Sudah tau belum kalau blog dan website itu berbeda? Sebagian orang menganggap bahwa blog dan website mempunyai arti yang sama dan kegunaan yang sama. Akan tetapi, blog dan website itu berbeda loh!
Lalu, apa perbedaan blog dan website? Simak perbedaan dan dan penjelasannya ya, agar Anda tidak salah dalam pemilihan platform. Berikut perbedaannya:

Perbedaan Blog dan Website

1. Konten yang di Buat

Konten dalam blog dan website berbeda. Blog sendiri, cenderung berisi tentang video, artikel ataupun podcast tentang si pemlik akun blog tersebut. Disini diartikan bahwa blog berisikan tentang opini, pengalaman maupun aktivitas pemilik blog.

Disini, anda dapat menuliskan isi blog atau konten dengan tema yang sama dan harus konsisten dengan satu tema tersebut. Misalnya tema yang Anda minati tentang petualang, maka konten yang Anda buat harus tentang petualang.

Sedangkan konten website, biasanya berisikan tentang informasi-informasi penting dan harus akurat. Misalnya, anda membuat website tentang kesehatan yang berisi tentang penyakit, gejala, dan cara pencegahannya. Anda dapat menggunakan website sebagai tempat pengenalan perusaan, sekolah, maupun instansi yang Anda miliki.

2. Update Konten

Pengupdate-an konten di blog dan website juga berbeda. Blog biasanya mengupdate kontennya secara berkala ataupun bisa setiap hari. Konten di blog memiliki jadwal untuk pengupdate-annya. Pengupdate-an konten di blog dinilai sangat penting karena konten disebut nyawa bagi blog itu sendiri.

Sedangkan website biasanya mengupdate kontennya hanya apabila produk yang di kontennya mengalami perubahan produt atau perubahan informasi. Oleh karena itu, konten website disebut konten statis karena tidak memerlukan update setiap saat.

3. Komunikasi

Blog bersifat interaktif dalam komunikasinya karena biasanya pembaca blog dapat meninggalkan komentar di konten yang dibuat.

Sedangkan website, bersifat satu arah dalam komunikasinya. Karena, si pembaca konten di website tidak dapat meninggalkan komentar di dalam kontennya tersebut.

4. Subscribe

Di dalam blog menyediakan button subscribe agar si pembaca tidak ketinggalan update konteng yang terbaru.

Sedangkan website, button subscribe hanya tersedia di beberapa website. Jika blog mengirimkan notifikasi untuk konten yang baru, website mengirimkan newsletter pengupdate-an produk maupun layanan baru.

5. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan untuk konten blog biasanya menggunakan bahasa yang sedang ngetrend. Tidak ada batasan tertentu untuk bahasa yang digunakan. Sebagian blog juga ada yang menggunakan bahasa formal.

Sedangkan gaya bahasa yang digunakan website adalah formal dan professional. Karena berisikan informasi yang akurat seperti instansi pemerintah dan pendidikan.

6. Pengelola

Orang yang memiliki akun dan mengelola blog disebut blogger. Blog dikelola dengan cara mandiri atau perseorangan.

Sedangkan website biasanya dikelola oleh tim yang ahli dalam bidangnya atau bisa juga dikelola oleh lembaganya sendiri. Biasanya didalam lembaga tersebut terdiri dari copywriter, designer, dan developer yang tugasnya mengelola website.

7. Pembagian Konten

Last pembeda blog dan website adalah pembagian konten. Konten pada blog dibagi berdasarkan tag dan kategori konten tersebut.

Sedangkan website biasanya dibagi berdasarkan produk atau layanan yang tersedia. Seperti penawaran domain dan hosting.

Step by Step Membuat Blog dengan Blogspot

Bagi Anda yang terjun di dunia copywriter, jurnalis, novelis, marketing, dan lainnya, kira-kira platform apa yang kalian gunakan untuk menulis dan memublikasi konten? Seiring berkembangnya situs website, www.blogger.com menyediakan sebuah website untuk menulis dan memublikasikan konten.

Situs ini berstatus free dan online. Selain itu, penggunaanya pun cukup mudah bagi awam yang baru menelusurinya.
Berikut adalah step by step membuat blog dengan blogspot:

1. kunjungi situs www.blogger.com

2. Klik ‘create your blog’

 

 

3. Pilih akun google yang ingin didaftarkan pada blogger, untuk yang baru daftar, biasanya akan diminta untuk membuat kata sandi

 

 

4. Setelah log in berhasil, maka akan muncul halaman seperti ini. kemudian klik ‘blog baru’

 

5. Buat nama untuk blog Anda

 

6. Buat alamat blog hingga terkonfirmasi ‘alamat blog ini tersedia’

7. Setelah itu akan muncul tampilan home seperti ini, kemudian klik ‘tema’ dan pilih tema yang sesuai untuk blog Anda, dan terapkan.

 

8. Setelah tema terpasang, Anda akan diarahkan ke page penulisan konten. jika sudah selesai menulis, klik ‘publikasikan’.

 

9. Konfirmasi untuk memublikasikan konten.

10.  Setelah diposting, maka akan muncul laman seperti ini, untuk mengecek hasilnya, klik ikon share pada sisi kanan, kemudian paste link di new tab.

 

11.  Dan, ini adalah hasil akhirnya.

 

Step by Step Membuat Blog dengan Blogspot WordPress

Membuat website sebenarnya mudah, apalagi jika kita buat website menggunakan platform yang tepat. Oleh karena itu, di artikel ini penulis akan menjelaskan mengenai tentang cara membuat blog dengan blogspot wordpress.
WordPress adalah platform pembuatn website yang sangat populer dan mudah untuk digunakan. WordPress populer karena fitur-fiturnya lebih lengkap daripada yang lain.

Yuk simak penjelasannya mengenai cara membuat blog dengan blogspot wordpress. Selamat membaca.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Jika menggunakan wordpress.com Anda tidak perlu susah payah untuk membayar hosting dan domain, karena semua yang disediakan geratis, tetapi fasilitasnya terbatas. Domain yang harus digunakan dari WordPress ini adalah wordpress.com .

Sedangkan WordPress.org memberikan keleluasaan untuk menggunakan berbagai fasilitas lainnya. Anda dapat menggunakan domain dengan menggunakan nama Anda sendiri. Anda juga dapat menentukan kapasitas penyimpanan, dan memasang plugins dan dapat menginstall tema apa saja.

Cara membuat Blog dengan WordPress

Disini penulis akan menjelaskan tentang cara membuat blog menggunakan wordpress.com, langkah langkahnya yaitu :

1. Langkah 1 : Cara Install WordPress

Menginstall wordpress dapat dilakukan secara manual dapat anda akses menggunakan file yang penulis lampirkan ini  . Sebelum menginstall file tersebut Anda perlu menginstall XAMPP terlebih dahulu. Berikut penulis lampirkan file untuk menginstall XAMPP .

Setelah selesai menginstall XAMPP, kemudian file XAMPP di simpan di Localdisk(C). Sama seperti file XAMPP file WordPress juga disimpan di Localdisk(C). Kemudian membuat database di PHPmyAdmin.

 

Setelah menginstall WordPress, dengan memasukkan username, password, dan menyetujui semua peraturan yang ada di WordPress. Jika login Anda berhasil, maka akan muncul tampilan admin. Kemudian buka tampilan admin dengan cara localhost/nama_project/wp-admin. Kemudiantampilan yang dihasilkan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

 

2. Langkah 2 : Memasang Tema WordPress

Setelah memahami bagian bagian dashboard, kemudian langkah berikutnya yaitu memasang tema wordPress dengan cara klik Tampilan > Tema. Di tampilan tersebut akan muncul berbagai macam tema berdasarkan kebutuhan.

 

Anda juga dapat mencari tema wordpress dibagian pencarian kemudian Anda bia mendownload tema tersebut dan bisa dipasang di tema WordPress. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

 

3. Langkah 3 : Install Plugin

Setelah itu, Anda juga perlu memasang plugin untuk meningkatkan kerja WordPress. Plugin yang ada di WordPress sangat banyak dan Anda memerlukan banyak waktu untuk menginstall WordPress.

Caranya untuk menginstall plugin dengan klik Tampilan > Tambah Baru.

 

Setelah itu, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Anda bisa mendownload plugins di tampilan ini dan bisa mencari sendiri sesuai kebutuhan kalian dengan klik tombol search engine.

 

4. Cara posting Artikel

Untuk membuat post baru di tampilan WordPress, buka Add New > Posts > Pos dibagian paling atas toolbar tampilan WordPress. Maka akan muncul berbagai fitur editor blog.

