Bagi Anda yang biasa mengisi konten website dengan artikel pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya backlink. Backlink sendiri adalah sebuah website yang mana didalamnya tertanam sebuah tautan atau link keluar. Tautan atau link ini akan menuju ke halaman website lain (website anda) ketika dibukanya. Backlink sendiri dapat digunakan sebagai penunjang agar mempermudah pemilik website dalam keperluan optimasi website (bagian luar / off page) menjadi lebih populer di mesin pencari.

Namun dalam penerapannya, backlink sendiri memiliki ketentuan yang harus diperhatikan oleh seluruh pemilik website. Pasalnya satu backlink yang digunakan dapat mempengaruhi otoritas domain pada situs website Anda. Bisa saja backlink tersebut dapat membahayakan website yang Anda miliki seperti menurunkan trafik pengunjung website.

Mengapa bisa begitu? Pasalnya terdapat hal berbahaya dari penggunaan backlink ini sendiri, yaitu disebut dengan backlink spam. Apabila Anda menanam kan tautan website Anda pada backlink yang berkualitas buruk, maka google dapat mengetahui backlink yang mengarah ke situs Anda ini dianggap sebagai spam. Apabila google mengartikan nya sebagai spam, maka rangking website Anda di mesin pencarian pun akan semakin menurun. Lalu bagaimana ya cara mengatasi permasalahan tersebut? Berikut adalah cara mengatasinya

Cara Mengetahui Backlink Spam

1. Kunjungi situs ahrefs.

Anda dapat mengunjunginya melalui situs berikut ini

2. Masukan website Anda dan lakukan pengecekan

Masukan link website Anda, kemudia klik check backlinks. Setelah melakukan pengecekan, Anda akan mendapatkan hasil daftar backlink pada website Anda. Pada daftar backlink tersebut, perhatikan kolom DR dan UR yang ada. Jika nilai kedua kolom tersebut rendah, maka domain atau url tersebut masuk kedalam daftar toxic link atau link beracun. Backlink tersebut akan dianggap sebagai backlink spam dan sangat berbahaya pada website Anda. Maka dari itu Anda perlu melakukan penghapusan backlink spam untuk memperbaiki trafik website Anda. Lalu bagaimana ya cara menghapusnya? Anda bisa menggunakan Google Disavow Link Tool untuk menghapus backlink spam tersebut.

Google Disavow

Cara Menghapus Backlink Spam

1. Pencatatan Backlink Spam

Setelah Anda melakukan pengecekan backlink pada website Anda. Anda perlu membuat list domain atau url yang termasuk dalam backlink spam pada notepad, contohnya sebagai berikut :

domain:backlinksatu.net
domain:backlinkspam.com
http://www.urlspam.com/web-spam.com
http://www.urlwebspamdua.com

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya adalah :

  • Jika backlink domain gunakan format “domain:”
  • Jika backlink url gunakan format “http://www.urlspam.com/web-spam.com”
  • Jika sudah selesai, simpan dalam bentuk “.txt” (nama file tidak mempengaruhi)

2. Submit File ke Google Disavow Link Tool

Setelah menyimpan list backlink spam dalam bentuk file txt. Tahap selanjutnya  adalah melakukan submit file ke Google Disavow Link Tools dengan cara membuka tautan ini

Setelah itu pilih Tambahkan Properti > Menyangkal Tautan > Pilih dan Masukan File txt > Selanjutnya Klik Kirim

Setelah menekan tombol kirim Anda akan mendapatkan konfirmasi dengan mengklik tombol selesai.

3. Menunggu Hasil

Setelah melakukan submit file pada Google Disavow Link Tool, tahap selanjutnya adalah menunggu hasil dari Google Disavow Link Tool. Selain itu Anda juga dapat memantau perkembangan website Anda melalui Google Search Console maupun Google Analytics.

Jadi itu dia cara mengatasi backlink spam pada website Anda dengan menggunakan Google Disavow. Jika anda ingin konsultasi tentang jasa SEO , silahkan kontak tim kami

Continue Reading