Berkreasi di Instagram story memang tiada habisnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram story memiliki banyak fitur pendukung seperti stiker, GIFT, dan fitur pendukung lain yang bisa membuat story Anda menjadi lebih menarik. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai tutorial membuat stiker Instagram dengan GIPHY. Dimana fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat stiker dengan wajah sendiri. Pasti semakin seru kan kalau kita punya stiker dengan wajah sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa membuat stiker bergerak atau GIFT sangat mudah dilakukan loh. Anda hanya perlu mengakses aplikasi yang dikhususkan untuk membuat stiker. Kemudian Anda bisa mengunggahnya di Instagram story agar Anda bisa menggunakan stiker tersebut setiap saat.

Manfaat Stiker Instagram untuk Bisnis

Membuat stiker sendiri di Instagram story tentu akan sangat berguna bagi para pemilik bisnis. Sebab, hal ini dapat Anda jadikan media untuk branding produk atau layanan yang Anda sediakan. Dengan memiliki stiker sendiri, tentu produk dan layanan Anda akan lebih menarik calon konsumen. 

Instagram story sendiri memiliki durasi tayang hanya 24 jam saja. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan promosi yang dilakukan, kita harus membuat story semenarik mungkin. Supaya audiens akan melakukan action ataupun tertarik dengan produk/layanan yang dipromosikan.

Nah, dengan adanya stiker yang kita desain sendiri, tentu akan memberikan kesan tersendiri kepada para audiens yang melihatnya. Sehingga, para audiens diharapkan akan selalu mengingat brand Anda dengan adanya stiker-stiker yang telah dibuat.

Untuk lebih lengkapnya, simak tutorial cara membuat stiker Instagram dengan GIPHY di bawah ini:

Membuat Stiker Instagram menggunakan GIPHY

Siapa nih yang belum tahu kalau Instagram sudah bekerja sama dengan Giphy dalam pembuatan stiker gift? Giphy sendiri merupakan situs atau aplikasi yang menyediakan gambar-gambar dalam format GIF atau gambar bergerak. 

Untuk dapat membuat stiker sendiri di Giphy, Anda perlu membuat GIF di giphy.com terlebih dahulu. 

  1. Masuk ke situs Giphy

Langkah pertama yaitu kunjungi situs Giphy, kemudian klik tulisan “create” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, unggah foto atau gambar yang ingin Anda jadikan GIF. Usahakan untuk mengunggah dua gambar dengan posisi yang berbeda ataupun latar yang berbeda. Hal ini bertujuan agar GIF yang akan Anda buat bisa bergerak.

  1. Buat GIF yang Diinginkan

Setelah mengunggah gambar yang ingin Anda jadikan stiker. Selanjutnya, klik “continue to decorate”. Pada halaman ini, Anda bisa mengedit GIF dengan menambahkan tulisan ataupun stiker menarik. Selain itu, Anda juga bisa memiliki ingin membuat gaya animasi yang seperti apa. Sesuai dengan yang disediakan oleh Giphy.

Setelah selesai membuat GIF yang diinginkan. Selanjutnya, Anda perlu mengunggahnya di Giphy, agar Anda dapat menggunakannya di Instagram story.

  1. Unggah GIF

Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya adalah klik “continue to upload”. Hal ini bertujuan agar GIF yang Anda buat dapat digunakan di Instagram story.

  1. Tambahkan Tags

Sebelum diupload, Anda bisa menambahkan tags ataupun keyword, agar GIF Anda bisa dengan mudah dicari di Instagram story nantinya.

  1. Tunggu Stiker Diverifikasi oleh Giphy

Setelah diunggah, Anda harus menunggu Giphy melakukan verifikasi atau penilaian terhadap GIF yang sudah Anda buat. Nah, untuk mengetahui apakah stiker Anda sudah dapat digunakan atau belum, Anda bisa mencarinya di fitur stiker GIF di Instagram story. 

Contoh stiker brand-brand ternama

1. GRAB

2. MCD

3. GOJEK

4. SHOPEE

5. STARBUCKS

Continue Reading