September 28, 2019

Featured Snippet : Cara Membuat Artikel Muncul di Snippet / Cuplikan Pilihan

Featured Snippet Ardata

Saat ini pengetahuan dan informasi sangat mudah untuk didapatkan di mana saja, termasuk di Internet. Google menjadi salah satu mesin pencarian yang paling banyak digemari dan digunakan oleh pengguna internet untuk menejlasajadi informasi dan pengetahuan.

Namun, selain menghadirkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang dicari, Google juga memiliki fitur unik bernama Featured Snippet atau Cuplikan Pilihan. Fitur ini memungkinkan artikel atau konten yang dianggap paling relevan dengan pencarian pengguna untuk muncul di bagian atas halaman hasil pencarian dengan tampilan yang lebih menonjol.

Munculnya artikel di dalam Featured Snippet bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi penulis dan pemilik website. Pasalnya, artikel yang muncul di dalam Featured Snippet lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke suatu website. Maka dari itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat artikel muncul di dalam Featured Snippet atau Cuplikan Pilihan. Dengan memperhatikan beberapa hal yang akan dibahas, Anda bisa memaksimalkan peluang artikel Anda muncul di dalam fitur unik Google tersebut.

Mengenal Apa Itu Snippet Google

Featured Snippet Definisi Box

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Featured Snippet Google juga dikenal sebagai Cuplikan Pilihan yang mana ketika Anda mencari suatu hal di google, maka Google akan langsung memberikan jawaban dengan menampilkan cuplikan singkat teks di bagian atas hasil pencarian seperti berikut ini.

Cuplikan yang ditampilkan secara otomatis ini diambil dari halaman web yang sudah terdaftar di indeks Google. Dengan Snippet Google, maka pengguna akan mendapatkan jawaban dengan cepat tanpa harus membuka halaman web atau mencarinya.

Namun, meskipun Snippet Google atau Cuplikan Pilihan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan jawaban langsung, hal ini bisa menjadi tantangan bagi pemilik website dan penulis artikel. Pasalnya, pengguna tidak perlu membuka halaman web untuk mendapatkan informasi, sehingga jumlah kunjungan ke website bisa menurun. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website dan penulis artikel untuk memperhatikan strategi dan teknik tertentu untuk memaksimalkan peluang konten untuk muncul di dalam Cuplikan Pilihan.

 

Apa Saja Keunggulan Menjadi Cuplikan Pilihan Google?

Cuplikan Pilihan Google atau Featured Snippet merupakan posisi yang sangat diinginkan oleh para pemilik website dan penulis artikel di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan adanya beberapa keunggulan yang dapat diambil manfaatnya jika artikel atau website berhasil masuk ke dalam posisi tersebut. Berikut adalah beberapa keunggulan menjadi Cuplikan Pilihan Google yang dapat menjadi peluang besar bagi perkembangan website dan artikel Anda.

 

1. Mendapatkan Peringkat di Posisi #0

Posisi 0 Featured Snippet

Dalam dunia SEO, biasanya kita mengenal dengan istilah peringkat #1 dalam pencarian Google. Namun tahukah Anda jika Google juga memiliki peringkat #0 dalam pencariannya. Peringkat #0 dalam Google ini juga disebut sebagai Cuplikan Pilihan karena muncul di atas posisi #1 pada hasil pencarian organik. Dengan menjadi peringkat #0 atau Snippet Google, website Anda akan akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak tombol klik tanpa harus mengoptimasi untuk menjadi nomor #1.

Featured Snippet Traffic

Selain itu, para pakar SEO menyebut jika posisi #0 ini biasanya menjadi posisi tertinggi di halaman hasil pencarian Google. Menurut Search Engine Land, Featured Snippet mendapatkan sekitar 8% dari semua klik.

 

2. Meningkatkan Jumlah Pencarian “Tanpa Klik ke Kompetitor”

Selain meningkatkan jumlah trafik secara original, Featured Snippet juga meningkatkan jumlah pencarian tanpa klik. Ketika seseorang menemukan jawaban atas pertanyaannya di Featured Snippet, tentunya mereka mungkin tidak akan mengklik hasil pencarian kompetitor lainnya. Meskipun demikian, menurut studi Ahrefs, kamu akan mendapatkan lebih sedikit klik jika hasil pencarianmu memiliki Featured Snippet.

