Bagi praktisi SEO, mengoptimasi dengan backlink sudah tidak asing lagi. Perlu diketahui bahwa backlink adalah upaya menautkan alamat ke website milik kita di website orang lain. Namun, terkadang backlink dianggap spam oleh mesin pencari karena melanggar aturan yang ditentukan.

Para praktisi SEO biasanya memasang backlink di website yang memiliki Domain Authority yang tinggi. Tetapi tak jarang juga website yang memiliki DA tinggi sulit ditanam backlink. Sebenarnya ada alternarif cara untuk memasang backlink di website yang DA-nya tinggi, yaitu menggunakan Aged Domain atau Domain yang sudah berumur lama. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari aged domain jika Anda mengetahuinya.

Aged Domain bisa didapat  di situs-situs penjualan aged domain seperti godaddy auction, dynadot, dan lainnya. Namun rata-rata untuk sebuah aged domain dihargai sangat tinggi karena banyak juga yang mencarinya. Lalu sebenarnya apa itu Aged Domain? Kami akan menjelaskannya kepada Anda.

 

Pengertian Aged Domain

Jika diartikan secara bahasa, Aged Domain artinya domain yang sudah berumur. Dalam artian website sudah lama terdaftar. Tentu domain yang sudah lama aktif memiliki banyak konten akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi di mata mesin pencari. Selain itu, semakin lama usia domain, maka kemungkinan semakin banyak juga halaman web tersebut diindeks oleh mesin pencari (google). Jika memasang backlink  di website seperti ini akan lebih cepat meningkatkan peringkat website Anda, Mengapa? Karena tautan yang menuju website Anda dipasang di website yang memiliki kredibilitas tinggi, sehingga akan cepat diindeks oleh mesin pencari.

 

Cara Mencari Aged Domain

Aged domain diperjualbelikan secara bebas oleh penyedia domain secara online tentunya. Anda bisa memilih aged domain yang berasal dari berbagai negara dan umur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam mencari aged domain, Anda harus siap untuk berebut dengan banyak orang karena mereka kemungkinan juga akan menggunakannya untuk backlink. Ikuti langkah-langkah berikut ini dalam mencari aged domain di expireddomains.net

  1. Cara yang pertama adalah Anda harus mengakses tautan berikut, setelah itu sign up dengan email Anda.
  2. Setelah login, Anda akan menuju tampilan utama seperti berikut ini.

 

aged domain untuk backlink

 

Untuk mencari aged domain, Anda bisa memilih seperti gambar di atas (kotak merah), mulai dari ccTLD, TLD, dan sebagainya.

  1. Sebagai contoh, kami akan mencari ccTLD (.id), yaitu deleted .id domains

aged domain untuk backlink

 

  1. Lalu buka menu filter, centang kategori no number di common seo, pada bagian listing settings, pilih olny new last 12/24 hours, pada pilihan paling bawah, klik only avaible domains. Untuk filter, Anda bisa mengatur sesuai kebutuhan Anda, kami hanya mencontohkan saja. Jika sudah di-apply¸ hasilnya akan seperti ini.

aged domain untuk backlink

 

Setelah itu, akan muncul banyak aged domain yang tersedia dan Anda bisa membeli dan mengklaimnya sebagai milik Anda, sangat mudah, bukan?.

 

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Backlink Dari Microsoft GRATIS

 

Kriteria Aged Domain yang Ideal untuk Backlink

Setelah Anda sudah mencari dan menemukan aged domain, jangan asal membelinya tanpa beberapa pertimbangan. Karena bisa saja aged domain yang Anda beli mengandung banyak spam, atau dulunya adalah website yang terkena penalti oleh google, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus memahami beberapa kriteria aged domain yang ideal untuk backlink, berikut penjelasannya.

 

  1. Domain Authority & Page Authority

Domain Authority dan Page Authorithy mimiliki skala 0 hingga bersama 100. Sistem ini dikembangkan oleh Moz. Semakin tinggi skala Moz, maka makin tinggi pula domain authority dan page authority-nya. Untuk meningkatkan ranking di mesin pencarian dengan cepat, biasanya para praktisi SEO membuat backlink di aged domain/domain yang memiliki DA dan PA yang tinggi.

 

  1. Usia Domain

Ada dua jenis expired domain yaitu dropped domain dan aged domain. Menurut para ahli SEO, untuk aged domain lebih baik berusia minimal dua tahun sejak domain didaftarkan. Kemudian untuk dropped domain tidak miliki batasan usia.

 

  1. Backlink yang Berkualitas

Backlink yang berkualitas artinya jumlah backlink yang dimiliki seimbang antara reffering domain dan linked domain. Karena jika backlink yang dimiliki ribuan tetapi hanya terpasang di puluhan website saja itu akan berpotensi mendapatkan penalti dari google.

 

  1. History

Pastikan domain yang dipilih memilki history yang bersih, dalam artian konten yang dimiliki di aged domain dulunya tidak mengandung spam, explicit contents, gambling dan lain-lain. Anda bisa mengecek di website archive.org.

 

  1. Exstension

Anda bisa memilih ekstensi domain apa saja, misalnya .xyz, .online, .me, .store, dan masih banyak lagi. Tetapi sebaiknya Anda memilih ekstensi domain TLD (top level domain) seperti .com, .net, atau ccTLD (country code top level domain) seperti id, co.id, dan sebagainya.

 

Memang aged domain cukup berpengaruh dalam tahap SEO agar lebih optimal, namun jika tidak mengetahui langkah-langkahnya, Anda juga akan tetap kesulitan untuk menentukan aged domain yang ideal untuk Anda. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda akan menggunakan aged domain untuk memasang backlink?

Continue Reading