Apakah Anda membutuhkan ide konten Instagram untuk posting harian? Anda berada di tempat yang tepat. Aktif menggunakan Instagram tentu perlu Anda lakukan jika ingin mendapat banyak manfaat dari platform ini untuk penjualan Anda. Fitur Reels pada Instagram ini adalah cara baru untuk melibatkan diri Anda dengan pengguna Instagram dan menjangkau audiens bisnis Anda secara lebih luas. 

Apa Itu Instagram Reels?

Fitur baru ini wajib Anda coba. Algoritma Instagram akan membantu mempromosikan fitur baru dan persaingan masih relatif rendah karena belum banyak orang yang menggunakannya. Fitur Reels juga baru terisi dengan konten-konten yang disarankan instagram.  Jadi cari ini dapat menjangkau audiens baru dan meningkatkan performa bisnis online Anda. 

Jika Anda ingin mencoba Instagram Reels, Anda membutuhkan beberapa ide konten yang bagus dan tujuan yang jelas untuk mengisinya. Hal ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menambah kepopuleran brand Anda. perlu Anda ketahui, saat ini Instagram akan mengurangi konten ber-watermark atau berlogo dari aplikasi lain (seperti tiktok) untuk tidak mudah di temukan di instagram.  

Itu artinya membuat konten asli instagram menjadi lebih penting. Anda tidak perlu khawatir, saya akan memberikan beberapa ide konten instagram yang orisinal untuk bisnis Anda yang mungkin saja Anda sedang kehabisan ide atau hambatan lain. Berikut ini 15 ide Reels Instagram yang dapat digunakan untuk posting harian bisnis Anda. 

Tunjukan Sisi Nyata dari Brand Anda

branding

Baik itu di IRL atau di Instagram, seseorang cenderung merasa lebih senang jika menjadi bagian dari sebuah komunitas. Nah jadi Anda perlu membangun komunitas di media sosial Anda dan membuat para Followers Anda merasa seperti teman. Biasanya Anda akan berbagi banyak hal dengan teman. Memberi tahu mereka segalanya, entah itu hal baik atau buruk. 

Jika itu on-brand bagi Anda, bagikanlah Reels yang menunjukan sisi nyata dari brand atau produk Anda. misalnya video “Instagram vs Realita”, atau selang waktu Anda dan tim Anda bekerja sebelum hari Launching produk Anda. Jika Anda belum pernah membagikan jenis konten seperti ini, ide ini bisa Anda coba buat. 

Baca Juga Menciptakan Personal Branding yang Kuat di Ranah Digital

Menampilkan Behind The Scenes atau Di balik Layar Bisnis Anda

Movie isolated vector modern illustration. Inscription on flapper

Anda bisa menampilkan proses berbisnis Anda di belakang layar kepada audiens. Anda yang berbisnis apapun, membuat Reels di balik layar bisa menjadi konten yang efektif dan mudah untuk Instagram Anda. 

Followers Anda mungkin saja ingin tahu bagaimana produk Anda dibuat atau bagaimana rasanya bekerja bersama bisnis Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk berbagi konten ini kepada mereka. Misalnya ketika Anda sedang beraktivitas untuk pemotretan produk, pengemasan produk, dan sebagainya. Mulailah mengabadikan setiap momen kecil dalam bisnis Anda. 

Memperkenalkan Diri

Buatlah reels yang memperkenalkan diri Anda dan brand Anda. Saat Reels muncul di menu Explore, Anda memiliki kesempatan untuk memperkenalkan diri atau berbagi kisah tentang brand Anda dengan ribuan followers baru. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya mengedit klip video (menunjukan brand Anda) dengan teks untuk menceritakan kisah Anda atau bicara langsung ke kamera. Anda bisa membuat dengan klip pendek saja.    