Untuk jenis atau tipe Featured Snippet ini dapat mempengaruhi apakah pengunjung ingin menge-klik website tersebut atau tidak. Misal saja seperti tipe atau jenis list seperti dibawah ini, maka memungkinkan pengunjung untuk mengklik ke website Anda

Featured Snippet List

Namun, jika Featured Snippet ini memiliki jenis seperti dibawah ini, maka biasanya pengunjung tidak akan mene-klik website Anda karena sudah langsung mendapatkan jawabannya.

Featured Snippet Definisi Box

Nah, untuk mengetahui jenis atau tipe tipe lainnya, simak penjelasan berikutnya ya!

 

Jenis-Jenis Snippet Google

Seperti yang disampaikan di awal jika Snippet Google ini memiliki jenis atau tipe yang berbeda.

Definisi Box

Featured Snippet Kotak Definisi

Jenis Snippet Google pertama adalah Definisi Box. Jenis Ini adalah cuplikan teks yang dirancang untuk memberikan definisi atau deskripsi langsung dan ringkas kepada pengunjung yang sedang mencari. Google biasanya menggunakan kotak definisi untuk menjawab pertanyaan "apa". Contohnya, saat Anda menelusuri "Apa itu Perbedaan SEO dan SEM", ada kotak definisi di bagian atas hasil yang memberikan definisi atau penjelasan singkat mengenai pertanyaan Anda. Kotak definisi biasanya memuat definisi yang singkat dan padat, antara 40-60 kata.

Tabel

Featured Snippet Tabel

Jenis Snippet Google kedua adalah Tabel. Google akan menarik data dari halaman website dan menampilkannya sebagai tabel. Hal ini sangat berguna untuk informasi yang membutuhkan data dalam bentuk tabel seperti informasi harga produk atau perbandingan produk. Contoh penggunaan tabel dalam Featured Snippet bisa ditemukan saat mencari “harga tiket pesawat semarang jakarta".

List Berurutan

Featured Snippet List Urutan

Jenis Snippet Google ketiga adalah Daftar Berurutan. Ini adalah daftar item yang disajikan dalam urutan tertentu. Google cenderung menggunakan Daftar Berurutan untuk kueri yang membutuhkan serangkaian langkah. Contohnya, saat mencari "cara menyalakan pc", Google akan menampilkan Daftar Berurutan yang berisi langkah-langkah prosesnya.

Daftar Tanpa List

Featured Snippet Daftar List

Jenis Snippet Google terakhir adalah Daftar Tanpa List. Jenis diambil oleh Google dengan menyajikan daftar item yang tidak perlu dalam urutan tertentu. Contohnya, saat mencari "apa saja software edit foto", Google akan menampilkan daftar tanpa urutan berisi beberapa aplikasi edit foto yang dapat digunakan.

Dalam praktiknya, Google menggunakan Featured Snippet untuk memberikan informasi yang relevan dan langsung kepada pengguna sehingga memudahkan mereka dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Sebagai pemilik situs web atau pencari optimasi mesin pencari (SEO), memahami jenis-jenis Featured Snippet dan cara membuat konten yang relevan untuk muncul sebagai Featured Snippet dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan klik-tayang organik.

 

Cara Optimasi Snippet Google

 

Mencari Website yang Sudah Memiliki Featured Snippet

Untuk mengoptimalkan halaman website Anda agar muncul di fitur Featured Snippet di hasil pencarian Google, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari halaman hasil pencarian yang sudah memiliki Featured Snippet.

Dengan menemukan halaman tersebut, Anda sudah tahu bahwa Google ingin menampilkan fitur Featured Snippet untuk kata kunci tertentu, dan juga tahu jenis Featured Snippet yang ingin ditampilkan oleh Google.

Anda bisa melakukan pencarian secara manual dengan mencari berbagai kata kunci satu per satu, atau menggunakan alat seperti SEMrush atau Ahrefs untuk mencari kata kunci yang sudah memiliki fitur Featured Snippet.

Dengan mengetahui jenis Featured Snippet yang ingin ditampilkan Google, Anda bisa mengoptimalkan halaman website Anda agar lebih mudah muncul di fitur Featured Snippet yang diinginkan.

 

Mengoptimasi Jenis Tertentu

Langkah selanjutnya setelah menemukan jenis Featured Snippet yang ingin Anda targetkan adalah mengoptimalkan konten di halaman website Anda agar Google memilih untuk menggunakan konten Anda dalam Featured Snippet tersebut.

  • Definisi Box : Untuk jenis Featured Snippet pertama yaitu definisi box, Anda perlu memberikan Google potongan teks singkat (sekitar 40-60 kata) yang dapat langsung digunakan dalam Featured Snippet. Anda juga dapat menyelipkan kata "Apa itu X" tepat di atas definisi tersebut.Selain itu, penting juga untuk memperhatikan format tampilan pada konten Anda. Karena semakin mirip dengan tampilan Featured Snippet, maka akan semakin besar kemungkinan konten untuk ditampilkan dan dipilih oleh Google.Selain memperhatikan format tampilan, ada baiknya Anda juga menyajikan definisi yang dijelaskan obyektif. Pastikan Anda tidak menyertakan pendapat terkait topik tersebut karena Google tidak ingin suatu pendapat muncul sebagai definisi box.

    Jadi, meskipun Anda memiliki pandangan yang kuat tentang topik tersebut, cobalah untuk menulis definisi tanpa menggunakan pendapat orang lain. Sebaiknya, tulis definisi yang berasalkan dari kamus.

  • Tabel : Tabel adalah salah satu jenis konten yang dapat ditampilkan di dalam Featured Snippet di hasil pencarian Google. Google cenderung mencari konten dari tabel yang sudah ada di halaman Anda dan menampilkannya dalam Featured Snippet. Sebagai contoh, jika Anda memiliki tabel yang membandingkan beberapa produk atau layanan, Google dapat memilih untuk menampilkan tabel tersebut di dalam Featured Snippet jika kontennya relevan dengan pertanyaan pengguna.Untuk membuat Google lebih mudah membaca tabel Anda, pastikan HTML yang digunakan untuk membuat tabel mengandung tag <tr>.
  • Bentuk Daftar List : Dalam sebuah konten website, Anda tentunya dapat menampilkan sebuah daftar list dengan menggunakan fitur “Ordered List”. Namun, agar Google dapat dengan mudah memahami daftar tersebut, Anda perlu memastikan bahwa setiap langkah atau item dalam daftar tersebut Anda setting dalam teks bentuk H2 atau H3.Untuk membuat urutan langkah atau item yang dapat memancing Google, Anda dapat memperjlasnya dengan menyertakan teks seperti “Langkah #1” atau “1.” di setiap subheader. Anda juga harus memastikan bahwa setiap langkah atau item menggunakan format yang sama agar Google dapat memahami daftar tersebut dengan mudah.Sebagai contoh, jika langkah pertama ditampilkan sebagai “Langkah #1: Lakukan X”, maka langkah kedua tidak boleh ditampilkan sebagai “Langkah 2: Lakukan Y”. Sebaiknya, langkah-langkah ditampilkan dengan format seperti “Langkah #1, Langkah #2, Langkah #3” atau “1., 2., 3…”.

 

Membedakan Long Tail Keyword

Tahukah Anda? Sebagian besar Featured Snippet muncul ketika orang mencari dengan long tail keyword, yaitu kata kunci yang sangat panjang dan spesifik. Long tail keyword ini sering digunakan ketika orang melakukan pencarian suara. Jadi, selain mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci Featured Snippet yang banyak dicari orang seperti "apa itu SEO", Anda juga harus mengoptimalkan konten untuk Featured Snippet yang muncul ketika orang mencari versi long tail keyword tersebut.

Featured Snippet People Also Ask

Untuk mengetahui long tail keyword mana yang harus ditargetkan, Anda bisa melihat kotak "People Also Ask" di hasil pencarian Google. Kotak ini menampilkan pertanyaan terkait yang Google anggap erat dengan kata kunci yang baru saja Anda cari.

 

Tingkatkan Konten SEO

Selain mengoptimasi pada keyword, Anda juga perlu membuat sebuah konten dengan cara yang disukai oleh Google, seperti membuat daftar berurutan dan menambahkan definisi atau jawaban singkat pada konten Anda. Dengan membuat halaman yang terstruktur, maka Anda memiliki peluang untuk muncul di Featured Snippet.

 

Improve Google Ranking

Peringkat halaman pada website tentunya juga harus berada di halaman pertama Google agar memiliki kesempatan masuk ke kotak Featured Snippet. Menurut sebuah studi dari Ahrefs, hampir 99% dari semua Featured Snippets berasal dari website yang sudah ada di halaman pertama Google. Hal ini tentu saja masuk akal karena Google hanya akan menggunakan informasi dari situs yang paling terpercaya dan terbaik dalam topik tersebut.

 

Nah, semoga informasi tentang cara membuat artikel muncul di Featured Snippet atau cuplikan pilihan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatka traffic di situs web Anda. Semoga artikel Anda dapat lebih mudah ditemukan dan menjadi jawaban bagi pertanyaan yang dicari oleh banyak orang.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram