Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui istilah marketplace diiringi dengan semakin berkembangnya marketplace di Indonesia akhir-akhir ini. Banyak penjual yang mulai membuka toko pada suatu marketplace. Seperti contoh Shopee dan Tokopedia, dua marketplace yang akhir-akhir ini digandrungi oleh anak milenial di Indonesia. Tak hanya itu penjualan mereka juga langsung meningkat bahkan melonjak meskipun mereka baru membuka toko di marketplace. Lalu apa yang membuat toko mereka dapat laris walau masih baru di marketplace? Yuk kita bongkar rahasianya dan simak tips toko laris walau masih baru di Shopee dan Tokopedia.

Pentingnya Membuka Toko Di Marketplace

Di era serba digital ini, mungkin sudah tak asing lagi bila mendengar istilah marketplace. Akhir-akhir ini istilah marketplace juga mulai dikenali oleh banyak orang di Indonesia. Sehingga banyak marketplace yang mulai berkembang pesat hingga sekarang. Lalu apa sih maksut marketplace sebenarnya? Marketplace adalah aplikasi atau website online yang memfasilitasi penjual untuk melapakkan dagangannya. Secara sederhana marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli di dunia maya.

 

Dengan mulai berkembangnya marketplace para pebisnis dapat membuka toko online miliknya pada marketplace yang diinginkannya. Banyak peluang bisnis yang didapatkan melihat banyak sekali masyarkat yang sekarang lebih gemar untuk berbelanja online dibandingkan berbelanja offline. Dengan demikian membuka toko di marketplace dirasa penting dan juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan berjualan offline. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

 

  1. Mudah untuk dimulai
    Berbisnis dengan melalui marketplace dapat dilakukan kapan saja. Mengapa demikian? Karena disaat Anda ingin berbisnis di marketplace anda tidak perlu repot untuk mencari tempat untuk membuka lapak jualan Anda. Hanya dengan menentukan marketplace mana yang akan Anda gunakan dan mendaftarkannya, lalu menampilkan produk yang akan dijual.
  2. Tidak membutuhkan modal besar
    Modal yang digunakan untuk berbisnis online di marketplace tidak sebesar dengan berbisnis offline. Pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat untuk berdagang. Meskipun beberapa marketplace menerapkan biaya “sewa” namun biayanya tidak sebesar biaya sewa tempat sepereti di ruko atau kios.
  3. Dapat memantau perkembangan bisnis
    Terdapat fitur untuk memantau perkembangan bisnis di marketplace yang bernama insight. Fitur insight adalah fitur yang dapat memantau mulai dari berapa orang yang mengunjungi toko, jumlah orang yang merespon, jumlah orang yang melakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk Anda. Dengan adanya fitur tersebut Anda dapat memantau berkembangan bisnis, melakukan evaluasi seperti evaluasi produk bahkan strategi pemasaran.
  4. Tidak perlu takut kehilangan konsumen
    Berbisnis online melalui marketplace Anda tidak perlu takut kehilangan konsumen. Setiap harinya jutaan orang yang mengunjungi situs marketplace. Terutama di Indonesia aktivitas jual-beli sangatlah besar. Hal tersebut dikarenakan kemudahan mengakses yang membuat konsumen dengan mudah menjangkau toko Anda dimanapun dan kapanpun. Setiap orang yang mengunjungi marketplace biasanya memang ingin untuk membeli suatu produki tertentu.

 

Demikianlah kelebihan dari berjualan melalui marketplace. Dengan berbagai kelebihan yang yang ada maka membuka toko di marketplace dirasa sangat penting dan dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Alasan Konsumen Memilih Belanja Online Lewat Marketplace

 

alasan konsumen memilihbelanja di marketplace

Dengan semakin berkembangnya zaman membuat gaya belanja masyarakat mulai beralih. Dari belanja secara offline dengan mendatangi tempatnya secara langsung beralih menjadi belanja online melalui marketplace yang dapat diakses melalui ponsel. Sehingga konsumen tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk membeli barang yang dibutuhkan serta cara mengakses yang mudah menjadikan belanja online sebagai pilihan konsumen pada saat ini. Meskipun demikian belanja online juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat merugikan konsumen, tetapi kelebihan yang diberikan jauh lebih banyak. Hampir semua kebutuhan yang diperlukan tersedia di toko online. Dengan demikian, sebagai pebisnis membuka toko di marketplace akan mendatangkan banyak peluang dan juga keuntungan.

 

Lalu apa alasan lain konsumen lebih memilih belanja online lewat marketplace? Yuk simak.

 

  1. Dapat membandingkan harga produk
    Pada saat berbelanja online melalui marketplace konsumen dapat dengan mudah membandingkan harga produk dari satu toko ke toko yang lain. Tak hanya itu pada marketplace juga terdapat fitur untuk mensortir. Berbeda dengan berbelanja offline dimana konsumen akan merasa kesulitan untuk membandingkan harga produk karena harus mengunjungi toko satu persatu.
  2. Hemat waktu dan tenaga
    Bagi sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk belanja langsung dipusat perbelanjaan, belanja online adalah jawabannya. Mereka tidak perlu menghabiskan waktunya untuk belanja secara langsung. Selain itu mereka tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk keluar rumah, mengantre di kasir, berpindah dari satu toko ke toko yang lain.
  3. Terdapat banyak promo
    Alasan orang untuk memilih berbelanja online melalui marketplace adalah banyaknya promo yang ditawarkan. Mulai dari potongan harga, gratis ongkir, voucher belanja bahkan point reward yang dapat ditukar. Dimana promo tidak akan didapatkan jika berbelanja di toko konvesional. Sehingga berbelanja online dirasa lebih hemat.
  4. As easy as click
    Berbelanja online itu sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kita hanya perlu membuka laptop, browsing mengenai barang yang dibutuhkan lalu pesan. Atau buka aplikasi, pilih barang dan pesan. Semudah itu. Mungkin pada saat memilih barang membutuhka waktu yang cukup lama untuk membandingkan dengan yang lain. Namun tidak perlu untuk keluar masuk toko pada saat membandingkan nya.

 

Baca juga : Strategi Memenangkan Persaingan Harga di Marketplace

 

Cara Buka Toko Di Shopee

Tentu sudah tidak asing lagi dengan marketplace satu ini bukan? Shopee adalah perusahaan e-commerce yang dikelola oleh garena yang sekarang menjadi SEA Group, perusahaan internet di Asia Tenggara. Jika Anda seorang pebisnis, sudah seharusnya untuk mencoba memasarkan produk Anda di Shopee untuk menjangkau para konsumen dan meningkatkan penjualan. Seperti yang kita tahu bahwa shopee merupakan marketplace terbesar di Indonesia yang sangat diminati oleh masyarakat khususnnya generasi milenial. Banyak toko online yang laris walaupun baru membuka toko di marketplace, khususnya Shopee. Lalu bagaimana cara membuka toko di shopee? Caranya cukup mudah kok. Yuk simak langkah-langkah dibawah ini

 

1. Buka website shopee pada browser anda.

2. Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini, lalu klik “daftar” pada pojok kanan atas.

cara buka toko di shopee

 

3. Setelah itu akan muncul halaman seperti ini. Lalu masukkan nomor telepon anda. Lalu klik berikutnya.

cara buka toko di shopee

 

4. Langkah selanjutnya adalah akan dikirimkan kode verifikasi pada nomor yang telah Anda daftarkan. Lalu ikuti alur hingga selesai.

cara buka toko di shopee

 

5. Setelah berhasil untuk masuk akan muncul halaman seperti dibawah ini. Klik “jual” pada pojok kiri atas.

cara buka toko di shopee

 

6. Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini. Klilk pada profil toko. Untuk mengisi profil toko Anda.

cara buka toko di shopee

 

7. Lalu lengkapi profil toko seperti yang tertera pada gambar dibawah ini. Setelah itu klik simpan.

cara buka toko di shopee

 

8. Setelah tersimpan scroll halaman ke bawah hingga menemukan “Alamat Saya”. pada gambar dibawah ini terletak pada list bagian kiri. Klik alamat saya untuk mengisi alamat.

cara buka toko di shopee

 

9. Setelah itu isikan alamat lengkap pada textbox dibawah ini. Lalu simpan

cara buka toko di shopee

 

10. Pengaturan selanjutnya adalah memilih jasa kirim pada pengaturan pengiriman. Klik “pengaturan pengiriman”. Pada list menu pengiriman bagian kiri pada gambar dibawah ini.

cara buka toko di shopee

 

11. Atur jasa kirim sesuai dengan keinginan Anda dengan mengaktifkan tombol hijau.

cara buka toko di shopee

 

12. Pengaturan selanjutnya adalah mengenai rekening bank untuk melakukan pembayaran atau penerimaan uang di shopee dengan mengklik “Rekening Bank” bagian list menu kiri pada gambar.

cara buka toko di shopee

 

13. Setelah itu akan muncul textbox dibawah ini. Masukkan password akun anda dan selesaikan tahapan pengaturan rekening dengan cara klik pada menambah rekening dn mengisikan No. Rekening bank Anda. Lalu klik berikutnya.

cara buka toko di shopee

 

14. Sekarang toko Anda sudah jadi. Anda dapat melakukan beberapa pengaturan untuk toko Anda dengan fitur yang ada. Klik pada tambahkan produk baru pada saat Anda akan menambahkan produk.

cara buka toko di shopee

 

15. Dengan mengklik tambah produk baru maka akan muncul halaman seperti dibawah ini.

cara buka toko di shopee

 

 

Mudah bukan untuk membuka toko di Shopee? Selamat mencoba.

 

Cara Buka Toko Di Tokopedia.

Siapa sih yang tidak mengenal Tokopedia? Yap. Tokopedia adalah salah satu marketplace lokal yang sangat popular. Berjualan melalui Tokopedia adalah salah satu peluang bisnis dimana penjual dapat menjangkau konsumen seluas-luasnnya. Berjualan di Tokopedia juga tidak memerlukan biaya alias gratis (ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member). Fitur-fitur yang ditawarkan juga mempermudah penjual dalam mengorganisir produk, menjadwalkan pengiriman produk hingga mempromosikan produk. Banyak toko online yang laris walaupun baru membuka toko di marketplace, khususnya Tokopedia. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka toko di Tokopedia? Gampang kok, Anda hanya perlu mempersiapkan nomor telpon yang aktif untuk mendaftarkan akun. Jika sudah siap yuk simak langkah-langkah membuka toko di Tokopedia.

 

1. Membuat akun Tokopedia dengan membuka situs tokopedia pada browser Anda. Nantinya akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini. Setelah itu masukkan nomor HP atau Email. Lalu klik daftar.

cara buka toko di Tokopedia

 

2. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman seperti pada gambar di bawah ini. Pilih salah satu metode verifikasi. Setelah itu masukkan kode verifikasi dan klik tombol verifikasi.

cara buka toko di Tokopedia

 

3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama lengkap Anda lalu klik selesai.

cara buka toko di Tokopedia

 

4. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman utama dari Tokopedia. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

cara buka toko di Tokopedia

 

5. Langkah selanjutnya adalah membuat toko yang dapat diklik pada toko pojok kanan atas lalu pada klik pada buka toko yang terdapat pada kotak hijau.

cara buka toko di Tokopedia

 

6. Langkah selanjutnya adalah mengisi form seperti ada yang gambar dibawah ini. Setelah selesai mengisi centang pada bagian paling bawah lalu klik buka toko gratis.

cara buka toko di Tokopedia

 

7. Setelah itu toko akan berhasil dibuka seperti pada gambar dibawah ini. Jika Anda ingin menambahkan produk maka klik “tambah produk” pada kotak hijau.

cara buka toko di Tokopedia

 

8. Setelah klik “tambah produk” akan muncul halaman seperti gambar dibaawah ini. Anda bisa menambahkan produk yang akan Anda jual sesuai dengan format yang telah disediakan.

cara buka toko di Tokopedia

 

Toko Anda berhasil dibuka di Tokopedia. Mudah bukan? Selamat mencoba

 

Strategi Toko Laris Walau Masih Baru

Banyak kita jumpai toko online di marketplace yang laris meskipun para penjual baru membuka toko di marketplace. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membuat toko laris dan disukai oleh konsumen. Apa saja strategi yang perlu dilakukan? Yuk simak penjelasan berikut.

  1. Foto Produk Yang Menarik dan Asli

Salah satu kunci toko online dapat laris dan menjadi toko yang rekomended adalah foto produk yang digunakan menarik atau dapat dikatakan aestetik. Dengan foto produk yang aestetik dapat menarik perhatian konsumen. Selain menarik foto yang digunakan merupakan foto orisinil atau foto asli yang diambil langsung oleh penjual, tidak mengambil dari google. Nah dengan begitu ambil foto semenarik dan seaestetik mungkin yang nantinya diunggah di toko online Anda.

  1. Judul Produk Sesuai SEO Marketplace

Pentingnya memahami SEO Marketplace sebelum Anda membuka toko online pada suatu marketplace. Seperti yang kita tahu bahwa terdapat jutaan penjual di suatu marketplace. Artinya apa? Jika Anda tidak memahami SEO Marketplace maka produk yang anda tawarkan akan tenggelampleh produk yang sejenis dari mkompetitor. Solusinya adalah pahami dulu SEO Marketplace. Bagaimana caranya agar roduk kita berada pada urutan paling atas? Caranya mudah yaitu pilih judul produk sesuai denngan kebanyakan orang cari seperti harge termurah, paling murah, terbaik dan lain sebaganya.

  1. Deskripsi Produk Yang Lengkap

Hal ini dirasa sangat penting karena dengan deskripsi produk yang lengkap para konsumen akan dapat mempunyai bayangan bagaimana produk yang Anda jual. Serta konsumen mendapatkan informasi yang lengkap tanpa harus menanyakan kepada penjualnya.

  1. Admin Toko Yang Fast Respon

Semua konsumen pastinya menginginkan pesannya cepat dibalas oleh penjual pada saat mereka sedang mencari tahu mengenai barang yang akan dibelinya. Sebagai admin toko maka Anda harus merespon pesan yang dikirimkan oleh konsumen secepat mungkin. Hal tersebut dapat membantu meyakinkan konsumen untuk membeli produki Anda. Sehingga dengan admin yang fast respon akan dapat mempengaruhi penjualan.

  1. Harga Jual Yang Bersaing

Harga produk sesuai dengan kualitas produknya. Sehingga konsumen akan merasa puas telah mengeluarkan sejumlah uang dan mendapatkan barang yang memiliki kualitas produk yang sesuai. Dalam memberikan harga tentunya Anda juga harus melihat harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Gunanya adalah untuk membandingkan harga produk Anda dengan harga produk kompetitor. Namun terlepas dari itu point pentingnya adalah disaaat Anda memberikan harga harus sesuai dengan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Continue Reading