Keberadaan broken link menjadi suatu masalah yang besar bagi pemilik website. Pasalnya, broken link inilah yang menyebabkan suatu website turun peringkat dan yang lebih parahnya lagi website menjadi sepi pengunjung. Orang yang menjumpai broken link saat membuka website umumnya akan melihat tulisan 404 error pada halaman website tersebut dan memutuskan untuk segera menutup website. Menurut data survei, orang yang mengunjungi website dengan broken link tidak akan lagi kembali ke website tersebut. 

Broken link menjadi sebuah masalah besar, namun pasti ada cara dibalik permasalahan tersebut. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir, di artikel kali ini akan dibahas seputar apa itu broken link dan cara mengatasinya di web WordPress.

Apa Itu Broken Link?

Broken Link atau yang biasa disebut dead link adalah link yang ketika dibuka akan mengarah ke halaman error yang biasanya bertuliskan 404 error. Sebuah link yang biasanya ditautkan pada suatu halaman website seharusnya bisa dibuka dan akan mengarah ke halaman yang seharusnya dituju. Namun karena suatu kerusakan, link ini malah mengarah ke halaman error. Sehingga pengunjung akan meninggalkan kesan buruk pada website yang dibuka dan menyebabkan hilangnya reputasi suatu website.

Broken Link dapat meningkatkan Spam Score Domain, Apa itu Spam Score? Cek disini : [Terbukti] Cara Mengurangi Spam Score & Hapus Backlink Spam

Lalu apa yang menyebabkan broken link ini muncul pada suatu website? Berikut penyebab munculnya broken link.

1. Kesalahan Mengetik pada Tautan/Link
2. Perubahan Alamat Domain
3. Perubahan Direktori Website
4. File System / Konten yang Terhapus
5. Masalah Cache
6. Propagasi DNS

Cara Mengatasi Broken Link di Web WordPress

Membuka dan mengecek satu persatu link di website menjadi hal yang kurang efektif dilakukan untuk mengecek adanya broken link pada website. Apalagi situs yang dibuka memiliki cukup banyak konten di dalamnya. Maka dari itu mengecek broken link menggunakan plugin menjadi solusinya. Berikut cara mengatasi broken link yang bisa Anda lakukan.  

Plugin Broken Link Checker 

Plugin ini membantu Anda untuk menemukan broken link yang ada pada website Anda. Cara menggunakannya yaitu :

1. Download plugin Broken Link Checker.
2. Install kemudian aktifkan.
3. Buka setting > Link Checker.

Plugin ini memiliki banyak opsi pengaturan di dalamnya. Contohnya di tab “General”, pada bagian ini akan terdapat banyak list broken link yang memerlukan perbaikan. Anda dapat mengeset pemberitahuan jika muncul broken link, yakni lewat email. Dengan begini Anda dapat segera memperbaikinya. 

Di tab “Link for Links In” Anda akan menjumpai situs yang sedang di scan. Proses scanning itu bisa cepat atau lambat, tergantung banyaknya konten yang terkandung di dalamnya.

Jika dalam proses scanning tadi ditemukan broken link baru, akan langsung diarahkan menuju tab baru “Tools > Broken Link”. Nah disinilah daftar broken link yang bisa segera untuk diperbaiki. Anda bisa memperbaikinya dengan cara di bawah ini. 

  • Edit Url (Mengubah link url supaya link bisa dibuka kembali)
  • Unlink (Menghapus tautan supaya pengunjung tidak bisa menemukan link ini lagi)
  • Not Broken (Sebagai penanda bahwa ini adalah kesalahan sistem. Ini dilakukan pada broken link yang sebenarnya bisa dibuka dan bekerja normal, akan tetapi menjadi broken link karena kesalahan sistem atau bug)
  • Dismiss (Untuk menyembunyikan peringatan link dari broken link. Cara ini bisa dipilih jika broken link memang masih bisa dibuka dan bekerja normal)

Selain itu terdapat cara lain untuk memperbaiki broken link di plugin ini, yaitu Anda dapat memasukkan html, tautan gambar, maupun tautan video Youtube dengan cara membuka tab “Which Link to Check”. 

Nah itulah pembahasan seputar apa itu broken link dan cara mengatasinya di web WordPress. Bagaimana? Mudah bukan? Kini Anda bisa memperbaiki broken link pada website Anda dan tak khawatir lagi kehilangan pengunjung website. Jika Anda menemui broken link di website Anda, segeralah untuk memperbaikinya. Sekian, semoga bermanfaat. 

 

Continue Reading