Bagi para pelaku SEO yang ingin membeli domain, tentu akan memikirkan berbagai macam hal untuk mendapatkan nama domain yang bagus dan berkualitas. Sebab, membeli nama domain tidak semudah mendaftarkan nama-nama domain baru yang ada di pikiran Anda. Walaupun nama domain baru bisa saja bermanfaat bagi bisnis baru Anda, namun nama domain yang sudah lama ada justru bagus untuk digunakan lagi.

Apabila Anda berencana untuk menggunakan domain lama untuk hal-hal seperti PBN ataupun backlink, maka terdapat banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama, Anda harus memilih nama domain yang masih relevan dengan niche bisnis Anda. Lalu, Anda harus memeriksanya untuk memastikan bahwa nama domain tersebut tidak mencurigakan dan spam selama masa aktifnya. Setelah itu, Anda juga perlu memeriksa metrik domain yang akan dipilih. Semua cara tersebut sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa memperoleh domain yang tepat dan berkualitas.

Apa Itu Spamzilla?

Ada salah satu tool yang bisa Anda gunakan untuk riset domain, yaitu Spamzilla. Alat ini mampu menampilkan sejarah domain yang akan Anda aktifkan kembali. Mulai dari statistik domain, kualitas domain, apakah domain tersebut spam atau tidak, dan apakah domain tersebut berkualitas. Semuanya bisa Anda lihat melalui tool Spamzilla. Dengan beberapa statistik dan skor yang ditampilkan, tool tersebut akan membantu Anda dalam menentukan apakah domain tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

Sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana cara menggunakan Spamzilla. Berikut ini penulis akan menunjukkan list harga yang bisa Anda pilih untuk menggunakan tool ini. Terdapat 2 pilihan harga berbeda, gratis dan berbayar.

Untuk akses Spamzilla yang tidak dipungut biaya, Anda hanya bisa mengakses fitur dasar dari tool ini saja. Dimana Anda hanya bisa melakukan riset untuk 25 domain dalam sebulan. Akan tetapi tool ini tetap akan memberikan metrik dan statistik yang bagus dan bisa membantu Anda dalam mengukur apakah nama domain yang ingin Anda beli bebas spam atau tidak.

Sedangkan untuk yang versi berbayar, Anda akan memperoleh banyak fitur canggih yang bisa digunakan untuk riset domain. Selain itu, Anda juga bisa melihat seluruh analisis database domain kadaluarsa secara detail dan bisa melihat profil backlink domain tersebut. Spamzilla sendiri memiliki jutaan domain kadaluarsa yang telah terdaftar di tool tersebut dan akan diperbarui setiap harinya.

Melalui alat ini, Anda dapat memfilter atau menyaring semua domain menggunakan berbagai metrik yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa hingga 1850 domain kustom Anda sendiri dalam sebulan.

Tutorial Menggunakan Spamzilla

Setelah mengetahui harga untuk menggunakan semua fitur Spamzilla, kini saatnya kita beralih untuk membahas mengenai bagaimana cara menggunakan tool yang satu ini.

tutorial menggunakan spamzilla

Ketika membuka Spamzilla, hal pertama yang akan Anda lihat adalah daftar nama-nama domain seperti contoh di atas.

Seperti yang Anda lihat, pada bagian atas terdapat kotak untuk menuliskan keyword apapun yang Anda inginkan dan Spamzilla akan menyajikan hasil dari kata kunci yang ada cari.

Pada contoh diatas, penulis mencari kata kunci “digital” dan Spamzilla menyajikan 17.859 nama domain yang berisi kata kunci tersebut.

Selanjutnya di sebelah bagian pencarian kata kunci terdapat simbol +. Simbol tersebut berguna untuk Anda yang ingin menambahkan nama domain sendiri untuk cek skor spamnya.

Setelah Anda mengklik tombol tersebut, Anda akan melihat kotak pop up seperti di atas, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan domain yang ingin dilihat oleh Spamzilla. Kemudian Anda juga dapat memberi nama daftar domain sehingga Anda bisa simpan untuk digunakan nanti. Dalam contoh ini, penulis hanya menuliskan beberapa domain dari brand-brand terkenal.

Setelah Anda mengirim daftar domain ke Spamzilla, Anda akan mendapatkan beberapa opsi tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan domain-domain tersebut. Pertama-tama, pilih setiap domain dalam daftar Anda dan klik tombol “mulai” di sudut kiri atas. Ini akan menjalankan pemeriksaan untuk melihat masing-masing skor spam mereka.

Jadi seperti yang Anda lihat masing-masing domain memiliki hasil dan skor SZ. Hasilnya dibagi menjadi 3 kategori berbeda: spam, mencurigakan, dan jelas.

Skor SZ (Spamzilla) memiliki skala dari 1 – 100 dengan skor yang lebih tinggi berarti lebih banyak spam yang terjadi.

Cek Tingkat Spam Pada Domain

Dalam contoh ini, sepertinya “pepsi” memiliki nama domain terbersih dan situs web “game” dan “booking.com” memiliki tingkat spam tertinggi.

Untuk kembali ke daftar domain kedaluwarsa yang disediakan Spamzilla, klik pada “tabel domain di sudut kanan atas halaman.

Setelah Anda kembali kesini, tombol berikutnya di sepanjang daftar memungkinkan Anda untuk melihat daftar domain yang telah Anda simpan sebelumnya. Sehingga Anda dapat mengunjungi kembali domain tersebut di masa mendatang dan memeriksa untuk melihat apakah skor spam telah berubah.

Terakhir, tool tersebut memiliki filter Spamzilla.

fitur filter pada spamzilla

Seperti yang dapat Anda lihat dari tangkapan layar di atas, ada banyak metrik berbeda di sini yang dapat Anda analisis dengan daftar domain Anda. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Spamzilla mengambil data dari banyak alat dan dengan filter di sini Anda dapat memutuskan mana domain yang paling sesuai dengan Anda.

Anda juga akan melihat di sisi kanan atas ada opsi untuk menyimpan filter Anda. Kemudian Anda dapat memuatnya di masa mendatang.

Domain

Setelah kita melihat berbagai pengaturan yang dapat Anda gunakan, inilah saatnya untuk mulai melihat-lihat domain.

Di sini saya hanya menerapkan filter untuk melihat situs dengan skor spam terendah.

Istilah yang Perlu Anda Pahami

Berikut adalah beberapa istilah yang perlu Anda pahami:

Domain – Ini adalah daftar nama-nama domain kadaluarsa dari berbagai situs, tentu saja terserah Anda ingin membeli domain yang seperti apa.

Sumber – Situs web tempat domain saat ini diadakan untuk dilelang, dengan mengklik ini akan membawa Anda ke halaman tempat Anda dapat menawar nama domain.

TF (Trust Flow) – Ini adalah metrik yang sangat penting dan sejalan dengan aliran Citation.

CF (Citation Flow) – Citation Flow adalah metrik Majestic lainnya, semakin genap rasio keduanya, semakin besar kemungkinan domain tersebut bebas spam.

Maj BL – Ini adalah jumlah backlink berkualitas yang ditemukan di domain tersebut, kuantitas di sini tidak sepenting kualitas backlink.

Maj RD – Ini adalah domain pengarah yang menunjuk ke situs Anda. Dengan kata lain, ini adalah jumlah domain yang menunjuk ke situs web Anda.

Topik Utama – Ini adalah kategori berbeda untuk situs backlink, fitur ini membantu Anda dalam memahami jenis situs web apa yang ditautkan ke domain.

Maj Lang – Ini adalah bahasa situs backlink, bukan bahasa domain itu sendiri.

Ahrefs, Moz, SEMRush – Spamzilla menyertakan metrik untuk semua tools SEO ini. Jika Anda ingin melihat lebih jauh terkait statistik mereka, Anda harus membeli tools tersebut secara langsung, tetapi data yang disediakan di Spamzilla sangat berguna untuk menentukan kualitas domain.

Usia – Usia domain dimulai dari saat pertama kali didaftarkan. Jadi misalnya, jika nama domain dibeli pada tahun 2010 maka pada saat penulisan ini domain tersebut akan berusia 11 tahun.

Skor SZ – Berdasarkan metrik Spamzillas sendiri, mereka memiliki sistem peringkat dari 1 hingga 100 untuk menentukan seberapa bebas spam situs tersebut. Mengeklik metrik ini akan membuka pengetahuan baru, yang memberi Anda beberapa informasi lebih lanjut.

Disini, Spamzilla berperan untuk menarik data dari alat tersebut dan screenshots.com untuk memungkinkan Anda melihat jenis situs web apa yang pernah ada di domain tersebut di masa lalu. Jadi secara instan Anda dapat melihat jika ada jenis spam yang terjadi. Di sebelah kanan, ada sedikit lebih banyak informasi tentang domain dengan skor yang ditampilkan lagi.

Fitur lain di sini yang sangat berguna adalah bagian “backlink”. Ini memungkinkan Anda melihat 100 backlink yang saat ini mengarah ke situs. Meskipun Anda dapat melihatnya pada tools seperti agung dan ahrefs, Anda sebenarnya tidak memerlukan tools apa pun untuk melihat tautan ini. Seperti yang juga dapat Anda lihat di sisi kiri, ada lebih banyak info yang tersedia seperti link anchor text dan seperti apa jumlah kata di sepanjang riwayat situs.

Istilah yang Perlu Anda Pahami

Dengan membuka skor Spamzilla juga menjadi salah satu cara untuk melihat banyak data yang disebutkan sebelumnya.

Google Index – Anda dapat melihat jumlah halaman yang masih terindeks di database Google

Tanggal ditambahkan – Ini adalah tanggal domain ditambahkan ke Spam Zilla

Harga – Ini adalah harga domain kadaluarsa pada lelang mereka saat ini.

Kedaluwarsa – Tanggal lelang berakhir dan penawar tertinggi memenangkan domain.

Spam Zilla akan memeriksa setiap nama domain dengan teliti. Hal ini tentu akan memberi Anda banyak data dibandingkan dengan tool SEO terbesar dan terbaik yang akan menghabiskan biaya lebih banyak untuk membeli langganan individu mereka. Selain itu, Spamzilla menambahkan domain yang baru kedaluwarsa ke database mereka sendiri setiap harinya. Sehingga akan membuat kita lebih leluasa untuk memilih nama-nama domain yang sesuai dengan keinginan dan niche bisnis.

Untuk mendapatkan akses ke semua fitur alat ini memang ada biayanya. Namun, pada dasarnya ada versi gratisnya sehingga Anda dapat mencobanya sendiri. Saya pasti akan merekomendasikan siapapun untuk mencoba Spam Zilla. Jika Anda serius ingin membeli domain kadaluarsa, maka membayar untuk akses ke database besar Spam Zilla sepadan dengan hasil yang akan Anda peroleh.

Continue Reading