Instagram merupakan platform media sosial yang dinilai baik bagi mayoritas pengguna media sosial atau netizen untuk menampilkan konten visual tetapi ketika Anda menelusuri profil instagram seseorang, Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda dari profil instagram pribadi dengan profil instagram bisnis atau influencer. Anda akan melihat bahwa orang-orang yang menggunakan instagram sebagai salah satu media pemasaran atau berbisnis membuat profil instagram mereka menjadi ‘visual story’. Oleh karena itu, salah satu hal penting dalam membuat konten adalah memilih warna untuk postingan Instagram.

Ketika Anda melihat-lihat instagram, pasti ada satu hal yang mungkin Anda perhatikan. Biasanya kebanyakan pengguna media sosial instagram akan memerhatikan selebriti atau bintang terkenal yang membuat feed instagram mereka dengan menggunakan warna-warna menarik dengan mengunggah foto yang berhubungan dengan profil serta warna profil mereka. Contohnya seperti instagram @awkarin atau @nisacookie kedua selebriti instagram tersebut menggunakan beberapa warna untuk menarik pengikut instagram mereka. Setelah melihat profil instagram selebriti terkenal dengan profil yang menarik, Anda mungkin bertanya-tanya atau bahkan telah mencoba untuk membuat tampilan profil instagram Anda nampak sama menariknya dengan para selebriti tersebut. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini penulis akan membahas mengenai cara memilih warna untuk postingan Instagram yang dapat membuat profil instagram Anda terlihat lebih menarik dan unik. Skema warna merupakan hal yang penting, dengan menggunakan skema warna yang tepat And adapt menarik pengikut instagram Anda bahkan membuat pengikut atau pelanggan menetap pada brand Anda. Warna yang Anda pilih juga dapat membantu menghadirkan kepribadian pada ‘umpan’ instagra, Anda. Berikut beberapa langkah-langkah yang harus Anda ambil saat mempertimbangkan skema warna pada profil instagram Anda. 

Jenis konten seperti apa yang ingin Anda tunjukan? 

Entah Anda adalah seorang ahli fashion atau konten Anda berkaitan dengan travelling, maka menemukan tema untuk foto Anda akan membantu menghadirkan tampilan yang unik serta menarik sebagai ‘umpan’ di instagram Anda. Jika Anda tertarik dengan pada tema pantai, maka unggahlah foto-foto yang berkaitan dengan tema tersebut, seperti foto pantai, summer dress, atau hal-hal lain yang memiliki esensi pantai. Namun ingat untuk mengubah topik pembicaraan pada caption foto instagram Anda. Jangan biarkan caption Anda hanya menampilkan diri Anda sendiri. Temukan serta tunjukkanlah hal lain selain diri Anda yang masih relevan dengan tema Anda. 

Ketika mencoba untuk memilih skema warna untuk feed instagram Anda, pikirkanlah mengenai jenis konten yang ingin Anda tunjukan. Melalui konten rancangan Anda, apakah ada warna tertentu yang Anda sukai? Jika iya, pikirkanlah bagaimana warna-warna tersebut dapat menceritakan kisah yang ingin Anda bagikan kepada followers. Setelah menemukan palet warna yang Anda sukai, cobalah untuk tetap menggunakan warna tersebut, serta apabila akun Anda merupakan akun bisnis, maka carilah warna yang merepresentasikan brand Anda. 

baca juga Panduan Cara Menulis Caption Yang Viral & Menarik di Instagram

Perasaan seperti apa yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain? 

Profil instagram Anda dapat menunjukan kepribadian Anda atau bisnis Anda. Jadi tunjukkanlah sisi macam apa dari brand atau pribadi Anda melalui unggahan foto Anda, apakah Anda ingin menunjukan energy, gairah, kesendirian atau hal lain? Warna dapat membantu mengekspresikan perasaan apapun yang ingin Anda tunjukan. Contohnya, jika Anda ingin menarik perhatian, maka Anda dapat menggunakan skema warna merah atau oranye, jika Anda menyukai alam Anda dapat menggunakan skema warna hijau atau biru. 

Pertimbangkanlah arti dari warna yang Anda pilih untuk feed instagram Anda, dengan mengetahui arti warna Anda dapat dengan mudah mengetahui dasar warna Anda. Ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan untuk menentukan skema warna Anda, yaitu dengan memperhatikan tone warna. 

Memperhatikan tone warna yang terlihat serasi dengan profil Anda, entah warm atau cold dengan memerhatikan foto-foto yang telah Anda unggah sebelumnya. Apabila skema warna Anda adalah warm tone, maka warna-warnanya berupa coklat, coklat tua, jingga, nude dan lain sebagainya. Jika tone warna feed Anda adalah cold, maka warna-warnanya dapat berupa biru, ungu, hijau, abu-abu. 

Perlu Anda ingat bahwa ada banyak tingkat warna yang mencerminkan warm tone atau cold tone, sehingga apabila Anda menyandingkan warna hijau yang terlihat lebih ‘cold tone’ dengan merah yang terlihat lebih ‘warm tone’ akan menghasilkan tone warna yang berbeda pula. 

Skema warna 

Seperti yang Anda ketahui, sebelumnya penulis telah sering menyebutkan mengenai cara memilih warna untuk postingan Instagram. Untuk itu, Anda perlu mengetahui skema warna untuk feeds instagram Anda. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih warna utama, setelah itu Anda perlu menyatukan warna utama tersebut dengan skema warna atau kombinasi warna yang masih relevan untuk mewakili profil bisnis atau pribadi akun instagram Anda. 

Mencari ide warna

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, Anda perlu melakukan riset atau mencari ide agar mendapatkan gambaran yang baik mengenai gambar, warna serta corak-corak yang mewakili profil instagram Anda. 

Secara singkatnya yang perlu Anda lakukan apabila ingin membuat tampilan feeds instagram Anda menarik adalah dengan 1) menentukan konten Anda baik pada instagram pribadi maupun bisnis, 2) sisi atau perasaan yang seperti apa yang ingin Anda tunjukan melalui konten tersebut? 3) tentukan warna utama serta warna-warna yang masih relevan dengan warna utama pilihan Anda. 4) carilah ide agar mendapatkan gambaran mengenai gambar atau corak yang sesuai dengan feeds instagram Anda. Gunakanlah keempat tips tersebut agar mendapatkan skema warna yang indah, unik serta menarik untuk feeds instagram. Selamat mencoba ! 

Continue Reading