Di era teknologi seperti sekarang ini, peran Display Advertising Network atau memang tak dapat tergantikan. mereka (jaringan iklan digital) sangat baik dalam membantu meningkatkan traffic pada website anda. Apakah anda sudah mendengar Display Advertising Network? Kami akan sedikit menjelaskan pengertian dan Cara Kerja Display Advertising Network  di bawah ini.

 

Pengertian Display Advertising Network

Display Advertising Network adalah iklan yang muncul di antara konten dari sebuah situs. Pada umumnya, Iklan yang ditampilkan menggunakan display ads berupa promosi produk maupun layanan yang relevan dengan tema webpage atau artikel. Display advertising Network ini pastinya dapat membantu bisnis anda dalam menjalankan iklan yang akan menjangkau audiens sebanyak mungkin.

 

Fungsi Display Advertising Network

Display Advertising Network memiliki fungsi untuk meningkatkan brand awareness anda. Brand awareness membantu klien mengenali anda dan membuat mereka lebih loyal kepada produk anda. Serta dapat mendapatkan klien lebih banyak lagi. Selain itu, Display Advertising Networks juga membuat tampilan iklan jauh lebih menarik karena dapat dimunculkan di website, aplikasi, hingga mobile games.

 

Jenis-Jenis Display Advertising Network

Jenis-jenis Display Advertising Network yang sudah kami rangkum untuk anda di bawah ini, mungkin anda sudah pernah mengetahui beberapa di antaranya.

 

  1. Google Display Network

GDN membantu anda menemukan target audiens dengan iklan ketika mereka sedang mengakses situ-situs web, menonton youtube, membuka gmail, dan aplikasi mobile lainnya.

  1. Facebook Audience Network

Facebook yang notabene merupakan sebuah platform media sosial dengan pengguna lebih dari 1 miliar di seluruh dunia ini juga memiliki jaringan iklan digital yang baik, dikenal dengan Facebook Audience Network. Facebook Audience Network membantu beberapa brand besar dunia dengan cara tidak berurusan dengan konten-konten dewasa.

  1. mMedia

nMedia merupakan salah satu Display Ad Network terbaik. Mereka tidak mematok biaya awal kepada pengiklan saat anda ingin memulainya. Anda bisa mulai beriklan hanya dengan $20. Jadi anda dapat menyasar target audiens dengan iklan yang memiliki biaya di bawah rata-rata

Sebenarnya masih banyak jenis Display Advertising Network yang tersedia, namun kami hanya merangkum 3 terpopuler saja.

 

Cara Kerja Display Advertising Network

Kami akan memberikan informasi tentang cara kerja dari salah satu Display Ad Network, yaitu Google Display Network.

Google Display Network akan menjangkau orang-orang yang ingin anda sasar dengan menggunakan iklan display dalam bentuk gambar, GIF maupun video. Dengan menggunakan Google Display Network anda bisa menyasar target audiens di luar mesin pencari google. Google Display Network (GDN) memiliki kemampuan menyasar target dengan sangat baik. berikut kami jabarkan target-target yang dapat dimaksimalkan dalam menggunakan GDN.

 

  1. Topic Targeting

Anda bisa memilih topik yang spesifik dan relevan dengan produk anda. Cara ini memudahkan anda untuk meningkatkan brand awareness.

  1. Placement Targeting

Penargetan ini nantinya akan dapat memilih website mana yang akan menampilkan Google Display Network. Namun jika anda belum memahami Placement Targeting, anda bisa menerapkan alternatif berikut :

  • Automatic placement : Google mencarikan situs yang paling relevan dengan kata kunci yang telah anda gunakan.
  • Managed Placement : Mengkustomisasi lokasi yang anda tuju dan mengatur sendiri tawaran anda.
  • Negative placement : Dapat menghapus kata kunci yang tidak relevan dengan target sehingga dapat memfilter lagi kualitas calon pelanggan.
  • Keyword Targeting : Targeting ini fokus kepada kata kunci atau keyword. Jika anda menerapkan ini, pastikan gunakan kata kunci yang relevan antara produk anda dengan website yang memiliki traffic tinggi agar iklan anda bisa ditayangkan.
  • Remarketing Targeting : Google bekerja dengan cara membaca cookies pengguna internet agar produk anda dapat kembali muncul di halaman yang dikunjungi oleh pengguna tersebut.
  • Interest Targeting : Ini berfungsi untuk memilih target audiens  yang  sesuai dengan hobi atau kesukaan yang kira-kira dimiliki calon customer. Jika anda sudah memahami minat yang dimiliki oleh audiens yang ingin anda tuju. Semakin banyak pengguna yang sama-sama menemukan kecocokan satu sama lain, traffic kunjungan website anda akan meningkat.
  • Geographic, Language, dan Demography Targeting

Cara kerja penargetan ini adalah berdasarakan letak geografis, bahasa, serta demografi mereka yang terdiri dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain. Tinggal bagaimana visual iklan anda, buatlah iklan anda se-relevan mungkin dengan budaya target audiens.

 

Cara Memilih Display Adverising Network Untuk Beriklan

Ketika anda berencana menggunakan Display Ad Network untuk mengiklankan produk anda, pastikan anda merencanakannya dengan matang agar biaya yang anda miliki dapat lebih efektif dalam memilih Display Ad yang sesuai. Lalu bagaimana caranya agar dapat memilih platform Ad network yang tepat untuk bisnis anda? kami memiliki beberapa pertimbangan yang dapat anda jadikan sebagai acuan. Seluruh Display Ads Network ini bagus untuk semua jenis bisnis. Saat melihat apa yang sudah dipaparkan di atas, kita mengenali potensi mereka sebagai platform periklanan yang saling melengkapi.

Jika anda ingin beriklan di website, mesin pencari, anda bisa memilih Google Display Network sebagai platform beriklan anda. Dan jika anda ingin beriklan karena targeting anda berdasarkan (geographic, language, demography) maka anda bisa memilih Facebook Audience Network. Pemanfaatan dua platform antara GDN dan Facebook Audience Network untuk menayangkan iklan anda pada hasil pencarian dan sekaligus iklan di media sosial Facebook adalah contoh pilihan yang terbaik untuk bisnis anda. Karena itu semua kembali lagi pada tahapan yang sangat penting, yaitu riset dan strategi yang relevan dengan produk anda.

Continue Reading