Berikut penjelasan mengenai keuntungan menghubungkan akun instagram ke facebook dan cara menautkannya.

 

Keuntungan Dari Menautkan Facebook ke Instagram

Seperti yang sudah dibahas di atas, keuntungan menautkan akun Instagram ke Facebok akan dapat memudahkan user untuk login Instagram hanya dengan Facebook. Selain itu, user juga dapat menemukan teman Facebook mereka yang juga menggunakan Instagram. Dengan begitu, user tidak perlu mencari repot-repot untuk mencari teman. Dan ini adalah yang paling menarik, saat Anda mengalami lupa password tak usah khawatir karena Anda bisa login menggunakan Facebook, tetapi Anda tidak bisa login facebook menggunakan Instagram, karena hanya bisa dilakukan satu arah saja (Facebook ke Instagram). Selain itu, apabila Anda ingin meng-upload postingan akan dapat langsung terposting di kedua platform, ini bisa di-setting saat Anda sudah menautkan kedua platform. Jadi user tidak perlu meng-upload dua kali.

 

Bagaimana Cara Link Instagram ke Facebook?

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin menautkan Instagram dengan Fecebook adalah bahwa Anda hanya bisa melakukannya pada aplikasi di Smartphone. Lalu pastikan Anda sudah memiliki akun Facebook aktif dan Instagram. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Pertama, Buka aplikasi Instagram, pergi ke pengaturan akun.

cara menghubungkan instagram ke facebook

 

 

Kedua, Pilih Akun kemudian klik Akun Tertaut (linked accounts). Lalu akan muncul menu seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Ameba, OK.ru. Pilih Facebook dan login akun Anda. Tunggu beberapa saat, dan Jika berhasil, tampilannya akan seperti ini.

cara menghubungkan instagram ke facebook

 

Setelah berhasil, ubah pengaturan profil Instagram Anda, caranya kembali ke menu profil utama, lalu pilih Edit Profil, sesuaikan dengan nama halaman Facebook Anda mulai dari nama halaman, kategori, kontak, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut.

cara menghubungkan instagram ke facebook

Selamat, Anda sudah bisa menikmati keuntungan-keuntungan setelah menautkan akun di kedua platform ini.

 

Mengonfigurasi Settingan Akun Facebook dan Instagram

Setelah selesai menautkan, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Siapkan pengaturan yang memungkinkan Anda dapat membagikan postingan stories atau feeds di instagram ke facebook. Caranya cukup mudah, pergi ke menu pengaturan instagram, lalu pilih berbagi ke aplikasi lainnya, kemudian akan muncul akun facebook Anda yang sudah tertaut seperti contoh berikut ini.

 

cara menghubungkan instagram ke facebook

 

Anda bisa mengaktifkan keduanya apabila ingin langsung membagikan setiap stories atau postingan Anda ke Facebook. Jika Anda mengaktifkannya, maka di setiap postingan yang Anda upload akan secara otomatis dibagikan ke Facebook dan Instagram.

 

Baca Juga : Cara Meningkatkan ROI Iklan Facebook Page

Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram dari Halaman Facebook

Untuk menghapus akun instagram dari halaman facebook, Anda cukup melakukannya melalui aplikasi Instagram di smartphone. Tentu setelah menghapus tautan ke facebook Anda tidak bisa lagi memposting ke kedua platform dalam waktu yang bersamaan. Caranya Hampir sama seperti saat menghubungkan kedua akun, pergi ke pengaturan, lalu pilih akun tertaut. Perhatikan contoh berikut.

 

 

Setelah itu, pilih facebook, di sana Anda akan melihat akun Anda, lalu Anda tinggal klik saja dan akan muncul tampilan seperti berikut. Langkah yang terakhir adalah dengan mengklik unlink.

 

Apa Yang Akan Terjadi Jika Halaman Facebook dan Instagram “Terhubung”?

Seperti penjelasan di atas, jika Anda menghubungkan akun di Facebook dan Instagram, Anda bisa melakukan banyak hal, diantaranya :

  • Membagikan postingan dan cerita di Facebook dan Instagram secara bersamaan
  • Anda dapat mempromosikan postingan instagram dengan fitur Instagram promote
  • Anda dapat menyinkronkan kontak seperti e-mail, nomor telepon, alamat bisnis antara Instagram dengan Facebook
  • Anda bisa membuat iklan Instagram menggunakan Facebook ads

 

Itulah cara menghubungkan instagram ke facebook. Selain itu banyak juga keuntungan setelah Anda menyinkronkan kedua platform tersebut. Jika Anda ingin menggunakan fitur-fitur yang ada, silakan menautkan akun Instagram Anda ke Facebook dan dapat menghapusnya kembali jika dirasa kurang memuaskan. Tetapi tidak ada salahnya apabila Anda mencoba fitur ini.

Continue Reading