Program pelatihan digital marketing untuk guru-guru di SMK Muhammadiyah 2 Semarang yang merupakan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) dibawah naungan Dirjen Vokasi.  Pembicara atau Narasumber workshop digital marketing adalah CEO CV Ardata Media, perusahaan yang menjadi IDUKA / DUDI pada beberapa SMK di Semarang, Jepara, Pati, Tegal, dan wilayah Jawa Tengah lainnya.

CV Ardata Media adalah perusahaan yang banyak diundang.untuk bekerjasama dengan Sekolah dan Instansi Pendidikan untuk melakukan pelatihan, workshop, uji kompetensi.

Setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu saja ingin memiliki kualitas sekolah yang baik mulai dari sistem pembelajaran hingga anggota sekolahnya. Mengikuti perkembangan zaman sekarang ini, sistem pembelajaran yang ada mulai berkembang melalui media digital seperti media promosi dan marketing. Salah satu sekolah yang menyadari akan pentingnya digital marketing dalam sekolah yaitu SMK 2 Muhammadiyah Semarang (SMK MUDA).

Dalam penerapannya tentu saja tidak mudah untuk dilakukan. Untuk mengimplementasikan nya pun, tentu saja perlu pengetahuan mendasar terlebih dahulu terkait digital yang dapat dimulai dari beberapa anggota sekolah.

Dengan adanya perkembangan digital ini, Guru SMK Muhammadiyah 2 Semarang bekerja sama dengan Ardata Media dalam melakukan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Pelaksanaan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing oleh Ardata dan SMK Muhammadiyah 2 ini, bertujuan agar kedepannya banyak sekolah yang dapat mengimplementasikan dan memanfaatkan platform digital untuk sekolahnya.

Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing

Pada Workshop kali ini Ardata Media membagikan pengalaman kepada Guru SMK Muhammadiyah 2 Semarang, dengan mempelajari Potensi Bisnis Digital di Indonesia. salah satu platform gratis yang dapat dimanfaatkan dalam mempelajari Potensi Bisnis Digital di Indonesia yaitu Google Trends.

Google Trends ini dapat membantu sekolah untuk mengetahui seberapa banyak nama sekolah tersebut dicari dan kapan waktu pencarian yang paling tinggi. Dengan mengetahui hal tersebut, pihak sekolah tentunya dapat melakukan promosi marketing yang tepat yaitu pada waktu sebelum waktu pencarian paling tinggi.

Setelah mengetahui waktu promosi yang tepat, Ardata Media kembali membagikan pengalaman terkait Penerapan Promosi Melalui Konten Yang Menarik. Pada kesempatan kali ini Guru SMK Muhammadiyah 2 Semarang mempelajari cara membuat konten digital melalui platform gratis yaitu Canva.

Platform gratis ini sangat mudah untuk dipraktekkan karena memiliki tools yang mudah dipahami oleh segala usia. Selain itu platform ini juga menyediakan banyak template yang dapat digunakan secara gratis oleh pihak sekolah terkait.

Dengan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing ini diharapkan nantinya banyak sekolah yang  dapat menerapkan dan menyesuaikan sistem sekolah terkait masalah digital.

Continue Reading