February 20, 2019

9 Tools SEO Terbaik Untuk Menganalisis Kompetitor dan Memenangkan Persaingan Halaman Pertama

Menganalisa kompetitor merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengembangkan strategi SEO. Pasalnya, dengan menganalisis kompetitor kita bisa mengetahui apa yang dilakukan kompetitor, bagaimana peringkat mereka diGoogle, dan berapa banyak traffic yang mereka dapatkan baik secara On-page maupun Off-page. Untuk memudahkan menganalisis kompetitor kita bisa menggunakan Tools SEO dengan beragam fitur menarik yang sudah tersedia, berikut ada 9 Tools SEO untuk menganalisis kompetitor dengan beragam fitur terbaik :

  1. Searchmetrics

 

Searchmetrics didirikan pada tahun 2005 oleh Marcus Tober. Awalnya Searchmetrics hanya berfokus pada analisis kompetitif, Namun seiring dengan berkembangnya dunia pemasaran konten, Searchmetrics menambahkan fitur tambahan untuk memantau performa konten-konten yang dipasarkan. Meskipun begitu, Searchmetrics tetap dapat digunakan untuk memantau peringkat dari suatu situs di hasil pencarian Google dan keyword apa saja yang paling banyak digunakan.

  1. SimilarWeb

 

SimilarWeb membantu kita untuk mendapatkan data popularitas dari suatu situs website. Dengan Similarweb kita bisa membandingkan suatu situs dengan situs kompetitornya, kita juga bisa mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dikunjungi dan kata kunci apa yang yang harus diprioritaskan. Tidak hanya itu saja SimilarWeb juga bisa menunjukan daftar kompetitor berdasarkan jenis situs pada mesin pencari yang memiliki kata kunci sama.

  1. iSpionage

 

iSpionage merupakan salah satu tools yang membantu memudahkan kita untuk melihat aktivitas kompetitor di beberapa search engine seperti Yahoo, Bing dan Google. Namun sayangnya tampilan daftar kompetitor pada iSpionage tidak begitu rapi. Meskipun begitu, iSpionage dapat menampilkan data SEO Traffic Value, Keyword Count, dan Overlap keywords lebih lengkap dari Searchmetrics.

  1. SEMrush

 

SEMrush dapat menyediakan data SEO dari berbagai negara, termasuk juga data dari basis data Google. SEMrush juga menyediakan fitur perbandingan data kunjungan untuk domain bermerek dan domain yang tidak bermerek, trend kunjungan, dan jumlah pencarian dari situs kompetitor. Selain itu, dengan SEMrush kita juga bisa merumuskan berbagai keyword bagus yang digunakan kompetitor.

  1. SERPstat

 

SERPstat merupakan salah satu Tools analisis SEO yang bisa dibilang masih baru diluncurkan. Meskipun? terbilang masih baru, SERPstat memiliki beragam fitur yang tidak kalah dari tools lainnya, bahkan SERPstat memiliki hasil data yang sebanding dengan SEMrush dan SpyFU. Dengan menggunakan SERPstat kita bisa melihat data situs halaman apa saja yang ramai dikunjungi.

  1. Ahrefs

 

Ahrefs merupakan salah satu tools SEO yang cukup terkenal dikalangan SEO Specialist. Karena Ahrefs dianggap sangat ampuh untuk melacak data tautan di pasar. Selain itu, Ahrefs juga digunakan untuk menganalisis performa SEO kompetitor berdasarkan keyword tertentu. Kita bisa melacak keyword yang digunakan para kompetitor dan membuat analisis tanpa melibatkan domain kita kedalam hasil analisis.

  1. SpyFu

 

Hampir sama dengan Searchmetrics, SpyFu juga dapat digunakan untuk menganalisis kinerja dari SEO kompetitor. SpyFu dapat memberikan kita daftar siapa saja kompetitor untuk domain situs yang sedang dianalisis dan membiarkan kita melihat semua data pada keyword kompetitor. Selain itu, SpyFu juga memberikan kita rekapan mengenai performa suatu domain pada hasil pencarian. Dibandingkan Searchmatrics, SpyFu dipercaya lebih akurat dalam memberikan analisis kompetitor.

  1. BrightEdge

 

BrightEdge menawarkan berbagai macam fitur menarik untuk memantau performa dari kompetitor SEO. Fitur-fitur dalam BrightEdge membantu kita untuk mengetahui kata kunci seperti apa yang membuat kompetitor berada di peringkat tinggi hasil pencarian. Selain itu, BrightEdge juga bisa digunakan untuk menganalisis strategi SEO dari kompetitor secara detail dengan fitur tambahan untuk mencari halaman utama yang membuat kompetitor SEO mendapat banyak kunjungan.

  1. SE Ranking

 

SE Ranking akan membantu kita mengamati peringkat dari kompetitor pada mesin pencari. Kita bisa mendapatkan data terperinci dari kompetitor utama, termasuk juga data average positions, website visibility dan perkiraan traffic kompetitor. Selain itu, SE Ranking juga bisa memberikan informasi singkat untuk top website dari setiap?querie?kita.

 

itulah beberapa?tools SEO terbaik untuk menganalisis kompetitor?pilihan. kita hanya perlu memilih tools yang tepat dengan strategi SEO kita. semooga dapat membantu.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe
Suka Dengan Artikel Kami? Silahkan bagikan artikel kami kepada teman Anda!

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website media yang besar. Dalam konteks […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, hasil pencarian muncul dengan cepat. […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk meningkatkan peringkat website Anda di […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Open chat
Ardata Media
Hai!
Apakah Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Kami!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram