February 11, 2019

Local SEO : Panduan Optimasi SEO Page 1 Google di Kota Sendiri

Local SEO : Strategi Optimasi SEO Page 1 Google di Kota Sendiri

Sudah bukan rahasia umum lagi jika SEO adalah salah satu cara paling efektif dalam meningkatkan traffic organic ke website Anda, SEO sangatlah berguna dalam menjangkau pasar yang lebih luas untuk bisnis Anda. Tapi, bagaimana jika Anda memiliki sebuah toko offline atau bisnis jasa dengan Area tertentu saja? Tentunya Anda ingin calon pelanggan lokal datang atau menghubungi ke toko offline Anda.

Karena hal tersebut, Anda tak ingin menyia-nyiakan usaha apalagi uang untuk menarik minat calon pelanggan dari Area atau daerah lain, lalu bagaimana caranya Anda fokus menarik minat  calon pelanggan Lokal alih-alih calon pelanggan dari seluruh dunia?

Disinilah Local SEO berperan, Local SEO adalah cara yang paling terarah dan efektif dalam menggunakan mesin pencari untuk meningkatkan traffic dan penjualan untuk bisnis lokal Anda.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau usaha online yang sedang mencari cara bagaimana mengoptimalkan Local SEO untuk bisnis Anda, maka Anda membuka Artikel yang tepat. Di Artikel kali ini, kita akan membahas segala hal tentang Local SEO. Teruskan baca Artikel panduan ini untuk memaksimalkan visibilitas Online bisnis Anda dan menarik target audiens bisnis Anda yang lebih tertarget yaitu pelanggan lokal Anda.

 

Apa Itu Local SEO & Bagaimana Cara Kerjanya?

Local SEO adalah suatu strategi atau cara untuk mengoptimalkan visibilitas Online bisnis Anda supaya calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda dengan pencarian lokal yang relevan. Seperti yang kita ketahui, Google dan mesin pencari lainnya menggunakan geolokasi pengguna serta kata kunci untuk menentukan apa yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian Google kepada pengguna.

Sebagai contoh, ketika Anda mencari produk atau jasa dengan ditambah nama lokasi maka Anda akan mendapatkan hasil pencarian seperti gambar dibawah ini. Hal ini disebut sebagai Map pack.

Strategi Optimasi SEO - Menggunakan Lokasi

Ketika pengguna mencari, mesin pencari mengandalkan sinyal seperti konten lokal, halaman profil sosial, tautan/link, dan kutipan untuk menyediakan hasil lokal yang paling relevan bagi pengguna.

Jika Anda mencari produk atau layanan jasa dengan tambahan lokasi, Mesin pencari dapat mengetahui bahwa Anda memiliki niat untuk mencari dalam area Lokal. Bahkan jika Anda tidak menambahkan lokasi pada pencarian, mesin pencarian tetap dapat menganggap bahwa Anda mencari produk atau layanan jasa dalam Area Lokal, hal ini dikarenakan mesin pencari menggunakan IP Anda untuk mengetahui lokasi Anda. Contohnya seperti dibawah ini:

Strategi Optimasi SEO - Tanpa Lokasi

Jika Anda melihat bar pencarian di atas peta, maka Anda tidak akan melihat adanya lokasi yang ditambahkan, namun mesin pencari menyarankan cuci karpet beralamat fisik/offline dengan cara alamat IP dan geolokasi. Inilah Pencarian Lokal dan cara kerjanya.

 

Mengapa Local SEO Penting Untuk Bisnis Local Anda?

Local SEO sangatlah berperan penting untuk semua jenis toko online, keinginan pengguna untuk membeli sesuatu dari Google terus meningkat setiap harinya secara masif

“Pencarian dengan maksud atau keinginan Lokal semakin meningkat dengan 4 sampai 5 Calon pelanggan menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi lokal, dan informasi hasil pencarian dengan masif menampilkan serta mengarahkan 70% calon pelanggan ke toko fisik/offline.”

Hampir separuh dari pencarian di Google saat ini adalah pencarian lokal. Bahkan jika Anda tidak melakukan pencarian lokal dan hanya melakukan pencarian harian biasa, kemungkinan Google menampilkan bisnis lokal di sekitar Anda tetaplah tinggi.

Dalam 2 tahun terakhir kita sudah melihat:

“Peningkatan 150%+ pencarian pada handphone untuk "___ dekat saya sekarang" (misalnya seperti, "mall dekat saya sekarang" atau bisa "pom bensin dekat saya sekarang").

Peningkatan 900%+ pencarian pada handphone untuk "___ dekat saya hari ini/malam ini" (misalnya seperti, "event dekat saya hari ini" atau bisa juga  "hotel murah dekat saya malam ini").

Dan Peningkatan sebanyak 200%+ pencarian pada Handphone Untuk "Buka" + "sekarang" + "dekat saya" (misalnya, "rumah makan terdekat saya yang buka sekarang", "toko yang buka dekat saya saat ini"). “

Terlepas dari keuntungan yang sudah disebutkan, Local SEO memiliki keuntungan lain untuk Bisnis Anda seperti misalnya :

  • Local SEO adalah solusi marketing yang hemat biaya : Dengan Local SEO Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Sebagai gantinya memang membutuhkan waktu dan usaha untuk mengatur & Mengelola informasi bisnis Anda di direktori online. Anda dapat membuat daftar bisnis lokal di seluruh web secara gratis dengan menggunakan tools seperti Google Business Profile dan Facebook.
  • Local SEO juga dapat menjangkau pelanggan yang siap membeli : Sebanyak 80% pencarian lokal yang dilakukan melalui perangkat mobile/handphone berhasil menjadi penjualan. Artinya, ketika Anda mengoptimalkan bisnis Online Anda dengan tepat, maka peluang untuk mendapatkan caon pelanggan yang siap membeli akan meningkat secara tinggi
  • Selain itu, Local SEO juga dapat memberikan traffic pencarian yang lebih berkualitas. : Local SEO akan membantu pencarian lokal dalam menyaring pencari yang tidak memiliki potensi untuk membeli atau tertarik terhadap bisnis Anda, kemudian dengan begitu Anda akan mendapatkan calon pelanggan yang potensial di sekitar alamat bisnis fisik Anda.

