Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membangun website adalah memilih lokasi hosting. Pemilihan lokasi server akan sulit untuk Anda yang pertama kali membuat suatu website. Sebagian orang menganggap pemilihan lokasi server tidak terlalu penting, itu adalah salah besar. Pemilihan server hosting menjadi fungsi penting dalam proses pembuatan website.

Saat ini lokasi hosting sudah ada hampir di setiap negara. Namun tidak semua server tersebut memberikan kinerja yang baik. Lalu untuk website yang hendak Anda bangun, lebih cocok menggunakan lokasi server hosting yang mana? Nah simak pembahasan berikut ini supaya tidak salah dalam memilih lokasi hosting untuk website.

Mengapa Pemilihan Lokasi Hosting Sangat Penting?

Secara tidak langsung, keberadaan lokasi server dapat mempengaruhi performa website Anda di pencarian Google. Berikut pentingnya lokasi server hosting pada website Anda.

1. Meningkatkan Uptime Website

Uptime merupakan waktu sebuah server untuk bisa diakses oleh pengguna. Uptime ini berbentuk presentase yang apabila nilainya besar akan menentukan semua aktivitas dalam website dapat dijalankan secara maksimal. Jika Anda memilih website di lokasi yang rawan terhadap bencana, kemungkinan presentase uptime akan menurun. Maka dari itu pilihlah lokasi hosting hosting dengan infrastruktur yang berkualitas.

2. Meningkatkan Kecepatan Akses Website

Lokasi dari sebuah server menentukan kecepatan website Anda. Jarak yang harus ditempuh server saat mengirimkan data sebisa mungkin harus pendek agar akses pengguna menjadi lebih cepat. Misal, pengunjung Anda berasal dari Indonesia dan Anda menggunakan hosting Indonesia, maka pengunjung tersebut akan dapat mengakses website Anda dengan lebih cepat.

3. Meningkatkan Ranking Website di SERP

Kecepatan website yang tinggi akan membuat ranking website menjadi tinggi. Jadi semakin cepat akses website Anda, semakin tinggi pula ranking website di pencarian Google.

Perbandingan Performa Hosting Indonesia, Singapore, US

Sudah dijelaskan dari awal bahwa lokasi server sudah Anda hampir di setiap negara di dunia. Namun disini akan dibahas server terbaik yang bisa Anda pakai untuk Website Anda.

1. Server Indonesia

Server ini bertempat di Jakarta. Server ini memungkinkan pengguna untuk mengakses website dengan cepat karena masih dalam satu IP address yang sama. Server ini akan sangat sesuai untuk Anda yang mempunyai target audiens di Indonesia.

2. Server Singapura

Server berikut ini menjadi pilihan yang sesuai untuk Anda yang memerlukan akses internasional yang bagus. Lokasinya yang berdekatan dengan Indonesia membuat server Singapura ini tidak memiliki banyak efek. Server Singapura akan sangat cocok untuk Anda yang mempunyai target audiens di Indonesia maupun Luar Negeri.

3. Server East and West Coast (US)

Server US akan sangat pas untuk Anda yang mempunyai target audiens di belahan dunia. Hosting server US memiliki harga yang paling murah dibandingkan yang lainnya.

Tips Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website Anda

Setelah mengetahui contoh lokasi website terbaik, Anda pasti akan mempertimbangkan dengan matang sebelum benar-benar memilih lokasi server yang tepat. Berikut ini tips memilih lokasi server hosting terbaik.

1. Tentukan Target Audiens Terlebih Dahulu

Anda harus mengenali siapa saja yang nantinya akan menjadi pengunjung website Anda. Jika konten website yang akan Anda buat berbahasa Indonesia, maka lokasi server Indonesia bisa menjadi pilihan yang bagus. Sementara jika pengunjung website Anda ada di luar negeri, Anda bisa memilih server Singapura. Karena jaraknya yang tidak jauh dengan Indonesia sehingga akses internasionalnya juga akan tinggi.

2. Sesuaikan Dengan Jenis Website

Anda bisa menyesuaikan lokasi server Anda dengan jenis website Anda. Jenis website itu seperti website perusahaan, website pribadi, blog, dan lain-lain. Jika sudah Anda tinggal menentukan lokasi server hosting yang tepat untuk website Anda.

3. Perhatikan Kecepatan Pengunjung Dalam Mengakses Website

Website akan akan memiliki waktu akses yang lebih cepat jika pengunjung website Anda berada di lokasi yang sama dengan server Anda. Jika Anda menggunakan server dari luar negeri, maka dapat dipastikan bahwa waktu akses menjadi lebih lambat. Jadi semakin dekat dengan pengunjung website, semakin cepat juga waktu akses ke Website Anda.

4. Berdekatan Dengan Indonesia Internet Exchange

Indonesia Internet Exchange merupakan tempat berkumpulnya semua jaringan Internet di Indonesia. IIX memungkinkan sebuah server untuk langsung menuju ke server indonesia tanpa bolak-balik ke server luar negeri. Ini akan menjadikan akses website menjadi lebih cepat untuk menuju ke lokasi server.

5. Sesuaikan Anggaran

Anggaran untuk server Indonesia lebih tinggi dari server US. Anda harus lebih berhati-hati saat memilih harga untuk server hosting. Perhatikan juga kecepatan akses saat pengunjung mengakses website Anda.

Itu dia tips memilih lokasi server hosting terbaik untuk website Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Continue Reading