Roi iklan Facebook

ROI (Return On Investment) dipengaruhi oleh menarik atau tidaknya konten yang kita sebarkan ke khalayak umum. Jika menarik, banyak yang suka, dan banyak terjadi transaksi maka secara otomatis ROI juga akan meningkat. Dan disini kita akan membahas mengenai tips meningkatkan ROI dari Facebook page.

Haruskah kita tahu tips meningkatkan ROI halaman Facebook? Bagaimana caranya agar sebuah brand mendapatkan banyak ROI dari halaman Facebook? Halaman bisnis pada Facebook Bayangkan Facebook itu sebuah search engine, dan optimasi halaman bisnis pada facebook seperti kita mengoptimasi halaman website. Dan berikut adalah tips meningkatkan ROI dengan optimasi halaman Facebook

Foto Profil dan Foto Sampul

Foto profil harus merepresentasikan brand yang dipromosikan. Buatah foto profil yang simple dan jelas mendeskripsikan apa yang sedang dipromosikan. Begitu pula dengan foto sampul atau cover. Ibarat sebuah cover majalah, buatlah orang-orang tertarik dengan foto yang terpasang. Dan jangan pasang gambar yang ?misleading? agar pengunjung tidak kecewa atau menyesal telah mengunjungi halaman tersebut. Misalkan memasang gambar banyak aksesoris, namun ternyata hanya menjual kacamata, pengunjung akan kecewa karena mengira halaman tersebut menawarkan banyak jenis aksesoris dan ternyata tidak.

Kustomisasi Tab

Desainlah halaman sebaik mungkin. Atur tata letak tab agar terlihat rapi dan user friendly. Facebook menyediakan template untuk berbagai jenis tipe bisnis.

Postingan yang Disematkan (pinned post)

Pin postingan yang paling menarik, seperti promo, trivia, dan sebagainya. Dan jangan lupa untuk menggantinya setidaknya sebulan sekali. Karena tanggal yang tertera pada postingan tersebut berpengaruh terhadap kesan pengunjung. Mungkin mereka akan mengira kalau halaman tersebut sudah lama tidak dipakai atau sudah nonaktif. Hal ini harus diantisipasi dengan mengganti secara rutin postingan yang di-pin

Link dan CTA

Jangan lupa untuk menyematkan link ke setiap postingan atau sematkan di profil halaman. Arahkan pengunjung untuk mengakses website juga. Selain itu, CTA (Call To Action) bisa digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke website atau halaman pembelian. Jangan sampai terlewat karena kedua hal ini bisa menaikkan penjualan.

Verifikasi Halaman Sebagai Bussines Page

Halaman yang telah diverifikasi dan mendapatkan lencana abu-abu akan lebih dipercaya dibandingkan dengan halaman bisnis tanpa verifikasi. Dengan akun yang terverifikasi, pengguna facebook akan lebih percaya bahwa halaman tersebut adalah halaman bisnis. Halaman bisnis yang terverifikasi juga lebih mudah untuk muncul di pencarian.

?About Us? atau ?Our Story?

Biasanya dalam sebuah website ada halaman ?about us? yang biasanya berisi tentang tokoh yang ada didalamnya, atau cerita tentang terbentuknya bisnis yang dijalani. Nah tambahkan hal ini ke halaman bisnis Facebook. Karena terkadang orang-orang suka untuk membaca tulisan seperti ini.

Timing yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk mengunggah sebuah konten. Lakukan riset di waktu apa saja orang-orang akan online di Facebook. Selain itu, rencanakan apa saja yang akan dilakukan di halaman tersebut dalam 3 bulan kedepan agar lebih tertata.

Target keyword

Tentu saja hal ini tidak boleh dilewatkan. Pilihlah keyword yang tepat untuk ditargetkan ke pengguna facebook. Tetap aplikasikan keyword pada caption, judul, tag, kategori, dan deskripsi video. Menyebutkan nama brand atau kata kunci bisa membuat postingan muncul dalam pencarian dan memperbesar kemungkinan untuk lebih banyak orang yang mengunjungi halaman tersebut.

Video

Di Facebook, sampai sekarang video masih lebih menarik dibandingkan konten yang berupa gambar atau hanya tulisan. Promosi pun lebih mudah dilakukan dengan video. Apalagi bagi orang-orang yang malas membaca, video adalah alternatif untuk masalah ini. Dan tentu saja video lebih meningkatkan engagement.

Facebook Stories

Saat ini sudah banyak platform media sosial yang memasang fitur stories. Fitur stories ini sungguh mengambil alih dunia maya. Para pengguna media sosial cenderung suka untuk melihat stories. Mereka juga suka untuk membagikan atau memberitahukan sesuatu melalui fitur stories. Jadi mulailah untuk berpromosi melalui fitur ini. Ikutilah trend agar tidak tenggelam.

Messenger

Jangan lupakan fitur Messenger dari Facebook ini. Konsumen membutuhkan layanan berupa tanya jawab agar mereka mudah mencari tahu informasi. Layanan interaktif juga bisa untuk meyakinkan para pelanggan maupun calon pelanggan. Dan sampai saat ini Facebook Messenger masih menjadi aplikasi pesan favorit untuk marketing.

Itulah 11 kiat yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan ROI dari sebuah halaman Facebook. Bagi yang memiliki bisnis online, jangan lupa terapkan tips meningkatkan ROI ini.