Facebook adalah salah satu platform media sosial populer yang sudah lama keberadaannya. Sebanyak 2,6 Miliar pengguna aktif setiap bulannya menjadikan facebook salah satu layanan dan aplikasi media sosial terbesar di dunia. Semakin lama, semakin banyak pula fitur-fitr menarik dari facebook, mulai dari messenger, facebook story, poll. Ardata akan menjelaskan apa itu facebook poll kepada Anda dan bagaimana cara membuat polling di facebook.

 

Apa itu Facebook Polling?

Facebook polling adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya bisa membuat jajak pendapat (voting) dengan audiens lain. Polling ini bisa dibuat di story, grup, halaman, pesan. Dalam membuat polling tidak dikenakan biaya dan syarat utamanya adalah mempunyai akun facebook. Polling ini bisa dibuat berdasarkan batas waktu yang ditentukan, bila audiens memilih lebih dari batas waktu yang ditentukan, maka pilihan mereka tidak akan dihitung.

 

Jenis-Jenis Facebook Polling

  1. Grup

Polling grup memungkinkan Anda untuk mendapatkan perhatian dan interaksi yang sangat besar karena seluruh anggota grup dapat melakukan voting. Mungkin Anda sudah sering menemui polling di grup seperti ini, karena dengan membuat polling di grup dapat membuat Anda lebih mudah mengumpulkan informasi dari audiens dengan latar belakang yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh polling pada grup facebook.

 

cara membuat polling di facebook

 

  1. Halaman Acara

Berbeda dengan polling grup, hanya saja para anggota masih dapat berinteraksi dengan saling komentar. Tetapi hanya admin yang dapat membuat postingan baru, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengontrol diskusi dan memberi tahu tentang rilisan produk baru atau acara yang akan digelar pada waktu mendatang.

 

  1. Facebook Story

Jenis polling yang satu ini dapat ditemukan pada akun pribadi. Stories yang dibuat bisa diatur agar dilihat oleh siapa saja, atau pun hanya daftar teman Anda. Biasanya stories ini muncul selama 24 jam dan dapat Anda tambahkan pada feeds Anda jika menginginkannya.

 

cara membuat polling di facebook

 

  1. Video

Ketika Anda meng-upload video ke facebook, Anda akan diberikan pilihan untuk menanyakan pertanyaan kepada audiens dengan menggunakan facebook polling. Dengan cara ini, Anda akan bisa mendapatkan tanggapan secara langsung oleh audiens terhadap suatu produk. Semakin mudahnya fitur ini dalam mengedit video, semua orang pun bisa meng-upload video ke facebook. Anda bisa menggunakannya untuk memperkenalkan produk Anda agar lebih udah dipahami.

 

  1. Messenger

Pasti Anda sudah mengetahui Messenger, fitur obrolan yang disediakan facebook untuk memudahkan mengirim pesan secara pribadi one-on-one. Anda juga bisa membuat grup dan polling yang pemilihnya adalah anggota tertentu. Ini adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pendapat orang jika topiknya tidak boleh dipublikasikan secara umum.

 

Cara Membuat Facebook Polling

Berikut ini adalah beberapa tutorial membuat berbagai jenis polling di facebook.

  • Polling Grup

Karena semua anggota grup dapat membuat polling, klik Buat postingan publik, lalu akan muncul tampilan seperti ini. Setelah itu klik titik 3 di bagian pojok kanan bawah.

 

cara membuat polling di facebook 

Pada menu ini, pilih Jajak Pendapat atau polling.

 

 

Atur semua sesuai tujuan Anda, mulai dari pertanyaan hingga pilihan jawaban bisa Anda kustomisasi. Setelah semuanya sudah selesai, klik Posting.

 

  • Polling Stories

Dalam membuat polling di stories akan lebih mudah menggunakan perangkat mobile. Pada tampilan beranda facebook Anda, pilih menu Buat Cerita, lalu akan menunjukkan tampilan menu seperti berikut.

 

Setelah itu, pilih Polling buatlah pertanyaan dan menu jawaban sesuai dengan tujuan Anda.

 

 

Atur siapa saja yang dapat melihat polling Anda di bagian privasi, setelah itu, klik Bagikan ke Cerita. Mudah kan? Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan fitur polling di facebook karena semuanya di-desain user friendly. Dan semua tutorialnya pun nyaris sama, hanya saja terdapat perbedaan jenis dan letaknya saja.

 

Tips Membuat Facebook Polling Yang Menarik

Setelah Anda sudah mengetahui cara embuat polling di facebook, pelajari tips-tips berikut ini agar polling Anda menarik.

  • Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Pastikan setiap pertanyaan yang Anda ajukan dapat membantu Anda dalam membuat keputusan untuk meningkatkan kualitas produk/ layanan Anda. Misalnya Anda menjual produk ayam goreng, Anda pun menanyakan kepada audiens tentang ayam goreng secara umum, maka itu tidak akan membuat Anda tahu yang orang pikirkan tentang produk ayam goreng milik Anda, buatlah pertanyaan yang spesifik mengenai produk ayam Anda agar dapat mengetahui yang dipikirkan orang tentang produk Anda.

  • Belajar Dari Audiens Anda

Polling ini dapat menjadi alat yang powerful untuk mengetahui target audiens lebih baik. Misalnya persentase seluruh target audiens Anda adalah berusia 17-35 tahun. Anda bisa mempelajari apa yang tidak mereka sukai untuk membantu Anda menghindari mereka dalam campaign pemasaran Anda.

  • Bertindak Atas Informasi

Jangan meremehkan segala informasi yang Anda dapatkan, sebaiknya Anda menghargainya dan bila perlu menindaklanjuti informasi tersebut bila memang harus diperlukan. Anda bisa membuat konten berdasarkan informasi dari audiens berdasarkan gaya bahasa mereka, misalnya.

Buatlah konten dengan menggunakan gaya bahasa yang digunakan audiens, ini berfungsi seolah-olah Anda sedang berinteraksi dengan mereka. Jangan menciptakan produk dan menggunakan kalimat yang tidak relevan dengan mereka.

 

Facebook polling memang menjadi fitur yang menguntungkan bagi pebisnis untuk mengetahui dan mengenal audiens. Dengan tampilan yang user friendly dan gratis menjadi nilai plus facebook polling.

Baca Juga : Cara Kerja Facebook Ads

Continue Reading