Dengan begitu, jika bisnis Anda dekat dengan lokasi seseorang melakukan pencarian, kemudian Anda menawarkan produk atau jasa yang sedang di cari, serta telah melakukan optimasi pada bisnis Anda, dengan begitu Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang potensial secara online.

 

SEO VS Local SEO, Mari ketahui apa perbedaanya!

Kedua SEO baik SEO tradisional/organik dan Local SEO, memiliki tujuan untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian Online sehingga lebih banyak orang dapat menemukan, menghubungi, dan membeli dari bisnis Anda. Namun, tentu ada beberapa perbedaan antara SEO organik dan local SEO .

Mudahnya, SEO Organik lebih fokus pada peningkatan visibilitas website secara nasional atau bahkan global, sedangkan SEO local lebih berfokus dalam meningkatkan visibilitas website secara lokal untuk dapat menargetkan target audiens atau calon pelanggan lokal dengan bisnis Anda di daerah Anda. SEO organik memiliki hubungan yang lebih sedikit dengan lokasi dan lebih banyak berkaitan dengan relevansi situs Anda untuk pencarian tertentu.

Untuk Memperjelas perbedaannya, kami akan menampilkan perbedaannya lewat tabel dibawah ini.

Strategi Optimasi SEO - Perbandingan Local SEO dan SEO Organik

Itu adalah perbedaaan antara SEO dan Local SEO, sekarang Anda dapat memahami perbedaannya. Lalu bagaimana caranya melakukan optimasi Local SEO?

 

7 Cara Optimasi bisnis Anda untuk Lokasi Area Tertentu, Tips Local SEO

Local SEO adalah hal yang cukup sulit bagi seorang pemula. Tapi jika Anda mengikuti serangkaian tips Local SEO yang diberi oleh seorang expert, maka Anda dapat mengelola dan mengembangkan Local SEO Anda Sendiri.

Untuk membantu Anda mengembangkan Local SEO Anda Sendiri, kami akan memberikan 7 strategi yang dapat membantu Anda mengoptimasi Bisnis Lokal Anda:

  • Siapkan Bisnis Anda untuk Profil Google Bisnis, Bing Places, dan Apple Maps
  • Optimalkan NAP Citations Anda
  • Riset Kata Kunci Lokal untuk Bisnis Anda
  • Optimalkan Bisnis Anda untuk Pencarian Suara Lokal
  • Optimalkan On-page Local SEO untuk Bisnis Lokal Anda
  • Siapkan Strategi Link Building untuk Mendapatkan Lebih Banyak Backlink
  • Dapatkan Ulasan dari Pelanggan Puas Anda

Sekarang, mari analisis dan lakukan setiap poin secara mendalam dan tepat, kita Mulai dengan Poin pertama

 

1. Siapkan Bisnis Anda untuk Profil Google Bisnis, Bing Places dan Apple Maps

Umumnya, pada penerapan SEO sebenarnya tidak perlu untuk melakukan optimasi pada Google dan Bing secara terpisah. Tapi, untuk Local SEO hal ini sangatlah penting dilakukan untuk menempati posisi di Google, Bing dan Apple secara terpisah. Hal ini dikarenakan Local SEO sangatlah dipengaruhi oleh daftar tempat lokal dari masing-masing mesin pencari.

Karena itu, kami akan memandu Ada bagaimana caranya Anda dapat mengoptimasi Profil Google bisnis, Bing dan Apple Maps Anda dengan cara paling efektif melalui local SEO. Mari mulai dari Google Bisnis terlebih dahulu.

1.1 Optimasi Profil Google Bisnis Anda

Langkah pertama dalam mengoptimasi Google Bisnis Anda tentu saja dengan membuat akun Google Bisnis terlebih dahulu. Google Bisnis sendiri adalah alat yang sangat mudah digunakan dan juga gratis bagi bisnis dan organisasi untuk mengatur dan mengelola kehadiran online bisnis dan organisasi Anda di platform Google, termasuk mesin pencari dan Maps.

Silahkan Simak dan ikuti langkah dibawah ini untuk membuat akun Google Bisnis Anda

Langkah 01 adalah sign in ke Profil Google Bisnis

  • Silahkan kunjungi Website Google Bisnis dan sign in dengan akun gmail Anda.
  • Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, yaitu pengisian Nama Bisnis Anda

Pada tahap ini akan ada 2 pilihan yaitu

  • Membuat Bisnis Baru atau
  • Mengklaim Bisnis yang sudah ada

Lanjutkan mengetik nama bisnis Anda, dan Google akan secara otomatis mencarikan nama bisnis yang Anda ketikkan di sistem mereka.

Strategi Optimasi SEO - Membuat Google Bisnis

Kami menyarankan Anda lebih baik memilih “buat bisnis”, karena jika mengklaim bisnis lain dapat menimbulkan masalah lain.

