Apakah Anda ingin mendapatkan sertifikasi Google Analytics? Tepat sekali, Anda bisa dengan mudah memperoleh Sertifikat Google Analytics. Anda bisa mendapatkan Kualifikasi Individual Google Analytics agar Anda lebih menonjol dari pada yang lain. Pasti lulus sertifikasi Google Analytics mungkin menjadi keinginan Anda. Tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas itu semua. 

Anda pasti sepakat jika Google Analytics menjadi perangkat lunak analitik yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di industri ini. Namun, Anda mungkin masih perlu waktu untuk membiasakan diri dengan platform ini. Anda masih masih memerlukan banyak waktu untuk menemukan cara terbaik menggunakan Google Analytics secara maksimal.

Berikut ini akan saya berikan tips dan trik cara untuk mengatasinya:

  1. Pekerjakan orang atau individu yang sudah jelas tersertifikasi Google Analytics.
  2. Cobalah untuk mencari tahu analitik Anda sendiri tanpa sertifikasi.
  3. Dapatkan seseorang di tim Anda yang bersertifikat. 

Bagi sebagian besar orang, opsi nomor 3 adalah opsi tercepat dan paling hemat biaya untuk memaksimalkan analitik dalam jangka panjang. Sertifikasi Google Analytics akan memberi Anda Alat yang sangat berharga untuk meningkatkan pemasaran. Selain itu Google Analytics juga akan melayani audiens target Anda dengan lebih baik, bahkan meningkatkan basis pelanggan Anda. 

Lalu bagaimana cara dan langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi Google Analytics? Berikut ini akan saya tunjukan bagaimana proses sertifikasi dan beberapa manfaat terbesar dari sertifikasi ini.

Baca Juga Page atau Post : Mana yang Lebih Cepat Terindex Google? (Analisa SEO)

Proses Sertifikasi Google Analytics

1. Daftar ke Google Partners

Join-google-partner

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ke Google Partners karena Anda harus menjadi Partners untuk mengikuti GAIQ. Dengan sendirinya, hal ini akan mendorong karier Anda karena Google Partners hadir dengan badge yang menunjukan bahwa Anda tersertifikasi di berbagai bidang Google. Orang lain akan dengan mudah melihat badge Anda dan mengenali Anda sebagai pakar. 

Pada bulan Juni 2021, Google Partners akan menawarkan “Google Partners Badge” baru yang akan ditawarkan kepada pengguna dan perusahaan yang memenuhi persyaratan baru. Untuk menerima Badge yang baru, akun Anda harus memenuhi ambang batas baru dalam tiga kategori berbeda. Kategori tersebut adalah Performance, Spend, dan Sertifikasi. 

Dalam kategori Performance, pengelola iklan harus memiliki nilai pengoptimalan minimal 70%. Suatu akun harus menghabiskan 10.000 dolar selama 90 hari. San setidaknya 50% ahli strategi akun harus terverifikasi Google Analytics.

Jika ada suatu bisnis mencapai standar yang baru, akun tersebut akan mendapatkan Badge baru yang membuktikan keahlian mereka dalam program Google Analytics. Menjadi tersertifikasi di Google Analytics akan membuat Anda lebih mudah diterima oleh perusahaan yang ingin menerima Google Partners Badge. 

Hal ini bagus untuk dimasukan ke dalam resume atau profil LinkedIn Anda. Selain itu juga dapat menguntungkan jika dikaitkan dengan bisnis Anda. Jadi pastikan Anda mengambil langkah pertama ini.    

2. Mengikuti Ujian GAIQ

Secara teknis, langkah berikutnya setelah mendaftar ke Partners adalah mengikuti ujian. Namun jika Anda sudah ahli dalam Google Analytics, sebaiknya lakukan beberapa pembelajaran di antara langkas 1 dan 2 ini. 

Setidaknya, luangkan waktu untuk belajar tentang ujian, seperti bagaimana pembagian, batas waktu, format pertanyaan, dan sebagainya. Panduan Google Analytics untuk jurnal Search Engine merupakan titik awal yang bagus bagi siapa saja yang ingin mempelajari tentang Google Analytics secara lebih lanjut. 