 

Setelah selesai, maka tampilan yang dihasilkan akan seperti tampilan dibawah ini. Kemudian ketik artikel yang akan dibuat di area yang telah disediakan. Toolbar di wordPress hampir sama toolbar yang ada di Microsoft.

 

Anda bisa mengetik artikel konten Anda disini dan kemudian Anda dapat menyimpannya dengan mengeklik Ctrl + S atau Anda bisa langsung menerbitkan artikel Anda dengan mengklik Terbitkan.

Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools, dan Manfaatnya

Dilansir dari ster-co-id.cdn.ampproject.org, google yang disebut Google Webmaster Tools sekarang sudah di rename menjadi Google Search Console loh. Sudah tau belum apa sih Google Search Console? Google Search Console adalah google yang berguna untuk memonitori atau memantau website secara gratis yang disediakan oleh google.

Google Search Console berguna untuk mengetahui domain dan dapat mengetahui bagaimana kinerja website yang Anda punya. Google Search Console memiliki berbagai manfaat, apa saja sih manfaat Google Search Console? Simak penjelasan berikut:

Manfaat Google Search Console

Manfaat yang diperoleh dari Google Search Console andalah anda dapat melakukan perbaikan untuk website anda. Berikut penjelasan manfaat dari Google Search Console:

1. Menemukan Keyword yang Merarik

Pengunjung biasanya mencari informasi yang diinginkan melalui keyword yang diketikkan di kolom pencarian. Tools ini dapat menunjukkan berbagai informasi mngenai berapa banyak orang yang mencari informasi menggunakan keyword yang Anda gunakan.

2. Mengidentifikasi Page yang Paling Populer

Google Search Console membantu Anda untuk menemukan halaman website anda yang paling banyak dikunjungi oleh orang. Dengan button click through rate(CTR) anda dapat mengurutkan pages berdasarkan kunjungan.

3. Mengetahui Pengunjung Datang Darimana

Demografi pospek akan anda pahami di fitur ini. Sehingga target audiens dapat anda dapatkan hanya dengan satu fitur ini.

4. Mengidentifikasi Perangkat yang Digunakan Pengunjung Website

Selain dapat menemukan dimana lokasi pengunjung, fitur ini dapat mengetahui perangkat apa yang digunakan pengunjung untuk membuka website Anda, seperti desktop ataupun ponsel.

5. Mengetahui Backlink dari Website

Fitur ini dianggap paling penting yaitu Links to Your Site sebagai indicator yang menentukan website anda mendapat ranking atau urutan keberapa dalam google.

6. Check Broken Link

Google ini dapat berfungsi untuk memeriksa broken link website anda yang rusak. Disini anda dapat langsung memperbaiki link yang rusak menjadi dapat digunakan lagi.

Sudah pahamkah Anda setelah membaca artikel mengenai tentang manfaat yang diberikan oleh Google Search Console? Setelah paham manfaatnya, mari kita pelajari bagaiman cara mendaftarkan blog anda ke Google Search Console. Berikut adalah step by step mendaftarkan blog ke Google Search Console, simak penjelasan berikut:

1. Buka Google, lalu search Google Search Console, lalu klik website yang paling atas

2. Kemudian klik search console

3. Masukkan URL blog yang sudah anda miliki, lalu klik terus

4. Tunggu hinggal selesai loding dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu klik buka properti

5. Kemudian klik start dan blog anda telah terdaftar di Google Search Console. Fitut yang terdapat di Google Search Console dapat anda nikmati sekarang.

Tonton Video Berikut Untuk Lebih Jelasnya: https://youtu.be/F76yjzFegoA

Cara Optimasi SEO On Page Blog

Perlu diperhatikan agar website dapat naik peringkat di hasil pencarian google dengan cepat. Dalam SEO, SEO dibagi menjadi 2 jenis, yaitu SEO on page dan off page. SEO on page adalah praktik optimasi SEO yang dilakukan konten untuk diterbitkan.

Sederhana nya, on page dapat diartikan sebagai langkah untuk meningktakan kualitas konten agar pembaca dapat mudah memahami artikel tersebut. Pada On page SEO yang dioptimasi akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konten website dengan kata kunci yang dicari.

Apa saja langkah-langkahnya? Yuk simak penjelasannya mengenai cara optimasi SEO on Page dengan baik dan benar.

Cara Optimasi SEO On Page Blog

Perlu Anda ketahui cara optimasi SEO on page blog dengan benar, dari mengubah link sederhana dan mengganti pengaturan link menjadi open in new tab. Berikut cara optimasi SEO on page blog, yaitu :

1. Menggunakan Permalink Sederhana

Permalink ini merupakan indikator utama SEO 2019. Permalink dapat mempermudah mesin pencari untuk dapat mengenali topik yang akan dibahas. Sebaiknya, permalink hanya cukup mengandung fokus keyword yang ditargetkan.

Cara mengubah permalink dengan mengubah struktur permalink. Pertama Anda hanya perlu membuka dashboard WordPress kemudian klik Setting > Permalink. Setelah itu, pilihlah struktur permalink Post Name kemudian klik Save.

2. Buat Judul Konten yang Menarik

Pada saat orang mencari kata kunci di pencarian google, mereka hanya melihat judul dan deskripsi singkat. Jadi, Anda perlu membuat judul yang menarik agar orang dapat tertarik untuk membaca sampai selesai.

Anda dapat menambahkan kata sifat untukk membuat judul maksimal 60 karakter. Atau dapat juga menggunakan angka untuk menghasilkan performa yang jauh lebih baik. Tetapi, tidak semua konten cocok menggunkan angka untuk menulis judul.

3. Menambahkan Gambar dan Video

Selain berisikan teks yang membuat pembaca bosan, konten juga perlu ditambahkan sebuah video atau gambar untuk memperdetail konten. Setidaknya berikan satu atau dua gambar pada konten Anda, karena penambahan gambar atau video ini mempunyai peluang besar untuk muncul dihalaman pertama dan teratas.

4. Menggunakan Heading dan Subheading

Untuk memudahkan pembaca membaca konten yang Anda buat, Anda perlu membuat struktur konten ini lebih jelas dan mudah dipahami. Caranya yaitu dengan menggunakan heading dan subheading ketika membuat konten.

Heading dan Subheading mempunyai fungsi untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian. Dengan menyertakan heading dan subheading pada saat pembuatan website, maka pembaca akan lebih mudah menemukan poin-poin penting yang dicari. Selain itu, berfungsi untuk memudahkan dan membantu mesin pencari memahami konten yang Anda buat.

Heading dapat memudahkan search engine bot melakukan crawling di konten dan melihat pokok pembahasan yang dibuat konten tersebut. Biasanya heading 1 digunakan untuk judul, heading 2 digunakan untuk sub judul. Sebaiknya, disetiap heading harus memasukkan fokus keyword.

5. Meletakkan Fokus Keyword pada 100 Kata pertama

Paragraf pertama yang Anda buat harus memberi kesan pertama yang baik. Anda dapat menyampikan secara to the point mengenai konten apa yang akan disampaikan. Sebaiknya letakkan keyword pada 100 kata pertama.

Tetapi, fokus biasanya tidak memungkinkan untuk diletakkan pada 100 kata pertama. Jika hal inintidak dapat digunakan, maka Anda perlu memaksakan untuk meletakkan fokus keyword di paragraf pertama. Dengan catatan, Anda harus membuat paragaraf semenarik mungkin dan mudah dipahami.

6. Menggunakan Tema Responsif

Tema responsif adalah tema yang cocok digunakan pada perangkat apapun. Baik saat digunakan pada perangkat desktop, tablet maupun mobile website akan berjalan dengan responsif. Tetapi, tema WordPress tidak semua responsif, oleh karena itu pastikan terlebih dahulu untuk memilih tema.

7. Sisipkan Outbond Link

Usahakan setidaknyaada satu link yang mengarah ke website lain atau dinamakan outbond link. Pastikan terlebih dahulu website yang Anda jadikan sumber mempunyai reputasi yang baik.

Outbond link ini berfungsi sebagai penunjuk bahwa konten yang Anda buat mempunyai sumber yang kredibel. Dengan mengarah link yang mempunyai reputasi yang baik, makakonten Anda akan dianggap mempunyai topic yang sama dengan rujukan website tersebut.

8. Tingkatkan Kecepatan Website

Loading website yang lambat akan membuat pengunjung frustasi dan meninggalkan website Anda. Semakin banyak yang meninggalkan website Anda maka semakin buruk bounce rate-nya. Bounce rate ini akan memperburuk kualitas SEO Anda.

Oleh karena itu, anda wajib meningkatkan kecepatan website Anda dan mencoba beberapa kecepatan saat loading website. Jika kecepatan website masih di atas 5 detik, Anda harus waspada karena pengunjung akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Setelah melakukan optimasi on page blog dengan baik, Anda perlu melakukan optimasi off page juga dengan benar.

Tips Menulis Artikel Blog Yang Menarik

Blog saat ini mempunyai berbagai banyak fungsi. Bukan hanya untuk tempat menulis cerita, tapi blog juga sering digunakan untuk sarana pemasaran bisnis namun juga digunakan sebagai personal branding.

Blog yang menarik dapat membuat banyak orang yang penasaran dan akan mengunjungi blog Anda. Anda harus sebisa mungkin membuat blog agar terlihat menarik serta bagus. Tetapi untuk bisa mencapai hal yang memuaskan tentunya Anda harus memahami tips menulis artikel blog yang menarik.

Jadi jangan sembarangan membuat blog tanpa memikirkan kaidah-kaidah yang bisa membuat blog itu menarik. Maka dari itu untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa simak tips menulis artikel blog menarik berikut.

1. Menentukan fokus blog

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis blog yang menarik adalah menentukan fokus blog. Yang pertama Toppers wajib menentukan fokus blog. Bisa bermacam-macam fokus blog contohnya review film, review komik, review tempat dan masih banyak lagi.

Jika blog kita fokus maka akan mudah dikelola. Dan jika ingin menulis blog kegiatan sehari-hari pun tidak masalah, tetapi jenis blog seperti ini susah berkembang. Untuk keperluan artikel, blog lain dapat dijadikan contoh ataupun referensi. Asalkan tidak sampai menjiplak blog orang lain.

2. Membuat perencanaan

Langkah berikutnya yaitu membuat perencanaan. Yang akan di posting tulisannya harus seperti apa? Seminggu harus memposting berapa kali? Untuk contoh, blog buku Anda akan posting 2 kali dalam seminggu. Hari senin untuk posting review film dan hari jumat untuk posting kegiatan sehari-hari.

3. Memperhatikan penulisan

Dalam menulis blog yang menarik harus memperhatikan tulisan. Mengapa demikian? Karna penulisan yang benar akan lebih disukai banyak orang. Jadi jangan asal nulis tanpa memperhatikan penulisannya.

Setelah menulis blog ambil waktu sebentar untuk membaca dan mengecek kembali blog yang baru saja ditulis. Penulisan sesuai kaidah EYD atau bahasa akan jauh lebih enak dibaca. Walaupun blog yang ditulis tidak tugas sekolah maupun untuk pekerjaan.

4. Menambahkan gambar atau visual

Hal yang paling menarik perhatian disebut visual. Dengan menyertakan gambar ataupun visual adalah hal yang mudah untuk menarik perhatian. Contohnya menyertakan visual yang aesthetic dan indah.

Bukan artinya mengikuti tumblr serta semacamnya, tetapi aesthetic yang dimaksud disini adalah yang indah,rapi juga melaraskan keseluruhan tema yang dipakai di blog. Bukan hanya itu, visual juga bisa ilustrasi dan juga foto-foto yang indah. Atau bisa juga tulisan sederhana kreasi grafis.

5. Menjaga tampilan blog

Jika Toppers mempunyai dana yang cukup dan ingin serius membuat blog, tidak ada salahnya jika beriventasi desain blog. Terutama jika blog Anda basis WordPress. Sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan jasa desain blog.

Berbeda dengan blog yang memiliki tampilan cenderung mudah diubah sendiri. Anda bisa belajar bagaimana cara mengubah tampilan blog menggunakan desain pribadi.

6. Pilih topik yang menarik

Tips menulis artikel blog yang menarik lainnya adalah memilih topik yang menarik. Topik yang menarik akan lebih banyak dikunjungi. Jadi jangan membahas hal yang membosankan ataupun hal yang kuno.

Topik yang menarik bisa diartikan juga topik yang viral atau sedang ramai diperbincangkan. Dapat juga memilih topik yang digemari kalangan blog lainnya. Namun yang ditulis harus dari ide sendiri, artinya jangan menulis kembali blog orang lain.

7. Promosikan blog di sosial media

Yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu promosikan blog Anda di sosial media. Tidak usah spamming, namun cukup beberapa kali saja. Manfaatkan sosial media yang Anda punya, contohnya Twitter, Instagram dan masih banyak lagi sosial media lainnya.

Continue Reading