Langkah 02 adalah memasukkan kategori bisnis Anda

Di halaman selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi kategori bisnis Anda, pilih kategori bisnis Anda secara cermat dan bijak. Tujuan dari mengisi kategori bisnis adalah untuk menggambarkan bisnis Anda, pilihlah kategori yang dapat menjelaskan bisnis Anda secara keseluruhan, bukan hanya daftar layanan, produk, atau fasilitas yang ditawarkan saja.

Google akan secara otomatis memberikan rekomendasi nama kategori untuk Anda ketika Anda mulai mengetik nama kategori bisnis Anda.

Strategi Optimasi SEO - Memasukkan Kategori Bisnis

Setelah memilih nama kategori, klik tombol “berikutnya”

Langkah 03 adalah memasukkan Alamat bisnis Anda

Pada langkah ini, Anda hanya cukup memasukkan alamat bisnis Anda sesuai dengan Alamat tempat bisnis offline Anda berada.

Strategi Optimasi SEO - Memasukkan Alamat Bisnis

Jika Anda masih belum memiliki toko fisik/offline, Anda dapat memasukkan alamat rumah Anda dan kemudian klik “selanjutnya”.

Kemudian Anda akan diberi pertanyaan seperti, apakah ini bisnis Anda? Dan akan muncul beberapa pilihan tempat bisnis dari Google. Cukup pilih tidak satupun dan klik berikutnya.

Strategi Optimasi SEO - Tempat Bisnis

Setelah itu Anda akan diminta untuk menyematkan lokasi maps pada bisnis Anda.

Strategi Optimasi SEO - Menyematkan Map

Setelah menyematkan lokasi pada map, Anda akan diminta untuk mengisi informasi kontak yang akan ditunjukkan kepada pengguna Google. Isi kontak dan klik berikutnya.

Strategi Optimasi SEO - Menambahkan Kontak

Kemudian Anda akan diminta melakukan verifikasi Google, cukup ikuti langkah verifikasinya saja.

Langkah 05 Pengaturan Custom

Pada langkah kali ini Anda akan diminta untuk menambahkan informasi tambahan seperti:

  • Mendaftarkan hari buka dengan jam operasional
  • Menambahkan lebih banyak kategori
  • Mengunggah beberapa foto terkait bisnis Anda
  • Menambahkan nomor telepon tambahan
  • Dan beberapa opsi lain seperti ini
  • Menambahkan atribut/fasilitas yang relevan

1.2 Optimasi Bisnis Anda di Bing place

Bisa dibilang Bing Place adalah Google Bisnis versi Bing sendiri, sebenarnya Bing tidak sepenting Google Bisnis. Bing sendiri hanya memiliki 7,8% market share di AS. Namun, jika Anda memang serius ingin mengungguli saingan Anda, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkembang lebih banyak.

Untuk membuat Bing Place, masuk ke Bing Place dan klik new user jika Anda adalah seorang pengguna baru.

Langkah 01 adalah mengklaim bisnis mu

Disini Anda akan diberi 2 pilihan yaitu

  • Import from Google Business Now
  • Atau kalim bisnis mu secara manual

Silahkan klik import From google bisnis now jika Anda ingin mengimpor bisnis Anda jika Anda sudah terverifikasi di Google Bisnis. Kami akan menunjukkan Anda bagaimana caranya klaim manual, jadi silahkan klik pilihan kedua

Langkah 02 adalah memilih tipe bisnis Anda

Pada langkah ini Anda akan memiliki beberapa pilihan bisnis seperti

  • Small atau medium business (terdiri dari 1-10 lokasi)
  • Chain business (terdiri lebih dari 10 lokasi)
  • Online business (jika Anda tak memiliki Lokasi Offline/fisik)
  • I manage business listings on my client’s behalf (pilih ini jika Anda mengelola listing bisnis milik klien Anda)

Mari berpikir jika Anda memiliki bisnis kecil atau medium dengan lokasi sekitar 1 sampai 10 lokasi, maka pilihlah pilihan yang pertama.

  • Kemudian masukkan Daerah bisnis, nama bisnis dan alamatnya
  • Lalu klik search

Kemudian klik pilihan Create new business jika Bisnis Anda masih belum terdaftar

Langkah 03 Masukkan informasi dasar bisnis Anda

Kemudian Anda hanya perlu mengisi informasi dasar tentang bisnis Anda seperti alamat, nama, website dan sebagainya, setelah itu klik next

Langkah 04 Pilih segmen bisnis dan kategorinya

Pilih segment dengan hati-hati dan tandai kotak yang tepat sesuai dengan tipe bisnis Anda.

Atau, Anda bisa klik tombol telusuri dan akan muncul 11 pilihan segmen bisnis yang dapat Anda pilih, klik saya tidak tahu jika Anda tidak yakin.

Kemudian tambahkan deskripsi singkat untuk bisnis Anda, sisipkan kata kunci didalamnya dan jangan berlebihan.

Langkah 05 Tambahkan Link telepon, Situs Web, dan sosmed Bisnis Anda

Bing akan menampilkan informasi tersebut dalam tautan profil sosial di panel Knowledge Graph mereka ketika orang mencari bisnis Anda. Kemudian Tambahkan beberapa foto untuk menyelesaikan prosedur, Anda dapat menambahkan sebanyak 10 foto.

Sekarang Bisnis Anda Sudah siap untuk ditemukan di Bing Places!

1.3 Optimasi Bisnis Anda di Apple Maps

Setelah Melakukan optimasi pada Google Bisnis dan Bing Places, sekarang saatnya melakukan optimasi di Apple Maps. Simak caranya dibawah ini untuk optimasi di Apple Maps.

