Apakah Anda seorang pebisnis online dan giat melakukan digital marketing di media sosial Instagram? Yuk tingkatkan closing lokal dengan membuat Instagram Geotag. Perlu Anda ketahui bahwa Geotag akan membantu Anda dalam mendapatkan jangkauan pelanggan lokal dengan cara yang efektif. Bahkan fitur Geotag dapat menargetkan audiens di wilayah tertentu. Wah pasti akan sangat membantu promo online Anda.

Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait apa sih Geotag dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakannya secara maksimal? Kali ini Ardata telah merangkumnya untuk Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ya.

Apa itu Geotag Instagram?

Jika Anda merupakan pengguna aktif Instagram, tentu sudah tidak asing lagi dengan tag lokasi yang terdapat pada postingan feed. Geotag sendiri merupakan lokasi yang biasanya disematkan pada postingan Instagram. Anda dapat menggunakan lokasi secara spesifik, agar para calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Fitur ini dapat Anda maksimalkan untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda tekuni. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis restoran, salon, ataupun bisnis lain yang memiliki toko fisik.

Tak hanya itu, geotag juga dapat digunakan bagi Anda yang sering bepergian sembari mempromosikan bisnis Anda. Lalu, mengapa Geotag dapat menjangkau audiens lokal maupun internasional? Sebab, saat semua orang menekan suatu lokasi di postingan Instagram, maka mereka akan menemukan ratusan postingan yang menggunakan atau memasang lokasi tersebut.

Apa Manfaat Geotag Pada Instagram?

Setelah penjelasan di atas, sekarang kita sudah tahu kan jika Geotag merupakan salah satu fitur Instagram yang perlu dimaksimalkan untuk kebutuhan promosi online, khususnya aplikasi Instagram. Bagi Anda pemilik bisnis, sebaiknya mulai gunakan fitur ini untuk mempromosikan toko Anda. 

Pasalnya, Geotag memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah Geotag dapat membantu orang-orang menemukan lokasi bisnis Anda dengan mudah.

Misalnya, Anda memiliki toko baju. Jika Anda menyematkan lokasi toko Anda di postingan Instagram, maka orang-orang akan lebih mudah menemukan lokasi toko Anda melalui MAPS. Hal itulah yang akan menuntun para calon pelanggan menuju ke toko Anda.

Itulah alasan mengapa fitur ini cocok untuk digunakan dalam menjangkau pelanggan lokal. Namun, selain bermanfaat menjangkau pelanggan lokal dengan mudah, fitur ini juga berguna untuk meningkatkan engagement rate akun Instagram Anda. Sebab, orang-orang yang menekan lokasi dan menemukan postingan Anda, maka kemungkinan besar akan tertarik untuk mengunjungi akun bisnis Anda.

Fitur-fitur yang ada pada Geotag Instagram

Di dalam fitur Geotag, ada beberapa fitur pendukung lain dari Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memasang Geotag di postingan Anda agar lebih maksimal.

1. Instagram Story

Instagram story merupakan salah satu fitur Instagram yang sering digunakan untuk mempromosikan bisnis. Nah, saat Anda mengunggah story, Anda dapat menambahkan lokasi bisnis Anda disana. Dengan begitu, Anda bisa membuat promosi bisnis di Instagram story, lalu taruh stiker lokasi agar para audiens mengetahui lokasi bisnis Anda.

2. Hashtag

Selain melalui Instagram Story, Anda juga bisa menambahkan hashtag mengenai bisnis Anda di postingan Instagram. Contohnya, bisnis Anda berada di Semarang, tepatnya di Simpang Lima. Maka Anda bisa menambahkan hashtag #semarang dan #simpanglima.

Cara Memaksimalkan Geotag Instagram

Terdapat 3 cara yang efektif dalam memaksimalkan kinerja Geotag untuk promosi bisnis Anda. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pastikan lokasi bisnis sudah ada di Google Maps

Sebelum memasang lokasi bisnis Anda di Instagram, pastikan bahwa lokasi yang Anda gunakan sudah terdapat di Google Maps. Hai-hati, salah satu kesalahan pelaku bisnis yaitu tidak mendaftarkan lokasi usahanya di Google Maps. Sebab hal ini dapat menghambat pelanggan dalam menemukan lokasi bisnis Anda.

Untuk mendaftarkan alamat bisnis Anda ke Google Maps, Anda bisa memanfaatkan situs Google My Business. Setelah itu, menurut aturan Instagram, Anda harus menambahkan lokasi bisnis Anda ke Facebook terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke Instagram.

2. Manfaatkan Influencer Lokal

Salah satu yang cara untuk mengoptimalkan Geotag adalah dengan menggunakan jasa influencer lokal. Ajak influencer untuk datang ke tempat bisnis Anda. Lalu pastikan influencer tersebut memposting bisnis Anda dengan menambahkan lokasi. Dengan begitu, followersnya akan mengetahui letak bisnis Anda dengan mudah.

3. Temukan Pelanggan Melalui Geotag

Pasti Anda bertanya-tanya kan, bagaimana cara menemukan pelanggan yang tepat melalui Instagram? Caranya mudah sekali, Anda cukup melihat pilihan lokasi yang ada di pencarian Instagram. Kemudian, ketikkan lokasi bisnis Anda saat ini. Setelah itu, cari postingan mengenai bisnis Anda yang diunggah oleh para pelanggan Anda .

Nah, dari postingan-postingan tersebut, Anda dapat menganalisis mulai dari perilaku pelanggan Anda dan jangkauan audiens terhadap bisnis Anda.

Demikian penjelasan mengenai Geotag dan cara memaksimalkannya untuk promosi bisnis. Apabila Anda belum memanfaatkan fitur ini, mulai sekarang cobalah untuk mempelajarinya. Yuk tingkatkan closing lokal dengan membuat Instagram Geotag. Supaya bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan lokal dengan mudah.

Subscribe

Beritau saya jika ada artikel terbaru

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Continue Reading