Menampilkan Before-After

Membagikan konten yang menunjukan before and after adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan Anda. tidak hanya menarik, namun juga memuaskan untuk ditonton. Ini adalah konsep ide Reels Instagram yang sempurna. Jika Anda memiliki bisnis yang berpeluang menampilkan before and After, tampilkanlah. Misalnya jika bisnis Anda berkaitan dengan renovasi rumah, tampilan rambut, ilustrasi, dan sebagainya. 

Memberikan Tips dan Trik

Jika Anda kehabisan ide, konten tips and trik dapat menjadi ide yang bagus untuk Anda coba buat. Apa pun jenis bisnis Anda, Anda pasti memiliki informasi yang dapat membantu audiens Anda. Misalnya berbagi ips dalam gaya berpakaian, trik dalam mengedit foto, dan sebagainya. Opsi tips and trik ini tidak terbatas, asalkan masih berhubungan dengan bisnis atau brand Anda. 

Tips and trik yang Anda buat juga tidak perlu rumit. Coba berikan satu tips cepat dan minta audiens Anda untuk berkomentar, tips apa yang ingin mereka lihat selanjutnya. Anda bisa membuat konten tips and trik ini dalam bentuk video, ilustrasi, infografis, dan sebagainya.  

Berikan Sneak Peek 

Jika Anda sudah benar-benar kehabisan ide, Anda bisa membuat Reels Instagram dengan video cuplikan. Misalnya jika menjelang hari launching produk baru, Anda bisa berbagi video cuplikan yang membuat audiens penasaran. Hal ini akan menambah ketertarikan audience terhadap brand Anda. 

Ikuti Tren

ikuti trend

Salah satu cara menampilkan Reels Anda dilirik banyak orang adalah membuat konten yang mengikuti tren. Sama seperti di Tiktok, sebuah tren itu datang dan pergi. Sebagai pebisnis online Anda harus jeli mengikuti tren agar brand Anda juga tetap eksis. 

Untuk memulainya, Anda bisa scroll melalui halaman Explore dan lihat apa yang sedang dilakukan brand atau bisnis lain. Jika hal itu sedang menjadi tren, ikutilah. Anda juga bisa membuat tren sendiri, misalnya membuat tarian, challenge, atau hashtag. Buatlah followers Anda mengikuti dan meramaikan trend Anda. 

Instagram Reels adalah wahana untuk mencoba hal-hal baru. Jangan khawatir tentang mereka yang berbeda dengan Feed Instagram Anda. mereka hanya mengisi tab yang berbeda di profil Anda. 

Ubah konten Evergreen

Lihatlah kembali draft konten Anda. misalnya di Instagram, Situs website, Youtube, Blog, Pinterest, dan cari apa yang dapat Anda gunakan kembali. Perlu Anda ketahui, konten Evergreen adalah konten yang tidak pernah ketinggalan zaman. Artinya Anda bisa selalu menggunakannya kembali. 

Misalnya jika Anda sudah memiliki video Youtube yang baik, coba pikirkan cara untuk memadatkannya agar berfungsi dalam Reels Instagram dalam 30 detik. Dalam keterangannya, Anda bisa memberitahu Followers Anda untuk menuju ke tautan bio Instagram (tautan video Youtube asli) untuk informasi lebih lanjut. 

Atau, jika Anda memiliki konten website yang terus mendapatkan banyak trafik, buatlah Reels yang menyoroti topik tersebut.  

Buatlah video tutorial atau langkah-langkah

Tidak jauh berbeda dengan konten tips and trik, konten video tutorial juga bisa Anda coba buat. Misalnya Anda membuat video cara menulis teks yang sempurna, membuat kue coklat yang sempurna, dan sebagainya. Ada banyak ide konten yang bisa Anda buat untuk video tutorial atau video cara ini.

Jangan terlalu terpaku pada durasi waktu 30 detik itu, ada banyak cara kreatif untuk memaksimalkan waktu. Jika Anda memiliki beberapa ide video tutorial, itu bagus. Coba tulis daftar ide tersebut menggunakan ide-ide itu untuk membuat seri atau video part untuk petunjuk. 