Untungnya, Google menawarkan kursus IQ untuk mengajari orang-orang tentang program mereka dan membantu mereka mempersiapkan ujian sertifikasi yang akan dihadapi. Kursus ini ditargetkan untuk semua orang mulai dari pemula hingga pengguna aling berpengalaman. Jadi bisa diikuti oleh semua orang. 

Saya akan merekomendasikan Anda untuk meninjau materi dari kursus berikut ini dengan syarat Anda harus menyesuaikan materi pelajaran dengan keahlian Anda. Tidak perlu memulai dari awal jika Anda sudah menjadi pengguna dengan level tingkat lanjut. 

  • Google Analytics For Beginners (untuk pemula)
  • Advanced Google Analytics (untuk tingkat lanjut)
  • Google Analytics for Power Users (untuk pengguna yang sudah sangat pro)
  • Memulai dengan Google Analytics 360 

Udemy juga merupakan sumber yang bagus untuk Analitik apapun. Udemy juga menawarkan beberapa kursus Google Analytics untuk pengguna baru dan yang sudah berpengalaman. Meskipun Google memiliki banyak sumber daya untuk mendapatkan sertifikasi, namun itu tidak cocok untuk mereka yang benar-benar ingin mempelajari real-World applications yang praktis. 

Ada berbagai bootcamp data online yang mencakup semua pengetahuan dan tips untuk praktik terbaik Google Analytics yang perlu Anda kuasai. Selain itu ada pula channel Youtube Google Analytics yang memiliki ulasan bagus untuk siapa saja yang ingin belajar program ini. Setelah kehabisan konten, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari tentang tes tersebut secara mandiri. 

GAIQ dibagi menjadi beberapa modul. Jadi Anda bisa mengikuti ujian untuk satu mata pelajaran pada satu waktu tertentu.   Situs web menunjukan bahwa Anda memiliki 60 menit untuk mengikuti ujian. Namun sebenarnya Anda memiliki 90 menit dari awal hingga akhir. 

Jumlah soal sebanyak 70 soal yang terdiri dai pilihan ganda dan pilihan benar atau salah. Segera setelah Anda melalui ujian tersebut, penghitung waktu akan mulai menghitung mundur. Anda tidak dapat menekan jeda karena alasan apa pun. Anda dinyatakan lulus jika mencapai skor nilai 80 persen atau lebih tinggi. 

Jika gagal. Anda harus menunggu selama 7 hari untuk bisa mengikuti ujian lagi. Setelah lulus GAIQ, Anda akan menerima sertifikat yang akan tercermin di akun Google Partners Anda. Semua orang akan mengetahui bahwa Anda adalah seorang jenius atau ahli analitik. 

Apakah Sertifikasi Google Analytics Layak? 

Jawabannya adalah iya. Tapi tidak hanya sekedar untuk sertifikat atau badge Anda, atau tambahan di CV Anda. Kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan saat ujian. Tentunya jauh lebih banyak dibandingkan Anda hanya menggunakan program ini secara sepintas. 

Anda akan mempelajari informasi mendalam tentang fitur Google Analytics tertentu yang kemudian dapat Anda banggakan kepada atasan atau kolega Anda. Sertifikasi ini akan membuat Anda dianggap sebagai analis website yang memenuhi syarat. Hal ini dapat membuka peluang kerja Anda untuk karena ini adalah posisi yang banyak diminati saat ini.  

Perlu Anda ketahui bahwa Analytics adalah dasar dari SEO, pemasaran media sosial, pemasaran mesin pencari, dan banyak lagi. Jadi jangan ragu lagi untuk segera mendapatkan sertifikasi Google Analytics. Di era digital seperti ini, keahlian Anda akan sangat dibutuhkan. Dunia bisnis online juga akan terus berkembang ke depannya. 

Jika semua itu belum cukup untuk meyakinkan Anda, ingatlah bahwa Anda akan memiliki kesempatan berbagi pengetahuan tentang analitik dengan siapa pun yang ingin belajar. Anda akan bangga dengan keterampilan baru Anda menggunakan pengetahuan ini untuk meningkatkan kehidupan orang lain. Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Continue Reading