Aktivitas berbelanja online sekarang ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyak juga pebisnis yang mulai memperluas peluangnya dengan menjual produknya via online. Website dan marketplace adalah pilihan terbaik mereka dalam memasarkan produk mereka. Tapi belum lama ini, Instagram rupanya juga memanfaatkan pesatnya aktivitas belanja online dengan menciptakan fitur yang bernama Instagram Shopping. IG Shopping pun kini bisa menjadi pilihan tepat untuk pebisnis yang ingin memasarkan produknya selain melalui website atau marketplace, mengingat pengguna IG yang jumlahnya sangat besar khusuya di Indonesia sendiri. Sebelum membahas lebih jauh tentang Instagram Shopping, sebenarnya apa itu IG Shopping dan bagaimana cara memasangnya? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah artikel mengenai cara membuat Instagram Shopping.

 

Mengenal Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah sebuah fitur yang dibuat oleh Instagram di mana para pebisnis dapat membuka tokonya di Instagram layaknya berjualan di marketplace pada umumnya. Fitur ini memungkinkan penggunanya akan lebih mudah dalam berbelanja online, karena fitur ini berada di dalam aplikasi Instagram sendiri. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot membuka browser/aplikasi marketplace untuk mencari produk, pengguna Instagram yang ingin berbelanja cukup membuka menu Instagram Shopping yang terintegrasi secara langsung. Perlu diketahui bahwa jumlah pengguna Instagram di Indonesia sendiri sebanyak 69,2 juta pengguna di periode Mei 2020 lalu. Angka ini sangatlah besar dan menjadi sebuah peluang yang baik bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produknya di Instagram.

 

Keuntungan Mengaktifkan Instagram Shopping

Dengan munculnya Instagram Shopping, fitur ini membawa banyak keuntungan yang ditawarkan kepada pebisnis saat menggunakannya untuk promosi, kami akan menjelaskan keuntungan-keuntungan menggunakan Instagram Shopping.

  1. Audiens yang Luas

Instagram adalah media sosial yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti juga terdapat aplikasi Instagram di dalamnya. Dan Instagram pun dijadikan rujukan orang-orang untuk mencari suatu produk baru. Tak hanya di Indonesia, Anda bisa mencari produk dari seluruh dunia hanya dengan aplikasi ini.

  1. Memudahkan Calon Pelanggan untuk Berbelanja

Dengan adanya Instagram Shopping, pengalaman berbelanja pun menjadi lebih mudah dan praktis karena tanpa harus membuka aplikasi lain. Selain itu, fitur-fitur yang secara umum terdapat di marketplace bisa ditemukan di Instagram Shopping. Dan yang paling menarik adalah, penjual bisa mempromosikan produknya dalam bentuk foto, video, hingga bahkan Instagram story.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Traffic Website

Selain berbelanja di Instagram, Anda juga bisa mengarahkan audiens agar melihat katalog produk Anda di website, sehingga traffic website pun dapat meningkat dengan bantuan Instagram Shopping.

  1. Terkoneksi dengan Pelanggan

Pelanggan pun dapat bersosialisasi sambil berbelanja di aplikasi yang sama. Artinya, karena Instagram adalah media sosial yang dapat digunakan untuk mengirim pesan, calon pelanggan pundapat menanyakan langsung kepada Anda melalui fitur DM atau meninggalkan komentar di postingan produk jualan Anda.

 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Instagram Shopping setelah mengetahui keuntungan-keuntungannya? Jika Anda tertarik, sebenarnya cara membuatnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum dapat membuat Instagram Shopping. Berikut adalah syarat-syarat mengaktifkan IG Shopping.

 

Syarat-Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping

  1. Menjual produk fisik (bukan layanan)
  2. Untuk akun pribadi, diharuskan beralih ke profil bisnis
  3. Bersedia mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan
  4. Akun Instagram harus terhubung dengan Facebook Baca artikel berikut untuk mengetahui caranya

 

Step by Step Mengaktifkan Instagram Shopping

Ikuti semua langkah-langkah di bawah ini dengan urut agar mudah memahmi cara membuat IG Shopping.

 

Membuat Katalog Baru

  • Buka pengaturan FB Bussines
  • Pilih menu pengaturan bisnis

cara membuat instagram shopping

 

  • Arahkan ke menu Sumber Data > Menu > Tambahkan

cara membuat instagram shopping

 

  • Tentukan nama dan jenis produk Anda.

cara membuat instagram shopping

 

  • Tentukan siapa yang berhak memiliki akses admin, pilih siapa saja yang Anda inginkan. Setelah itu, klik

cara membuat instagram shopping

 

  • Karena katalog Anda masih kosong, buatlah terlebih dahulu dengan masuk ke menu

cara membuat instagram shopping

 

  • Arahkan ke menu Saluran pada menu di sebelah kiri, lalu pilih Tambahkan Produk

cara membuat instagram shopping

 

  • Klik Tambahkan Secara Manual, atau bisa juga Gunakan Pixel apabila Anda sudah menambahkannya. Klik

 

  • Isikan semua informasi produk, lalu jika sudah klik Tambahkan Produk

 

  • Katalog Anda sudah jadi dan siap untuk ditautkan ke IG Shopping

 

Menghubungkan Instagram Bisnis dengan Katalog Facebook

Agar audiens dapat melihat katalog Anda di Instagram, Anda bisa menghubungkannya dengan FB Catalog yang baru saja Anda buat. pergi ke menu Pengaturan FB Bussines, pilih Sumber Data > Katalog.

 

  • klik Saluran di bagian kiri, lalu pilih Hubungkan Profil, setelah itu login ke Instagram Bisnis Anda. Semoga berhasil.

 

Mengubah Pengaturan di Instagram

  • Klik Settings di Instagram Anda.
  • Kemudian pilih menu Business
  • Pilih menu Set Up Instagram Shopping dan ikuti prosesnya sampai Anda menemukan katalog yang sudah Anda buat melalui cara di atas.
  • Tunggu akun Anda ditinjau oleh tim Facebook secara manual. Untuk proses peninjauan membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari, namun tidak menutup kemungkinan lebih dari itu

 

Itu adalah serangkaian informasi mengenai IG Shopping dan cara membuatnya. Dengan IG Shopping, Dapat dipastikan bahwa produk Anda akan lebih mudah ditemukan oleh audiens dari berbagai daerah, tentu hal ini akan sangat menguntungkan Anda karena dapat memperluas pasar. Semoga dengan artikel yang kami berikan dapat membuat Anda semakin berani mengembangkan bisnis secara online.

Continue Reading