Strategi Optimasi SEO Website Dalam Bisnis Lokal

Semakin lama semakin banyak bermunculan pesaing di dunia bisnis terutama bisnis online. Hal ini menuntut pemilik atau pengelola usaha untuk mencari cara agar eksistensi usahanya tetap terjaga. Salah satunya adalah melakukan SEO. SEO bukanlah hal yang baru di dunia digital marketing. Bahkan sudah menjadi unsur utama yang wajib dilakukan. Nah, disini kita akan membahas mengenai beberapa strategi Local SEO untuk situs bisnis.

SEO lokal atau local SEO merupakan teknik SEO yang terfokus pada suatu daerah tertentu. Teknik ini mengoptimasi situs untuk pencarian lokal. SEO lokal sangat berguna apalagi jika pelanggan kebanyakan dari daerah sekitar.

Berikut adalah beberapa kiatnya :

1. Daftarkan Bisnis ke Google My Bussines

Smartphone on laptop keyboard Premium Photo

Google My Bussines adalah tool bentukan Google yang berupa listing bagi sebuah bisnis secara online. Dalam tool ini, tersedia berbagai macam fitur yang sangat membantu. Tanpa menggunakan Google My Bussines, bisnis tidak akan tercantum dalam local map listings. Membuat akun Google My Bussines hanya membutuhkan akun Gmail. Tool ini akan menampilkan berbagai macam informasi mengenai bisnis yang dicari seperti alamat, foto, contact person, jam buka, termasuk Google Maps sehingga peringkat lokal bisnis akan naik.

2. Kelola NAP dengan Baik

NAP (Name, Address, Phone Number) merupakan kunci utama untuk melakukan strategi SEO lokal, NAP yang dicantumkan harus seragam di setiap situs yang dimiliki. Karena NAP yang tidak konsisten akan menurunkan kinerja SEO.

Menulis NAP yang baik dilakukan dengan memastikan nama bisnis benar tanpa adanya tambahan keyword. Alamat yang dimasukkan benar dan masukkan nomor telepon lokal. Semua yang tercantum di website atau landing page harus sesuai dengan yang ada di Google My Business. Data-data tersebut harus berupa teks, bukan gambar.

3. Review dan Rating

Review dan rating sangatlah berpengaruh bagi peringkat bisnis. Reputasi bisnis semakin bagus jika banyak review dan rating yang baik dari pelanggan. Orang-orang yang melihat akan semakin percaya dan berminat untuk menjadi customer juga. Jangan memalsukan atau membeli review karena Google bisa mendeteksi hal yang tidak wajar pada akun Google My Bussines, dan tentu saja akan membuat reputasi bisnis menjadi buruk. Dapatkan review dengan cara yang benar. Tingkatkan promosi dan layanan agar pelanggan memberikan review serta rating yang bagus.

4. Struktur Situs

Struktur situs juga berperan penting disini. Buatlah situs yang responsif, dan rencanakan dengan baik apa saja hal yang dibutuhkan untuk keperluan situs. Jika lokasi bisnis lebih dari satu, sebaiknya lakukan optimasi URL. Walaupun banyak yang menyatakan tidak ada masalah jika memiliki beberapa lokasi di halaman yang sama, alangkah baiknya jika setiap lokasi memiliki URL masing-masing. Hal ini dilakukan agar struktur situs menjadi ideal.

Beberapa cara diatas hanya sebagian saja dari sekian banyak strategi SEO lokal, masih banyak cara lain yang bisa dicoba. Silahkan eksplorasi dan mencoba berbagai cara, asalkan jangan gunakan teknik-teknik terlarang karena justru akan memberikan kerugian di kemudian hari. Buatah investasi jangka panjang dengan menerapkan teknik yang baik dan benar. Selamat mencoba.

Continue Reading