Langkah 01 Masuk ke Apple Maps

  • Anda harus login terlebih dahulu menggunakan Apple ID dan Password Anda, hal ini diperlukan untuk dapat submit ke Apple Maps
  • Kemudian buka situs Apple Maps

Langkah 02 Pilih Apa Keterkaitan Anda dengan Bisnis Anda

Setelah login dan memilih “Add new business page” Anda akan diberi 2 pilihan pada langkah ini yaitu

  • I’m the business Owner, dan
  • I’m authorized by the business owner

Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, tapi tutor kali ini adalah untuk Anda sebagai pemilik bisnis. Sehingga pilihlah pilihan pertama

Langkah 03 Mengisi Informasi Dasar

Untuk pengisian informasi dasar bisnis Anda, pastikan sama persis dengan NAP atau Nama (N) Alamat(A) Telepon(P) ketika Anda mengisi informasi di Google Bisnis dan di website Anda.

Langkah 04 Verifikasi Kontak

Setelah melakukan submit informasi dasar bisnis Anda, silahkan klik “call me now” untuk mendapatkan telpon ke nomor Bisnis Anda, nantinya Anda akan mendapatkan Kode OTP 4 digit untuk verifikasi kontak.

Langkah 05 Menyematkan Lokasi Pada Peta

Seperti di Google Bisnis, di Apple Maps juga perlu untuk menyematkan lokasi di maps serta mengkonfirmasi lokasinya secara tertulis pula.

Langkah 06 Mengatur Jam Buka

Silahkan atur jadwal buka toko Anda, termasuk jika Anda buka selama 24 jam penuh. Hal ini sangat penting dalam meningkatkan Local SEO bisnis Anda di platform seperti Google Business Profile, Bing Places dan Apple Maps. Pastikan bahwa informasi tentang jam buka bisnis Anda akurat dan terbaru agar pelanggan potensial dapat menemukan dan mengunjungi bisnis Anda saat dibutuhkan.

Langkah 07 Masukkan Sosmed & Website Bisnis

Langkah terakhir Anda hanya perlu memasukkan alamat Sosial Media bisnis Anda dan juga website bisnis Anda jika sudah punya bisnis. Jika belum punya website untuk bisnis Anda, Anda dapat membuatnya menggunakan Jasa Pembuatan Website dari Ardata Media yang langsung ditangani Ahlinya.

 

2. Lakukan Optimasi pada informasi NAP Bisnis Anda

NAP adalah singkatan dari Nama Alamat dan Telepon yang Anda berikan pada informasi Bisnis Anda. Ketika bisnis Anda disebutkan atau tampil di internet itu disebut sebagai “citation” .

Jika Anda membangung NAP citation Anda dnegan tepat, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang besar.

Strategi Optimasi SEO - Optimasi NAP

Sebaliknya, jika NAP citation Anda tidak tepat atau salah Anda justru dapat kehilangan calon pelanggan yang potensial. Pastikan informasi NAP Anda sudah konsisten dan benar serta usakan memberikan informasi yang lengkap pula. NAP Anda bisa saja salah atau tidak konsisten seperti misalnya : 

  • Ketika Anda mengganti Alamat bisnis Anda Namun tidak melakukan Update pada Google Bisnis Atau Platform lainnya. Atau mengganti informasi lainnya namun tidak update di Platform.
  • Memiliki Alamat toko fisik atau offline yang berbeda dengan yang terdaftar di platfrom dan menggunakan keduanya secara online
  • Menggunakan nomor telepon yang berbeda 

Untuk memeriksa apakah NAP Anda sudah benar dan konsisten, kita akan menunjukkan bagaimana caranya melakukan audit NAP

2.1 Audit NAP menggunakan Tools/alat

Untuk melakukan audit NAP Anda dapat menggunakan alat atau secara manual, kami akan menunjukkan kedua caranya baik menggunakan Alat atau secara manual. Yang pertama, kami akan menunjukkan menggunakan alat/tools, kita akan menggunakan tools yang gratis yaitu MOZ local untuk melakukan audit NAP.

  • Masuk ke website Moz Local terlebih dahulu, kemudian masukkan nama perusahaan/bisnis Anda
  • Kemudian klik check now

Strategi Optimasi SEO - Audit NAP

Setelah mengklik tombol, akan muncul hasil auditnya. Moz local akan menampilkan semua daftar terkait website Anda dari platform yang dianggap sebagai Indeks lokal utama (hal ini ditentukan dengan daftar sumber memiliki otoritas yang tinggi dan memberikan dampak paling besar) serta menampilkan ketidaksesuaian yang ditemukan.

Hasilnya 23% hilang, 32% salah dan 45% benar

Strategi Optimasi SEO - Hasil Audit

Strategi Optimasi SEO - Hasil Audit Detail

Setelah melihat hasilnya, catat informasinya dalam spreadsheet. Catat apa saja yang tidak sesuai dan perlu dibenahi, catatan ini akan menjadi pedoman dalam memperbaiki informasi NAP pada platform lainnya secara konsisten.

2.2 Melakukan Audit NAP secara manual

Untuk melakukan Audit NAP secara manual, Anda perlu mengetahui tips dan trik pencarian Google yang lebih akurat. Kami akan memberikan trik pencarian Google yang lebih akurat pada Anda.

Silahkan lakukan pencarian di google dengan mengikuti struktur dibawah ini untuk melakukan audit NAP secara manual:

  • “Nama bisnis” + “alamat sebagian” - “nomor telepon yang benar”
  • “Nomor telepon yang benar” + “alamat sebagian” - “nama bisnis”
  • “Nama bisnis” + “nomor telepon yang benar” - “alamat sebagian yang salah”
  • “Nama bisnis” + “alamat sebagian” + “nomor telepon lama/salah”
  • “Nomor telepon yang benar” + “alamat sebagian yang benar” + “nama bisnis lama/salah”
  • “Nama bisnis” + “nomor telepon yang benar” + “alamat sebagian lama/salah”

Temukan ketidaksesuaian yang terdapat pada Informasi NAP yang ditampilkan dalam hasil pencarian struktur diatas, kemudian jika menemukan ketidaksesuaian silahkan update informasi NAP ke yang terbaru

2.3 Bagaimana Membuat NAP Citation Lebih Banyak

Setelah melakukan perbaikan pada NAP citation yang sudah ada, saatnya Anda memperbanyak NAP citation Anda untuk hasil yang lebih baik. Kami akan memberikan panduan bagaimana membuat NAP citation lebih banyak dengan mudah.

Untuk melakukannya, kita akan menggunakan tools bernama whitespark. Tools ini gratis untuk Anda gunakan yang memungkinkan Anda menjalankan 3 kampanye gratis perhari. Whitespark akan menemukan peluang NAP citation berdasarkan lokasi Anda dan kata kunci.

Cukup masukkan lokasi Anda dan beberapa kata kunci yang relevan dan potensial terhadap bisnis Anda, toolsnya yang akan melakukan sisanya.

Strategi Optimasi SEO - Membuat NAP Citation

 

3. Riset Kata Kunci Lokal Untuk Bisnis Anda

Melakukan riset kata kunci untuk optimasi Local SEO tidak sama dengan melakukan riset kata kunci untuk artikel blog. Langkah ini adalah salah satu langkah yang cukup dilakukan kemudian Anda lupakan, Artinya Anda tidak perlu selalu update kata kunci setiap beberapa saat. Langkah ini dapat dimulai dengan membuat daftar singkat kata kunci yang sering digunakan oleh calon pengunjung untuk menemukan bisnis Anda.

Umunya, riset kata kunci untuk local SEO lebih sederhana dan dapat lebih mudah dipahami ketimbang riset kata kunci untuk local SEO yang tidak terikat pada lokasi.

Walaupun beberapa lokasi atau kota memiliki tingkat kompetisi yang lebih kompetitif, namun secara umum pesaing untuk local SEO lebih kecil daripada kata kunci yang tidak terikat pada lokasi.

Kami akan menunjukkan bagaimana caranya melakukan riset kata kunci untuk Local SEO bisnis Anda.

3.1 Google Suggest/ Rekomendasi Google

Google Suggest akan sangat membantu Anda dalam melakukan riset kata kunci local SEO Anda, dan tentu saja gratis untuk digunakan. Jadi Gunakan layanan gratis ini dengan maksimal untuk mengekstraksi kata kunci Anda. Kami akan menunjukkan bagaimana contoh dari penggunaan Google Suggest sebagai alat untuk riset kata kunci.

Misalnya Anda memiliki jasa cuci karpet di Semarang dan Anda memerlukan kata kunci lokal untuk jasa Anda. Masuk ke google dan ketikkan saja seperti “cuci karpet Semarang” maka akan muncul sederet kata kunci yang dapat Anda pilih untuk jasa cuci karpet Anda.

Strategi Optimasi SEO - Rekomendasi Google

3.2 Gunakan Tools Keyword Planner

Tak hanya Google Suggest saja layanan gratis dari Google yang dapat kita gunakan untuk melakukan riset keyword, ada juga Keyword Planner dari Google juga yang tentunya gratis yang dapat kita gunakan.

Kita akan menggunakan keyword planner untuk menemukan kata kunci yang relevan dan potensial untuk Local SEO bisnis Anda, masuk ke situs keyword planner terlebih dahulu dan klik buka keyword planner. Setelah itu akan ada Pilihan discover new keyword dan klik itu. Dan akan muncul tampilan seperti ini.

Strategi Optimasi SEO - Keyword Planner

Kemudian atur lokasi terlebih dahulu dengan klik tombol lokasi dibawah kolom biru dan ketikkan lokasi bisnis Anda, nantinya akan muncul rekomendasi lokasi dan pilih yang menurut Anda paling tepat, setelah itu klik save.

Strategi Optimasi SEO - Keyword Planner Lokasi Bisnis

Kemudian mulai masukkan kata kunci yang sekiranya relevan dengan bisnis Anda dan klik get result untuk menemukan kata kunci yang relevan lainnya.

Strategi Optimasi SEO - Keyword Planner Get Result

Strategi Optimasi SEO - Keyword Planner Hasil

Tunggu beberapa saat dan akan muncul kata kunci yang relevan dan bahkan memiliki data seperti volume pencarian.

Dengan pilihan rekomendasi kata kunci dan datanya, Anda dapat menentukan kata kunci yang potensial untuk Local SEO bisnis Anda.

 

4. Lakukan Optimasi Voice Search

Pada dasarnya, pencarian menggunakan suara cukup berbeda dengan pencarian Google pada umumnya. Hal ini dikarenakan pencarian suara lebih alami ketimbang pencarian Google biasanya, sehingga pencarian suara cenderung lebih panjang ketimbang pencarian Google biasa yang berbasis teks.

Contoh mudahnya ketika Anda melakukan pencarian Google untuk mencari jasa cuci karpet di semarang, Anda hanya perlu mengetik “cuci karpet semarang” dan menekan tombol enter untuk melihat hasilnya. Sedangkan pencarian suara biasanya akan melakukan pencarian seperti “sarankan saya tempat cuci karpet di Semarang di dekat saya” itu adalah perbedaan mendasar dari pencarian suara/voice search dan pencariaan Google berbasis teks.

Kami akan memberikan tips & cara melakukan optimasi Voice search untuk Local SEO bisnis Anda.

4.1 Buatlah Konten Yang Mudah Dipindai

Kata “mudah dipindai” disini merujuk pada konten yang mudah dibaca. Untuk membuat konten yang mudah dipindai gunakanlah kalimat yang sederhana, paragraf yang pendek serta judul atau heading yang dipertebal untuk memecah konten Anda sebanyak mungkin.

Kebanyakan orang yang mencari menggunakan Smartphone mereka mencari konten yang telah dioptimasi untuk platform ini. Jadi, pastikan konten Anda sudah dioptimasi secara sempurna seperti mudah dibaca, mudah dipindah, serta tidak memiliki pop-up ataupun iklan yang muncul ketika konten dibuka dan mengganggu pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Hal ini tentunya akan memudahkan dalam pengoptimasian trafik di local SEO.

4.2 Klaim Profil Daftar Google Bisnis

Kami sudah menjelaskan apa itu Google Bisnis dan bagaimana caranya membuat serta melakukan optimasi pada Google Bisnis hingga klaim Profil Google Bisnis. Jadi silahkan scroll ke atas untuk melakukannya.

4.3. Fokuslah Pada Long-Tail Keyword

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kebanyakan orang akan menggunakan “kata kunci alami” ketika melakukan pencarian dengan suara, sehingga akan menggunakan kata kunci long tail atau kata kunci yang panjang, tidak hanya terdiri dari 2/1 kata kunci saja. Menargetkan kata kunci long-tail sangatlah penting, Anda harus dapat berpikir seperti orang yang sedang bertanya atau berbicara. Misalnya, bagaimana caranya Anda menanyakan pertanyaan tertentu? Atau bagaimana caranya Anda bertanya untuk menemukan suatu produk atau jasa?

Jika Anda ingin membuat long-tail keyword namun tidak tau bagaimana caranya, Anda dapat menggunakan website gratis untuk membantu Anda. Namanya adalah Answer The Public, website ini gratis untuk digunakan, Anda hanya perlu masukkan kata kunci utama dan website ini akan memberikan banyak daftar long-tail keyword yang terkait dengan kata kunci utama Anda.

4.4 Buatkan Halaman/Bagian FaQ

Salah satu cara terbaik dalam menggunakan data pelanggan dan data local SEO yang sudah Anda kumpulkan dengan membuat halaman atau bagian FaQ yang pastinya akan fokus pada Long-Tail keyword. Cobalah untuk mengelompokkan pertanyaan yang sering ditanyakan terkait bisnis Anda pada satu halaman dan tulis dalam kalimat yang se alami mungkin. Anda juga dapat membuat beberapa halaman agar terlihat lebih alami.

Anda juga harus menambahkan pertanyaan dan jawaban cepat kedalam halaman konten Anda untuk dapat memenuhi persyaratan persyaratan rich snippet dari Google. Ini adalah salah satu teknik lain yang digunakan untuk optimasi konten pencarian suara.

 

5. Optimasi SEO-Onpage Untuk Bisnis Lokal Anda

SEO Onpage adalah salah satu teknik yang penting dalam optimasi Local SEO. Hal ini akan membantu Anda untuk menaikkan peringkat Bisnis Anda pada kata kunci lokal yang dicari oleh target audiens lokal Anda. Ada beberapa hal utama yang harus dilakukan dalam optimasi local SEO onpage, simak caranya dibawah:

5.1 Buat Konten yang Panjang dan Berkualitas 

Konten merupakan alat utama untuk melakukan local SEO onpage. Langkah awal dalam membuat konten yang berkualitas adalah dengan memilih kata kunci dan topik yang relevan untuk local seo Anda.

Setelah Anda meriset kata kunci, Anda bisa mulai membuat artikel dengan jumlah kata per artikel rata-rata adalah 2000 kata. Dengan begitu Anda dapat meyakinkan Google bahwa Anda telah menawarkan lebih banyak informasi daripada pesaing Anda. 

5.2 Buat Lebih Banyak NAP Lokal untuk Bisnis Lokal Anda

NAP atau Name, Address, Phone. Anda bisa menambahkan lebih banyak NAP untuk bisnis lokal Anda. Anda bisa melihat di bagian yang sebelumnya sudah dijelaskan.

5.3 Optimalkan Judul, URL, dan Deskripsi Meta

Supaya halaman Anda muncul di halaman mesin pencari, Anda bisa menggunakan kata kunci spesifik dalam tag judul. Hal ini memudahkan Google mengetahui apa isi dari website Anda.

Untuk memastikan peringkat website, pastikan untuk memasukkan kata kunci fokus pada setiap halaman dalam judul. Masukkan kata kunci anda senatural mungkin, kemudian tambahkan nama situs atau nama perusahaan Anda dengan tanda pemisah setelah judul.

Pastikan judul Anda di bawah 70 karakter. URL halaman Anda harus mudah dibaca oleh mesin pencari. Hapus kata-kata yang tidak perlu dari URL dan gunakan satu atau dua kata kunci di setiap URL Anda.

Deskripsi meta tidak mempengaruhi pengoptimalan halaman secara langsung. Sertakan kata kunci inti terkait Anda dalam deskripsi meta Anda. Untuk hasil terbaik, deskripsi meta Anda harus tetap pada 160 karakter.

5.4 Sertakan Calls to Action dengan Jelas

Pastikan kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon Anda ditampilkan dengan jelas dan mencolok. Bantu pengguna dengan CTA dan beri tahu apa yang harus dilakukan seperti bertanya tentang produk atau layanan tertentu. Hal ini dapat membantu Anda menghasilkan penjualan dari pengunjung Anda.

5.5 Tautan Internal dan Eksternal

Menautkan link internal maupun eksternal sangat penting untuk optimasi local SEO halaman Anda. Untuk tautan internal, Anda bisa menggunakan salah satu halaman dari website Anda. Namun jangan tautkan halaman dengan topik yang tidak relevan. Tips lainnya anda bisa mengambil 3 kata sebagai teks anchor, sehingga pembaca dapat mengetahui konten yang telah Anda tautkan. 

Untuk tautan eksternal, Anda bisa menggunakan website dengan otoritas tinggi. 

5.6 Alt Teks Gambar

Cantumkan gambar beserta teks alt dengan kata kunci utama Anda dan tambahkan teks alternatif gambar. Buatlah deskriptif dan spesifik dengan jumlah karakter maksimal 125 karakter. Selain itu jangan unggah gambar tanpa dioptimalkan terlebih dahulu. Gunakan alat pengoptimal gambar terlebih dahulu, baru Anda bisa menguploadnya di website.

5.7 Tingkatkan Kecepatan Halaman

Hasil riset membuktikan bahwa pengguna akan meninggalkan website ketika membutuhkan lebih dari 3 detik untuk memuat halaman tersebut. Oleh karena itu, kecepatan sebuah website sangatlah penting. Untuk meningkatkan kecepatan halaman situs, Anda dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini.

  • Pilih web hosting yang berkualitas
  • Selalu perbarui situs Anda
  • Pilih tema yang dioptimalkan kecepatannya
  • Optimalkan Basis Data Anda
  • Kurangi Permintaan Server
  • Gunakan CDN
  • Aktifkan kompresi Gzip
  • Perkecil file CSS dan JS
  • Nonaktifkan Plugin yang tidak digunakan

Anda bisa menggunakan alat web gratis seperti PageSpeed Insights, isitWP, WebPageTest, Tools.Pingdom untuk mengukur kecepatan situs website Anda.

5.8 Jadikan Responsif

Google menyukai situs yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Hal ini juga merupakan faktor yang mempengaruhi peringkat untuk website Anda.

5.9 Tambahkan Markup Skema ke Halaman Anda

Markup skema adalah bagian dari local SEO teknis. Hal ini juga penting untuk local SEO pada halaman Anda. Ada ratusan jenis markup skema. Informasi yang tepat untuk bisnis Anda akan bergantung pada informasi apa yang paling penting bagi pelanggan Anda.

Selain menggunakan markup telepon. Anda bisa menggunakan markup populer lainnya seperti :

  • Jam buka
  • Perkiraan Harga
  • Alamat
  • Peringkat
  • Daerah layanan
  • Logo
  • Ulasan

5.10 Sematkan Google Map

Pastikan alamat yang Anda sematkan sesuai dengan alamat di profil Google Bisnis Anda. Hal ini dapat memberi Google informasi penting tentang bisnis atau usaha Anda.

 

6. Siapkan Strategi Membangun Tautan untuk Menghasilkan Lebih Banyak Backlinks

Ketika membahas tentang pengoptimalan local SEO , pembuatan tautan merupakan pembahasan yang tidak bisa dilewatkan. Backlink dari 2-3 situs website otoritas tinggi dapat meningkatkan hasil penelusuran oleh Google. Anda dapat menempatkan tautan Anda ke dalam blog yang ditargetkan ke lokal.

6.1 Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Buat konten berkualitas tinggi di situs Anda, sehingga orang lain ingin menautkan ke konten Anda. Ada jenis konten tertentu yang mendapatkan lebih banyak share dan backlink daripada yang lain.

  • Artikel tutorial langkah demi langkah
  • Blog listicle
  • Panduan definitif tentang suatu topik
  • Postingan statistik yang menunjukkan berbagai jenis data

Jangan membuat konten yang tidak berhubungan dengan niche Anda. Jadi usahakan untuk tetap membahas sesuai dengan niche Anda dan jika Anda dapat menampilkan lebih banyak informasi daripada pesaing, Anda akan mendapatkan backlink secara otomatis dari berbagai sumber.

6.2 Buat Guest Blog yang Terlihat Natural

Guest Blog selalu menjadi pilihan umum untuk membangun tautan. Anda akan menulis untuk situs web lain dan mereka akan menautkan ke situs web Anda sebagai sarana timbal balik. Namun sebelum menulis untuk orang lain, pastikan konten yang dibuat cocok dengan niche mereka. Lalu bagaimana cara menemukan situs web target Anda ? Ikuti tips dibawah ini.

keyword + write-for-us

keyword + guest-posts

keyword + guest-post-guidelines

keyword + become a contributor

keyword + bloggers wanted

keyword + submit an article

keyword + want to write for

keyword + contribute

keyword + become an author

keyword + guest post by

keyword + now accepting guest posts

Anda bisa buka Google dan cari dengan format diatas. Anda akan menemukan dengan mudah situs target Anda.

6.3 Daftarkan Bisnis Lokal Anda di Direktori Bisnis Online

Setiap direktori bisnis berisi indeks perusahaan yang terdaftar menurut abjad perusahaan. Direktori bisnis membantu pengguna yang mencari perusahaan, layanan, atau produk di area mereka dengan lebih tertarget.

Jika daftar lengkap itu gagal mencakup semua yang Anda butuhkan, Anda juga dapat menemukan lebih banyak bisnis lokal dengan beberapa cara seperti berikut.

Di bawah ini adalah kombinasi kueri yang dapat Anda gunakan untuk cantuman dan direktori bisnis:

[lokasi] cantuman bisnis

[lokasi] direktori bisnis

[lokasi] direktori

[kata kunci jenis bisnis] cantuman bisnis [lokasi]

[kata kunci jenis bisnis] direktori bisnis [lokasi]

[kata kunci jenis bisnis] direktori [lokasi]

Untuk organisasi perdagangan:

[lokasi] [kata kunci jenis bisnis] aliansi

asosiasi [lokasi] [kata kunci jenis bisnis].

dewan [lokasi] [kata kunci jenis bisnis].

[lokasi] [kata kunci jenis bisnis] masyarakat

Buka mesin pencari Google dan ketik kueri Anda sesuai dengan kombinasi yang disebutkan di atas. Anda akan mendapatkan direktori untuk mencantumkan bisnis lokal Anda.

6.4 Other Strategies to Get Local Links

Selain strategi yang telah disebutkan diatas, Anda juga bisa mengikuti tips local SEO yang ada di bawah ini untuk mendapatkan backlink.

  • Bermitra dengan badan amal, organisasi nirlaba, atau sekolah. Tawarkan layanan, sponsor, beasiswa, atau bahkan ruang kantor untuk menyelenggarakan acara mereka.
  • Berpartisipasi dalam mempelopori acara komunitas.
  • Berelasi dengan blogger lokal dan bisnis kecil lainnya di wilayah Anda. Pilih koneksi mana yang paling relevan dan buka tautan atau pertukaran promosi
  • Jika ada kesempatan, berikan wawancara yang berkaitan dengan bisnis lokal Anda.

 

7. Dapatkan Ulasan Positif dari Pelanggan Anda

Membuat pelanggan menuliskan ulasan untuk bisnis Anda tidak hanya mengoptimalkan profil Google Bisnis Anda. Hal tersebut juga mendorong lebih banyak pelanggan lokal. Misalkan Anda adalah seorang pelanggan. Ketika Anda ingin membeli sebuah makanan, mana yang akan Anda pertimbangkan? Tempat makan dengan rating yang tinggi. Itulah mengapa, rating pelanggan sangat penting untuk bisnis lokal Anda.

Jadi jika Anda meningkatkan reputasi online, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Hal tersebut akan berbanding lurus dengan tingkat pencarian dan peluang untuk mendatangkan penghasilan.

7.1 Minta Tinjauan secara Langsung setelah Closing Penjualan

Setelah melakukan closing penjualan, jika pelanggan Anda terlihat puas, beri tahu dia untuk memberikan ulasan yang jujur dari perusahaan Anda. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan ulasan bisnis Anda.

7.2 Bagikan Ulasan Teratas Anda Melalui Media Sosial

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak ulasan online adalah dengan membagikan ulasan yang telah Anda terima. Saat orang lain melihat bahwa orang memberikan ulasan bagus untuk Anda, mereka akan terpengaruh untuk mengulas layanan Anda.

Dengan cara ini Anda bisa menghasilkan lebih banyak ulasan untuk bisnis Anda dan sekaligus dapat membantu mengiklankan bisnis Anda secara bersamaan. Oleh karena itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan penghasilan dari bisnis Anda.

7.3 Respon Semua Review Secepat Mungkin

Menanggapi setiap ulasan pada bisnis Anda merupakan hal yang penting. Ketika orang lain melihat bahwa Anda menanggapi ulasan baik atau buruk, hal tersebut akan memberi kesan bahwa bisnis tersebut benar-benar peduli dengan ulasan atau masukan pelanggan.

Anda juga harus menerima jika ada pelanggan yang memberi ulasan buruk pada bisnis Anda. Ulasan buruk juga memiliki sisi baiknya juga, hal tersebut dapat membuat bisnis anda lebih otentik. Karena jika semua ulasan yang diberikan selalu positif, maka ulasan tersebut akan terlihat mencurigakan. Untuk menanggapi ulasan buruk dan mengubah pengulas menjadi pelanggan setia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Menanggapi secepat mungkin
  • Akui kesalahan
  • Jelaskan sudut pandang Anda dengan sopan
  • Tuliskan permintaan maaf yang bermakna dan pribadi
  • Berikan resolusi atau kompensasi segera (misalkan pengembalian uang atau potongan harga)

7.4 Manfaatkan Media Sosial

Buatlah media sosial untuk bisnis lokal Anda. Gunakan untuk menampilkan ulasan dan testimoni dari bisnis Anda. Hal ini dapat membantu orang untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda.

7.5 Kriteria Lain untuk Mendapatkan Ulasan dari Pelanggan Anda

Berikut beberapa trik yang dapat membantu Anda mendapatkan ulasan kepuasan dari pelanggan Anda. 

  • Integrasikan tautan tinjauan profil bisnis Google Anda ke dalam pemasaran email Anda.
  • Ajari semua staf yang berhadapan dengan pelanggan untuk meminta ulasan dari pelanggan yang puas
  • Buat email personal untuk meminta review.
  • Kirim email pasca pembelian yang meminta pelanggan untuk menulis ulasan.

Itulah beberapa tips untuk local SEO untuk mengoptimalkan bisnis lokal Anda.

Local SEO adalah strategi yang sangat penting bagi bisnis lokal untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari dan menarik pelanggan potensial di daerah tertentu. Menerapkan strategi Local SEO yang efektif dapat membantu bisnis lokal untuk berkembang dan menarik lebih banyak pelanggan potensial di suatu daerah tertentu. Dengan melakukan optimalisasi local SEO, maka bisnis anda akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pelanggan.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram