Saat ini aplikasi marketplace memang sedang digandrungi banyak orang. Teknologi yang kian berkembang membuat belanja menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai macam platform jual-beli online. Salah satunya adalah aplikasi shopee yang saat ini menjadi aplikasi e commerce terbanyak digunakan oleh orang Indonesia. Saat ini Shopee telah menyediakan fitur Iklanku yang dapat membantu seller dalam promosi produk. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara setting Iklanku Shopee.

Jika Anda adalah salah satu pelaku bisnis yang menawarkan produk di aplikasi Shopee wajib mengetahui strategi jitu berjualan di Shopee. Setiap penjual pasti menghendaki penjualannya lancar dan optimal. Namun rupanya masih banyak penjual di Shopee yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk mengoptimasi akun shopee-nya agar penjualan mereka lebih maksimal.  

Toko online Anda perlu mendapat respon positif sekaligus menarik banyak minat pembeli untuk membeli produk bisnis Anda. Berikut ini akan saya tunjukan bagaimana cara optimasi dan cara setting iklanku di Shopee yang benar supaya Anda mendapat banyak penjualan.

Menggunakan Fitur Iklanku

Shopee memiliki fitur advertisement yang bisa digunakan untuk membuat toko dan produk Anda dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Fitur ini dapat bermanfaat untuk eksposure produk agar cepat naik dan menampilkan rekomendasi produk di pencarian barang yang pernah dilakukan pembeli. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui cara setting iklanku Shopee. Fitur ini bisa dengan mudah Anda gunakan dengan melakukan pembayaran terhadap Shopee untuk pengaktifan iklan.   

Berikut ini cara setting iklanku Shopee yang Benar supaya banyak penjualan yang bisa Anda peroleh:

  • Silahkan Anda Login ke Seller Centre.
  • Klik Iklan Shopee untuk memulai memasang iklan.
  • Klik Iklan Kata Kunci di bagian pojok kiri atas halaman Shopee. Lalu, klik +Iklan Kata Kunci Baru di bagian kanan bawah halaman Shopee.
  • Pilih Produk apa saja yang akan dipromosikan, Lalu klik Konfirmasi.
  • Tentukan Modal (Tanpa Batas dan Tentukan Modal) dan Periode (Tanpa Batas Waktu dan Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai) untuk Iklan Anda. 
  • Atur Kata untuk pencarian sesuai dengan produk Anda. Ada 2 tipe pengaturan kata pencarian, yakni pilihan otomatis dan pilihan manual. 

Jika Anda memilih Pilihan Otomatis, maka sistem Shopee akan mengatur dan mengoptimalkan kata pencarian. Jika Anda tidak yakin memilih kata untuk pencarian, Anda bisa menggunakan Pilihan Otomatis untuk mengatur dan mengelola iklan dengan upaya yang minimal.

Pilihan Manual bisa Anda gunakan untuk mengatur kata pencarian sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Caranya klik +Tambah Rekomendasi Kata Pencarian. Shopee akan otomatis memberikan kata kunci untuk pencarian yang relevan dengan produk Anda berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari dalam jangka waktu 30 hari terakhir. Jika Anda tidak ingin kata pencarian rekomendasi Shopee, Anda bisa klik icon Tong Sampah di paling kiri. 

Setelah Anda sudah menentukan Kata pencarian, atur biaya per klik serta tipe pencocokannya. Jika Anda ingin menambahkan kata pencarian lain lagi, klik  +Tambah Kata pencarian  di bagian pojok kanan atas. Anda bisa menggunakan kolom pencarian kata kunci untuk mencari kata pencarian yang diinginkan. Klik  Tambah untuk menambah kata pencarian baru. 

  • Untuk mengubah pengaturan iklan menjadi massal, Anda perlu dicentang kata pencarian dan klik Ubah Biaya Iklan Massal > Ubah Tipe Pencocokan Massal atau Hapus Massal > Klik Aktifkan Iklan. 
  • Anda dapat membuat iklan selain dari menu Promosi Saya. Anda dapat beriklan melalui halaman Produk Saya dengan cara: Log in ke Seller Centre > klik Produk Saya > Klik Lainnya > Atur Iklan Kata Kunci untuk mengatur kata kunci pada iklan.

Nah, itulah cara setting iklanku Shopee untuk Anda yang ingin mengaktifkannya.

Memberi Harga yang Menarik

Cara Setting Iklanku Shopee

Anda perlu mempertimbangkan penetapan harga produk yang akan Anda tampilkan di toko online Shopee Anda. Asalnya pembeli memiliki selera dan caranya masih-masih untuk memilih produk berdasarkan harga yang ditawarkan. Itu lah sebabnya Anda tidak boleh ragu menentukan harga jual untuk bersaing dan kompetitif dengan toko lain yang hampir memiliki kesamaan produk. 

Anda bisa menambah pengetahuan tentang barang yang dijual dengan melihat referensi harga barang yang beredar di pasaran. Untuk memperoleh gambaran harga tersebut, Anda memang perlu riset agar tidak gegabah memasah harga untuk produk Anda. Perlu Anda ketahui, jangan asang harga yang terlalu mahal, sebab pembeli akan berpikir berulang kali untuk memilih produk Anda untuk di beli. 

Variasi Produk

Memperbanyak variasi produk yang Anda jual di Shopee dapat menjadi cara optimasi Shopee Anda untuk meningkatkan penjualan. Variasi barang di toko online Anda akan membuat pembeli memiliki banyak pilihan dan mencegah mereka untuk melirik dan pindah ke toko lain. Lengkapi variasi produk yang Anda punya misalnya dari segi ukuran dan warna produk. 

Apabila Anda memiliki banyak variasi produk, hal tersebut akan membuat kesempatan pembeli untuk berbelanja di toko Anda semakin besar. Karena Anda memiliki variasi produk yang lengkap, pembeli akan menemukan produk sesuai dengan apa yang mereka mau.

Menggunakan Foto Produk yang Berbeda

Cara Setting Iklanku Shopee

Dalam satu ecommerce ini Anda akan bersaing dengan berbagai penjual. Mulai dari penjual asli, reseller, sampai dropship. Itu lah sebabnya Anda harus kreatif menggunakan foto produk. Hindari penggunaan foto produk yang sama . Anda bisa mengambil foto sendiri untuk memberi kesan berbeda kepada calon customer.  Kreasikan foto produk sebagus dan sejelas mungkin.

Ambil foto produk dengan kualitas dan resolusi yang baik. Anda bisa memberi watermark pada foto produk Anda agar tidak dicuri atau digunakan oleh toko online lainnya. 

Gunakan Promo

Cara Setting Iklanku Shopee

Cara optimasi shopee Anda berikutnya adalah penggunaan fiur promo yang disediakan Shopee. Penggunaan fitur ini dapat menjadi strategi marketing Anda untuk menarik pembeli agar membeli produk Anda. Promo yang bisa Anda gunakan dapat berupa potongan harga atau pemberian voucher toko. 

Ada 4 fitur promo di Shopee yang bisa Anda gunakan sebagai penjual. Pertama, Iklanku untuk mengiklankan toko, promo, dan produk yang Anda akan jual. Kedua, promo toko mandiri yang dibuat penjual. Ketiga, promo yang Anda buat saat Shoppe membuat event misalnya dengan memberi voucher toko kepada pelanggan. 

Menggunakan SEO pada Shopee

cara setting iklanku shopee

Anda juga bisa menggunakan SEO di Shopee sama halnya dengan SEO yang ada pada tulisan di situs atau website. SEO ini dapat mengoptimasi penjualan Anda. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan SEO Shopee adalah membuat konten dengan struktur tulisan yang baik, unik, informatif, dan relevan dengan kata kunci pencarian yang tepat. 

Cara mengoptimalkan penggunaan SEO Shopee, Anda bisa melakukan cara berikut ini agar toko online Anda mudah ditemukan calon customer saat melakukan pencarian produk. 

+ Perbarui Deskripsi Toko

cara setting iklanku shopee

Buat deskripsi toko sejelas dan sedetail mungkin untuk mempermudah calon customer Anda memahami produk yang Anda jual. Berikan deskripsi toko dengan kalimat online shop dan memasukan nama tempat untuk memberi spesifikasi yang akurat di pencarian. 

Berikan keterangan terkait waktu Anda aktif (buka) atau tidak (tutup/libur). Lengkapi informasi promo atau diskon yang sedang Anda berikan.  Selain itu Anda bisa memberikan gambar atau video yang menarik untuk penjualan produk Anda. 

+ Tampilan Toko di Media Sosial

cara setting iklanku shopee

Media sosial perlu Anda gunakan untuk memaksimalkan promosi produk Anda. Anda perlu memposting beberapa konten agar menarik banyak calon customer untuk melirik produk Anda. Disinilah saatnya Anda bisa mencantumkan link yang bisa langsung menuju ke situs e commerce Anda di Shopee. Promosi produk Anda akan semakin maksimal jika media sosial Anda juga terus update dan terus diperbarui. 

+ Optimalkan Halaman Toko

cara setting iklanku shopee

Untuk optimasi SEO di Shopee, Anda bisa lakukan melalui halaman toko. Cara mengoptimalkan halaman toko, usahakan jangan mengunggah produk yang serupa atau sama agar tidak terdeteksi spam oleh mesin pencarian Shopee. Akibatnya, Shopee akan mengenali toko Anda adalah toko duplikat. 

Update selalu produk yang Anda tawarkan. Beri nama produk Anda dengan jelas, usahakan nama tidak lebih dari 100 karakter. Deskripsi produk juga perlu Anda buat sejelas mungkin dan menarik, usahakan tidak lebih dari 400 kata dan gunakan 1-2 kata kunci saja. 

Lakukan Push pada Produk

cara setting iklanku shopee

Fitur push atau Sundul di Shopee ini bisa Anda gunakan untuk membuat produk mendapat peringkat pertama ada pencarian kata kunci untuk pembeli.  Fitur ini tersedia gratis di Shopee dan sudah terbukti ampuh dapat meningkatkan penjualan produk. Fitur ini akan menampilkan produk Anda berada hanya di baris kedua di katalog pencarian Shopee. Produk Anda hanya akan ditampilkan di produk pencarian dengan kata kunci yang terkait. Fitur ini akan memberlakukan waktu selama 5 jam untuk 5 produk. 

Jika Anda melakukannya dengan konsisten, maka produk Anda akan lebih sering muncul di pencarian katalog Shopee. Meskipun cara ini sudah banyak dilakukan oleh penjual di Shopee, namun Anda harus tetap mencoba cara ini untuk meningkatkan optimasi produk Anda sampai dibeli oleh customer.    

Nah itu lah beberapa cara setting iklanku Shopee yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi toko Anda agar bisa mendapat banyak penjualan. Strategi ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan responsibilitas target audience Anda dan membuat orderan Anda semakin lancar dan lebih cepat. Selamat mencoba.

Subscribe

Beritau saya jika ada artikel terbaru

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Continue Reading