Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula terobosan-terobosan yang diciptakan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan adanya sistem absensi online. Apalagi pada masa pandemi orang tidak bisa sembarang kontak fisik maka sangat jelas bahwa presensi online dibutuhkan di masa sekarang ini. Ardata Media sebagai solusi Anda dengan menghadirkan sebuah jasa pembuatan sistem absensi online yang mampu terintegrasi dengan sempurna yang mampu membantu kegiatan sehari-hari Anda untuk presensi secara online baik digunakan pelajar maupun karyawan perusahaan. Karena selain lebih cepat, presensi secara online juga dinilai lebih efektif serta praktis untuk terus diterapkan ketimbang dengan presensi manual atau konvensional. Untuk itu, yuk simak ulasan di bawah ini terkait dengan presensi online.

Ketahui apa itu Absensi Online, Jenis, serta Keunggulannya

Pengertian Jasa Pembuatan Sistem Absensi Online

Jasa pembuatan sistem presensi online adalah sebuah layanan yang dimiliki oleh Ardata Media untuk memenuhi kebutuhan klien dalam segment sistem presensi online. Secara sederhana, Aplikasi presensi online adalah sebuah aplikasi sistem yang diperuntukkan untuk mengambil atau merekap jumlah kehadiran suatu instansi. Suatu kegiatan yang meliputi banyak khalayak ramai pasti identik dengan sebuah kehadiran, untuk menghitung jumlah kehadiran tentu akan lebih mudah jika menggunakan sistem presensi online. Dengan menggunakan sistem presensi online ini maka dapat terlihat jumlah data yang pasti dan minim kesalahan karena dilakukan dengan sebuah sistem.

Apa saja jenis-jenis dari absensi

Suatu instansi perlu memiliki sistem presensi yang tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka agar meningkatkan produktifitas yang mampu memberikan dampak positif untuk kelangsungannya. Berikut adalah kami tampilkan beberapa jenis presensi yang sering ditemui di berbagai instansi perusahaan maupun sekolah-sekolah.

  1. Sistem yang dinamakan Fingerprint
    Sistem yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk khalayak umum karena sudah sering digunakan untuk keperluan seperti karyawan dan pelajar. Mungkin juga sistem ini menjadi sistem presensi paling banyak dijumpai di perusahaan. Sistemnya sederhana karena data dari fingerprint seseorang yang akan menjadi pedoman dalam suatu kehadiran tersebut. Terbilang cukup akurat karena data fingerprint manusia tidak ada yang sama tetapi tidak ada jaminan sistem ini menjadi sistem paling aman juga. Cara kerjanya cukup simpel hanya dengan menempelkan jari ke alat pendeteksinya maka secara otomatis mesin itu mengenali siapa pemilik sidik jari tadi.
  2. Sistem gesek atau tempel kartu
    Setiap karyawan atau pelajar pasti memiliki sebuah kartu tanda identitas mereka, Sebagai pemanfaatan dari kartu tersebut bisa digunakan untuk sebuah cara presensi atau mendata sebuah kehadiran. Cara kerjanya juga terbilang mudah karena hanya dengan menggesek atau menempel kartu tersebut pada sebuah mesin kehadiran yang disediakan. Sayangnya sistem ini masih ada celahnya karena bisa saja bukan pemilik kartu yang mempresensikan alhasil suatu kehadiran pun dapat dipalsukan.
  3. Sistem sandi atau password
    Ada lagi sebuah sistem kehadiran yang dinamakan sistem sandi atau password. Sistem ini dinilai tidak cukup familiar ketimbang sistem fingerprint dan sistem kartu. Sistem kerjanya yaitu setiap orang harus memiliki password atau sandi yang berbeda-beda. Untuk cara penggunaannya, pemilik hanya perlu memasukkan sandi mereka untuk mencatat sebuah kehadiran. Sayangnya sistem ini juga memiliki kekurangan yang cukup fatal seperti sistem kartu tadi, masalahnya pemilik bisa memberikan akses kehadiran ke orang lain hanya dengan membagikan password miliknya.
  4. Sistem Absesni Online 
    Semakin canggihnya teknologi dalam dunia presensi modern, maka terciptalah suatu inovasi dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan dari generasi sebelumnya. Terciptalah sebuah solusi yang kini biasa disebut sistem presensi online agar mempermudah pekerjaan dan mempercepat proses kehadiran. Ardata Media menghadirkan solusi bagi Anda yang ingin menggunakan sistem presensi online karena kami memiliki jasa pembuatan sistem presensi online. Dengan sistem ini, karyawan maupun para pelajar bisa memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan presensi kehadiran secara online lewat gadget mereka. Nantinya data kehadiran tersebut disimpan di sebuah cloud database agar sewaktu-waktu bisa diakses jika dibutuhkan. Sistem presensi secara online ini cocok juga untuk mereka yang sedang menerapkan WFH atau work from home baik karyawan maupun pelajar. Tidak usah khawatir dengan sistem yang kami buat karena jasa pembuatan sistem presensi online dari Ardata Media terjamin keamanannya. Sistem presensi online juga memiliki banyak keunggulan yang akan dibahas ini bawah ini.

 

Keunggulan sistem absensi online Ardata Media

Setelah sedikit dijelaskan mengenai keunggulan presensi online di atas, sistem presensi online ini memiliki jawaban dari persoalan yang sering muncul di dunia digital mengenai sistem presensi yang efektif digunakan. Melalui sistem ini, Anda bisa merasakan berbagai keunggulan yang akan dijelaskan lebih detail lagi melalui ulasan di bawah ini.

  1. Sistem yang mudah untuk digunakan 
    Seseorang yang hendak melakukan presensi tidak perlu lagi mengantri seperti pada sistem fingerprint karena itu semua bisa dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun sesuai dengan ketentuan radius yang telah diatur oleh pihak terkaitnya. Tentunya jasa pembuatan sistem presensi online Ardata Media juga dilengkapi dengan gps untuk memudahkan posisi seseorang yang sedang presensi. Ini berguna juga untuk memantau dimana lokasi karyawan atau pelajar saat sedang melakukan presensi.
  2. Verifikasi & Keamanan data terjamin
    Dengan sistem yang berlaku pada presensi online, meminimalkan sebuah kekeliruan dalam sebuah verifikasi data seseorang dalam kehadiran, juga mempermudah pekerjaan saat pengecekan kehadiran. Data kehadiran otomatis masuk ke server saat setelah seseorang melakukan presensi online. Jika sudah terverifikasi secara otomatis maka tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk memverifikasi secara manual dan satu-persatu, itu mungkin dapat memakan waktu yang tidak sedikit yang seharusnya bisa dilakukan untuk pekerjaan yang lain.
  3. Efisien dan menghemat budget
    Mengelola presensi secara manual tentunya akan menambah waktu dalam bekerja, hal ini sangat disayangkan karena harusnya waktu itu bisa terpakai untuk pekerjaan yang lainnya. Presensi online juga salah satu cara agar menghemat budget karena bentuknya bukanlah fisik seperti sistem fingerprint melainkan sistem yang berjalan pada internet. Penerapan presensi online ini tentu akan meningkatkan efektifitas sebuah instansi, maka dari itu tunggu apalagi ayo segera gunakan presensi online dari jasa pembuatan sistem presensi online dari Ardata Media.

Sebagai solusi dari permasalahan presensi yang ada di era digital saat ini, presensi online bisa menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain banyak keunggulan dari presensi online dan juga minimnya resiko yang ditimbulkan menjadikan presensi online ini salah satu sistem presensi yang efektif.

Demikianlah ulasan mengenai sistem presensi online, jika Anda tertarik untuk eksplor lebih jauh, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami untuk solusi jasa pembuatan sistem presensi online dari Ardata Media.

Continue Reading