January 19, 2023

Website Turun Drastis? Cek Berapa Lama Waktu Pemulihan Penalti Algoritma Google

Waktu Pemulihan Penalti Algoritma Google

Apakah Anda mengalami penurunan drastis terhadap peringkat website Anda di Google? Atau website Anda tidak muncul pada halaman pencarian Google? Kalau Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi website Anda kena penalti algoritma Google.

Nah untuk memulihkan website Anda dari penalti ini, Anda perlu tahu tentang penalti algoritma dari Google dan berapa lama waktu pemulihannya. Berikut ini ulasan mengenai penalti algoritma dari google dan waktu pemulihannya.

Apa Itu Penalti Algoritma Google

Apa Itu Penalti Algoritma Google?

Kebanyakan orang menganggap bahwa website yang terkena penalti dari Google itu hanya website yang berisi konten-konten negatif. Padahal website yang berisi konten positif pun bisa juga terkena penalty dari Google. Penalti ini dinamakan Penalti Algoritma Google.

Penalti algoritma Google sendiri merupakan hukuman yang diberikan Google terhadap website yang melanggar atau berusaha mengakali algoritma dari Google. Nah jika sudah ketahuan, Google akan memberikan penalti.

Jika website Anda dipenalti tanpa alasan yang jelas, Anda bisa mengecek hal-hal berikut ini yang mendorong Google memberikan Anda penalti.

  • Website terdapat virus, adware, atau spyware di dalamnya.
  • Ditemukan link tersembunyi.
  • Cloaking (website menampilkan halaman yang berbeda dari halaman yang seharusnya).
  • Keyword stuffing (memasukkan keyword berlebihan pada website).
  • Deceptive redirect (mengarahkan pengunjung ke web lain tanpa persetujuan).
  • Keyword yang digunakan tidak relevan.

Jika Anda sudah kena penalti algoritma dari Google, website Anda akan turun drastis bahkan tidak muncul di halaman pencarian Google. Saat itu terjadi, Anda perlu segera memulihkan segera website Anda dari penalti.

Tips Terhindar dari Penalti Google

Nah agar terhindar dari penalti ini, Ada hal yang mesti Anda lakukan, antara lain:

  • Patuhi aturan dari Google. Anda harus mengikuti setiap ketentuan dan peraturan dari Google supaya terhindar dari ancaman penalti.
  • Optimasi konten sesuai dengan algoritma Google terbaru. Pastikan saat Anda mengubah konten, konten tersebut sudah sesuai dengan update algoritma Google terbaru. Khususnya konten-konten yang sudah lama apalagi yang telah memiliki pengunjung banyak.
  • Buat Konten Berkualitas. Selain dapat membantu menghindari ancaman penalti, cara yang satu ini juga dapat membantu Anda dalam peningkatan traffic.
  • Jangan Spam. Komentar spam termasuk ke dalam teknik curang atau SEO Black Hat yang mampu meningkatkan engagement dan ranking website di mesin pencarian Google. Adapun komentar spam bisa berisi link yang menuju ke website lain.
  • Terus update algoritma Google ke yang terbaru. Jika Anda selalu update dengan algoritma Google terbaru, Anda akan dapat mengoptimalkan website dan terhindar dari penalti.

Cara Memperbaiki Penalti Google

Jika Anda sudah terlanjur terkena penalti dari google, Anda perlu segera memperbaiki website Anda dengan cara di bawah ini.

  1. Mengecek Update Algoritma Google

    Penyebab umum terkenanya penalti pada suatu website adalah adanya update algoritma dari Google. Update algoritma ini biasanya terjadi setahun sekali atau bahkan sebulan sekali. Maka dari itu Anda harus selalu update dengan segala perubahan algoritma Google yang terbaru.

  2. Mengecek Link

    Anda dapat mengecek link yang menuju situs Anda maupun link yang berasal dari situs Anda. Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti Disavow untuk mengecek dan menghapus link-link yang tidak kredibel.

  3. Memperbaiki Konten

    Jika website Anda dikenakan penalti akibat masalah konten, Anda dapat segera memperbaiki konten-konten yang ada. Anda bisa menggunakan tool bantuan yang bernama webmaster.

    Pastikan tidak ada konten yang duplikat, jika ada maka segeralah untuk menghapusnya. Namun apabila konten website Anda di duplikat oleh website lain, maka mintalah mereka untuk menghapusnya.

 

Baca Juga : Panduan SEO 2023, Bongkar Algoritma Terbaru & Cara Optimasinya

Waktu Penalti Algoritma Google

Waktu Pemulihan Penalti Algoritma Google

Untuk memulihkan website, Anda perlu memperbaiki konten, mengecek link-link, serta mengupdate ke algoritma Google yang terbaru. Jika sudah, Anda perlu menunggu Google untuk memulihkan kembali situs website Anda.

Lantas butuh berapa lama bagi Google untuk memulihkan situs website yang sebelumnya telah terkena penalti?

Google memberitahu berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi website yang terkena penalti agar dapat kembali pulih.

Baru-baru ini di dalam Google SEO Office-hours, Google memberikan jawaban atas pertanyaan berapa lama waktu untuk memulihkan website yang terkena penalti terutama pada masalah konten.

Google memberikan jawaban bahwa menghapus komentar spam serta mengecek link merupakan cara yang bagus untuk memulihkan website dari penalti. Google membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menentukan situs website Anda tidak lagi mengandung spam.

Berdasarkan hal itu, penting untuk segera memperbaiki website Anda yang telah terkena penalti. Setelah selesai memperbaiki, mungkin akan memerlukan waktu yang lama hingga berbulan-bulan bagi Google untuk memulihkan kembali website Anda ke mesin pencarian Google.

Proses pemulihan yang dilakukan Google tersebut memang cukup sulit, mengingat pengevaluasian tidak hanya dilakukan pada konten di dalam website melainkan relevansi dan kualitas keseluruhan website.

Dibutuhkan banyak waktu bagi Google untuk melakukan semua hal itu. Google perlu mengenali terlebih dahulu perubahan pada website Anda saat diperbaiki. Mungkin beberapa bulan, setengah tahun, atau mungkin hingga lebih dari setengah tahun.

Karena pada dasarnya Google memperhatikan bagaimana sebuah website cocok dengan konten di dalamnya dan itu memerlukan cukup banyak waktu.

Penalti algoritma dari Google ini menjadi hukuman bagi siapa saja yang melanggar atau pun mengakali algoritma dari Google. Google memastikan adanya persaingan yang sehat dalam menentukan ranking website di mesin pencarian.

Itu dia waktu pemulihan penalti algoritma dari google. Perlu diingat bahwa Anda harus selalu update algoritma Google dan hindari melanggar aturan-aturan yang telah ditentukan oleh Google.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram