Istilah podcast pasti sudah tidak asing di telinga kita. Apalagi, sekarang banyak content creator di YouTube yang mengisi channel nya dengan berbagai video podcast atau menjadi seorang podcaster. Lalu, podcast itu apa sih dan bagaimana tips menjadi podcaster profesional? Podcast merupakan rekaman audio yang dapat di dengarkan banyak orang dengan berbagai topik, seperti bisnis, perjalanan, dan yang lainnya.

Mendengarkan podcast memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri, di antaranya menambah informasi dan menambah pengalaman, dapat membantu mengembangkan diri, memberikan inspirasi, dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia – sia, serta membantu menjadi pendengar yang baik. Selain itu, otak kita juga akan bekerja layaknya mendapat informasi dari membaca buku.

baca juga https://ardata.co.id/bikin-podcast-audio-yang-seo-friendly-bisakah-ini-dia-caranya/

Walaupun terlihat mudah, nyatanya menjadi seorang podcaster memerlukan latihan agar para penonton podcast tersebut tidak menjadi bosan. Nah, agar podcastmu terdengar menarik dan tidak membosankan, ada beberapa tips menjadi podcaster profesional yang wajib kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini :

  1. Menghadirkan tamu yang menarik banyak audience

Tips yang pertama ini wajib kalian lakukan, karena dapat  menarik banyak audience untuk mendengar podcast kalian. Dengan tamu dan tema yang klop akan membuat podcastmu disukai banyak audience.

  • Menyiapkan pertanyaan untuk podcast

Setelah menentukan tamu yang akan kamu undang dan tema yang akan kamu bahas, kamu harus mempersiapkan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan tamu dan tema tersebut. Jangan sampai pertanyaan yang kamu buat sudah pernah di bahas di podcast lainnya yang memungkinkan kamu mendapat jawaban yang sama.

Seorang podcaster juga harus memposisikan diri sebagai pendengar dan memberi pertanyaan sesuai yang audience inginkan agar mendapat nilai plus dari pendengar.

  • Buat percakapan terdengar santai dan terus mengalir

Podcast akan terdengar menarik jika percakapannya santai dan tidak berbelit-belit. Jadi, jika memungkinkan selingi bahasan podcastmu dengan sedikit candaan – candaan agar tidak terlalu formal dan kaku. Audience lebih suka bahasa yang santai namun jelas, jangan takut juga untuk menarik kembali percakapan jika tamu sudah out of topic.

  • Memberi iringan musik yang menarik

Kamu bisa menambahkan iringan musik yang santai dan menarik agar pendengar tidak merasa bosan dan lebih mudah terbawa suasana. Iringan musik yang kamu gunakan nantinya bisa kamu pakai untuk podcast selanjutnya agar lebih mudah di ingat oleh pendengar. Kamu juga bisa menampilkan potongan isi podcast sebagai pembuka.

  • Jangan menyela jawaban tamu

Hal ini wajib di perhatikan karena menyela tamu saat berbicara terdengar tidak sopan dan akan membuat tamu serta audience merasa jengkel. Ketika tamu mengatakan sesuatu yang lucu kamu cukup tertawa tanpa harus memotong pembicaraannya. Disini kamu akan lebih terlihat menghargai orang lain karena bersedia mendengarkan jawabannya sampai tuntas.

  • Menjadi pendengar yang baik

Ini menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah podcast. Kamu tidak perlu terlalu fokus dengan pertanyaan selanjutnya yang akan kamu sampaikan. Cukup mendengarkan jawaban mereka agar kamu paham dan tidak mengulangi pertanyaan yang mungkin sudah dijawab di pertanyaan tersebut.

  • Membuat serial podcast

Kamu bisa membagi satu topik podcastmu menjadi beberapa serial atau part agar pendengar penasaran dan menunggu kelanjutannya. Dengan begitu, informasi yang kamu sampaikan menjadi lebih lengkap dan pendengar puas dengan isi podcast yang kamu buat.

  • Menggunakan peralatan yang layak

Untuk mendukung jalannya podcastmu, salah satu peralatan yang harus kamu siapkan adalah mikrofon. Jika di dukung mikrofon yang layak, kualitas suara akan menjadi lebih maksimal sehingga pendengar senang dan nyaman menyimak pembahasan sampai akhir.

  • Membuat cover image podcast yang menarik

Tips ini juga menjadi penentu banyaknya pendengar yang akan mampir ke podcastmu. Dengan membuat cover yang menarik pastinya akan lebih mudah menggaet perhatian orang yang sedang melihat – lihat podcast di browser. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain gratis yang tersedia di internet.

  • Mendengarkan ulang

Tips ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan selama podcast berlangsung. Kamu bisa sambil langsung mengedit podcastmu agar terdengar lebih baik. Seperti menghilangkan interview yang keluar dari tema pembahasan.

  • Banyak belajar dari interviewer yang sudah professional

Kamu bisa mendengarkan podcast dari interviewer yang sudah lama terjun ke dunia podcast. Hal ini bertujuan untuk mengamati cara dia mengisi podcastnya. Tapi, ingat, jangan menirunya. Kamu cukup menerapkan apa yang bisa kamu ambil dari orang tersebut untuk podcastmu sendiri agar memiliki daya tarik tersendiri.

  • Jangan takut memulai

Tips ini sangat berpengaruh untuk perkembangan podcastmu. Perlu di ingat, podcaster profesional di awali dari podcaster amatir. Jadi, jangan takut untuk memulai, ya.

 

Itulah beberapa tips menjadi podcaster profesional yang bisa kamu terapkan untuk membuat podcast yang menarik dan berkualitas. Dan perlu di ingat, kunci keberhasilan suatu podcast terdapat pada host yang mampu membawakan acaranya dengan baik dan menarik pendengar.

 

Continue Reading