Untuk menjalankan bisnis di era digital ini, anda harus selalu up to date. Hal tersebut berlaku juga di bisnis affiliate.

Mengenal Bisnis Affiliate dengan Singkat

Secara umum, bisnis affiliate termasuk dalam metode marketing. Sering disebut juga affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Dalam bisnis affiliate seseorang akan mendapatkan komisi tertentu ketika berhasil mempromosikan produk si merchant (pedagang).

Dalam bisnis affiliate ada 3 pihak yang menjadi pelaku utama:

1. Merchant

Merchant adalah pihak pedagang yang memiliki produk/brand.

2. Affiliate

Affliliate bisa disebut juga publisher. Pihak inilah yang melakukan tindakan promosi dengan affiliate marketing.

3. Pelanggan

Pelanggan atau konsumen merupakan target pasar affiliate.

Affiliate Marketing di WordPress dan WooCommerce

Nah, di era digital, bisnis Affiliate dapat dilakukan di website. Affiliate memiliki website atau blog yang didalamnya terdapat space yang dapat diisi iklan dari perusahaan-lain. Anda yang menjadi merchant makin diuntungkan ketika website/ blog affiliate anda terpercaya dan memiliki banyak pengunjung yang sesuai target market.

Nah, bagi anda yang berminat menjadi affiliate, anda dapat menjalankan bisnis ini melalui WordPress dan WooCommerce. Sebenarnya anda juga dapat melakukan bisnis affiliate di platform lain seperti Blogger, namun kali ini kita akan membahas dari perspektif merchant tentang cara membuat program affiliate.

WordPress dan WooCommerce tersebut paling cocok digunakan dibanding platform terkenal jajartannya. Mengapa begitu? Misal kita bandingkan, CMS (Content Management Syatem) WordPress dan Blogger. WordPress lebih menguntungkan untuk anda yang ingin memberi dampak jangka panjang dan memonetisasi website anda dengan berbagai cara, salah satunya dengan bisnis affiliate.

Sebenarnya WooCommerce merupakan plugin toko online di WordPress. WooCommerce sering disandingkan dengan Shopify. Untuk mengetahui perbandingannya simak juga:

Shopify vs Woocommerce. Mana yang Lebih Bagus untuk Platform Toko Online

Dengan kata lain, kalau anda membuka affiliate dengan WooCommerce, anda sebenarnya menggunakan WordPress. Lalu, bagaimana cara membuat affiliate program di WordPress?

Membuat Affiliate Program di WordPress

Untuk membuat affiliate program di WordPress, anda memerlukan plugin affiliate. Ada beberapa plugin yang bisa anda gunakan di WordPress untuk membuat affiliate program. Berikut macamnya beserta tutorialnya.

Penting!

Sampai di tahap ini kami menganggap anda sudah mampu menginstal plugin WordPress. Jika anda belum paham caranya, simak artikel bantuan resmi dari WordPress di wordpress.org

1. Easy Affiliate

Plugin Easy Affiliate sangat laris digunakan di pasaran. Easy Affiliate sudah bekerjasama dengan platform eCommerce terkenal seperti WooCommerce dan MemberPress.

Fitur-fiturnya lengkap dan sangat bermanfaat. beberapa diantaranya adalah affiliate dasbor, real-time reports, fraud detection, eCommerce integrations, email marketing, one-click payouts. Di Easy affiliate tidak ada biaya transaksi, sehingga plugin ini sangat menguntungkan.

Berikut tahap-tahapnya.

Membuat Program Easy Affiliate Baru

1. Klik Easy Afiliate   »  Settings  »  Launch Setup Wizard

Launch set up wizard

2. Masukkan kode lisensi yang anda dapatkan dari akun anda di website Easy Affiliate.

Enter your license key

3. Jika sebelumnya anda sudah pernah menggunakan plugin affiliate lain, Easy Affiliate akan menawarkan anda untuk mengimpor data. Jika anda belum pernah menggunakan plugin affilate lain, maka tahap ini tidak akan ada.

4. Plugin Easy Affiliate akan mendeteksi plugin eCommerce yang anda gunakan. Klik Save and Continue.

Select platform

5. Isi informasi seputar bisnis anda, klik Continue.

Add your business information

6. Pilih cara affiliate meregistrasikan diri ke website anda. Pilih juga informasi dari para affiliate yang anda butuhkan, misal informasi tentang pajak, alamat, dan lain sebagainya.

affiliate registration settings

7. Anda juga dapat menambahkan Agreement (persetujuan-persetujuan tertentu). Klik Save and Continue.

Generate affiliate agreement

8. Isi informasi terkait presentase komisi yang anda akan berikan, termasuk metode pembayaran.

Commission and payout settings

9. Setelah Save and Continue, anda akan mengisi bahan-bahan yang perlu anda berikan ke affiliate seperti logo, foto produk, banner ads, teks, dan lain sebagainya.

