Voice Search SEO

Dulu ketika seseorang menginginkan sebuah informasi, dia akan mengetikkannya secara manual pada mesin pencari atau search engine untuk melakukan penelusuran, berbeda dengan sekarang orang sudah tidak mengetikannya secara manual, mereka akan menggunakan voice search untuk melakukan penelusuran dan pencarian informasi di perangkat mobile, sebelum menggunakan voice search kita perlu mengenal voice search seo terlebih dahulu.

Apa itu Voice Search SEO?

Untuk mengenal voice search seo ada sekitar 11 point penting dalam mengenal voice search seo yang dapat kita pelajari dan terapkan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan sebuah voice search seo dengan begitu voice search akan mendapat peringkat tinggi dalam voice search, bukan sembarang poin yang diperlukan untuk mengenal voice search seo. Hasil ini berasal dari penelitian dengan menganalisis hampir 10.000 dari hasil pencarian di Google Home.

11 Tips Optimasi Voice Search SEO di Website

Berikut ini 11 tips untuk meningkatkan kinerja voice search SEO di Website:

SEO Articles | TechsInfo

  1. Kecepatan Loading Website. Website dengan kecepatan loading yang baik mempunyai keunggulan lebih dalam hasil pencarian di google voice. Rata-rata halaman dari hasil search voice mampu dimuat dalam kecepatan 4,6 detik atau bisa dikatakan 52% lebih cepat dari rata-rata biasa. Algoritma search voice google dapat menggunakan PageSpeed sebagai kunci untuk memberi peringkat pada situs website. untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam peringkat voice search, pastikan terlebih dahulu situs website dapat memuat halaman dengan cepat.

  2. Voice search Google didominasi oleh website HTTPS. Bahkan 70,4% dari sebuah halaman Google Home sudah dipastikan menggunakan HTTPS. Penggunaan HTTPS dinyatakan lebih signifikan daripada website lain di halaman pertama pencarian google. Jadi dengan menerapkan HTTPS dapat meningkatkan peluang sebuah situs untuk muncul sebagai hasil dari search voice.

  3. Hasil dari search voice google kebanyakan sangat pendek atau ringkas. Bahkan dari hasil search voice rata-rata jawaban yang digunakan kurang dari 29 kata. Jadi untuk mengoptimalkan voice search SEO, usahakan untuk membuat ringkas jawaban yang tidak lebih dari 29 kata.

  4. Schema dapat membantu kita untuk meningkatkan SEO secara menyeluruh, tapi bukan juga cara yang terbaik. Schema bukanlah kunci didalam voice search. Hanya ada 36,4% dari hasil voice search dari sebuah halaman yang menggunakan schema, yang artinya tidak jauh berbeda dengan rata-rata diseluruh dunia yang sebesar 31,3%.

  5. Domain otoritatif cenderung mampu menghasilkan hasil dari voice search secara signifikan yang lebih dari domain non-otoritatif. Karena kenyataannya nilai Domain Ahrefs rata-rata 76,8% dari hasil search google home.

  6. Konten yang berkualitas dan mudah dibagikan akan meningkatkan peluang peringkat situs sebagai hasil dari voice search. Karen konten yang memiliki kualitas baik dengan tingkat keterlibatan sosial tinggi cenderung akan bekerja dengan baik didalam voice search.

  7. Konten yang simple atau sederhana namun mudah untuk dipahami dapat meningkatkan SEO voice search. Karena rata-rata hasil dari voice search google ditulis seseorang pada tingkat kelas 9. Itu artinya kita perlu untuk menerbitkan sebuah konten yang sederhana dan mudah untuk dipahami sebaik mungkin untuk mengingkatkan SEO search voice.

  8. Hanya ada 1,71% dari hasil voice search yang sudah menggunakan kata kunci dengan tepat dan sesuai dengan tag judulnya. Dari penelitian ini sudah membuktikan bahwa sangat minim hasil voice search yang memiliki kata kunci yang benar dan sesuai dengan tag judulnya. Jadi untuk membuat halaman individual setiap kueri voice search bukanlah strategi meningkatkan SEO yang efektif.

  9. Jika rata-rata jawaban search voice maksimal 29 kata, maka jumlah kata rata-rata dari satu halaman hasil voice search adalah 2.312 kata. Google akan mencari jawaban voice search dari konten yang memiliki banyak kata atau memiliki bentuk konten yang panjang. Lebih panjang isi sebuah konten maka akan semakin besar peluang yang dimiliki agar cocok dengan permintaan voice search. Dan juga halaman FAQ akan berkinerja dengan lebih baik dalam voice search.

  10. Kemungkinan besar konten dengan peringkat yang tinggi didalam pencarian dekstop akan muncul juga sebagai jawaban voice search. Sekitar 75% hasil voice search merupakan peringkat teratas untuk pencarian dekstop. Dan semakin tinggi sebuah peringkat halaman dengan keyword tertentu akan semakin besar pula kemungkinannya untuk dipilih google sebagai hasil dari voice search.

  11. Hasil penelitian menunjukan 40,7% dari jawaban voice search bersumber dari Featured Snippet. Featured Snippet dapat membantu meningkatkan peringkat sebuah situs dalam voice search. Untuk itu cobalah untuk memaksimalkan konten dengan menampilkannya dalam Featured Snippet.

Itulah 11 poin penting mengenal voice search SEO yang dapat dipelajari untuk mengoptimalkan voice search SEO. Semoga dapat membantu.

Continue Reading