Mengiklankan produk adalah hal yang wajib bagi pebisnis untuk meningkatkan pembelian. Ada juga pebisnis yang belum beriklan karena beberapa alasan. Sebenarnya ada platform beriklan yang tidak memasang harga tertentu, yaitu adalah Facebok Ads, Anda bisa menyesuaikan budget Anda saat ingin beriklan. Lalu bagaimana cara kerja Facebook Ads dalam mengiklankan produk para marketer? Berikut penjelasan mengenai cara kerja Facebook Ads. Baca Juga : Cara Pasang Facebook Pixel, platform iklan buatan Facebook

 

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah sebuah fitur iklan berbayar yang disediakan oleh facebook yang menyasar target audiens berdasarkan aktivitas pengguna, demografi, informasi penggunaan perangkat, hingga aktivitas di luar Facebook. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis dalam memahami tujuan Anda beriklan. Para pebisnis juga harus bisa menunjukkan suatu hal yang TEPAT kepada orang dan waktu yang TEPAT pula.

 

Cara Kerja Facebook Ads

Sebelum Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk beriklan, Anda diwajibkan memiliki fanspage dalam kategori apa saja, seperti komunitas, bisnis, olahraga, berita, atau yang lainnya. Jika hanya mengandalkan akun pribadi tanpa fanpage, maka tidak akan bisa beriklan menggunakan Facebook Ads. Iklan fanspage memiliki berbagai fungsi, untuk meningkatkan brand awareness; agar mendapat banyak likes pada fanpage ; atau melakukan transaksi dari iklan yang ditampilkan tersebut. Tujuan campaign ini bisa ditetapkan sesudah Anda memilih target audiens berdasarkan jenis kelamin, lokasi, bahasa, dan lain-lain. Selain itu, Anda bisa mengatur kapan saja iklan akan ditayangkan, berapa lama iklan akan tayang, dan berapa biaya yang ingin Anda keluarkan untuk beriklan.

 

Jenis-Jenis Facebook Ads

Jenis-jenis Facebook Ads ini berbeda-beda dari segi fungsinya, ada 8 jenis Facebook Ads yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya.

 

  1. Facebook Carousel Ads

Ini adalah jenis iklan yang dapat menampilkan maksimal 10 gambar/ video dalam satu postingan.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Image Ads

Jika carousel dapat menampilkan hingga 10 gambar, maka facebook image ads ini hanya dapat menampilkan satu gambar saja.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Video Ads

Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk beriklan dalam bentuk video agar mendapat views sebanyak mungkin. Setelah itu, Anda bisa mengarahkan audiens menuju webiste Anda dengan link yang bisa disisipkan.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Leads Ads

Leads ads bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi kontak seperti nomor hp dan e-mail audiens.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Offer Ads

Anda dapat membagikan promo menarik atau diskon kepada audiens Anda menggunakan offer ads.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Collection Ads

Ingin menjual produk Anda di Facebook? Anda bisa mengiklankan produk Anda dalam bentuk katalog produk, dan formatnya bisa gambar maupun video lebih banyak dari carousel. Iklan ini dapat memudahkan audiens melihat produk Anda dan dapat mengetahui harganya dalam sekali klik.

cara kerja facebook ads

 

  1. Facebook Canvas Ads

Facebook Canvas adalah creative ads yang memiliki tampilan visual seperti landing page. Canvas disediakan oleh Facebook selain format iklan carousel, video, images, dan lain-lain. Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa menggunakan Facebook Canvas jika ingin membuat iklan seperti landing page.

 

  1. Facebook Page Like Ads

Page like ads dapat membantu mengiklankan halaman Anda agar mendapat banyak likes. Cara kerja iklan ini adalah dengan cara mendorong pengguna untuk menyukai halaman Anda. Ini akan sangat efektif untuk Anda agar dapat meraih banyak organic reach.

 

Tujuan Facebook Ads Campaign

Sebelum Anda menggunakan jasa Facebook Ads untuk mengiklankan bisnis Anda, ketahui dahulu apa tujuan Anda beriklan menggunkan Facebook Ads, berikut penjelasannya.

  • Awareness

Bisa dibilang bahwa awareness adalah tujuan dasar dari sebuah promosi agar lebih dikenal luas dengan menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan akan mengingat brand Anda. Awareness memiliki dua jenis, yaitu :

  • Brand Awareness

Agar brand awareness Anda meningkat, iklan akan ditampilkan kepada orang-orang yang berpotensi mengingat/berminat terhadap produk Anda.

  • Reach

Reach artinya jangkauan, jadi Anda bisa menjangkau audiens sebanyak dan seluas mungkin. Anda bisa mengatur iklan untuk tayang di lokasi-lokasi tertentu.

  • Consideration

Setelah brand awareness, ada tujuan lainnya yaitu consideration (pertimbangan), apa yang Anda inginkan setelah audiens melihat iklan Anda. Misalnya menginstall aplikasi, mengunjungi website, mengumpulkan leads, meningkatkan interaksi melalui messenger, dan lain-lain

  • Conversion

Ketika Anda memilih tujuan ini, Anda akan membutuhkan Facebook Pixel untuk website, aplikasi, dan messenger. Anda bisa menentukan tempat mana yang ingin Anda konversi, apakah website, aplikasi, atau Whatsapp. Di dalam Conversion terdapat tiga jenis, yaitu :

  • Konversi

Anda dapat mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu di website maupun aplikasi, seperti melakukan pembelian, berlangganan, dan hal yang bersifat komersial lainnya.

  • Kunjungan Toko

Dengan meningkatnya kunjungan toko, maka akan dapat mengonversi traffic kunjungan menjadi pembelian.

  • Penjualan Katalog

Jika Anda memiliki beragam produk dan ingin mengiklankan hanya dalam satu iklan, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan promosi produk kepada audiens yang sesuai.

 

Opsi Penargetan Facebook

Penargetan adalah sebuah hal penting dalam mengiklankan produk, penargetan dapat mempersempit dan membuat lebih spesifik siapa target audiens Anda. Untuk menjalankan iklan Facebook dengan baik, Anda harus memastikan bahwa target yang Anda bidik sesuai terlebih dahulu. Berikut adala kategori penargetan audiens.

  • Lokasi, Anda dapat menjangkau audiens berdasarkan negara, kota, provinsi, hingga kode pos
  • Usia & Jenis Kelamin, Dapat memilih audines lebih spesifik berdasarkan usia dan jenis kelamin.
  • Bahasa, Menyasar target audiens berdasarkan bahasa tertentu
  • Tingkah Laku, dapat memilih target berdasarkan tingkah laku pembelian, penggunaan perangkat, dan lainnya
  • Koneksi, menjangkau orang-orang yang terhubung pada Facebook bisnis Anda
  • Audiens Kustom, Anda bisa membuat target ideal Anda dengan pixel, alamat ­email, dan nomor telepon.
  • Kemiripan, menyasar orang-orang yang mirip dengan target audiens Anda sebelumnya.

 

Setelah Anda mendapatkan pengetahuan tentang Facebook Ads di atas, apakah Anda semakin yakin untuk mengiklankan produk Anda? Mengingat pengguna Facebook di Indonesia sendiri sangat besar, pastinya juga akan memberikan dampak apabila Anda mau untuk beriklan menggunakan Facebook Ads.

Continue Reading