10. Setelah selesai semua, anda bisa klik Finish Setup & Exit Wizard.

Finish setup

Memasukkan Link ke Program Affiliate

Easy Affiliate secara otomatis membuat halaman dimana affiliate dapat meregistrasikan diri, login, dan mensetting akun mereka.

Untuk melihatnya, anda bisa klik menu Easy Affiliate » Settings.

Affiliate pages

Anda dapat menambahkan link dasbor affiliate ke menu navigasi website atau di area footer. User yang meng-klik link ini nantinya dapat sign up atau log in ke akun mereka.

Affiliate sign up page

Dasbor dan Laporan Easy Affiliate

Easy Affiliate juga memungkinakan anda dan para affiliate melacak performa satu sama lain. Anda dapat melihat aktivitasnya di Easy Affiliate » Reports.

Easy Affiliate reports dashboard

Anda juga dapat melacak link (link tracking). Anda tinggal pindah ke tab Clicks saja.

Clicks reports in Easy Affiliate

Manajemen Affiliate dengan Easy Affiliate

Anda dapat mengapprove dan mengatur affiliate mana saja yang masih akan bekerjasama dengan anda affiliate melalui menu Easy Affiliate » Affiliates.

Affiliate management in Easy Affiliate

Untuk menyeleksi calon affiliate baru, pindah ke tab  Applications.

Affiliate applications

Menggunakan Add-ons untuk Memaksimalkan Fungsionalitas East Affiliate

Easy Affiliate dapat diintegrasikan dengan berbagai ekstensi. Beberapa deiantaranya adalah diintegrasikan dengan platform email marketing, tool untuk mencegah fraud, dan banyak lagi.

Anda dapat menambahkan Add-ons sesuai dengan plan yang anda pilih di Easy Affiliate anda.  Kunjungi menu Easy Affiliate » Add-ons.

Easy Affiliate addons

2. AffiliateWP

Plugin kedua yang kami sarankan adalah AffiliateWP. Setelah anda memasang plugin ini di WordPress, ikuti langkah-langkah berikut.

Membuat Program AffiliateWP Baru

1. Masuke ke Affiliate » Settings untuk memasukkan kode lisensi yang anda peroleh dari akun anda di AffiliateWP.

AffiliateWP license key

2. Setelah lisensi aktif, pilih halaman yang akan anda gunakan untuk diafiliasikan. Biasanya halaman dipilih secara otomatis, namun anda masih bisa merubahnya.

3. Review pengaturan halaman dan sesuaikan dengan kebijakan program affiliate anda. Klik Save Changes untuk menyimpan setelah selesai.

4. Pilih integrasi yang ingin anda aktifkan. Masuk ke tab Integrations yang ada di menu Settings.

AffiliateWP integrations

5. AffiliateWP memungkinkan anda mengedit email danmengirimkannya ke affiliate anda. Anda dapat mengatur template dan lain sebagainya di tab Emails.

Setting up emails

6. Pengaturan lain yang lebih kompleks dapat anda lakukan di tab Misc, salah satunya adalah mengaktifkan reCAPTCHA untuk mencegah bot meregistrasikan diri sebagai affilate.

Misc settings

Memasukkan Link ke Program Affiliate

Setelah selesai mengatur program affiliate, tahap selanjutnya adalah memasukkan link agar para affiliate marketer dapat menjangkau anda untuk mendaftarkan diri.

Masuk ke menu Appearance » Menu.

Add link to affiliate area

Ketika calon affiliate meng-klik link tersebut ia akan dialihkan ke halaman pendaftaran.

Affiliate area

Manajemen Affiliate dengan AffiliateWP

Ada banyak tool di AffiliateWP yang sangat berguna dalam proses manajerial. Untuk memanfaatkannya masuk ke menu Affiliate » Affiliate.

Affiliates

Di halaman ini anda dapat melihat list dari para affiliate anda. Anda juga dapat mengeditnya secara individual. Untuk melihat sales, anda bisa masuk ke tab Referrals.

Referrals

Mengirimkan Pembayaran ke Affiliate melalui AffiliateWP

Mengirimkan pembayaran di AffiliateWP diatur di tab Payouts Service. Masuk melalui menu Affiliates » Settings.

Payouts service

Segera pasang plugin yang anda kehendaki dan promosikan bisnis anda melalui affiliate marketing!

Continue Reading