Sebagai mesin pencarian terbesar ke-2 di dunia, Youtube menjadi aplikasi yang sangat berpotensi saat ini dengan lebih dari satu miliar jam video ditonton setiap hari. Dari besarnya jumlah pengguna tersebut, kira-kira apa yang paling dicari orang? Mungkin itu lah pertanyaan di benak Anda yang ingin membuat konten di Youtube. Hal yang perlu Anda lakukan adalah riset keyword youtube.

 

Apa Itu Riset Keyword Youtube?

Riset Keyword Youtube adalah teknik untuk menemukan kata kunci yang tepat dari banyaknya pencarian yang dilakukan oleh penonton video youtube.

Kata kunci inilah yang menjadi jawaban bagaimana orang akan lebih mudah menemukan video Anda. Sayangnya tidak ada riset keyword resmi untuk Youtube seperti halnya yang ada di Google. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tools bagus yang akan membantu Anda meriset keyword yang tepat untuk Youtube.

Tools Untuk Riset Keyword Youtube

Di bawah ini akan saya bahas bagaimana cara kerja tools tersebut dan bagaimana cara menggunakannya.

 

TubeBuddy

riset keyword youtube

TubeBuddy merupakan ekstensi browser premium untuk chrome. TubeBuddy akan menambahkan sidebar ke UI Youtube dengan kata kunci tambahan. Pada hasil pencarian, Anda akan melihat overlay “Search Explore” yang menunjukan taksiran volume penelusuran secara global, persaingan, dan skor keseluruhan kata kunci dari angka 100. Skor tersebut akan memberitahu Anda seberapa baik sebuah kata kunci itu ditargetkan berdasarkan volume penelusuran dan persaingan. 

Perlu Anda ketahui bahwa TubeBuddy tidak menjelaskan bagaimana mereka mengukur persaingan. Mereka akan menemukan perkiraan volume pencarian Anda yang sering kali terlalu berlebihan.  TubeBuddy secara konsisten memberi peringkat di posisi 1-2 untuk “SEO” di Youtube—kata kunci yang mereka tampilkan adalah volume penelusuran sebesar 7,12 juta penelusuran pe bulan. 

Anda juga akan melihat statistik kata kunci yang memberi Anda tampilan dengan tingkat tinggi dari hasil pencarian tersebut. 

Berikut ini akan muncul tampilan daftar pencarian terkait dengan tag yang paling sering digunakan dari video-vedio peringkat teratas.

  Hal ini berguna untuk menemukan kata kunci panjang unuk mengoptimalkan video Anda, atau bahkan untuk menemukan beberapa topik lain yang kurang kompetitif dan belum Anda pertimbangkan. Sayangnya jika Anda adalah engguna gratis maka akan terbatas pada tiga hasil saja. 

Pada halaman video, Anda akan melihat overlay “videolytics” yang menunjukan sekumpulan statistik tentang video dan publisher (contohnya pembagian sosial di jejaring sosial utama, jumlah video di saluran, dll).

 

Tampilan di atas tersebut memberitahu Anda jika pengunggahan telah mengikuti “praktik pengoptimalan terbaik” dan mengambil daftar lengkap tag video. Anda dapat menyalin dan menyimpan ag tersebut ke daftar dengan beberapa link. Daftar tag akan dihapus secara otomatis, jadi Anda tidak dapat bisa menempel duplikat daftar tag. Perlu Anda ingat bahwa TubeBuddy menyatakan tag saat Anda mengunggah video. 

Selain tag, ada pula fitur TubeBuddy yang berguna seperti pelacak peringkat. Dalam fitur ini Anda dapat melacak peringkat Youtube untuk video Anda dan kompetitor Anda. Anda juga bisa menjadwalkan laporan mingguan atau bulanan yang dapat Anda terima dan diunduh. 


vidIQ

VidIQ merupakan ekstensi Chrome freemium lain yang menambahkan data tambahan ke UI YouTube . Fungsi toolsnya hampir mirip dengan TubeBuddy. Dalam hasil pencarian, VidIQ menunjukkan volume pencarian, persaingan, skor keseluruhan kata kunci,  kueri terkait, statistik kata kunci, dan tag dari video dengan peringkat teratas.

VidIQ tidak akan memberitahu Anda rumus persis yang mereka gunakan untuk skor competition. Namun, mereka mengatakan melihat “jumlah total keterlibatan (di YouTube, Reddit, Twitter, Facebook), dengan kecepatan penayangan video itu, dan penayangannya.”

Pada hasil video, statistik pada vidIQ yang Anda lihat hampir sama dengan TubeBuddy. Namun, ada perbedaan kecil yang berguna untuk mengekspor tag video ke CSV dengan sekali klik (tanpa perlu menambahkan ke daftar tag terlebih dahulu).

vidIQ juga menampilkan tag saluran di samping tag video, sedangkan tools TubeBuddy tidak.

Hal ini berguna untuk memahami topik utama yang dicakup saluran dan apakah perlu menganalisis lebih banyak video untuk mencari ide video potensial. vidIQ juga menyarankan tag saat Anda mengupload video.

Fungsi antara vidIQ dan TubeBuddy sangat mirip, jadi pilihan itu bergantung pada preferensi pribadi Anda. Namun ada satu fitur unik yaitu trending videos feature (fitur video yang sedang tren), khususnya untuk saluran. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat video teratas dari saluran pesaing menurut kecepatan penayangan (rata-rata penayangan per jam). Untuk melakukannya, buka halaman channel dan tekan tab “Trending”.

Informasi ini berharga karena video YouTube yang baru dipublikasikan cenderung mendapatkan daya tarik paling besar dalam 48 jam pertama—saat itulah YouTube mempromosikan video tersebut kepada pelanggan. Setelah itu, jika performa video bagus, video tersebut akan dipromosikan ke penonton lain melalui fitur jelajah.

Morning Fame

Morning Fame adalah alat YouTube khusus undangan yang berfokus pada analisis dan penelitian kata kunci. Morning Fame melakukan penelitian kata kunci dengan proses empat langkah. Cara kerjanya setiap kali Anda ingin membuat video baru dan itu dimulai dengan memilih topik. Ada dua cara untuk melakukannya, pertama Anda dapat memasukkan istilah penelusuran yang sesuai dengan topik Anda.

Jika Anda tidak memiliki ide , masukan URL video yang menginspirasi Anda. 

Alat tersebut mengambil daftar ide kata kunci dari video yang serupa dan terkait, lalu membaginya menjadi dua daftar: kata kunci yang baik untuk saluran yang lebih besar dan kata kunci yang baik untuk saluran yang lebih kecil.

Pilih kata kunci untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, Anda akan melihat  Rangking Opportunity Rating berdasarkan volume pencarian kata kunci yang Anda pilih. Fitur ini menyatakan bahwa lebih tinggi lebih baik, namun metrik yang sederhana tidak memperhitungkan variabel lain. 

Fitur ini juga memperkirakan lebih lanjut ranking Opportunity (peluang peringkat) berdasarkan empat statistik saluran Anda saat ini, yakni pelanggan, penayangan, suka & komentar, dan relevansi . Berikut ini tampilan untuk langkah menulis judul, deskripsi, dan menambahkan tag yang relevan ke video Anda.


Ahrefs Keywords Explorer

Di Ahrefs, Anda dapat mencari hampir semua kata kunci dan melihat metrik yang didukung oleh data clickstream, termasuk volume pencarian lokal dan global (untuk hampir setiap negara). Itu artinya, Anda dapat melihat jumlah orang yang menelusuri kueri di YouTube setiap bulan, dan juga jumlahi hasil pencarian tersebut yang menghasilkan klik pada hasil pencarian.

Melihat klik dan volume secara bersamaan dapat memberitahu Anda lebih dari sekadar melihat volume penelusuran secara terpisah.

Tampilan tersebut memberitahu Anda mungkin lebih baik menunjukkan cara membuat palak paneer daripada ramen.

Penjelajah Kata Kunci juga memungkinkan Anda memeriksa metrik SEO hingga 10.000 kata kunci sekaligus. Cukup tempel atau unggah file.

Jika Anda kekurangan ide untuk kata kunci, telusuri kata kunci inti dan periksa salah satu dari lima laporan ide kata kunci.

Selain itu ada filter di semua laporan, jadi  Anda dapat mempersempit ratusan atau ribuan ide dengan cepat dan mudah seperti tampilan berikut ini. 


Google Trends

Google Trends dapat menunjukkan kepada Anda apakah minat pada suatu topik di YouTube meningkat atau menurun dari waktu ke waktu. Misalnya, mari telusuri “jam tangan Apple Watch”, pilih “YouTube search ” dari menu drop-down, setel negara ke Amerika Serikat, dan setel rentang ke tiga tahun terakhir.

Dalam tampilan tersebut tampak bahwa minat terhadap topik ini, di YouTube, perlahan meningkat. Jelas ada lonjakan minat semi-reguler. Jika dianalisis lebih jauh, terlihat bahwa lonjakan itu terjadi pada waktu yang kira-kira sama setiap tahun— yaitu saat Natal.

Kemungkinan lonjakan ini terjadi karena banyak orang mendapatkan hadiah Apple Watch untuk Natal. Setelah itu, mereka membuka YouTube untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya.

Google Trends juga dapat membantu Anda membandingkan popularitas relatif dari dua atau lebih kata kunci. contohnya, jika  membandingkan “cara menggunakan iPhone XS ” dengan “cara menggunakan Galaxy S10 “, terlihat ada lebih banyak penelusuran untuk yang pertama di YouTube daripada yang terakhir.

Ini dapat dijadikan percobaan jika Anda memiliki beberapa ide video dan tidak yakin mana yang harus diprioritaskan. Anda juga dapat menggunakan Trends untuk menemukan topik video baru. Lihat lah bagian kueri terkait. Berikut ini adalah contoh kueri yang mengalami peningkatan dalam penelusuran baru-baru ini di YouTube.


Youtube (Autosuggest)

Anda bisa buka YouTube dan ketik kata kunci apapun ke dalam kotak pencarian, maka akan tampak dropdown seperti di atas. Saran ini didasarkan pada kueri relevan yang pernah ditelusuri orang-orang sebelumnya di YouTube. 

Contohnya, jika saya mengetik “vegetarian”, saya melihat hasil seperti “ramen vegetarian” dan “lasagna vegetarian” yang menjadi ide bagus untuk bahan video mandiri. Agar lebih banyak ide, gunakan garis bawah (_) di antara kata-kata. Ini bertindak sebagai wildcard.

YouTube tidak menampilkan volume pencarian, juga tidak menunjukkan popularitas relatif dari kueri (yaitu, seberapa populer satu istilah dibandingkan yang lain). Untuk volume pencarian yang tepat, Anda dapat menyalin hasil ke alat kata kunci berbayar lain seperti Ahrefs Keyword Explorer dan Google Trends. 

KeywordTool.io

KeywordTool.io adalah alat freemium pengikis saran otomatis YouTube. Tools ini akan menghapus hasil sugesti otomatis untuk kata kunci yang Anda cari. Namun juga menambahkan dan menambahkan kueri dengan berbagai huruf dan angka. 

KeywordTool.io membagi kata kunci menjadi empat, yakni saran kata kunci, pertanyaan, preposisi, dan hastag. Anda akan mendapatkan daftar beberapa ratus gagasan kata kunci. Anda dapat memfilter hasil ini dengan mudah, dan juga menambahkan “negative keyword” untuk memfilter query yang berisi kata atau frasa tertentu.

Kata kunci tersebut juga dapat diekspor ke Excel atau CSV dengan mengklik tombol berikut ini.

Sayangnya volume pencarian tidak tersedia untuk pengguna gratis. Pengguna berbayar juga akan melihat hingga dua kali lebih banyak saran kata kunci dibandingkan dengan versi gratis.

Ahrefs Content Explorer

Ahrefs Content Explorer adalah database yang dapat Anda cari lebih dari satu miliar halaman web. Tools ini relevan dengan penelitian kata kunci YouTube Karena saat ini terdapat lebih dari 60 juta video dari YouTube di database, dan Anda bisa melihat mana yang mendapatkan banyak trafik dari pencarian Google.

Bila membuat video tentang topik semacam itu, Anda dapat “melakukan double dip” dan mendapatkan lalu lintas ke video Anda dari Google serta YouTube. Inilah lalu lintas video yang Ahrefs Content Explorer dapatkan dari Google:

Caranya cukup telusuri hal berikut di Penjelajah Konten, lalu filter hanya untuk halaman dengan lalu lintas organik: contohnya, salah satu hasil dari penelusuran tentang bubuk protein:

Ini adalah resep bubuk protein buatan sendiri dan mendapat sekitar 2.000 kunjungan dari Google setiap bulan. Itu terjadi karena peringkatnya untuk kata kunci seperti tampilan ini:

 

Baca Juga : Rahasia SEO Untuk Video Youtube Supaya Hasil Adsense Melimpah

Nah, itu lah beberapa rekomendasi tools yang bisa Anda gunakan untuk riset keyword Youtube. Sangat ampuh bukan? Anda para kreator Youtube wajib mencoba salah satu tools di atas untuk meningkatkan kepopuleran konten Anda. Selamat mencoba. 

 

Continue Reading