May 20, 2023

Ukuran Landing Page : Berapa Ukuran & Dimensi Ideal Landing Page?

Ukuran Landing Page - Feature Image

Landing page merupakan halaman website yang dibuat untuk tujuan tertentu. Biasanya pemilik website membuat landing page untuk mempromosikan produk atau menawarkan beberapa produk dengan diskon. Tujuan dari landing page adalah meningkatkan conversion rate dari pengunjung yang mengakses landing page tersebut. Semakin banyak pengunjung yang datang ke landing page Anda, maka semakin besar peluang konversi dari pengunjung menjadi pembeli.

Membuat landing page menarik merupakan kewajiban bagi Anda yang ingin meningkatkan peluang penjualan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membuat landing page adalah ukuran landing page tersebut. Dengan memperhatikan ukuran dari landing page yang sesuai, maka pengunjung yang datang ke landing page Anda akan merasa nyaman dan dapat meningkatkan peluang konversi. Dibawah ini akan kami bahas mengenai ukuran ideal untuk landing page.

 

Ukuran Landing Page : Seberapa Penting ?

Landing page yang panjang berpeluang menghasilkan konversi lebih baik daripada landing page yang pendek menurut hasil studi. Namun, kenapa bisa begitu ? Menambahkan lebih banyak isi konten pada halaman landing page dapat membantu pengunjung lebih memahami terkait produk yang Anda jual. Dengan informasi tersebut, pengunjung dapat dengan yakin membeli produk yang Anda tawarkan melalui landing page.

Menambahkan informasi yang banyak kedalam landing page juga dapat menjadi hal yang memperburuk tingkat konversi pengunjung. Hal tersebut dikarenakan informasi yang terlalu banyak juga dapat memperumit landing page Anda. Ketika Anda menambahkan lebih banyak informasi, beberapa pengunjung mungkin akan mengalami kebingungan dan malah meninggalkan landing page Anda.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa setiap tambahan detik waktu yang diperlukan untuk memuat halaman akan menghasilkan penurunan konversi sebesar 4,42%. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan betul informasi yang ingin ditampilkan. Pastikan informasi tersebut jelas, mengurangi gambar atau media yang kurang perlu, dan tidak banyak mengulang informasi yang sama supaya waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman tidak terlalu lama.

Ukuran Landing Page : Berapa Ukuran Ideal Untuk Landing Page? - Conversion Rate

 

Berapa Ukuran Landing Page yang Ideal

Tidak ada ukuran landing page yang ideal secara pasti. Menentukan ukuran ideal untuk landing page sangat tergantung dari beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran landing page adalah sebagai berikut.

1. Industri
2. Audiens
3. Kata kunci
4. Jenis produk yang dipromosikan

Selain faktor diatas, masih banyak lagi faktor yang tidak terlihat. Oleh karena itu, tidak ada jawaban yang pasti untuk menentukan ukuran ideal untuk landing page. Anda bisa menentukan sendiri ukuran yang sesuai dan optimal untuk landing page. Anda juga bisa menganalisis landing page kompetitor, menggunakan alat bantu, hingga menggunakan tes tertentu untuk menguji performa landing page yang Anda buat.

 

Kapan Anda Harus Menggunakan Landing Page yang Panjang dan yang Pendek?

Landing page yang panjang maupun yang pendek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Oleh karena itu, Anda hanya perlu memilih atau menggunakan jenis landing page sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari Anda menggunakan landing page tersebut.

Kapan Menggunakan Landing Page yang Panjang ?

Anda bisa menggunakan landing yang panjang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut hal hal yang menjelaskan kapan sebaiknya Anda menggunakan landing page yang panjang.

1. Lead Nurturing
Lead nurturing adalah proses membangun hubungan dan mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan. Landing page yang panjang efektif digunakan untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan. Anda dapat menyajikan informasi yang komprehensif dan memberi penawaran yang berharga sehingga dapat meningkatkan peluang terjadinya konversi.

2. Membangun Kepercayaan
Landing page dapat digunakan untuk membangun kepercayaan dengan audiens. Anda dapat menyertakan testimoni, studi kasus, dan penjelasan detail tentang produk yang Anda tawarkan. Dengan informasi tersebut, Anda dapat meningkatkan kredibilitas brand dimata audiens Anda.

3. Menghasilkan calon pelanggan berkualitas sesuai target
Ketika tujuan Anda adalah menarik calon pelanggan yang berkualitas sesuai dengan target, landing page yang panjang merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menyajikan informasi detail, manfaat, dan fitur dari produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda dapat menarik minat dan pemahaman dari calon pelanggan yang berkualitas tinggi.

Kapan Menggunakan Landing Page yang Pendek?

Landing page yang pendek sangat cocok untuk meningkatkan tingkat konversi pada bisnis Anda. Landing page yang pendek dapat digunakan dalam beberapa situasi seperti berikut ini.

1. Pengumpulan data calon pelanggan
Ketika tujuan utama Anda dalam membuat landing page adalah mengumpulkan data calon pelanggan, maka landing page yang pendek dapat menjadi pilihan yang efektif. Dengan menjaga halaman tetap ringkas dan jelas, Anda dapat menarik pengunjung untuk mengisi form pengumpulan data.

2. Promosi
Landing page yang pendek sangat cocok untuk mempromosikan penawaran atau diskon untuk produk yang Anda jual. Dalam kasus ini, pengunjung sudah memiliki pengetahuan tentang produk Anda dan landing page hanya menampilkan manfaat atau penawaran dari produk Anda. Dengan begitu, waktu yang diperlukan akan lebih singkat dan peluang untuk konversi akan lebih tinggi.

 

Berapa Dimensi Ideal untuk Landing Page ?

50% Landing page tidak dioptimalkan untuk layar yang kecil, meskipun ada cara membuat landing page yang responsive untuk perangkat dengan layar kecil. Mengoptimalkan dimensi landing page sangat penting untuk meningkatkan efektifitas dan mengoptimalkan tingkat konversi dari website Anda. Untuk itu kami berikan informasi tentang dimensi layar yang sesuai dengan ukuran layar perangkat.

Dimensi Landing Page Desktop

Ukuran layar desktop dan laptop telah tersedia dalam berbagai ukuran dan resolusi layar, sehingga antara perangkat satu dengan perangkat lainnya dapat berbeda. Namun, sebagian besar resolusi yang digunakan oleh perangkat desktop adalah 1920 x 1080 piksel. Oleh karena itu, ketika hendak ingin membuat landing page, usahakan resolusi minimal yang digunakan adalah 1280 piksel. Jika dibuka dengan perangkat yang lebih kecil maka ukuran tersebut akan otomatis menyesuaikan dengan layar.

Dimensi Landing Page Tablet

Berdasarkan data dari Statcounter, 40,4% pengguna tablet menggunakan resolusi layar 1024 x 768 piksel. Maka dari itu, desain ukuran landing page yang Anda buat bisa disesuaikan dengan ukuran 1024 x 768 piksel untuk pengguna tablet.

Dimensi Landing Page Mobile

Lebih dari 50% pengguna di seluruh dunia menggunakan ponsel untuk mengakses internet. Jika Anda menargetkan pengunjung melalui iklan organik atau berbayar, kemungkinan besar mereka akan melihat produk atau layanan Anda melalui perangkat mobile. Oleh karena itu Anda juga perlu memperhatikan tampilan landing page Anda untuk perangkat mobile. Anda bisa menggunakan ukuran dimensi di atas 320 × 568 untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

Berapa Ukuran Gambar Landing Page?

Menambahkan gambar pada landing page dapat menarik pengunjung untuk mengeksplorasi halaman Anda. Untuk itu, pemilihan gambar menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hindari menggunakan gambar yang terlalu besar dan tidak dioptimalkan untuk tampilan web. Hal tersebut dapat memperlambat waktu muat website yang dapat mempengaruhi ke tingkat konversi.

Meskipun tidak ada ketentuan praktis untuk ukuran gambar yang ideal untuk halaman landing page, namun menurut studi Unbounce menemukan bahwa halaman dengan gambar berukuran 1MB+ dapat mengurangi konversi sebesar 1,6%. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mengoptimalkan gambar atau mengkompres gambar supaya lebih ringan untuk ditampilkan.

Ukuran Landing Page : Berapa Ukuran Ideal Untuk Landing Page? - Optimasi Gambar

Penutup

Tujuan dibuatnya sebuah landing page adalah untuk menghasilkan konversi baik secara prospek maupun penjualan. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ukuran ideal untuk landing page yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Memperhatikan dimensi landing page untuk setiap perangkat juga perlu dilakukan terutama untuk perangkat mobile, karena mayoritas pengunjung mengakses sebuah website melalui perangkat mobile mereka. Terakhir, Anda juga harus melakukan optimalisasi gambar yang ditampilkan dalam landing page untuk mengurangi lambatnya website ketika diakses. Dengan melakukan pengoptimalan tersebut, maka peluang untuk meningkatkan konversi pada bisnis Anda.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

November 19, 2023
UI UX Designer : Pengertian, Perbedaan, Gaji

UI UX Designer adalah seorang profesional yang sangat penting dalam dunia desain digital. Mereka bertanggung […]

Read More
November 7, 2023
Apa Itu Backlink PBN, Ciri Web PBN Yang Bagus

Backlink PBN (Private Blog Network) adalah praktik yang umum digunakan dalam dunia SEO. Backlink PBN […]

Read More
November 7, 2023
Apa itu Backlink Terindex? Cara Supaya Backlink Cepat di Index

Dalam dunia optimasi mesin pencari (SEO), backlink terindex memegang peranan penting dalam meningkatkan peringkat situs […]

Read More
1 2 3 26

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram