Facebook Pixel adalah sebuah platform untuk beriklan selain Facebook Ads yang bisa Anda gunakan untuk melihat jumlah traffic dan interaksi. Facebook Pixel adalah sebuah tool yang berbentuk plugin, berbeda dengan Facebook Ads yang hanya menampilkan iklan Anda. Meski keduanya berfungsi sebagai alat untuk menghitung efektivitas iklan, tetapi Facebook Pixel memiliki fungsi sebagai plugin pada website bisnis.

 

Fungsi Facebook Pixel

Facebook Pixel memiliki tugas utama yaitu sebagai ‘pelacak’ terhadap pengunjung website. Tool ini mengawasi jumlah kunjungan per hari, dan waktu kunjungan. Anda juga akan mendapatkan laporan dalam bentuk grafik yang memudahkan Anda melakukan analisis. Berikut adalah fungsi lain dari Facebook Pixel :

 

  1. Retargeting

Ketika Facebook Pixel dapat mengetahui mana saja halaman Anda yang sering dikunjungi, tentunya ini akan dapat memudahkan Anda dalam melakukan promosi pada halaman tersebut karena sudah memiliki banyak traffic kunjungan. Aktivitas seperti audiens yang hampir melakukan pembelian tetapi belum melakukan check out, membuka ke halaman tertentu, hingga mereka yang sudah mendaftarkan akun bisa dengan detail direkam oleh Facebook Pixel.

  1. Menemukan Audiens Serupa

Banyaknya pengguna aktif Facebook juga dapat berguna untuk mencari kebiasaan-kebiasaan para penggunanya. Facebook Pixel mengetahui siapa yang berkunjung ke website Anda dan apa yang Anda sukai. Dengan kemiripan yang dimiliki antarpengguna yang lain, Facebook Pixel dapat menemukan audiens baru yang memiliki kesamaan kebiasaan. Tentu Anda akan sangat terbantu dengan Facebook Pixel ini.

  1. Mengoptimalkan Nilai Facebook Ads

Anda bisa menggunakan Facebok Pixel untuk memaksimalkan website Anda selain menggunakan Facebook Ads. Buatlah konten menarik berupa artikel yang relevan dengan target Anda, setelah memiliki beberapa artikel, gunakan Facebook Pixel untuk mengecek perkembangan website Anda.

  1. Melacak Conversion

Dengan Facebook Pixel, Anda bisa mengetahui jumlah pengunjung yang melakukan tindakan seperti orang yang berkomentar, melakukan pembelian, berlangganan. Anda juga dapat menghitung cost per lead atau cost per landing views secara spesifik dengan Facebook Pixel. Hasil dari conversion rate ini bisa Anda gunakan untuk merancang campaign selanjutnya.

 

Cara Membuat Facebook Pixel

 

cara memasang facebook pixel

 

  • Pilih Hubungkan Sumber Data, dan klik

cara memasang facebook pixel

 

  • Tambahkan Nama Pixel Anda

cara memasang facebook pixelSetelah itu, klik lanjutkan.

 

Cara Memasang Facebook Pixel di Website

Untuk memasang Facebook Pixe pada website, kunjungi link berikut. Perlu diketahui bahwa satu akun facebook hanya bisa digunakan untuk 1 pixel saja.

cara memasang facebook pixel

Setelah membaca informasi awal mengenai Facebook Pixel, klik “Create a pixel”.

 

cara memasang facebook pixel

 

Isikan nama pixel yang sudah Anda tentukan, dan isikan URL website Anda. Setelah itu, klik “Create”.

 

Anda perlu menambahkan snippet pixel untuk memulai pelacakan. Snippet ini adalah gambar berukuran kecil yang tidak akan muncul di halaman website Anda. Dan Anda juga akan melihat beberapa pilihan untuk memasang Facebook Pixel ke website Anda. Pada bagian ini terdapat tiga pilihan, yaitu “Connect A Partner Platform”, “Manually Install Pixel Code Yourself”, dan “Email Instructions To A Developer”. Silakan pilih “Manually Install Pixel Code Yourself” untuk ke tahap selanjutnya. Di tahap ini, Anda cukup copy paste kode yang diberikan ke website Anda.

cara memasang facebook pixel

 

Menambahkan Tracking Code Facebook Pixel Ke <head> WordPress

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan plugin Insert Headers and Footers.

cara memasang facebook pixel

 

Setelah itu, masuk ke bagian dashboard, Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menambahkan kode pixel ke dalam website Anda :

  • Install dan aktifkan plugin Insert Header and Footers di “Plugins » Install”. Jangan lupa untuk mengaktifkan.
  • Buka menu “Setting » Insert Headers and Footers”
  • Paste kode Facebook Pixel (tracking code) ke dalam bagian Script in Header box yang ada di bagian pengaturan. Lalu simpan pengaturan. Selamat! Anda sudah memasang Facebook Pixel di Website.

 

cara memasang facebook pixel

 

Cara Kerja Facebook Pixel

  • Merekam Peristiwa

Facebook Pixel bekera untuk merekam segala aktivitas yang terjadi di website Anda sebagai hasil iklan Facebook berbayar maupun organik, inilah yang disebut peristiwa. Anda bisa mencatat hal-hal yang dilakukan pengunjung website mulai dari melihat-lihat hingga melakukan pembelian. Jika anda mengetahui setiap kegiatan pengunjung, Anda bisa memkasimalkan iklan untuk konversi.

Facebook pixel juga mempelajari perilaku para pengunjung website Anda untuk merancang strategi iklan yang paling sesuai untuk bisnis dan target audiens Anda.

  

Mengapa Website Anda membutuhkan Facebook Pixel?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai Facebook Pixel di atas, dapat disimpulkan bahwa Facebook Pixel sangat berguna untuk sebuah website bisnis termasuk website milik Anda. Mengapa? Karena dengan Facebook Pixel, Anda bisa mendapatkan informasi penting untuk membuat campaign facebook Ads lebih tertarget dan hasilnya optimal. Dengan iklan yang tertarget inilah Anda bisa menigkatkan traffic, menurunkan biaya beriklan, dan mendapatkan return on ad spend secara maksimal.

Continue Reading