Google SERP Snippet atau Featured Snippet adalah tampilan ringkasan dari jawaban yang ada pada kolom cuplikan bagian atas halaman hasil dari penelusuran Google atau SERP. Kolom cuplikan tersebut berisi tentang jawaban yang diringkas dari web page, judul halaman, tautan ke halaman atau URL.

Ketika ingin segera tampil di halaman depan Google, maka peluang SERP akan lebih menonjol dan berguna sekaligus paling relevan. Potongan ringkasan tersebut akan mengarahkan perhatian pembaca ke situs anda sehingga bisa dijadikan alat paling berharga untuk pemasaran. Lalu, bagaimana cara agar konten yang anda miliki lebih berpeluang untuk menempatkan peringkat pada featured snippet tersebut?. Untuk mengetahui jawabannya, berikut kami punya beberapa tips memunculkan artikel pada Google Snippet yang bisa anda ikuti.

 

  1. Buat Konten Khusus Untuk Menjawab Peranyaan

Tips memunculkan artikel pada Google Snippet pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat konten khusus untuk menjawab pertanyaan. Cuplikan yang ditampilkan pada kolom harus bersifat informatif dan jika konten anda tidak bisa menjawab pertanyan, maka tidak akan masuk dalam featured snippet.

Alogaritma Google nantinya akan mencari dari begitu banyak konten untuk menemukan konten yang memiliki jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan. Pada saat ditemukan, maka cuplikan tersebutlah yang akan ditampilan pada kolom feature snippet dan akhirnya bisa memudahkan banyak orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Mengingat hal tersebut, maka anda harus mengerti segala pertanyaan yang diajukan audiens kemudian menyesuaikan jawaban untuk pertanyaan tersebut dengan tepat.

 

  1. Ketahui Dengan Pasti Pertanyaan yang Diajukan Pembaca

Dari sebuah artikel tahun 2015 oleh Eric Enge di Stone Temple Consulting, 19% pencarian menggunakan hasil pertanyaan pada feature snippet pada SERP pertama. Umumnya, beberapa pertanyaan tersebut termasuk dalam kategori berikut ini:

  • Bagaimana bisa?.
  • Bagaimana melakukannya?.
  • Apakah?.

19% pencarian akan memakai hasil pertanyaan dalam snippet berfitur pada SERP pertama. Dengan mempertimbangkan beberapa kategori utama, maka anda harus memikirkan bagaimana ini diberlakukan untuk pengguna dan yang lebih penting adalah cara menyesuaikan konten anda supaya pas dengan format pertanyaan tersebut.

Sebagai contoh, dibandingkan anda menargetkan kata kunci umum seperti pemasaran, maka sebaiknya perluas kata kunci tersebut menjadi “Bagaimana cara melakukan riset pemasaran”. Karena yang pertama sudah cukup luas, maka yang kedua anda bisa meniru pertanyaan yang mungkin akan diketik salah satu pembaca ke dalam Google. Dengan begini, maka konten yang mengikuti bisa meningkatkan kemungkinan mendapat tempat di kolom feature snippet.

Satu cara termudah untuk menemukan jenis pencarian ini adalah dengan kotak pencarian Google dan ketik pertanyaan yang akan ditulis oleh target pembaca anda dan nantinya anda akan melihat beberapa ide. Salah satu dari ide tersebut bisa dijadikan topik bagus untuk konten anda sehingga peluang masuk ke kolom feature snippet semakin besar.

 

  1. Buat Konten Berkualitas Sangat Baik

Hal yang harus anda mengerti tentang feature snippet adalah ini tidak memotong sistem peringkat Google yang kompleks. Ini merupakan salah satu di antara topik hasil organik untuk kueri sehingga sangat penting untuk memperhatikan semua syarat peringkat standar ketika anda membuat konten terbaik.

Ini mengartikan anda harus memeriksa beberapa poin di dalam konten, seperti:

  • Berkualitas bagus.
  • Lebih meluas.
  • Bersifat menghibur yang melibatkakan pembaca.
  • Lebih fokus pada para pembaca.

Meski begitu, anda tidak boleh terlalu obsesi dengan peringkat konten karena Google akan bergantung pada beberapa faktor peringkat kompleks dan juga konten sehingga anda tetap harus memastikan konten yang anda miliki berkualitas sangat baik dan relevan pada para pembaca.

Nantinya, ini akan meningkatkan peluang anda untuk masuk dalam kolom featured snippet dan memperluas kesempatan membaca para pengguna.

 

  1. Usahakan Untuk Memberikan Jawaban Terbaik

Anda tidak akan bisa masuk ke dalam Google Snippet kecuali anda memberikan tanggapan pada pertanyaan yang diberikan. Hal ini sangat penting sebab pembaca ingin jawaban yang lebih terperinci termasuk juga menyertakan kata kunci dan frasa yang relevan.

Waktu, kesabaran dan sumber daya sangat dibutuhkan dan waktu yang diperlukan sekitar 3 minggu untuk melakukan brainstorming agar bisa membuatnya menjadi snippet. Meski begitu, ini adalah cara yang paling baik yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali untuk pemasangan iklan.

 

  1. Gunakan Halaman Tanya Jawab

Halaman Q dan A atau Question and Answer juga menjadi tips memunculkan artikel pada Google Snippet, memberikan nilai pada para pengguna, mengkonsolidasikan pertanyaan serta sekaligus meningkatkan peluang anda untuk masuk dalam feature snippet.

Oleh karena pada bagian itu sudah membahas tentang pertanyaan pengguna dalam kata yang hampir sama yang juga akan dipakai pencari, maka pembaca akhirnya bisa membuat anda. untuk masuk ke halaman depan.

Agar hasilnya lebih baik, maka pastikan halaman tanya jawab anda menampilkan hampir seluruh pertanyaan yang relevan dan masing masing diformat secara baik dengan jawaban yang lengkap.

 

  1. Pastikan Laman Situs Mempunyai Judul yang Ditentukan di tag<title>

Tips memunculkan artikel pada Google Snippet selanjutnya adalah memastikan setiap laman yang ada di dalam situs anda mempunyai judul yang sudah ditentukan di tag <title>.

Jika memang situs anda besar dan takut lupa memberikan judul pada sebuah bagian, maka laman saran HTML di Search Console akan mencatat tag<title> yang tidak ada atau bisa menyebabkan masalah pada situs.