April 18, 2023

Cara Melakukan Analisis Kompetitif SEO : Terbaru dan Terpercaya

Future Image - Cara Melakukan Analisis Kompetitif SEO : Terbaru dan Terpercaya

SEO sangat penting bagi bisnis yang beroperasi secara online karena dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web mereka di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis kompetitif SEO. Dengan melakukannya, maka Anda dapat meningkatkan peringkat situs web di mesin pencarian, sehingga bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan berpotensi untuk menghasilkan lebih banyak penjualan atau konversi.

Selain itu, Analisis Kompetitif pada SEO juga dapat membantu bisnis bersaing dengan pesaing mereka dalam industri yang sama, terutama jika mereka menjual produk atau layanan yang sama. Dengan menerapkan teknik SEO yang efektif, bisnis dapat mempertahankan posisi mereka di pasar dan meningkatkan pangsa pasarnya secara online. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui dan memahami bagaimana cara melakukan analisis kompetitif SEO yang tepat dan paling efektif. Namun sebelum mengetahui caranya, berikut adalah penjelasan sekilas terkait analisis kompetitif SEO.

 

Pengenalan Analisis Kompetitif SEO

Analisis kompetitif pada SEO merupakan proses mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pesaing bisnis Anda dengan tujuan untuk memahami strategi SEO mereka. Dengan memahami bagaimana pesaing Anda menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat situs web mereka di hasil pencarian mesin pencari, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan strategi SEO Anda sendiri dan mencapai posisi yang lebih baik di mesin pencari.

Terdapat lima langkah utama yang dapat Anda lakukan dalam analisis kompetitif SEO, yaitu sebagai berikut :

  • Identifikasi pesaing Anda
  • Analisis strategi SEO mereka
  • Analisis kata kunci mereka
  • Analisis pengoptimalan di halaman mereka
  • Analisis backlink mereka

 

Identifikasi Pesaing atau Kompetitor Anda

Langkah pertama dalam melakukan analisis kompetitif SEO yaitu Melakukan identifikasi pesaing sangat penting untuk bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan memenangkan persaingan dalam industri yang sama. Hal yang dapat Anda lakukan dalam mengidentifikasi pesaing bisnis Anda yaitu dengan melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google seperti menggunakan kata kunci terkait bisnis Anda. Setelah itu Anda perlu mencatat nama situs web yang muncul di halaman pertama hasil pencarian karena mereka adalah pesaing utama Anda dalam industri Anda. Cara ini tentu juga termasuk dalam analisis konpetitif SEO yang perlu Anda lakukan.

Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pencarian di google dengan kata kunci “Jenis SEO” seperti pada gambar di bawah ini. Dapat dilihat bahwa RevoU telah mendapatkan cuplikan unggulan, sementara di posisi kedua diambil oleh Glints dan posisi ketiga diambil oleh redcomm. Jadi, jika Anda ingin menentukan peringkat pada pencarian dengan kata kunci “Jenis SEO”, maka merekalah pesaing utama Anda.

Cara Melakukan Analisis Kompetitif Pada SEO - Identifikasi Pesaing

Cara Melakukan Analisis Kompetitif Pada SEO - Identifikasi pesaing

Selain itu, Anda juga dapat melakukan identifikasi pesaing dengan menggunakan alat analisis pesaing seperti SEMRush, Ahrefs, atau SimilarWeb. Alat ini dapat memberikan data yang berguna tentang pesaing Anda, termasuk kata kunci yang mereka peringkatkan, sumber tautan balik mereka, dan lalu lintas situs web mereka.

 

Analisis Kompetitif SEO pada Strategi SEO Kompetitor

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi pesaing Anda, langkah selanjutnya dalam melakukan analisis kompetitif  SEO adalah dengan melakukan analisis strategi SEO mereka. Dalam menganalisis strategi SEO termasuk juga untuk meninjau struktur situs web, meninjau konten, dan meninjau aktivitas media sosial pesaing.

Tinjau struktur situs web pesaing Anda dan periksa bagaimana mereka mengatur konten mereka. Periksa apakah mereka memiliki halaman yang dioptimalkan dengan kata kunci utama, bagaimana mereka menavigasi pengguna ke halaman terpenting, dan apakah mereka menggunakan tag header dengan efektif.

