cara mencari influencer

Influencer adalah orang-orang yang memiliki banyak pengikut atau penonton di media sosial salah satunya Instagram dan mereka memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap para pengikutnya. Apa yang mereka pakai, apa yang mereka sampaikan, dan apa yang mereka lakukan dapat menginspirasi dan mempengaruhi para pengikutnya, termasuk untuk mencoba suatu brand produk.

Influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif bagi suatu bisnis usaha karena konsumen saat ini tidak begitu tertarik dengan iklan biasa. Jika kita perhatikan mereka sehari-hari akan berada di media sosial dan mereka suka melihat konten yang menarik dari para influencer yang diikuti. Popularitas infuencer semakin bertambah setiap harinya dan semakin banyak juga bisnis usaha yang ingin menggunakan jasa influencer, tapi bagaimana cara untuk mencari influencer instagram yang tepat untuk meningkatkan branding bisnis?

Influencer instagram akan sangat membantu untuk meningkatkan branding bisnis. Tidak seperti iklan biasa, influencer instagram dapat berinteraksi langsung dengan audiencenya, influencer dapat berbicara dengan audience agar mereka percaya dan jenis keterlibatan inilah yang akan mengubah audience menjadi konsumen. Masalahnya menemukan influencer instagram untuk meningkatkan branding usaha, tidak semudah yang dibayangkan, kita tidak bisa hanya dengan melihat jumlah pengikut dan jumlah like nya. Ada beberapa tips mencari influencer instagram untuk meningkatkan branding bisnis;

  1. Tentukan hasil yang diinginkan

Mencari influencer instagram tanpa menentukan hasil yang diinginkan terlebih dahulu akan menghambat proses pemasaran. Jadi sebelum menentukan influencer instagram mana yang akan kita pilih, kita harus pikirkan terlebih dahulu apa hasil yang diinginkan dari influencer tersebut. Jika kita sudah mementukan hasil yang kita inginkan, kita hanya perlu menyesuaikannya dengan anggaran dan waktu.

  1. Perhatikan Engagement

ketika mencari influencer instagram, sebaiknya jangan hanya melihat pada jumlah pengikutnya saja. Karena bisa saja, influencer memiliki lebih dari 100 ribu pengikut namun hanya mendapatkan kurang dari 100 like dan 3 komentar. Hal ini menjadi bukti jika pengikut influencer tersebut tidaklah original. Karena itulah engagement dari influencer perlu diperhatikan. Kita perlu tahu bagaimana interaksi dan respon pengikut atau audience di setiap post influencer.

  1. Cocok dengan brand

Penting untuk memilih dengan tepat influencer instagram mana yang bergerak dibidang industri yang sama dengan kita. Kita perlu mengetahui fokus konten dari influencer yang kita cari relevan atau tidak dengan brand dari bisnis kita. Contohnya, post dari influencer bidang musik mengenai olahraga mungkin tidak akan mendapat perhatian yang besar dari audiencenya. Maka dari itu kita perlu tahu konten apa yang akhir-akhir ini dipost influencer tersebut untuk melihat apakah brand milik kita tepat dengan apa yang diinginkan audience influencer tersebut atau tidak.

  1. Pantau instagram influencer

Jangan bosan untuk terus memantau instagram para influencer instagram. Biasanya dengan kita terus memantau intagram influencer tersebut kita bisa menemukan teman-teman dari influencer tersebut yang juga influencer dan yang pasti isi kontennya jauh lebih beragam.

  1. Sponsored Post dari influencer

kita perlu tahu juga brand apa saja yang sudah pernah bekerja sama dengan influencer tersebut. Selain itu penting untuk memastikan bahwa tidak ada brand yang sama dengan brand milik kita yang bekerja sama dengannya. Dan lihat sponsored post didalam feed nya karena semakin banyak sponsored post didalam feed pribadi ?justru akan mengganggu kredibalitas influenser itu sendiri karena dianggap terlalu spamming. Dengan begitu mungkin kita perlu mencoba menggunakan micro influencer untuk lebih menarik minat.

  1. Menjelajahi hashtag

Tagar atau hastag bisa dibilang kata kunci untuk SEO dalam instagram. Kita bisa menemukan ?tagar atau hastag yang paling banyak digunakan di instagram dengan mudah. Hal ini dianggap relevan untuk mencari influencer yang sesuai dengan brand dari bisnis kita. Kita bisa melakukan pencarian dengan hastag atau tagar yang berkaitan dengan brand kita, dengan begitu akan menemukan infuencer yang paling tepat untuk brand kita.

  1. Micro dan macro influencer

jika ingin meilibatkan influencer dengan anggaran yang lebih sedikit maka micro influencer menjadi pilihan yang tepat, sebuah penelitian menemukan jika mikro influencer dengan 1.000-10.000 pengikut dapat menarik lebih dari empat kali keterlibatan pada postingannya. Tapi jika ingin mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan ?tujuan dari bisnis adalah memperkuat loyalitas maka makro influencer pilihan yang tepat untuk bisnis.

Itulah tips mencari influencer instagram yang tepat untuk meningkatkan branding bisnis. Semoga dapat membantu.