Highlight atau Sorot Produk Anda

Meskipun Anda tidak bisa menautkan produk ke Reels Instagram, Anda masih dapat menyoroti apa yang Anda jual. Anda bisa membuat Reels yang menampilkan produk Anda. Anda juga harus memberikan caption atau keterangan yang jelas untuk memberitahu followers atas apa yang Anda tampilkan. 

Tampilkan Komunitas dan karyawan Anda

Berbagi konten User-generated (UGC) adalah cara yang baik untuk melibatkan audiens Anda dan bisa mengisi list postingan harian Anda. jika Anda ingin memulai membuat Reels tetapi tidak yakin dengan apa yang harus diposting, buat video yang menyoroti komunitas Anda. setelah Anda mengumpulkan konten yang cukup, Anda dapat membuat klip bersama dengan beberapa gambar yang di tag. Atau juga bisa benar benar menggunakan klip video yang telah ditandai oleh komunitas Anda. 

Cara lain untuk melakukan ini, Anda juga bisa membuat kompilasi ulangan pelanggan yang positif. Jangan lupa, minta izin lah terlebih dahulu sebelum berbagi. Anda juga bisa menggunakan pendekatan yang sama untuk karyawan Anda.

Pilih topik dan lakukan sorotan karyawan. Coba tanyakan kepada karyawan Anda, apa bagian favorit mereka dalam bekerja untuk bisnis Anda. coba kompilasikan dalam kip 15 sampai 30 detik. Followers Anda mungkin saja sangat menikmati konten Anda. Anda bisa membuatnya menjadi beberapa seri atau video ber-part. 

Buatlah Daftar

Reels tidak selalu harus tentang brand atau produk Anda. saat Anda kehabisan ide, berilah ke minat atau lokasi Anda sebagai inspirasi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya lakukanlah pengumpulan podcast favorit Anda, acara Netflix, atau beberapa lokasi foto yang bisa dinikmati. 

Anda dapat membuat daftar Reels dalam waktu singkat dengan menyatukan gambar makanan, atau episode podcast, menggunakan teks atau membicarakannya dengan suara.  

Bagi Kebiasaan sehari-hari Anda

Jika Anda seorang influencer atau content creator, bawa followers Anda bersama Anda. buatlah Reels “day in the life”. Ide ini hampir sama dengan konten di balik layar, namun alih-alih memfokuskan pada prose di balik layar Anda, konten ini akan membawa followers Anda melalui aktivitas atau ritual keseharian Anda.   

Aktif Menjawab FAQ

faq

Jika Anda masih kekurangan ide Reels Instagram, coba lihat komentar, DM, dan FAQ Instagram Anda untuk mendapat inspirasi. Jika Anda melihat pertanyaan umum, catat dan simpan di darf Anda untuk ide Reels Instagram selanjutnya. 

Anda juga dapat mendorong Followers Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada Anda dengan menggunakan stiker pertanyaan di Instagram Stories. Hal positif lainnya dari menjawab FAQ di Reels Instagram adalah Anda sudah tahu ada sekelompok audiens Anda yang ingin mengetahui Informasi tertentu. 

Buat Video dan Podcast yang Menarik

Jika Anda memiliki podcast, saluran Youtube, seri IGTV, atau seri video atau audio lainnya, coba gunakan Reels Instagram untuk menarik audiens kepada konten Anda. coba berikan klip yang menarik sebagai reels menggunakan keterangan untuk memberitahu followers Anda kapan dan di mana mereka dapat melihat video lengakpnya. 

Nah, itu lah beberapa ide konten Instagram Reels yang bisa Anda coba untuk posting harian. Anda bisa memvariasi postingan agar Instagram Anda terlihat menarik. jadi jangan khawatir kehabisan ide. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk berpikir kreatif dan mencari peluang di Instagram. Selamat mencoba. 

Continue Reading