Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara mempertahankan posisi ranking website agar blog atau website Anda dapat berada di paling atas mesin pencarian Google.

Algoritma dari hasil pencarian pada mesin pencarian Google atau SERP menghasilkan cara-cara untuk mengoptimasi website yang bernama SEO.

Yup, SEO membuat konten-konten yang ada di Google ditampilkan berdasarkan pada satu kata kunci. Cara melakukan SEO untuk bisa menaikkan ranking website pun sangat beragam. Masalahnya, semakin banyak pula yang menggunakan SEO. Persaingan pun bisa dibilang semakin ketat untuk mencapai ranking 1 di search engine Google. Banyak website yang berlomba-lomba memproduksi konten, sehingga mereka akan muncul dimanapun saat Anda mencoba mencari sesuatu di Google.

Tentu saja, Anda membutuhkan usaha lebih untuk bisa bersaing dengan website-website raksasa seperti itu. Nah, kami punya beberapa tips untuk cara meningkatkan SEO atau mempertahankan ranking website di mesin pencarian Google.

Cara SEO untuk Mempertahankan Posisi Ranking Website

Berikut adalah 9 cara untuk mempertahankan posisi ranking website di mesin pencarian Google, simak yuk!

Selalu Update Konten yang Fresh dan Beragam

Algoritma search engine Google selalu mendahulukan konten yang baru dan update. Jadi memberikan konten-konten baru secara rutin di website Anda dapat meningkatkan posisi website di SERP.

Selain memproduksi konten fresh, tidak ada salahnya juga untuk memperbarui konten lama yang telah Anda buat agar posisi rankingnya semakin baik.

Oh ya, jangan lupa membuat konten dengan berbagai kategori. Karena konten yang sama bisa membuat audiens bosan. Cobalah variasikan dengan infografis, video, konten evergreen, dan podcast.

Gunakan Keyword yang User-Friendly

Di algoritma Google yang baru, Anda tidak perlu untuk memberikan sebanyak-banyaknya keyword ke dalam konten. Sekarang, penempatan keyword dalam suatu artikel atau konten harus lebih natural.

Anda bisa menggunakan tools ubersuggest untuk riset keyword, selengkapnya : Cara Menggunakan UberSuggest untuk Riset Keyword

Oh ya, Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui keyword suatu topik. Keyword ini biasanya adalah yang digunakan oleh audiens di mesin pencarian Google untuk mencari informasi.

Optimasi Judul Konten dan Meta Description

Jika berbicara tentang SEO, ini adalah seberapa terlihatnya website Anda di hasil mesin pencarian Google. Tentu hal kedua yang Anda hindari adalah website ada diabaikan oleh audiens karena judul dan deskripsinya tidak menarik atau sesuai.

Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda perlu mengoptimasi judul konten dan meta description dengan keyword yang relevan.

Selain itu karena tulisannya dibatasi, maka Anda harus bisa membuat kalimat yang mengajak audiens untuk membaca artikelmu.

Coba gunakan Google Webmaster Tools untuk mengetahui keyword yang bisa menggiring audiens untuk mengakses konten Anda.

Beri Link ke Website Internal dan Eksternal

Memberi link ke konten lain di website Anda sendiri dapat meningkatkan traffic juga, lho. Karena, pengunjung akan dengan mudah masuk dari konten satu ke konten yang lainnya.

Untuk website eksternal atau external link, banyak mitos yang bertebaran bahwa memberikan link ke website eksternal akan mengurangi traffic.

Anda bisa gunakan jasa backlink PBN untuk membantu memperbanyak backlink

Namun nyatanya jika memasukkan external link ke dalam konten anda, search engine akan menilai kredibilitas dari website Anda. Yang terpenting, jangan taruh internal dan external link terlalu banyak, ya.

Sebarkan Website ke Media Sosial

Ini adalah salah satu metode offpage SEO. Jika ada audiens yang share artikel atau konten Anda ke media sosial, itu akan menambah traffic dan jumlah pembaca.

Saat traffic bertambah, disitulah akan bertambah backlink yang berkualitas. Akibatnya, website anda dinilai baik oleh search engine dan berpotensi untuk masuk ke jajaran atas di SERP.

Nah, jadi pastikan untuk memberikan tombol share ke berbagai macam sosial media untuk konten Anda.

Guest Blogging

Guest blogging adalah aktivitas ketika Anda mengundang pengunjung website untuk menulis dan berkontribusi di website Anda.

Nah, cara ini banyak diterapkan oleh website-website besar, lho. Karena ini adalah marketing yang baik. Traffic website Anda akan lebih tinggi, dan audience baru akan muncul.

Blog anda juga akan lebih dikenal karena tentu dengan kontribusi dari orang lain, konten yang dihasilkan juga semakin banyak. Tapi pastikan lagi, konten yang mereka tulis perlu lolos dari quality control editing, ya.

Percepat Loading Time Website

Bagaimana reaksi Anda ketika ingin mengakses suatu website, tapi untuk loadingnya lama? Pasti Anda mencari alternatif dengan membuka website lain, ya kan?

Kecepatan dalam membuka website juga menjadi salah satu faktor SEO. Anda perlu memastikan bahwa website yang Anda miliki dapat loading dengan cepat. Tentu, untuk menghindari audiens yang terlanjur malas untuk masuk ke dalam websitemu.

Google Pagespeed Insight adalah salah satu tools untuk mengetahui loading time dari suatu website.

Baca : 7 Cara Meningkatkan Pagespeed Insight Website Hingga 100%

Selain itu, jika ternyata loading website Anda memakan waktu yang lama, Anda bisa mengganti hosting provider, meminimalkan foto resolusi tinggi, menghapus plugin yang tidak dipakai, embed video, dan menggunakan content delivery network atau CDN.

Buat Mobile Friendly

Selain dari laptop atau PC, orang juga mengakses konten suatu website dengan smartphone. Karena telepon genggam memiliki algoritma yang berbeda dari website di desktop, maka website Anda yang tidak mobile friendly akan turun ranking di Google.

Anda dapat menggunakan Google Mobile-Friendly Test untuk cek apakah website tersebut mobile-friendly.

Analisa Kompetitor

Terakhir, ingatlah bahwa tidak hanya Anda yang mengusahakan agar website Anda bisa muncul di urutan pertama. Di luar sana banyak perusahaan, blog, dan media yang berlomba untuk menjuarai SERP.

Maka, usaha yang Anda lakukan perlu disertai dengan analisa kompetitor yang mempunyai niche dan industri yang sama.

Ada beberapa tools yang dapat membantu Anda dalam menganalisa kompetitor. Seperti SEMRush, OpenSiteExplorer, SpyFu, Ahrefs dan masih banyak lagi.

Kesimpulan Mempertahankan Ranking Website dengan SEO

Cara-cara di atas memang tidak menjamin website Anda untuk selalu berada di urutan atas atau tidak akan turun. Hal yang perlu Anda lakukan adalah konsisten melakukan optimasi website dan konten.

Kompetisi akan semakin sulit dan Anda perlu berkreasi untuk bisa memenangkan kompetisi dengan website-website besar. Terutama dengan meningkatkan kualitas website dan mempertahankan audiens Anda.

Alternatif lain jika Anda tidak punya banyak waktu dan keahlian untuk mempertahankan posisi ranking website adalah menggunakan jasa layanan SEO. Ardata menyediakan layanan untuk membuat posisi ranking website Anda di nomor satu mesin pencarian Google.

Kami juga membuat artikel yang berkualitas agar website Anda tetap fresh dan update. Pilihan layanan kami dapat Anda cek di sini!

Continue Reading