Selanjutnya, lakukan juga peninjauan terhadap jenis konten yang diposting oleh pesaing Anda dan periksa apakah mereka menggunakan video, infografis, atau konten interaktif. Tinjau bagaimana mereka menargetkan kata kunci tertentu dan apakah ada kesempatan untuk mempertimbangkan jenis konten yang sama.

Kemudian, Anda perlu meninjau aktivitas media sosial pesaing Anda dan memeriksa jenis konten yang mereka posting. Tinjau bagaimana mereka mengoptimalkan konten mereka untuk mesin pencari dan apakah ada kesempatan untuk memperoleh lebih banyak pengikut di media sosial.

Baca Juga : Local SEO : Panduan Optimasi SEO Page 1 Google di Kota Sendiri

 

Analisis Kompetitif SEO pada Kata Kunci Kompetitor

Langkah ketiga dalam melakukan analisis kompetitif SEO sendiri adalah analisis kata kunci pesaing. Menggunakan alat bantu seperti SEMRush, Google Keyword Planner, atau Ahrefs dapat Anda lakukan untuk mencari kata kunci utama yang digunakan oleh pesaing Anda. Anda dapat mencari dengan memasukkan nama pesaing Anda di dalam alat bantu tersebut. Kemudian, Anda dapat memasukkan kata kunci tersebut ke dalam konten Anda agar konten Anda berpotensi untuk mendapatkan posisi di depan mereka.

Cara Melakukan Analisis Kompetitif Pada SEO - Keyword Gap

 

Analisis Kompetitif SEO pada Pengoptimalan di Halaman Kompetitor

Dalam melakukan analisis kompetitif SEO, penting untuk melakukan analisis terhadap pengoptimalan di halaman pesaing. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda analisis di halaman pesaing, yaitu :
Judul Halaman: Periksa judul halaman pesaing Anda. Perhatikan kata kunci utama yang digunakan dan apakah judul tersebut menarik dan relevan dengan konten halaman.

  • Meta Deskripsi : Perhatikan apakah deskripsi tersebut menarik, relevan, dan mengandung kata kunci utama.
  • Struktur URL : Perhatikan apakah struktur URL tersebut mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengguna?
  • Penggunaan Kata Kunci : Tinjau penggunaan kata kunci di dalam konten halaman pesaing Anda. Apakah kata kunci digunakan secara alami dan tidak berlebihan? Apakah kata kunci digunakan di dalam judul, subheading, dan konten utama?
  • Konten : Periksa apakah konten di halaman pesaing Anda informatif, lengkap, dan berkualitas tinggi? Apakah konten tersebut memberikan solusi yang relevan dengan topik yang dibahas?
    Penggunaan Gambar dan Video : Tinjau penggunaan gambar dan video di dalam halaman pesaing Anda. Apakah gambar dan video tersebut relevan dengan topik yang dibahas dan menggunakan tag alt yang sesuai?
  • Tautan Internal dan Eksternal : Periksa tautan internal dan eksternal pada halaman pesaing Anda. Apakah tautan tersebut relevan dan memperkuat otoritas halaman?
  • Waktu Muat Halaman : Tinjau waktu muat halaman pada halaman pesaing Anda. Apakah halaman tersebut memiliki waktu muat yang cepat?
    Anda dapat menggunakan berbagai alat bantu untuk membantu Anda dalam melakukan analisis pengoptimalan di halaman pesaing, seperti Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, dan lain sebagainya.

 

Analisis Kompetitif SEO pada Backlink Milik Kompetitor

Backlink merupakan faktor penting dalam menentukan peringkat suatu situs di mesin pencari. Namun, tidak semua backlink sama-sama membantu untuk menaikkan peringkat. Untuk menganalisis backlink pesaing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu jumlah backlink, kualitas backlink, sumber backlink, anchor text, distribusi backlink, dan waktu pembuatan backlink pesaing.

Penting untuk diingat bahwa kualitas backlink lebih penting daripada kuantitasnya. Sebaiknya fokus pada membangun backlink dari situs yang relevan dan terpercaya dengan anchor text yang sesuai dan alami. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat situs Anda dan mencegah terkena penalti dari mesin pencari.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram