penggunaan chatbot untuk bisnis

Saat ini kemajuan teknologi membuat industri Indonesia mendapatkan banyak dampak positif yang sangat bermanfaat. Dengan adanya kemajuan teknologi ini, para pebisnis dapat melakukan pekerjaannya dengan mudah tanpa mengandalkan manusia melainkan hanya perlu mengandalkan teknologi saja.

Dari beberapa dampak positif kemajuan teknologi, dapat kita ambil salah satu contohnya yaitu Chatbot. Bagi yang belum mengetahui apa itu Chatbot, maka disini akan membahas pengertian, kelebihan, hingga kekurangan dari Chatbot.

Pengertian Chatbot

Chatbot adalah sebuah software yang dirancang khusus dan memiliki layanan obrolan dengan satu orang atau lebih baik secara audio maupun teks. Maka robot atau tokoh virtual di dalamnya diberikan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) agar dapat memberikan respon secara otomatis saat ada orang yang melakukan chatting dengan Chatbot. Dan ini tentu memberikan banyak kemudahan untuk beberapa bisnis yang sedang dijalankan.

Kemampuan AI (Artificial Intelligence) yang memberikan kecerdasan kepada Chatbot membuatnya dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Cara yang dipakai oleh Chatbot ini adalah melalui keyword atau kata kunci. Dengan sistem ini, Chatbot bisa melihat kata kunci yang diberikan dan dapat melihat jawaban yang paling dekat dengan kata kunci tersebut sehingga Chatbot dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat.

Selain mengandalkan keyword atau kata kunci, adapun teknologi lain yang digunakan oleh Chatbot yaitu Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP). Natural Language Processing (NLP) memiliki peran yang sangat penting untuk Chatbot, karena dengan adanya NLP ini Chatbot bisa memiliki kemampuan mengerti dan memahami bahasa di dalam pertanyaan sehingga dapat memberikan respon dengan bahasa yang sama pula.

Itulah pengertian dari Chatbot yang sangat bermanfaat jika digunakan untuk keperluan bisnis. Namun dalam sebuah teknologi pasti ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, maka dari itu beberapa kelebihan dan kekurangan dari Chatbot akan dijelaskan disini.

Kelebihan

Chatbot memiliki beberapa kelebihan yang perlu anda tahu. Berikut ini adalah kelebihan yang diberikan Chatbot kepada penggunanya :

  1. Lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen

Kelebihan Chatbot yang pertama ini pasti banyak disenangi oleh para konsumen, karena saat konsumen mengajukan pertanyaan kepada Chatbot maka robot akan menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat, tepat, dan tanpa bertele-tele.

  1. 24 Jam

Apa maksudnya dari 24 jam ? Maksud dari 24 jam itu sendiri adalah Chatbot ini dapat online selama 24 jam tanpa tidur, karena yang menjalankan sistem pada Chatbot adalah robot. Berbeda jika menggunakan manusia dalam urusan customer service, terkadang ada kendala pada khususnya jam kerja karena manusia tidak dapat online selama 24 jam untuk melayani customernya. Maka Chatbot lah solusi yang tepat untuk melayani customer kapan saja dan dimana saja.

  1. Kemudahan untuk bisnis

Salah satu kelebihan Chatbot pasti sudah dirasakan oleh para pebisnis. Karena dengan adanya teknologi Chatbot ini maka dalam urusan customer service menjadi sangat mudah. Berbeda jika mengandalkan manusia, pasti akan ada beberapa masalah yang dialami. Maka dari itu para pebisnis sangat dianjurkan menggunakan teknologi Chatbot ini.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan pasti Chatbot juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu anda tahu. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Chatbot :

  1. Mematikan peran cutomer service

Maksud dari mematikan peran cutomer service ini adalah dengan adanya robot ini pasti akan menggantikan pekerjaan para customer service dan beralih ke Chatbot. Maka dari itu pekerjaan yang awalnya dikerjakan oleh manusia ini pasti akan tersisih dan tergantikan. Hal ini dapat menjadi dampak negatif bagi para pekerja customer service karena pasti akan kehilangan pekerjaannya.

  1. Tidak bisa menjawab seluruh keluhan

Dengan menggunakan Chatbot, terkadang konsumen mengalami beberapa masalah baru saat menggunakan Chatbot. Masalah tersebut seperti saat konsumen membutuhkan jawaban dari Chatbot secara tepat tetapi konsumen tidak mendapatkan jawaban  yang diinginkan, sehingga konsumen merasa tidak puas atas kinerja Chatbot.

Itulah penjelasan dari Chatbot yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahui pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari Chatbot hal tersebut dapat anda jadikan sebuah wawasan atau ilmu baru. Dengan menggunakakn Chatbot ini dapat mempermudah para pebisnis dalam mengelola bisnisnya. Jika anda sudah mempercayai Chatbot dengan kemampuan robotnya, silahkan gunakan Chatbot untuk kepentingan bisnis anda.