Era yang serba online seperti sekarang membuat banyak orang yang memanfaatkan digital marketing untuk bisnis mereka. Hampir semua orang sudah go online untuk aktivitasnya setiap hari, tak terkecuali dalam hal berbisnis. Bisnis kuliner menjadi salah satu bidang yang tidak mau kalah bersaing di dunia bisnis online, seperti salah satunya adalah bisnis kue online.

Sebenarnya, membuat bisnis kue ini menjadi peluang bisnis yang bagus untuk menghasilkan profit maksimal jika dilakukan strategi yang tepat. Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan kue, baik kue kering atau kue basah sebagai cemilan setiap hari. Bahkan sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia yang selalu menyediakan kue-kue di rumah. Jika Anda menekuni bisnis kue ini, bisnis yang awalnya hanya menjadi sampingan dan hobi bisa menjadi penghasilan utama.

baca juga : 20+ Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Laris dan Bisa Dijual Online

Terlihat menggiurkan sekali bukan? Namun rupanya masih banyak orang yang bingung bagaimana memulai menjalankan bisnis kuliner secara online. Kebanyak orang berpikir tentang jarak tempuh yang terlalu jauh akan membuat produk yang dijual sampai ke tangan pelanggan dalam keadan rusak atau tidak layak. Contohnya dekorasi kue yang hancur atau kue sudah basi.

Cara Memulai Bisnis Kue Online

Anda tidak perlu khawatir dan takut untuk memulai bisnis kue secara online. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk memulai bisnis online menjual kue. Berikut ini beberapa cara tersebut

Rencana yang Matang

Baik bisnis kue basah, kue kering, atau bisnis kue rumahan harus selalu membutuhkan perencanaan yang matang. Anda tidak hanya membutuhkan skill memasak kue saja namun merencanakan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis kue ini. Pertama Anda harus merencanakan jenis kue apa saja yang akan dijual. Dalam perencanaan ini juga termasuk menentukan karakteristik bisnis kue Anda, misalnya kreativitas atau inovatif dari keunggulan rasa dan bentuk.

Anda juga memerlukan menetapkan harga yang kompetitif di pasaran. Anda bisa melakukannya dengan belajar dari pesaing bisnis agar kamu tidak kalah strategi dalam menentukan harga produk. Belajar dari pesaing juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat brand semenarik mungkin dan mencari kemasan yang baik.

Pepet Calon Pelanggan dengan Retargeting

retargeting bisnis kueStrategi digital marketing  yang bisa Anda pakai di awal bisnis kue onlinemu adalah retargeting atau penargetan ulang calon pelanggan. Strategi ini biasanya menggunakan metode metode display ads dimana calon pelanggan akan mengunjungi toko online dari iklan yang muncul di hadapan mereka. Tindakan pertama mereka dalam website Anda ini lah tampak dalam fitur cookies aktif yang akan memberikan Anda informasi selaku pemilik website.

Informasi atau data pelanggan yang pernah berkunjung minimal satu kali di website Anda ini yang akan mendapatkan penargetan kembali. Mudahnya, retargeting akan membantu Anda untuk menarik kembali calon pembeli yang pernah berkunjung ke website untuk kembali lagi ke website Anda. Penggunaan fitur cookies ini dapat membantu Anda menampilkan iklan pada pengunjung yang akan meninggalkan website atau sedang terlibat dalam interaksi percakapan. Anda juga bisa melakukan follow up jika calon pembeli tidak kembali berkunjung dalam jangka waktu yang lama.

Mudahkan Calon pelanggan Menemukan Bakery

Karena Anda bertarung di dunia digital atau internet yang banjir informasi, Anda perlu mempermudah calon pembeli untuk menemukan  toko online maupun lokasi toko kue. Agar calon mudah menemukan bakery coba tentukan karakteristik toko Anda baik itu brand, istilah-istilah yang detail tentang bakery, dan alamat yang jelas. Supaya calon pembeli lebih mudah jika mencari lokasi terdekat dari lokasi mereka untuk membeli kue.

Tampilkan Informasi Lengkap soal Bisnis Kue Anda

Tentu kamu perlu melengkapi informasi toko online Anda agar tampak konsisten, meyakinkan pembeli, dan mempermudah calon pembeli menemukan apa yang mereka cari. Calon pembeli dalam prosesnya rata-rata mencari informasi pemenuhan kebutuhan, seperti jenis produk atau varian, merek, harga, tempat pembelian, kualitas atau jaminan kelayakan produk, dan promo atau diskon yang ditawarkan.

Dekatkan Diri Dengan Pelanggan

Cara yang bisa Anda pakai untuk mendekatkan diri dengan pelanggan salah satunya melalui media sosial. Anda harus aktif di media sosial, tidak hanya sekedar mengunggah produk saja, melainkan konten-konten yang masih berkaitan dengan dunia bakery  dapat menimbulkan interaksi dengan audiens. Misalnya konten tips-tips membuat kue nastar anti gagal, dan sebagainya.

Di media sosial seperti instagram, facebook, whatsapps, dll Anda juga bisa mendekatkan diri dengan pelanggan apabila mereka komplain. Kamu harus mendengarkan keluh kesah pelanggan dan mencoba untuk memperbaikinya.

Tips Jitu Digital Marketing Bisnis Kue

Setelah mengetahui cara untuk memulainya, Anda juga perlu mengetahui strategi atau tips-tips agar bisnis kue tetap berkembang dan menarik banyak calon pelanggan. Tips berikut ini dapat Anda lakukan secara perlahan untuk memaksimalkan penjualan secara digital.

Foto dan Copywriting Bisnis Kue

foto produk bisnis kue

Digital marketing yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana visual dan bahasa produk Anda menyapa calon pelanggan. Pakailah foto produk sebagus dan semenarik mungkin agar calon pelanggan tergiur untuk membeli. Foto perihal makanan biasanya fokus pada kombinasi warna yang kuat supaya produk itu terlihat enak dan berkualitas. Foto produk saja tidak cukup, kamu perlu memberikan caption atau keterangan produk se memikat mungkin, agar calon pelanggan tergoda membelinya. Copywriting kuliner akan lebih cocok menggunakan bahasa yang santai, menggugah selera, dan bait of excellent quality alias bisa melemaskan urat yang tegang karena lapar.

Buat dan Memaksimalkan Website Toko Kue Online Anda

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis biasanya meremehkan website dan menomorduakan urusan website. Padahal website toko online menjadi cara untuk mengembangakn bisnis Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan website toko kue online.

Pertama lakukan optimasi SEO untuk konten-konten yang ada dalam website Anda untuk mengajak calon pengunjung membeli produk mu. Jangan lupa klaim profil Google My Business agar bisnis Anda lebih mudah dicari di internet. Selanjutnya hubungkan terus antara website dan media sosial yang aktif Anda pakai, misalnya mencantumkan masing-masing alamat jelas link yang bisa dikunjungi. Kemudian Anda perlu tawarkan promosi dan diskon kepada calon pelanggan. Kamu bisa mengiklankan kue lewat Facebook dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Berikutnya untuk mempermudah Anda berbisnis online, pakailah Google Ads untuk menganalisa kerja website dan Anda bisa terus menggembangkannya.

Gunakan Influencer Marketing

Coba gunakan influencer marketing untuk mengenalkan produk kepada calon pelanggan. Ini menjadi cara yang efektif buat Anda yang baru membuka usaha sebagai jalan membuka pasar lewat influencer untuk mereview produk baru Anda.

Buat Program Promo di Momen Tertentu

Dalam mengadakan promosi atau diskon Anda juga perlu memperhatikan momen-momen tertentu agar calon pelanggan mudah notice ke toko kue online Anda. Misalnya Anda memanfaatkan momen untuk membuat diskon christmas day, Hari Raya Idul Fitri, Akhir Tahun, Hari kemerdekaan, dan lain sebagainya. Event promo tersebut bisa Anda sesuaikan dengan momen yang dipakai.

Nah, begitulah cara dan tips yang bisa Anda lakukan saat memulai bisnis kue secara online, mudahkan? Era digital sekarang akan mempermudah Anda berbisnis kuliner yang mungkin terlihat susah karena masalah waktu dan jarak. Namun komunikasi lewat internet dapat meminimalisir masalah tersebut dengan sistem Pre-Order misalnya agar makanan tidak basi dan kemasan yang aman dengan layanan jasa pengiriman terpercaya.

Continue Reading