January 6, 2023

SEO Tiktok, Cara Efektif Tingkatkan Penjualan Tiktok Shop

TikTiok Shop SEO

Tahukah Anda? Ketika TikTok pertama kali muncul dan terkenal, TikTok dianggap sebagai platform media sosial yang berfokus pada konten video hiburan saja. Namun, dengan seiringnya waktu, sekarang ini banyak orang yang menggunakan TikTok untuk mencari informasi yang berguna.

Selain mencari informasi, sekarang ini juga banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi TikTok untuk berjualan. Salah satu fitur yang dikembangkan oleh TikTok untuk berjualan tersebut dinamakan dengan TikTok Shop yang mana berguna untuk menjualkan produk secara online.

Maka dari itu, tidak heran jika SEO TikTok memiliki hubungan penting dalam meningkatkan visibilitas produk di TikTok Shop.

Jika Anda seorang pebisnis, sebaiknya Anda memperhatikan apa itu TikTok SEO (Search Engine Optimization) untuk menempatkan konten Anda di bagian atas hasil pencarian TikTok. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut lagi, tahukah Anda apa itu yang dimaksud dengan SEO, berikut adalah penjelasan secara singkat.

 

Apa Itu SEO?

Secara pembahasan umum, SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu proses pengoptimalan agar dapat meningkatkan jangkauan website pada mesin pencarian. SEO sendiri tentu memiliki teknik khusus dalam pelaksanaannya.

Dengan menggunakan teknik-teknik SEO yang tepat, website yang dioptimalkan dapat berada di halaman pertama hasil pencarian seperti Google, sehingga akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna. SEO sendiri juga berguna untuk meningkatkan trafik website secara organik hingga dapat meningkatkan konversi dari penjualan.

Namun, pada pembahasan kali ini SEO yang dimaksud bukan mengenai website pada mesin pencarian. Namun, SEO TikTok dalam meningkatkan tingkat penjualan di TikTok Shop.

 

Apa yang Dimaksud SEO dalam TikTok?

SEO dalam TikTok yang dimaksud ini adalah proses mengoptimalkan konten TikTok yang telah dibuat agar mudah untuk ditemukan oleh para pengguna aplikasi.

Dengan melakukan SEO TikTok, konten yang diunggah akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait topik yang Anda bahas di konten tersebut. Dengan demikian, konten tersebut akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dilihat oleh banyak orang.

Setelah dilakukan beberapa riset, dapat dihasilkan jika sebagian besar kaum muda akan menggunakan TikTok daripada Google untuk mencari dan menemukan informasi. Hal ini tentu harus disesuaikan juga terkait konten yang Anda tampilkan dengan target pasar yang ingin dicapai.

Maka dari itu pentingnya Anda memahami secara mendalam mengenai SEO TikTok dan Bagaimana cara pemanfaatannya dengan TikTok Shop. Sebelum mengetahuinya berikut adalah penjelasan singkat mengenai TikTok Shop.

 

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur yang disediakan oleh TikTok yang memungkinkan pelaku bisnis untuk menjualkan produknya secara online dengan jangkauan yang lebih luas melalui aplikasi TikTok.

TikTok Shop menyediakan platform yang mudah digunakan bagi pelaku bisnis untuk membagikan konten video yang menampilkan produk atau layanan mereka, serta menyediakan tautan ke situs web atau toko online mereka agar orang dapat dengan mudah membeli produk tersebut.

Dengan TikTok Shop, pelaku bisnis dapat meningkatkan visibilitas dan mencapai lebih banyak pelanggan potensial melalui aplikasi TikTok yang populer.

 

Seberapa Penting SEO TikTok dalam TikTok Shop?

Seperti yang kita ketahui jika TikTok adalah aplikasi yang sekarang ini sedang sangat populer bagi para pengguna media sosial. Bahkan aplikasi ini telah mencapai 1,46 miliar pengguna aktif bulanan yang ada di dunia.

Bagi seorang pengguna biasa tentu SEO TikTok tidaklah sepenting itu dalam mengoptimalkan konten. Namun apabila Anda seorang pebisnis online tentu SEO TikTok sangatlah penting karena mampu membantu meningkatkan penjualan aplikasi TikTok Shop dan membantu meningkatkan jumlah followers yang Anda miliki.

Berikut ini adalah alasan mengapa SEO TikTok itu penting:

  1. Meningkatkan Visibilitas Konten

    Dengan SEO TikTok, konten Anda dapat menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  2. Meningkatkan Jumlah Followers

    Selain itu, jika konten Anda mudah ditemukan oleh pengguna TikTok, maka kemungkinan jika akun Anda untuk mendapatkan followers baru.

  3. Membantu dalam Pemasaran Produk atau Jasa

    Jika jumlah followers Anda meningkat, maka pengguna akan lebih mempercayai akun Anda dan dapat membantu meningkatkan kepercayaan hingga meningkatkan produk Anda perjual belikan.

 

Tips Meningkatkan Penjualan untuk TikTok Shop

Aplikasi TikTok sekarang ini telah tersedia fitur TikTok shop yang membantu para pebisnis untuk memasarkan produknya secara lebih luas, berikut ini adalah langkah yang dapat diambil dalam melakukan optimasi penjualan produk.

 

  1. Riset Judul Produk Sesuai dengan Apa yang Banyak Dicari

    Untuk melakukan riset judul produk, pastikan Anda mencari dan menerapkan beberapa kata kunci yang relevan dengan yang paling banyak dicari oleh orang. Untuk mencarinya, Anda dapat menggunakan tools Google Trends. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    - Buka situs Google Trends di web browser Anda.Pada kolom pencarian, masukkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda riset. Jika Anda ingin mencari lebih dari satu kata kunci, pisahkan dengan tanda koma.TikTiok Shop Riset Judul Google Trends

    - Pilih negara atau wilayah yang ingin Anda riset. Anda juga dapat memilih kategori tertentu, seperti "Mainan" atau "Semua Kategori", untuk menyaring hasil pencarian.
    TikTiok Shop Riset Judul Grafik
    - Klik tombol "Enter" untuk memuat grafik popularitas kata kunci.
    - Lihat grafik yang ditampilkan untuk mengetahui tren popularitas kata kunci tersebut. Anda juga dapat menggunakan fitur filter untuk menyesuaikan tanggal, jenis perangkat, atau sumber data lainnya.
    TikTiok Shop Hasil Grafik
    - Gunakan hasil riset ini untuk membantu Anda memilih judul produk yang sesuai dengan apa yang banyak orang cari di TikTok Shop.
    - Pastikan judul produk yang Anda pilih menggambarkan dengan tepat apa yang Anda tawarkan, dan cukup menarik untuk membuat orang ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda.

  2. Optimasi Judul Produk Secara Tepat Agar Terlihat

    TikTiok Shop Optimasi Jumlah Kata Dalam Judul

    Setelah melakukan riset judul produk, Anda dapat menentukan judul produk apa yang ingin dimasukan melalui hasil riset google trends tersebut. Pastikan juga jika nama produk tersebut dapat ditampilkan secara menyeluruh pada tampilan katalog.

    Tiktok shop sendiri memberikan jumlah 34 karakter untuk yang ditampilkan pada tampilan utama katalog. Jadi pastikan 34 karakter utama tersebut harus menyangkut keterangan produk yang jelas agar nantinya pembeli tidak merasa kebingungan.

  3. Pilih Foto Produk yang Jelas, Menonjol, dan Eye Catching.

    TikTiok Shop Gambar Produk
    Selain mengoptimasi judul produk, Anda juga diharuskan untuk menampilkan foto katalog yang menarik bagi calon pembeli. Pasalnya katalog produk merupakan hal yang dilihat oleh pembeli pertama kalinya. Maka dari itu pastikan foto tersebut jelas, menonjol dan juga eye catching.

    Selain itu Anda juga perlu memastikan jika foto yang Anda tampilkan berbeda dari para kompetitor lainnya. Hal ini dilakukan agar produk Anda tampil berbeda dan menonjol dari yang lainnya. Pastikan juga produk Anda merupakan foto real yang mana dapat meningkatkan rasa kepercayaan terhadap akun Anda.

  4. Cantumkan Link Pada Bagian Bio TikTok

    TikTiok Shop Link Bio
    Selain memaksimalkan katalog produk, Anda juga harus mengoptimasi tampilan akun. TikTok sendiri menyediakan fitur bio pada akun profil. Sehingga hal ini dapat Anda manfaatkan dengan memberi deskripsi terkait penjelasan toko atau perusahaan.

    Selain itu Anda juga bisa mencantumkan link toko pada bagian bio. Pastikan link tersebut sudah benar karena pada bio hanya dapat mencantumkan satu link saja.

  5. Tautkan Katalog Produk Pada Video Konten Atau Live

    TikTiok Shop Link Live

    Aplikasi TikTok tentunya memiliki fitur video serta fitur live. Hal ini memungkinkan Anda untuk memberikan produk pada konten video atau pada video live. Sehingga jika pengguna melihat konten atau live Anda dan berminat, mereka dapat langsung membelinya dengan link yang dicantumkan tersebut.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

January 27, 2024
Buka usaha frozen food, Berapa Modalnya?

Memulai usaha di industri frozen food, seperti membuka usaha makanan beku, merupakan langkah yang menarik […]

Read More
January 27, 2024
Buka Bisnis Laundry, Butuh Modal Berapa?

Dalam menghadapi tuntutan gaya hidup yang semakin sibuk dan tingginya mobilitas di era modern, bisnis […]

Read More
January 26, 2024
Buka Bisnis Coffee Shop, Butuh Modal Berapa?

Coffe shop, dengan aroma kopi yang menggoda dan suasana yang nyaman, telah menjadi daya tarik […]

Read More
1 2 3 37

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram