April 9, 2023

SEO Specialist : Pengertian, Cara Menjadi SEO Specialist, Job Desk, Hingga Gaji

Future Image - SEO Specialist

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas jobdesc, gaji, cara menjadi SEO specialist dan tips-tipsnya. Sebagai akibat dari perkembangan teknologi, saat ini semakin banyak profesi yang mengandalkan internet, salah satunya adalah SEO specialist. Bagi Anda yang bekerja di sektor teknologi atau perusahaan yang menggunakan internet sebagai media promosinya, mungkin sudah familiar dengan profesi ini. Berikut akan kami perkenalkan tugas-tugas, gaji, dan cara menjadi seorang SEO specialist, simak!

 

Apa itu SEO Specialist?

Mengenal Apa Itu SEO Specialist

SEO specialist berasal dari kata SEO atau search engine optimization, artinya optimasi mesin pencarian agar sebuah website bisa muncul di rank pertama atau page one dari SERP. Tugas dari seorang SEO specialist pada intinya adalah menyusun strategi agar sebuah postingan di website bisa meraih organic traffic. Dengan mendapatkan organic traffic, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak leads atau menjangkau lebih banyak audience. Sehingga, SEO specialist turut meningkatkan jumlah penjualan produk atau layanan dari sebuah perusahaan.

Seorang SEO specialist biasanya akan melakukan keyword research untuk melihat keyword yang berpotensi untuk meningkatkan visibilitas sebuah website melalui tools SEO. Bersama dengan tim content writer, tim marketing, dan tim design, SEO specialist akan menyusun strategi untuk meningkatkan user engagement dan traffic dari sebuah website.

 

Jobdesc SEO Specialist

Dikutip dari laman RevoU dan Prospects UK, berikut adalah beberapa jobdesk dari SEO specialist yang biasanya berbeda-beda di tiap perusahaan.

  • Membuat strategi SEO untuk meningkatkan ranking website.
  • Melakukan keyword research.
  • Menyusun tujuan dan goals untuk melakukan monitoring performa dan perkembangan konten website.
  • Menyesuaikan strategi dengan algoritma yang berubah-ubah pada search engine.
  • Menggunakan strategi content marketing, yaitu menulis dan membuat konten untuk website.
  • Untuk di beberapa perusahaan, mengharuskan SEO specialist untuk bisa program di HTML, CSS, dan Javascript untuk memastikan website mudah dan bisa diakses dengan baik.
  • Menyebarkan konten untuk mendapatkan lebih banyak backlink.
  • Memberikan rekomendasi kepada developer website.
  • Menjalankan PPC campaign untuk menambah pendapatan lewat iklan online.
  • Secara berkala melacak search terms, ranking, dan analytics untuk mengetahui performa website.
  • Memperbaharui konten dan link website agar optimasi lebih maksimal dan ranking di SERP meningkat.

 

Cara Menjadi SEO Specialist

Berikut adalah langkah yang dapat diambil untuk menjadi SEO Specialist :

  1. Mengembangkan Skill

    Menjadi SEO specialist membutuhkan dua skill utama, yaitu skill membuat konten dan analisa yang kuat. Orang yang profesional di bidang SEO adalah para penulis dengan jiwa kreatif, karena profesi SEO mengharuskan seseorang untuk mempunyai background menulis kreatif agar konten bisa dioptimasi berdasarkan Google dan target audiens.

    Caranya adalah dengan mencoba baca sedikit tentang SEO, atau sesimpel membaca postingan blog untuk memahami struktur dan gaya penulisan dari artikel SEO. Kuasai berbagai macam topik agar penulisan menjadi lebih fleksibel dan tidak berpaku kepada satu topik saja.

    Tidak hanya soal penulisan, otak harus bisa memahami aspek-aspek lain seperti kecepatan dari sebuah website, desain website, kenyamanan saat membaca konten tersebut dan masih banyak lagi. Jadi, cobalah untuk menulis, memahami topik, dan memahami aspek-aspek yang ada di website.

  2. Ambil Kursus dan Sertifikat

    Mengambil kursus dan sertifikat akan menambah kredibilitas Anda untuk bekerja di sektor SEO. Karena Anda akan dibimbing dari awal untuk bisa berkembang menjadi orang dengan profesi di bidang SEO. Saat, ini di Indonesia sudah banyak sekali kursus SEO yang tersedia. Jika, belum mempunyai cukup uang, Anda juga bisa melihat video-video dari Youtube untuk topik-topik seputar SEO.

  3. Memahami Cara Kerja Search Engine dan Indeks Konten

    Tujuan dari SEO adalah memahami cara kerja search engine dan indeks konten agar visibilitas sebuah website dapat meningkat. Search engine punya tiga fungsi utama, yaitu crawl, index, dan ranking. Yang terpenting adalah crawl, kemudian index dan terakhir adalah ranking.

    Dikutip dari laman Hubspot, menjadi seorang yang profesional dalam bidang SEO artinya harus paham tentang fungsi dan cara kerja dari optimasi konten untuk melayani pengunjung.

  4. Memperoleh Perspektif Pentingnya Search Engine

    Tanamkan dalam pikiran bahwa selalu incar hasil terbaik dari setiap strategi. SEO harus memiliki nilai-nilai seperti relevansi, kredibilitas, kepercayaan, dan pengalaman positif untuk bisa mendapat hasil yang terbaik.

    Semakin Anda mengerti beberapa nilai tersebut, makin baik dan efektif strategi yang akan Anda buat untuk meraih target dan tujuan dari SEO.

  5. Memahami Strategi SEO dan Taktiknya

    Ada beberapa strategi SEO yang perlu dipelajari, yaitu; technical SEO, riset keyword atau kata kunci, on-page SEO, link building, dan kualitas website. Pahami bahwa setiap strategi SEO akan menentukan karir kedepannya, apakah Anda akan menjadi SEO generalist atau SEO specialist. Karena, beberapa strategi di atas punya dasar ilmu yang berbeda.

  6. Perdalam Materi SEO

    Selalu update dengan materi SEO dan perubahan industri, jadi Anda tidak menggunakan teknik optimasi yang sudah kuno. Pasalnya, SEO selalu berubah tergantung algoritma dari search engine.

    Kami sarankan untuk membaca blog-blog atau ikut komunitas seputar SEO yang saat ini sudah banyak di Indonesia. Karena dari sana, Anda bisa belajar dari para ahli dan orang yang sudah berpengalaman.

  7. Temukan Metode dan Tools yang Cocok

    Metode dan tools SEO akan menjadi pondasi dari pekerjaan sehari-hari. Misalnya untuk riset keyword, Anda perlu menggunakan beberapa tools tertentu untuk melihat kualitas keyword.

    Selain itu Anda juga bisa gunakan SEMrush dan Hubspot untuk melihat insight-insight lainnya. Tidak semua orang cocok dengan tools yang ada, maka cari yang paling nyaman untuk Anda pakai.

  8. Buat Diri Lebih Familiar dengan Data

    Saat terjun ke dunia SEO, Anda akan berurusan dengan banyak data yang akan mengukur performa dan seberapa efektif strategi SEO Anda.

    Matriks SEO yang penting adalah; positioning website, impression, jumlah klik, CTR atau hasil dari klik, dan organic session yang merupakan jumlah view laman di browser. Karena masing-masing dari matriks tersebut mengukur data yang berbeda, maka pahami fungsi dari masing-masing matriks tersebut agar strategi SEO bisa lebih maksimal.

  9. Test Pengetahuan SEO

    Jika sudah paham tentang teori, tentu harus diimplementasikan ke pekerjaan nyata atau praktek langsung. Tidak perlu langsung untuk membuat website, cobalah jawab quiz-quiz seputar SEO terlebih dahulu. Pengetahuan Anda juga bisa diuji lewat mendaftar-daftar freelance atau intern agar skill lebih matang.

    Dengan praktek langsung, tentu Anda akan memahami hubungan sebab-akibat dari metode yang dijalankan, seiring waktu pengalaman Anda akan bertambah begitu juga dengan skill Anda.

  10. Kembangkan Koneksi

    Terakhir, adalah mengembangkan koneksi untuk memperoleh ilmu baru dan kredibilitas di dunia SEO. Lebih baiknya lagi, Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan tambahan lewat koneksi.

    Ada banyak sekali forum dan grup Linkedin yang bisa Anda ikuti, mereka juga menyediakan webinar-webinar seputar SEO.

    Karena, untuk menjadi seorang SEO specialist tidak bisa hanya sekadar paham dan mengerti, namun Anda juga perlu berkembang dan beradaptasi terhadap perubahan.

 

Gaji SEO Specialist

Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh orang-orang, karena sudah banyak profesi seputar SEO yang ada di Indonesia seiring berkembangnya industri digital.

Lantas berapakah gaji seorang SEO specialist? Berikut informasi yang kami rangkum dari beberapa website luar negeri dan Indonesia.

Gaji SEO Specialist di Luar Negeri (Pertahun)

  • Untuk entry level atau trainee, SEO specialist digaji sebesar £18,000 pertahun atau sekitar Rp. 274.000.000 dan di agensi sekitar £28,000 atau Rp. 426.000.000.
  • Expert SEO Specialist di posisi eksekutif dan manajemen bisa mencapai £25,000 - £36,000.
  • Untuk posisi director in-house di perusahaan top, gaji SEO expert specialist berkisar £47,000 - £130,000.
    Gaji SEO Specialist di Indonesia (Jakarta)

Gaji SEO Specialist di Indonesia (Pertahun)

  • Untuk level fresh graduate atau entry level sekitar 4 - 7 juta rupiah perbulan.
  • SEO specialist tingkat lanjut, bisa menjadi analyst dan gajinya sekitar 5-15 juta rupiah perbulan.
  • Untuk tingkat SEO manager di perusahaan top, gaji berkisar 12 juta - 35 juta perbulan.
  • Terakhir adalah tingkatan SEO director, gajinya berkisar 17 juta - 40 juta perbulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar jobdesk, gaji, dan cara menjadi SEO specialist. Semoga informasi kami dapat membantu Anda untuk meraih cita-cita menjadi orang yang berprofesi di bidang SEO.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
November 7, 2023
Apa Itu Backlink PBN, Ciri Web PBN Yang Bagus

Backlink PBN (Private Blog Network) adalah praktik yang umum digunakan dalam dunia SEO. Backlink PBN […]

Read More
1 2 3 23

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram